Bisnis waralaba atau sering disebut franchise kini semakin menjamur di Indonesia. Para pebisnis, yuk cari tahu apa strategi meningkatkan bisnis waralaba!

Mengingat banyaknya pebisnis yang terjun ke bisnis waralaba, tentunya bisnis ini penuh persaingan.

Melalui artikel ini, mari kita lihat bagaimana cara untuk tetap sukses di tengah persaingan tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Persaingan Dalam Bisnis Waralaba

Siapa yang belum tahu soal bisnis waralaba? Bisnis waralaba mulai terbentuk saat pertama kali Benjamin Franklin memulai sebuah jaringan toko percetakan dan surat kabar pertamanya di Amerika Serikat.

Ben kemudian menandatangani perjanjian waralaba tersebut pada tanggal 13 September 1731. Kerja sama tersebut dilakukan Ben dengan Thomas Whitmarsh untuk toko percetakan di Charleston, South Carolina.

Apa yang dilakukannya adalah waralaba, dimana franchisor sudah menyediakan seluruh sistem yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Franchisee membeli sistem tersebut dan menjalankan bisnisnya sendiri.

Strategi Meningkatkan Bisnis Waralaba 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Bisnis ini kemudian terus berkembang, hingga saat ini diperkirakan sudah ada lebih dari 800.000 perjanjian waralaba dalam 120 industri atau lebih di Amerika Serikat. Bisnis ini juga sudah menjadi sumber mata pencaharian bagi lebih dari 9.000.000 penduduk Amerika Serikat.

Dengan perkembangannya selama beberapa dekade, bisnis waralaba terus berkembang meski dalam kondisi perekonomian yang kurang baik.

Bisa dibilang, waralaba kini menjadi salah satu solusi bisnis yang menarik. Bukan hanya di mancanegara, namun bisnis ini juga sudah berkembang pesat di Indonesia.

Namun perkembangan ini mengakibatkan semakin sengitnya persaingan dalam bisnis waralaba, dan membuat para pebisnis kesulitan. Alhasil, tak sedikit bisnis waralaba yang mengalami kegagalan.

Lalu bagaimana mengatasinya?

Jika Anda juga ingin meningkatkan bisnis waralaba, yuk simak beberapa strategi cerdasnya berikut ini:

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

10 Strategi Meningkatkan Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba sendiri adalah sebuah investasi yang pantas dipertimbangkan. Walaupun terdapat kekurangan di samping banyak kelebihannya, namun Anda bisa melihat bahwa bisnis ini memang sangat menarik, terutama bagi pebisnis pemula.

Nah, agar Anda tidak kalah saing dengan para pebisnis profesional, simak 10 strategi untuk meningkatkan bisnis waralaba sebagai berikut:

 

#1 Mengidentifikasi Pasar

Jika Anda mencoba menjual es krim di daerah yang dingin dan bersalju, besar kemungkinan usaha Anda tidak akan berjalan mulus. Sebelum memulai bisnis, Anda perlu mengetahui siapa dan dimana konsumen potensial Anda berada.

Sebagai contoh jika Anda berniat membuka kedai kopi yang harganya terjangkau, maka konsumen yang Anda tuju adalah misanyal mahasiswa dan pekerja kantoran.

Dengan demikian Anda dapat mencari lokasi sekitar kampus atau area perkantoran.

Mau Beli Waralaba Ini Dia 8 Jenis Franchise yang Perlu Anda Ketahui 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Selain itu, pasang harga yang sesuai dengan pasar yang memang diincar. Misalnya jangan memasang harga terlalu mahal jika Anda memang menarget mahasiswa dan pekerja kantoran.

Dengan identifikasi pasar, bisnis waralaba yang Anda miliki akan sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga minim dari risiko kerugian dan tentu saja memiliki peluang untuk terus berkembang.

 

#2 Membangun Brand yang Kuat

Namanya bisnis pasti memiliki persaingan. Nah, untuk bisa bertahan di tengah persaingan ini, Anda harus memiliki brand yang kuat.

Artinya, Anda harus memiliki kelebihan daripada pesaing yang menjadikan brand Anda berbeda dari yang lain.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat brand yang mudah diingat dengan logo yang berbeda. Contoh lainnya adalah mengembangkan kreativitas sehingga produk lebih unik namun tetap diterima masyarakat.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Industri artisan coffee mendominasi pasar minuman.
  • Banyaknya muncul café bertemakan microbrew.
  • Makanan varian baru seperti ayam geprek dan kue ala artis yang menawarkan rasa baru dan unik, dan masih banyak lagi.

 

Pada tahun 2018, diprediksi pemilik bisnis akan terus memanfaatkan keunikan masing-masing dalam bisnisnya untuk bisa bersaing.

Dengan mengidentifikasi minat masyarakat akan produk baru dan memberikan produk yang presisi, Anda bisa memanfaatkan strategi ini dalam berbisnis.

 

#3 Promo secara Berkesinambungan dan Efektif

Layaknya pacar atau pasangan, mempertahankan hubungan kerap kali lebih sulit daripada mendapatkannya. Anda bisa saja mendapatkan pasangan dengan mudah, tapi jarang ada hubungan yang berhasil sampai ke jenjang pernikahan dan bahkan sampai kakek nenek.

Serupa kasusnya dengan konsumen. Mendapatkan konsumen lebih mudah daripada mempertahankannya. Namun ironisnya, Anda harus mempertahankannya jika ingin bisnis waralaba Anda lebih sukses.

10-Cara-Memulai-Usaha-Franchise-Terlaris-1-Finansialku

[Baca Juga: Ini Manfaat Online Marketing untuk Bisnis Waralaba]

 

Sebenarnya teorinya mudah, yaitu membuat promo yang berkesinambungan dan efektif agar selalu menarik bagi konsumen. Namun memang teori lebih mudah daripada praktiknya.

Namun, jangan khawatir! Berikut beberapa tips untuk menjaga promo tetap menarik:

  • Buatkan promo dinamis sesuai dengan lokasi subscriber. Sebagai contoh, berikan promo free ongkir untuk lokasi dekat dan sebagainya.
  • Kupon dan potongan harga adalah alasan nomor satu yang menarik konsumen untuk membeli. Selalu berikan promo yang memang memberikan manfaat berarti bagi konsumen.
  • Berikan juga loyalty program yang bisa memantau data pembelian konsumen. Berikan reward berupa cashback atau point dengan masa berlaku tertentu untuk meningkatkan pembelian.

 

Bagaimana? Tidak sulit kan?

 

#4 Mengutamakan Layanan yang Prima

Pelanggan merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis. Apa itu pelanggan?

Secara umum, pelanggan diartikan sebagai perseorangan atau kelompok yang mencari pemenuhan keperluan primer, sekunder, atau tersier dengan cara menggunakan produk atau jasa yang disediakan oleh perseorangan atau kelompok lain melalui kegiatan transaksi jual-beli.

Tanpa pelanggan, bisnis Anda tidak mungkin memperoleh kesuksesan. Oleh karena itu, penting untuk membangun hubungan baik secara dua arah.

Untuk dapat membangun hubungan baik dengan konsumen, Anda harus mengetahui bagaimana menangani tipe konsumen yang berbeda.

Selain karakter, pelanggan juga memiliki ekspektasi yang berbeda-beda terhadap produk atau jasa. Sehingga Anda tidak bisa menyamaratakan ekspektasi semua konsumen.

Intinya, dibutuhkan cara berbeda dalam melayani pelanggan yang berbeda pula. Selain itu, Anda harus memastikan pelayanan yang prima agar pelanggan selalu puas.

 

#5 Memastikan Kualitas Produk

Setelah perang dunia ke- II, muncul sebuah peraturan yang disebut “Lanham Act” yang memperbolehkan pembagian merek selama pemilik merek mengontrol kualitas produk dan jasa yang diberikan.

Hal ini membawa perubahan besar bagi perekonomian Amerika saat itu. Mengapa?

Tentunya karena sistem waralaba memungkinkan adanya konsistensi dalam kualitas produk dan jasa bagi konsumen, tidak peduli dari mana mereka membelinya.

Bagaimana Cara Mencari Peluang Usaha Waralaba Ini 5 Tempat yang Menyediakan Informasi Waralaba 04 Kemasan Franchise - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cepat Kaya dan Bebas Keuangan: Hancurkan 5 Mental Block Ini!]

 

Siapa yang memiliki bisnisnya atau siapa pengelolanya bukanlah hal penting bagi konsumen, tetapi produk dan jasanya yang berpengaruh bagi customer experience.

Kemampuan sistem waralaba dalam memberikan tingkat kepuasan tinggi bagi konsumen, tidak peduli dimana lokasi atau pemiliknya karena adanya jaminan kualitas yang sama akan tersalurkan kepada konsumen.

Jadi, Anda perlu mengutamakan kontrol kualitas, tak peduli sudah seberapa besar bisnis Anda berkembang. Ini merupakan salah satu kewajiban pebisnis waralaba jika ingin bisnisnya terus berkembang hingga tahun-tahun selanjutnya.

 

#6 Terus Berinovasi

Dalam setiap bisnis, kunci untuk dapat bertahan adalah selalu mengevaluasi dan berinovasi. Tanpa keduanya, Anda akan tenggelam di tengah sengitnya persaingan bisnis.

Setiap harinya muncul bisnis baru dengan keunikan dan kelebihannya masing-masing. Anda harus terus menciptakan inovasi untuk tetap berada di depan deretan bisnis ini.

Selain itu, pelajarilah kelebihan bisnis lain dan evaluasi kekurangan Anda. Dengan demikian Anda bisa mengubah kekurangan menjadi kelebihan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#7 Miliki Tim yang Luar Biasa

Sebuah bisnis yang sukses tak terlepas dari sumber daya manusianya. Apabila Anda hendak merekrut pegawai, pilihlah mereka yang memang luar biasa dan terdepan di bidangnya.

Tentukan apa saja posisi yang dibutuhkan dan seperti apa kualifikasi yang tepat untuk setiap jabatan tersebut.

Apabila Anda memilih untuk mencari pekerja paruh waktu, maka pertimbangkan juga job description dan kualifikasinya.

Jika Anda merupakan pebisnis mandiri yang menjalani bisnis sendirian, Anda mungkin saja tidak merekrut pegawai.

Tetapi usahakan agar tetap ada tim pendukung yang bisa menjadi mentor bisnis Anda. Bisa saja berupa keluarga atau kerabat yang dekat dengan Anda.

 

#8 Manfaatkan Testimoni

Anda pastinya sering melihat testimoni saat ingin membeli sesuatu di online shop bukan?

Testimoni memang salah satu cara yang efektif untuk memperoleh kepercayaan konsumen. Testimoni yang jujur menunjukkan respon positif konsumen dan rasa puas dengan penggunaan produk.

Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali 10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pilih Lokasi Bisnis Waralaba]

 

Anda bisa pandai-pandai memanfaatkan testimoni ini sebagai kampanye atau iklan untuk produk/jasa dengan efektivitas jauh lebih tinggi daripada iklan pada umumnya.

 

#9 Jalani dengan Fokus dan Pantang Menyerah

Tips ke-9 adalah jangan pernah menyerah dan tetaplah semangat dalam menjalani bisnis Anda.

Dalam bisnis tentunya ada berbagai masalah dan hambatan, tapi semua itu dapat Anda lalui jika Anda fokus dan semangat menjalaninya.

