Panduan Menentukan Harga Sewa Apartemen. Hitung Yuk!

Bingung menetapkan harga sewa apartemen Anda kepada calon penyewa?

Mari hitung harga sewa apartemen Anda dengan tepat agar mendapatkan keuntungan yang sepadan.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Titik Krusial Investor Properti Apartemen: Penentuan Harga Sewa Apartemen

Penentuan harga jual sebuah produk merupakan titik yang krusial yang menentukan apakah sebuah produk dapat terjual atau tersewa dan masih dalam tarif harga yang wajar sesuai dengan permintaan pasar.

Jika Anda memiliki apartemen dan Anda mengelola penyewaannya sendiri, tentu Anda harus cukup cerdik dalam menentukan harga sewa apartemen Anda kepada calon penyewa.

Tentu Anda tidak mau harga sewa apartemen Anda ternyata terlalu murah dari harga pasaran atau tidak sesuai dengan perhitungan harga jual dari apartemen Anda sehingga Anda malah tidak mendapatkan keuntungan yang sesuai.

Atau malahan Anda mematok harga terlalu tinggi dan melebihi harga pasar. Atau bisa jadi fasilitas yang Anda tawarkan dalam apartemen yang disewakan tidak sesuai dengan harga sewa.

Panduan Menentukan Harga Sewa Apartemen. Hitung Yuk! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor Properti, Ketahuilah 6 Sumber Dana Ini! Gunakan Seoptimal Mungkin]

 

Hal ini bisa membuat para calon penyewa mengurungkan niatnya untuk menyewa apartemen Anda dan beralih kepada apartemen lain yang lebih terjangkau dengan harga yang sesuai dengan fasilitas yang didapatkan.

 

Cara Menentukan Harga Sewa Apartemen

Selain bertanya kepada rekan atau teman yang telah memiliki pengalaman dalam bisnis penyewaan apartemen, ada banyak referensi yang perlu Anda baca untuk menambah pengetahuan Anda, terutama dalam menentukan harga sewa apartemen yang sesuai.

Setidaknya ada 2 cara yang dapat Anda gunakan dalam menentukan harga sewa apartemen Anda.

 

#1 Cek Harga Pasaran dan Modifikasi

Saat menentukan harga sewa apartemen Anda, coba Anda bandingkan unit apartemen Anda dengan setiap unit apartemen di daerah sekitar yang memiliki luasan dan fasilitas yang sama atau mirip dengan fasilitas apartemen yang Anda sediakan.

Posisikan diri Anda sebagai penyewa, Jika Anda adalah calon penyewa apartemen, apakah Anda akan mau membayar uang sewa sebesar yang telah Anda tetapkan?

Sesuaikan harga dengan fasilitas yang tersedia dalam apartemen Anda, misalnya jika Anda menyediakan alat pendingin ruangan (AC), kasur, lemari, TV, perlengkapan dapur (dalam artian full furnished), tentu harga akan lebih tinggi.

Namun, jika ternyata ketersediaan fasilitas tidak terlalu lengkap, maka harga perlu disesuaikan.

Apakah Kredit Apartemen KPA Menguntungkan Bagi Masyarakat 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Prinsip dari Dale Carnegie untuk Negosiasi Harga Properti dengan Tingkat Keberhasilan Tinggi]

 

Perhatikan juga hal-hal lain yang mempengaruhi harga sewa apartemen Anda seperti keamanan lingkungan, kenyamanan tempat tinggal dan juga lokasi yang strategis.

Lokasi yang strategis menjadi salah satu senjata ampuh Anda dalam menentukan harga sewa. Semakin strategis suatu lokasi, maka akan semakin mahal harga sewanya.

Setelah mendapatkan beberapa apartemen yang mirip atau sama dengan fasilitas serta luas apartemen Anda, cobalah untuk modifikasi harganya. Tentukan harganya sedikit lebih rendah dari harga pasaran.

Perlu diingat, jangan menentukan harga jauh dari harga pasar agar, apakah lebih tinggi atau lebih rendah dari harga pasaran.

Ada begitu banyak pilihan dalam berinvestasi selain investasi properti.

Miliki panduan yang jelas dalam melakukan investasi dengan men-download Ebook Gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku berikut ini:

 

#2 Gunakan Sistem Capitalization Rate

Menurut Ryan Filbert, dalam menjual properti, saat ini tidak bisa lagi menggunakan Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP dan PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan.

Menurutnya, di Indonesia sudah tidak bisa lagi mengandalkan nilai tersebut karena bisa jadi harga transaksinya hanya 25 persen dan bahkan hanya 15 persen.

Menurut Anto Erawan, seorang pakar properti, dalam menentukan harga sewa apartemen, secara sederhana dapat menggunakan Sistem Tingkat Kapitalisasi atau Capitalization Rate atau yang biasa disebut Cap Rate.

Rumus:

Harga Sewa Per tahun = Harga Properti x Cap Rate (%)

 

Sebagai informasi, nilai Cap Rate apartemen rata-rata berkisar 7 persen hingga 10 persen.

Mari hitung harga sewa apartemen Anda. Katakan saja jual apartemen Anda adalah Rp500 juta.

 

Berikut ini perhitungannya dengan kisaran Cap Rate terendah (7 persen):

7% x Rp500 juta = Rp35 juta per tahun

 

Dengan demikian harga penawaran sewa apartemen Anda adalah Rp35 juta per tahun atau sekitar Rp2,9 juta per bulan. Bisa juga Anda bulatkan menjadi Rp3 juta per bulannya.

Harga tersebut di atas merupakan harga penawaran terendah jika mengikuti sistem cap rate dari harga jual properti apartemen Anda.

Fresh Graduate, Ketahui Trik Jitu Beli Apartemen Murah Tanpa Mengajukan KPA 02 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Langkah Sukses Negosiasi dan Memenangkan Transaksi Bagi Para Investor Properti]

 

Pertimbangkan Biaya Asuransi Apartemen

Sebagai pemilik dari apartemen, tentu Anda juga memiliki berbagai risiko yang harus ditanggung seperti bencana yang bisa menghancurkan apartemen Anda.

Oleh sebab itu, pikirkan juga biaya asuransi properti yang dimasukkan dalam pertimbangan menentukan harga sewa apartemen, mengingat asuransi apartemen merupakan tanggung jawab dari pihak pemilik atau pengelola.

Berbagai risiko yang ditanggung pihak asuransi menurut PSAKI (Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia) yang diterbitkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) antara lain adalah risiko kebakaran, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan juga asap.

Selain itu, perluasan jaminan risiko seperti kerusuhan atau huru-hara, kerusakan properti akibat perbuatan jahat atau pemogokan, banjir dan atau kerusakan karena air/badai angin topan, tanah longsor dan kebongkaran, semua itu dijamin oleh pihak asuransi.

Kenapa Saya Harus Membeli Asuransi Apartemen Apa Untungnya Untuk Saya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Jitu Bagi Investor Properti Agar Pengajuan Kredit Disetujui Bank! 99 Persen Berhasil!]

 

Tak perlu kuatir karena asuransi tersebut dapat digabungkan dengan paket menjamin perlindungan terhadap segala harga benda di dalam rumah. Tidak hanya bangunan tetapi juga setiap barang berharga dalam ruang apartemen Anda bisa mendapatkan perlindungan.  

 

Peluang Besar Bisnis Investasi Apartemen

Investasi apartemen menduduki peluang yang masih sangat besar karena peminat dari penyewa kamar apartemen tergolong tinggi.

Jika Anda perhatikan, kebutuhan akan sekolah dan pendidikan sangatlah tinggi Hal ini disebabkan oleh karena kebutuhan akan tempat tinggal terutama bagi para mahasiswa yang berasal dari luar kota atau luar pulau.

Jika Anda tinggal di kota besar, biasanya akan banyak sekolah tinggi dan juga universitas yang merupakan destinasi pendidikan bagi para calon mahasiswa.

Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan dari peluang besar ini.

Apalagi jika Anda memberikan berbagai fasilitas yang memadai bagi para calon penyewa yang merupakan para mahasiswa ini.

Jika dilihat dari bidang pekerjaan, banyak karyawan yang bekerja di kota-kota besar yang juga merupakan para perantau. Mereka tentu membutuhkan tempat tinggal bukan?

Selain apartemen, rumah kontrakan atau kamar kost pun menjadi incaran mereka, terutama yang aksesnya dekat dengan tempat kerja/kantor dan juga dekat dengan akses transportasi publik.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Felly Tan. 11 Mei 2016. Cara Menentukan Harga Sewa Apartemen yang Adil. Rukamen.com – https://goo.gl/h2v4gF
  • Latief. 30 Agustus 2017. Yuk… Hitung Rumus Tarif Sewa Apartemen di Cikarang! Kompas.com – https://goo.gl/YZ7H9F
  • Admin. Tips & Trik Menentukan Harga Sewa Rumah. Carajadikaya.com – https://goo.gl/KfB65U

 

Sumber Gambar:

  • Harga Sewa Apartemen 01 – https://goo.gl/GdDZqy
  • Harga Sewa Apartemen 02 – https://goo.gl/1prdAj

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Panduan Menentukan Harga Sewa Apartemen. Hitung Yuk!
Article Name
Panduan Menentukan Harga Sewa Apartemen. Hitung Yuk!
Description
Bingung menetapkan harga sewa apartemen Anda kepada calon penyewa? Mari hitung harga sewa apartemen Anda dengan tepat.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By |2018-02-25T19:21:12+00:00February 25th, 2018|Categories: Apartemen, Investasi, Properti|Tags: , , , |0 Comments
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment