Masihkah waralaba cuci mobil berpeluang emas di masyarakat? Apakah Anda bisa menjadi pengusaha sukses dengan mengembangkan waralaba cuci mobil?

Tentu bisa! Karena melalui artikel Finansialku berikut ini, akan ada banyak informasi tentang peluang usaha waralaba cuci mobil yang sedang menjamur di masyarakat!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Waralaba Cuci Mobil Kekinian: Banyak Nilai Plus Bagi Konsumen

Waralaba merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan konsumen. Mengapa demikian? Karena dengan persaingan yang semakin ketat, para produsen besar juga berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan serta produk terbaik untuk konsumen.

Selain itu, bisnis waralaba juga menumbuhkan perekonomian mikro karena banyak pengusaha muda yang mau terjun berbisnis tanpa perlu repot-repot membuat SOP sendiri.

Dengan waralaba, konsumen pun bisa memperoleh pelayanan dan produk dengan standard seragam dari outlet yang dekat dengannya. Jadi, tidak perlu jauh-jauh ke pusatnya, karena sudah ada outlet yang memberikan pelayanan berkualitas sama.

Tengok Peluang Usaha Waralaba Cuci Mobil yang Menjamur Di Masyarakat 2 Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Seperti yang Anda tahu, saat ini jumlah volume kendaraan di Indonesia meningkat. Lantas, apakah waralaba cuci mobil masih memiliki prospek tinggi?

Jawabannya, masih!

Bahkan, saat ini ada banyak inovasi yang ditawarkan oleh bisnis waralaba cuci mobil.

Waralaba cuci mobil kekinian yang menggunakan sistem robotik maupun hidrolik semakin menjamur dan hal tersebut sangat menarik perhatian customer.

Pasalnya, dengan sistem terbaru itu, waktu yang diperlukan untuk mencuci mobil pun semakin singkat. Cocok untuk masyarakat ibukota dan kota-kota besar dengan waktu minim dan mobilitas tinggi.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Tidak Hanya Konsumen, Mitranya Juga Banjir Keuntungan

Menjalani bisnis waralaba adalah usaha dengan prospek menjanjikan. Karena jika Anda memilih bisnis waralaba dengan SOP yang terstruktur, maka pemasarannya pun akan lebih mudah.

Daripada harus berinovasi dengan merk baru yang belum dipercaya konsumen, maka akan lebih menguntungkan untuk menjadi mitra waralaba.

 

Ingin Memulai Waralaba Cuci Mobil? Ini Pertimbangannya

Jika Anda ingin memulai bisnis waralaba cuci mobil, maka ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan.

Supaya tidak salah langkah, berikut ini adalah cara ampuh memulai bisnis tersebut untuk menghindari atau meminimalisasi kerugian.

Tapi sebelum itu, tahukah Anda, membuat rencana keuangan bisnis yang baik dan terperinci adalah salah satu kunci utama untuk memiliki usaha yang sukses?

Dalam merencanakan keuangan bisnis Anda, Anda harus bisa memisahkan arus kas pribadi dan arus kas bisnis sehingga usaha Anda berjalan dengan lancar.

Dapatkan panduannya melalui ebook Finansialku di bawah ini!

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#1 Bisa Menyewa Tempat atau Dilakukan di Rumah

Jika Anda mempunyai ruangan yang cukup untuk cuci mobil seperti garasi atau halaman, maka Anda tidak perlu menyewa tempat untuk meminimalisasi modal.

Tidak hanya lebih praktis karena dekat dengan akses rumah, tetapi mengerjakan bisnis ini di lokasi tempat tinggal membuat promosi yang dilakukan lebih mudah.

Tengok Peluang Usaha Waralaba Cuci Mobil yang Menjamur Di Masyarakat 3 Finansialku

[Baca Juga: Mau Bahagia? Ketahui Cara Menghemat BBM Mobil Agar Super Irit]

 

Bagaimana jika lokasi hunian tidak memungkinkan dan modal untuk sewa tempat masih minim?

Tenang saja, saat ini sudah menjamur jasa cuci mobil panggilan lho. Jasa ini pun banyak diusahakan dalam bentuk waralaba dan telah memiliki banyak mitra.

 

#2 Peluang Kemitraan

Banyak waralaba yang menawarkan kemitraan dengan beberapa paket, misalnya mulai 100 juta rupiah untuk jangka waktu 5 tahun.

Dana kemitraan tersebut sudah mencakup harga izin selama 5 tahun ditambah bahan-bahan yang dibutuhkan.

Ada juga biaya yang lebih tinggi jika modal Anda mencukupi. Kelengkapannya pun lebih banyak sehingga peluang untuk meningkatnya minat konsumen pun bertambah.

Mesin pencuci otomatis atau yang berkonsep robot juga merupakan investasi menguntungkan karena bisa menggantikan pekerja manusia.

 

#3 Memahami Sistem Pencucian Hidrolik

Teknik pencucian mobil yang paling baru dan kekinian adalah sistem hidrolik.

Dengan kemitraan, Anda tidak perlu mempelajari komposisi serta pelayanannya karena sudah disediakan oleh pemilik.

Tak perlu khawatir, coba tumbuhkan dulu uang Anda di bisnis waralaba sesuai anggaran yang dimiliki. Nantinya, saat uang sudah terkumpul, Anda bisa memperoleh beberapa alat serta bahan yang dibutuhkan.

Sistem pencucian mobil secara hidrolik membutuhkan beberapa alat seperti kompresor listrik portable dan tabung salju 15 liter masing-masing minimal 1 unit.

Tengok Peluang Usaha Waralaba Cuci Mobil yang Menjamur Di Masyarakat 4 Finansialku

[Baca Juga: Dijamin Berhasil! 10 Strategi Meningkatkan Bisnis Waralaba]

 

Lalu, Anda juga membutuhkan mesin steam serta bahan habis pakai seperti shampo salju dan semir khusus untuk mengkilapkan ban.

Kelengkapan lain yang bisa menunjang dan sangat diperlukan adalah selang angin spiral, selang air 5 meter untuk pergerakan yang mudah, dan water gun.

 

#4 Mempersiapkan Modal

Berapa modal yang dibutuhkan? Untuk memulai usaha waralaba cuci mobil, maka Anda membutuhkan minimal 100 juta rupiah.

Namun, jangan khawatir karena biaya tersebut diperlukan untuk membayar segala kebutuhan mulai dana kemitraan sampai alat-alat sampai lengkap. Jadi, tidak ada tambahan dana lagi terutama jika Anda memanfaatkan garasi atau halaman rumah sebagai lokasi usaha.

Panduan Lengkap Cara Menabung di Bank, di Saham, di Emas, di Reksa Dana, di Unitlink 02 Finansialku

[Baca Juga: Mau Bahagia? Ketahui Cara Menghemat BBM Mobil Agar Super Irit]

 

Sebaiknya Anda memetakan semua kebutuhan dalam memulai waralaba cuci mobil ini. Jadi, tidak sampai ada penghitungan yang salah atau proyeksi cash flow meleset.

Modal yang cukup besar bisa Anda peroleh dari tabungan atau deposito berjangka yang khusus dibuat untuk agenda tersebut.

Yuk rencanakan modal bisnis waralaba dengan aplikasi Finansialku! Supaya Anda tahu berapa dana yang harus dikumpulkan demi mewujudkan impian Anda.

 

#5 Promosi dan Strategi Menghadapi Risiko

Setelah semuanya sudah terlaksana, maka yang paling penting untuk memulai langkah waralaba cuci mobil Anda adalah melakukan promosi.

Promosi yang Anda pilih bisa memanfaatkan aneka sarana dan media. Misalnya media cetak, elektronik, atau sosial media.

Lakukan promosi secara masif ke berbagai media sampai lokasi outlet dapat dikenali. Gunakan cara kekinian untuk promosi seperti give away dan diskon yang di-broadcast ke grup sosial media maupun dari mulut ke mulut.

Jangan lupa daftarkan alamat usaha di Google Maps supaya dapat dideteksi peta online tersebut.

Selain promosi, Anda juga perlu memahami lebih lanjut tentang strategi dalam menghadapi risiko.

Bisa jadi pada tahun pertama Anda akan mengalami naik turun permintaan. Tetapi yang perlu dilakukan adalah terus belajar dan berinovasi untuk mengatasi kesalahannya.

Jika Anda membutuhkan bantuan dari pengelola keuangan, maka libatkan seseorang yang profesional di bidangnya.

Namun, akan lebih efektif dan efisien apabila Anda bekerja sama dengan keluarga atau sahabat yang kompeten dalam bidang tersebut.

Sistem bagi hasil atau rekrutmen bisa dilakukan dengan lebih terperinci dan komunikasinya pun mudah.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Mulai Usaha Waralaba Cuci Mobil Sekarang Juga

Jika Anda menyukai dunia otomotif dan perawatan mobil, tentunya usaha waralaba cuci mobil cocok untuk Anda.

Jangan tunggu sampai outlet lain buka, pastikan outlet Anda yang menjadi jawara di daerah domisili Anda, sehingga saat sudah mulai berkembang Anda dapat memulai lagi di daerah baru setelah direncanakan secara matang.

 

Setelah membaca artikel di atas, Anda tentu telah memperoleh proyeksi keuntungan dari usaha waralaba cuci mobil. Oleh karena itu, jangan lupa membagikan informasi penting di atas pada teman yang ingin menjadi mitra waralaba menguntungkan ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kang Yuda. 24 Desember 2015. Peluang Bisnis Franchise Dengan Motoclean: Usaha Cuci Motor dan Mobil Yang Menjanjikan. Ideusahabisnis.com – https://goo.gl/QR8smt
  • Oktavia Rachmawati. 13 Oktober 2017. Peluang Usaha Waralaba Cuci Mobil. Bisniswaralaba.id – https://goo.gl/Nhmgsq
  • Erlangga Djumena. 1 Mei 2015. Mengintip Laba Usaha Cuci Mobil Tanpa Air. Ekonomi.kompas.com – https://goo.gl/jqg64f

 

Sumber Gambar:

  • Startup Waralaba Cuci Mobil 1 – https://goo.gl/images/JYBMzd
  • Startup Waralaba Cuci Mobil 2 – https://goo.gl/images/1KkDp3
  • Startup Waralaba Cuci Mobil 3 – https://goo.gl/AZbxV5
  • Startup Waralaba Cuci Mobil 4 – https://goo.gl/3Eaaw7