8 Usaha Sampingan Tahun 2018 yang Dapat Membuat Anda Menuju Kebebasan Keuangan

Ada 8 usaha sampingan tahun 2018 yang dapat membuat Anda menuju kebebasan keuangan.

Memiliki tambahan penghasilan tentunya merupakan hal yang sangat menggiurkan bagi kebanyakan orang. Selain dapat dijadikan tambahan uang tabungan, penghasilan ekstra tersebut juga dapat membantu pemenuhan kebutuhan.

Tidak heran banyak orang yang mencoba bisnis kecil-kecilan untuk dijadikan usaha sampingan. Artikel ini akan membahas 8 usaha sampingan yang memberikan prospek di tahun 2018.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

8 Usaha Sampingan Tahun 2018

Di tahun 2018 ini, terdapat 8 usaha sampingan yang dapat membantu Anda lebih cepat menuju kebebasan keuangan. Berikut adalah 8 usaha tersebut:

 

#1 Menyewakan Apartemen

Tinggal di apartemen merupakan sebuah pilihan yang sangat efektif bagi berbagai kalangan masyarakat, mulai dari masyarakat pendatang, mahasiswa atau bahkan para ekspatriat.

Berkat tingginya minat atas hunian modern seperti apartemen tersebut, salah satu bisnis yang cukup menjanjikan di tahun 2018 adalah menyewakan apartemen.

8 Usaha Sampingan Tahun 2018 02 Sewa Apartemen - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Menentukan Harga Sewa Apartemen. Hitung Yuk!]

 

Tentunya setiap bisnis memiliki kelebihan dan kekurangannya, bisnis menyewakan apartemen ini memiliki kelebihan. Anda dapat menyewakannya dalam periode singkat hingga lama. Harga sewa sebuah apartemen ada yang berkisar dari Rp4 juta hingga Rp5 juta untuk apartemen yang dibeli dengan harga sekitar Rp500 juta.

Selain kelebihan tersebut, kekurangan bisnis menyewakan apartemen adalah nilai investasi jangka panjang yang lebih rendah dibandingkan rumah. Pemilik apartemen pun harus membayar uang pengelola bulanan jika tidak ada penyewa yang berminat.

 

#2 Menggunakan AirBnB untuk Menyewakan Ruangan

Teknologi yang kian maju memungkinkan sebuah ruangan kosong untuk disewakan kepada peminat tempat tinggal terjangkau.

Tidak hanya merasa seperti di rumah, aplikasi AirBnB pun tergolong aman, karena seluruh pemilik rumah atau apartemen wajib memenuhi persyaratan awal untuk dapat menjadi penyewa.

Jika per hari tamu harus menghabiskan dana sebesar Rp700 ribu untuk menginap di hotel, melalui AirBnB Anda dapat menyewakan ruangan kosong seharga Rp300 ribu. Dalam satu bulan, Anda akan mendapatkan Rp9 juta ekstra jika ruangan tersebut selalu terisi.

Untuk meningkatkan ketertarikan ruangan Anda, Anda sebaiknya menyediakan fasilitas lain seperti alat mandi, makanan kecil gratis, televisi dan lainnya.

 

#3 Menyewakan Mobil untuk Taksi Online

Taksi online sudah marak digunakan oleh masyarakat Indonesia di segala penjuru, tetapi satu permasalahannya adalah kebanyakan dari mereka belum sanggup membeli mobil sendiri.

Oleh karena itu, muncullah bisnis penyewaan mobil untuk taksi online, yang mana Anda mendapatkan keuntungan dengan sistem bagi hasil dengan pengendara taksi online tersebut.

Lebih Murah Mana Harga Ojek Online Gojek, Grab atau Uber 04 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Daftar Uber Online untuk Menambah Penghasilan]

 

Hal ini menarik bagi pada pengemudi taksi online karena mereka tidak perlu membeli mobil pribadi mereka sendiri. Sedangkan bagi pemilik mobil, dana yang diterima dapat digunakan untuk membayar cicilan mobil bahkan masih terdapat ekstra yang dapat ditabung.

Yang harus diperhatikan adalah melakukan seleksi atas pengemudi taksi online dengan benar dan teliti.

Yuk Daftar Uber Driver
Yuk Daftar Uber Driver

 

#4 Tambahkan Stiker di Belakang Mobil

Pemasangan iklan di luar, sering menjadi masalah bagi pemilik usaha, misalnya kerusakan pada papan reklame, harga yang cenderung mahal atau tempat yang kurang strategis.

Salah satu solusi untuk iklan luar ruang adalah iklan berjalan. Media yang digunakan adalah stiker yang ditempel di kendaraan.

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi, memasang stiker di belakang mobil merupakan salah satu pilihan untuk mendapatkan penghasilan ekstra.

Salah satu startup teknologi yang menawarkan solusi iklan luar ruang seperti pemasangan stiker di mobil adalah Sticar.

Melalui pemasangan ini, CEO Sticar, Rio Darmawan mengatakan, sebuah mobil dapat menerima komisi mulai dari Rp500 ribu hingga Rp1,5 juta.

Selain Sticar, beberapa kompetitor lain yang juga menawarkan layanan serupa adalah Ubiklan dan Promogo.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Mobil Pribadi 9 Start Up Indonesia Tawarkan Uang untuk Pasang Iklan di Mobil 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Mobil Pribadi? 9 Start Up Indonesia Tawarkan Uang untuk Pasang Iklan di Mobil]

 

#5 Berinvestasi di Peer to Peer Lending

Investasi secara online memang mulai menjamur di masyarakat, salah satunya yang cukup terkenal adalah investasi di Peer to Peer Lending (P2P Lending).

P2P Lending sebenarnya adalah sebuah platform digital di mana pihak yang membutuhkan pinjaman akan dipertemukan melalui situs tertentu dengan pihak yang memberi pinjaman.

Tentunya sebagai pemberi pinjaman, keuntungan yang diterima adalah bunga pinjaman.

Sistem keamanan dari peminjaman dana tersebut diatur oleh situs dan semakin tinggi risiko pinjaman, semakin tinggi bunga yang dapat Anda peroleh. Selain itu, Anda sebagai investor dapat memilih lini bisnis apa yang ingin Anda investasikan.

Beberapa situs yang dapat Anda manfaatkan adalah Koinworks, Amartha, Gandeng Tangan, Investree, Modalku.

 

#6 Membeli Franchise Murah + Pasarnya Tersedia

Jika Anda kurang beruntung dalam membangun bisnis pribadi Anda, bisnis waralaba adalah pilihan lain untuk Anda.

Mencoba bisnis waralaba merupakan salah satu cara untuk memulai usaha sampingan, tetapi di tahun 2018 ini Anda harus lebih fokus pada bisnis waralaba yang menawarkan modal murah serta pasar yang banyak dan telah tersedia.

Siapkan-Modal-Waralaba-1-Finansialku

[Baca Juga: Ingin Beli Waralaba? Siapkan Modal Waralaba dengan Aplikasi Finansialku]

 

Tidak semua bisnis waralaba yang terkenal dibanderol dengan harga tinggi. Beberapa contohnya adalah waralaba kuliner (makanan atau minuman), waralaba jasa seperti laundry.

Kedua jenis waralaba ini memiliki konsumen yang banyak sehingga dengan lokasi yang tepat, Anda tidak perlu takut mengalami kerugian. Selain itu, bidang jasa dan bidang kuliner adalah jenis waralaba yang praktis dan mudah dijalankan.

Beberapa jenis waralaba yang dapat Anda coba adalah Bisnis Teh Tong Tji, Bisnis Donat Kentang, Bisnis Laundry Kiloan, dan sebagainya.

 

#7 Membuka Toko Kebutuhan Pokok

Jika Anda tinggal di pemukiman padat atau di apartemen, maka salah satu bisnis yang cukup menjanjikan adalah toko kebutuhan pokok. Toko kebutuhan pokok ini menjadi pilihan yang tepat karena mudah dan cepat dijangkau oleh tetangga sekitar.

Selain itu, bagi Anda yang harus mengurus rumah tangga atau memiliki kewajiban lain sehingga Anda tidak dapat keluar dengan mudah, toko kebutuhan pokok ini adalah usaha sampingan yang sangat tepat.

 

#8 Menjadi YOUTUBERS, Content Creator atau Penulis Website

Salah satu pendiri website yang terbukti sukses adalah Pat Flynn, pendiri SmartPassiveIncome.com. Pada tahun 2017 bulan Desember, Pat Flynn berhasil mendapatkan hampir US$120 ribu. Jumlah ini setara dengan hampir Rp1,8 miliar!

Diambil dari pengalaman pribadi Pat Flynn, dalam menjadi content creator atau youtubers, Anda harus mempunyai inspirasi yang akan menjadi sumber karya Anda.

Selain itu, Anda harus membagikan seluruh hal positif yang dapat memotivasi orang lain. Tidak hanya isi, sumber dan fasilitas yang Anda gunakan pun harus Anda asah, seperti berinvestasi pada mikrofon sehingga penonton lebih nyaman mendengarkan Anda.

kisah-sukes-pat-flynn-pendiri-smartpassiveincome-com-1-finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Pat Flynn, Pendiri SmartpassiveIncome.com]

 

Jangan Mudah Menyerah

Dari kedelapan jenis usaha sampingan di atas, salah satu tips yang paling penting adalah jangan pernah berhenti berusaha. Tentunya banyak hal yang tidak dapat Anda kendalikan di masa depan, tetapi menyerah berarti Anda sudah kalah.

Sebaiknya Anda terus maju dan jangan jadikan kesulitan sebagai penghalang Anda menuju kebebasan keuangan.

 

Apakah Anda sedang merencanakan untuk membangun usaha sampingan? Dari delapan jenis usaha di atas, usaha mana yang Anda gemari?

Silakan beri komentar Anda pada kolom di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Info Peluang Usaha. Bisnis Sewa Apartemen Dengan Kelebihan dan Kekurangannya. Infopeluangusaha.org – https://goo.gl/QWGA2X
  • Andreas Maryoto. 11 April 2016. Kisah Orang Indonesia Berbisnis Kamar Tidur yang Kosong di AirBnB. Kompas.com – https://goo.gl/tN4E3x
  • Live Olive Team. 28 April 2016. Apa Menyewakan Mobil untuk Uber Driver Menguntungkan Bagi Saya?Liveolive.com – https://goo.gl/PQ51YK
  • Danang Setiadi. 3 Maret 2017. Pasang Iklan di Mobil, Mitra Pengemudi Sticar Bisa Dapat Penghasilan Tambahan. Techinasia.com – https://goo.gl/8Gxn6A
  • Hardian. 5 Desember 2017. 5 Situs Investasi P2P Lending Indonesia buat Para Investor Zaman Now. Duitpintar.com – https://goo.gl/Qn1ZUC
  • Admin. 20 Peluang Bisnis Waralaba Modal Kecil Bidang Kuliner. Contohusaha.com – https://goo.gl/WXrG6B
  • Staf Portal Investasi. 20 Mei 2016. Trik Jitu Membuka Usaha Toko Kelontong Hingga Sukses. Portalinvestasi.com – https://goo.gl/XSKsP8

 

Sumber Gambar:

  • Usaha Sampingan Tahun 2018 – https://goo.gl/gJ5mQu
  • Usaha Sampingan Sewa Apartemen – https://goo.gl/BVX3Yj

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

Summary
8 Usaha Sampingan Tahun 2018 yang Dapat Membuat Anda Menuju Kebebasan Keuangan
Article Name
8 Usaha Sampingan Tahun 2018 yang Dapat Membuat Anda Menuju Kebebasan Keuangan
Description
Ada 8 usaha sampingan tahun 2018 yang dapat membuat Anda menuju kebebasan keuangan. Memiliki tambahan penghasilan tentunya
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By | 2018-03-09T13:19:37+00:00 March 13th, 2018|Categories: Bisnis, Entrepreneur|Tags: , , , , , |2 Comments

About the Author:

Ellen Chandra
Ellen Chandra, B. Sc, B. Econ, adalah seorang penulis freelance dengan fokus pada bidang finansial dan gaya hidup. Ellen Chandra menyelesaikan studi di jurusan Financial Mathematics dari universitas Xian Jiatong Liverpool

2 Comments

  1. Yudha Kusuma 13 March 2018 at 11:05 - Reply

    Jadi harus tetap bersemangat dalam menjalani setiap usaha yang akan dikerjakan juga. selain itu juga tentunya harus selalu terus belajar dan menikmati setiap prosesnya sampai usahanya dapat berjalan dengan sendirinya juga. dari beberapa usaha tersebut tentu bisa menjadi salah satu penghasilan tambahan untuk tetap terus berpenghasilan.

    • Finansialku
      Finansialku 2 April 2018 at 16:43 - Reply

      Hi Pak Yudha
      Terima kasih atas sharingnya, sangat bermanfaat.
      Semoga sharing Bapak, dapat menginspirasi pembaca lainnya.

Leave A Comment