Usaha yang baik belum tentu sukses dalam semalam, namun kesuksesan dapat dicapai dengan langkah yang perlahan namun pasti.

Kembangkan bisnis Anda dengan bertahap dan tetap fokus pada intinya, sehingga bisnis Anda dapat berkembang sebagaimana mestinya.

 

#10 Cintai Bisnis Anda

Saat Anda memilih bisnis waralaba, tentunya disarankan untuk memilih bisnis yang sesuai dengan minat dan keterampilan Anda.

Jangan sampai Anda memilih bidang yang tidak Anda sukai dan kuasai, karena tidak akan berujung pada kesuksesan.

Seperti pepatah “The only way to do great work is to love what you do”, kesuksesan hanya dapat dicapai jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan.

Sebagai contoh, jika Anda gemar memasak, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menjalani bisnis waralaba restoran yang sudah berkembang pesat di luar negeri.

Salah satu kelebihan bisnis waralaba adalah Anda dapat menyumbangkan ide-ide menarik yang menurut Anda akan memperbesar bisnis Anda yang tidak dapat Anda sampaikan saat Anda bekerja di sebuah perusahaan.

Jika Anda memahami minat dan kemampuan Anda, maka Anda dapat memberi kontribusi lebih dalam pengembangan bisnis waralaba yang Anda jalani.

 

BONUS: Mendorong Pemasaran Online

Mengacu pada data Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia dan e-marketer, pada tahun 2015 terdapat 88,1 juta pengguna internet dan 63,4 juta pengguna smartphone di Indonesia.

Dimana rata-rata menghabiskan waktu 3 jam sehari untuk mengakses internet melalui mobile device.

Melihat angka tersebut, tentunya tidak salah jika bisnis waralaba mulai melirik e-commerce (pemasaran online).

Tips dan Peranan Email Marketing (Pemasaran Email) untuk Para Vlogger YouTube 02 - Finansialku

 

[Baca Juga: Mau Beli Waralaba? Kenali Perjanjian Waralaba dan Prospektus Waralaba]

 

Bahkan berdasarkan data Menkominfo, pasar e-commerce dalam perdagangan akan terus meningkat. Di tahun 2016, nilai transaksi e-commerce menyentuh angka US$25 miliar. Nilai tersebut diproyeksikan akan terus meningkat hingga US$130 miliar pada tahun 2020.

Oleh karena itulah Kementerian Perdagangan menghimbau para pebisnis waralaba untuk mulai mulai melirik strategi pemasaran online tersebut. Pemasaran online dinilai murah dan dapat menarik banyak pengunjung dengan mudah.

Pemasaran online yang dimaksud disini adalah memasarkan produk secara online dengan memanfaatkan jejaring internet. Sebagai contohnya adalah:

 

#1 Situs

Memiliki sebuah situs profesional adalah keharusan pada masa kini. Namun situs yang dibuat tentunya tidak sembarangan.

Adapun beberapa tips untuk membuat situs pemasaran yang profesional dan kuat adalah sebagai berikut:

  • Memiliki konten sederhana yang jelas dan mudah dicerna pada halaman pertama, tanpa perlu menggeser laman.
  • Situs dibangun dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO) agar mudah ditemukan.

 

Dengan kata lain, situs harus user friendly, menggunakan keywords yang tepat, dan meletakkan keywords pada lokasi-lokasi yang tepat pula. Jangan lupa menambah konten secara konsisten dengan isi yang segar dan informatif.

 

Tips tambahan: tambahkan tautan yang menghubungkan situs dengan media sosial.

 

#2 Media Sosial

Media sosial telah mengubah cara orang berkomunikasi dan memungkinkan tumbuhnya jaringan antar teman, keluarga, bahkan rekan bisnis.

Ayo Manfaatkan Media Sosial untuk Pelayanan Konsumen yang Lebih Baik 2 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Semua Bisnis Waralaba Mampu Mencetak Laba Lho, Kalau Mau Beli Bisnis Waralaba Pilih yang Seperti Ini]

 

Sebagai seorang pebisnis, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk menambah upaya pemasaran. Sebagai contohnya:

  • Gunakan jasa profesional untuk mengelola sosial media waralaba Anda untuk menjamin profesionalitas, konsistensi, dan konten yang baik.
  • Pastikan Anda membuat konten yang konsisten dengan isi yang informatif dan baik. Hindari memaksakan post setiap hari dengan isi yang tidak bermanfaat.
  • Berikan sarana bagi konsumen untuk memberikan feedback dan meng-input
  • Lakukan pemeriksaan berkala untuk tetap memastikan profesionalitas konten agar tetap bersifat positif.

 

#3 E-mail

E-mail kini menjadi sarana komunikasi yang umum dan banyak digunakan. Salah satu fungsinya yaitu bisa dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran.

Berikut beberapa tips mudah untuk memaksimalkan pemanfaatan e-mail bisnis Anda:

  • Alamat e-mail sebaiknya terhubung dengan URL yang jelas, contoh: Andy@shirtshop.com lebih baik daripada Andyshirtshop@freemail.com
  • Mengandung ciri khas profesional, seperti: logo, informasi kontak, tautan media sosial.
  • Memiliki legal disclosure yang benar, mintalah bantuan kuasa hukum Anda untuk membuatnya.
  • Selalu membalas email di bawah 24 jam (lebih cepat lebih baik).
  • Memastikan seluruh pengejaan, penulisan, dan tanda baca telah ditulis dengan benar.

 

Tips tambahan: Konsumen akan bosan jika isi dari email melulu tentang promo atau potongan harga. Dengan demikian, berikan informasi-informasi lainnya seperti pembukaan toko baru, event-event menarik yang diadakan di lokasi toko, bahkan hingga lowongan pekerjaan.

Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Lebih Baik Bisnis Waralaba atau Bisnis Sendiri? Baca Penjelasan Berikut]

 

Terus Maju dalam Sengitnya Persaingan Bisnis Waralaba

Melalui artikel tersebut, Anda telah mengenal 10 strategi meningkatkan bisnis waralaba yang dijamin efektif. Dengan demikian, Anda kini siap untuk melangkah lebih jauh lagi di tahun baru ini dalam aspek bisnis.

Ingatlah bahwa berjalan maju adalah satu-satunya cara untuk memperoleh kesuksesan. Jangan pernah menyerah dan berhenti karena kegagalan, namun teruslah melangkah maju!

 

Apakah Anda mengetahui strategi meningkatkan bisnis waralaba lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Sumber Referensi:

  • Rick Grossmann. 3 Februari. 8 Online Methods to Attract Potential Franchisees (How These Internet Marketing Methods Can Help You Sell Your Franchise). Entrepreneur.com – https://goo.gl/C8Veea
  • Ani Rahmani. 14 Maret 2018. Strategi Jitu Meningkatkan Pemasaran Bisnis Waralaba. Jurnal.id – https://goo.gl/KK7fFQ
  • Admin. Mendorong Waralaba ke Pemasaran Sistem Digital. Majalahfranchise.com – https://goo.gl/oHrT6M

 

Sumber Gambar:

  • Strategi Meningkatkan Bisnis Waralaba 01 – https://goo.gl/aTMJWv
  • Strategi Meningkatkan Bisnis Waralaba 02 – https://goo.gl/4UTFdU
Summary
Dijamin Berhasil! 10 Strategi Meningkatkan Bisnis Waralaba
Article Name
Dijamin Berhasil! 10 Strategi Meningkatkan Bisnis Waralaba
Description
Bisnis waralaba atau sering disebut franchise kini semakin menjamur di Indonesia. Para pebisnis, cari tahu apa strategi meningkatkan bisnis!
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo