Kesuksesan Warunk Upnormal tidak lepas dari Rex Marindo. Bagaimana rahasia kesuksesan bisnis kuliner tersebut?

Selain kaya akan ragam budayanya, Indonesia juga terkenal dengan aneka jenis kuliner yang khas, unik, dan menarik. Beberapa diantaranya seperti mie goreng, bakso, ataupun nasi goreng adalah menu andalan yang banyak diminati masyarakat tanpa kenal usia.

Peluang inilah yang dimanfaatkan pengusaha muda Rex Marindo untuk mendirikan Warunk Upnormal.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Mengenal Sisi Lain Pencetus Warunk Upnormal

Guys, siapa sih yang ‘nggak tahu Warunk Upnormal? ‘Tongkrongan’ anak zaman now ini telah menjamur di berbagai sudut wilayah dan kini semakin berkembang ke daerah lainnya di Indonesia.

Selain menahkodai Warunk Upnormal, Rex Marindo yang merupakan lulusan Universitas Parahyangan Bandung sebelumnya telah menekuni dunia marketing sebagai konsultan pemasaran dan kini menjadi Direktur Pemasaran Citra Rasa Prima (CRP) Group.

Kesuksesan Warunk Upnormal Rex Marindo 02 - Finansialku

[Baca Juga: Lagi Cari Ide Bisnis? Berikut 10 Usaha yang Menjanjikan Untuk Pebisnis Pemula di Tahun 2018]

 

Awal terjun di bisnis kuliner tahun 2013, Rex Marindo bersama teman seperjuangannya yakni Danis Puntoadi, Stefi Kurniadi, Sarita Sutedja dan beberapa orang di Bandung, nekat meninggalkan bisnis konsultan pemasaran dan banting setir menjadi tukang nasi goreng dengan modal Rp100 juta saja (Rp60 juta untuk sewa tempat di Jl. Dipatiukur), bernama Nasi Goreng Rempah Mafia.

Seolah apapun yang disentuhnya menjadi emas, tidak butuh waktu lama bagi Rex Marindo dan timnya untuk membuat Nasi Goreng Rempah Mafia itu booming, bahkan dalam waktu singkat bisa mendirikan puluhan cabang.

Menginjak di tahun 2014, CRP melebarkan sayap bisnisnya dengan mendirikan Bakso Boedjangan yang sekarang sudah menjamur di 25 cabang. Hingga satu tahun kemudian, tepatnya 2015, Rex Marindo dan kawan-kawannya meluncurkan Warung Upnormal.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dilansir dari Hello.web.id (Sabtu, 5/5/2018), Rex Marindo tengah menjadi buah bibir para praktisi pemasaran.

“Bagaimana dia bisa sukses membuat branding keren dari sebuah produk sederhana seperti mie instan dan dijual lebih valuable sesuai kantong anak kafe lewat Upnormal.”

 

Hanya dengan waktu relatif singkat, empat tahun saja Rex Marindo dan teman-temannya di CRP bisa mempunyai 80 cabang Warunk Upnormal, 25 cabang Bakso Boedjangan, 12 cabang Nasi Goreng Mafia, dan 6 restoran Sambal Karmila.

Dimana satu cabang Warunk Upnormal biaya franchise-nya bisa mencapai lebih dari Rp4 miliar.

Kesuksesan Warunk Upnormal Rex Marindo 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10++ Tips Sukses Mengembangkan Usaha Bisnis]

 

Kendati demikian, kesuksesan Rex Marindo tidak membuat dirinya menjadi seperti orang lain.

Saat pertama kali sukses membuka bisnis kuliner, lelaki kelahiran Palembang itu menahan diri membeli mobil dan tetap memakai motor. Uang yang didapat dia tanamkan kembali untuk membuka lebih banyak resto cabang.

“Ini semua untuk ibadah. Bisa menjadi kran (penyalur) rezeki bagi 3.500 karyawan itu membahagiakan.”

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

5 Hal Ini Ternyata Dilakukan Rex Marindo untuk Melejitkan Bisnisnya

Percaya ataupun tidak, Rex Marindo dan kawan-kawannya mampu membuat bisnis booming hanya dengan waktu yang singkat.

Pencapaian luar biasa dalam empat tahun tersebut, seolah menjadi sebuah fakta mengejutkan bagi sebagian besar praktisi pemasaran.

Pilihan Rex Marindo dan kawan-kawannya yang jatuh pada sajian makanan lokal sejalan dengan misinya untuk bring local food to the next level. Dengan menu sederhana tapi bisa menarik banyak pecinta kuliner nusantara.

Ternyata Rex Marindo dan kawan-kawannya melakukan beberapa hal ini dalam mengembangkan bisnisnya. Let’s check this out!

 

#1 Inspirasi dari Hobi

Diakuinya kepada Netz.id, Rex Marindo adalah tipe orang yang hobi nongkrong di warung kopi dengan menu-menu sederhana yang ditawarkannya seperti mie instan, roti bakar dan berbagai minuman.

Ia juga sering melakukan ‘wiskul’ atau wisata kuliner menjajaki berbagai daerah di Indonesia, dan dari sinilah Rex Marindo dan kawan-kawan mendapatkan ide menjalankan bisnis kuliner sambil mengangkat nilai jual kuliner lokal.

 

#2 Komitmen dan Konsisten untuk Belajar

Berbisnis bersama teman itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Setiap orang dituntut untuk tetap menjaga komitmennya dengan misi awal mereka.

Kesuksesan Warunk Upnormal Rex Marindo 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Sifat-sifat Orang yang Dapat Dipercaya untuk Bisnis Anda]

 

Selain menjaga komitmen, Rex Marindo dan kawan-kawan senantiasa terus belajar dan berdiskusi untuk membuat perencanaan matang dan tidak pernah takut gagal pada saat eksekusinya.

Bagi Rex Marindo, tidak ada istilah bawahan dan atasan dalam merintis bisnis karena pemilik usaha juga harus mau turun tangan langsung bahkan hingga di level bawah.

“Waktu awal-awa sulit kembangin bisnis. Saya harus di dapur ngelayanin konsumen sampai subuh. Jadi ya komitmen untuk kerja keras.”

 

#3 Pahami Target Pemasaran

Seperti dilansir dari Netz.id (Sabtu, 5/5/2018),

“Gue harus mengerti market, baru bikin kemasan, bikin merek dan segala sesuatu yang bisa memenuhi ekspektasi mereka (konsumen).”

 

Menurutnya, target pasar adalah hal penting yang harus diketahui, dipahami, dan ditetapkan terlebih dulu sebelum memulai langkah berbisnis.

Baik itu produk makanan, barang, atau jasa sekalipun, memahami target pemasaran adalah salah satu kunci penting dalam berbisnis.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Ciri Khas Menjadi Kekuatan Produk

Menggali ciri khas mie instan dari kekayaan kuliner Nusantara yang dikolaborasi dengan cita rasa modern adalah upaya yang digali oleh Rex Marindo dan kawan-kawan.

Hal inilah yang menurutnya bisa memunculkan keunikan tersendiri. Selain itu, bisa juga dengan mengikuti tren yang sedang berkembang di pasaran dan dikemas secara unik.

“Misalnya lagi tren rasa pedas beberapa level, dari level satu. Nah, di tempat kita ada level nuklir yang bukan buat manusia biasa gitu.”

 

#5 Tidak Cukup Dengan Modal Nekat

Walaupun dirinya terhitung nekat karena banting setir meninggalkan bisnis konsultan pemasaran dan menjadi seorang entrepreneur, bukan berarti Rex Marindo dan kawan-kawan belum sama sekali mempelajari bidang yang akan digelutinya.

Meski profesi wirausaha sedang naik daun di kalangan anak muda, kita juga perlu berbekal ilmu, khususnya marketing. Contohnya saja, usaha makanannya yang berupa nasi goreng, ayam dan mie instan sudah banyak ditemukan di tempat lain.

Tapi dengan modal ilmu bisnis yang dipelajari, Rex Marindo dan rekan-rekannya bisa membuat makanan ini jadi naik level dan memiliki target konsumen tersendiri.

“Kunci utama itu ilmu. Jangan modal nekat, itu kayak bunuh diri. Kalau pakai ilmu, tetap ada risiko gambling tapi persentasenya berkurang karena sudah mengerti ini-itunya.”

 

Belajar dari Kesuksesan Warunk Upnormal

Lima poin tersebut cukup menggambarkan perencanaan matang yang telah dilakukan Rex Marindo dan kawan-kawan, sebelum dirinya terjun ke dalam CRP Group untuk melejitkan bisnisnya yang membawa misi local food to the next level.

Kreativitas dan inovasi anak bangsa ini patut diapresiasi dan tentunya bisa menjadi inspirasi buat kamu lho yang saat ini sedang merencanakan sebuah usaha atau tengah menggeluti dunia bisnis khususnya kuliner.

 

Tunggu apalagi? Amati, tiru, dan modifikasi tahap demi tahap yang dilakukan oleh Rex Marindo dan kawan-kawan. Bersiaplah menjemput kesuksesanmu dalam dunia usaha!

 

Sumber Referensi:

  • Burhan Sholihin. 24 September 2017. Belajar Dari Sosok Rex Marindo, Pengusaha Sukses UPNORMAL. Hello.web.id- https://goo.gl/1KmhXN
  • Mayfree Syari. 7 November 2017. 5 Tips Bisnis Jaman Now ala Pendiri Warunk Upnormal, Rex Marindo. Netz.id- https://goo.gl/ocSTob

 

Sumber Gambar:

  • Warunk Upnormal Rex Marindo – https://goo.gl/1jmVem
  • Rex Marindo 01 – https://goo.gl/sr1MvM
  • Rex Marindo 02 – https://goo.gl/WxEC93
  • Warunk Upnormal – https://goo.gl/U9rBi1
Summary
Rahasia Kesuksesan Warunk Upnormal, Ternyata Rex Marindo Melakukan Ini Lho!
Article Name
Rahasia Kesuksesan Warunk Upnormal, Ternyata Rex Marindo Melakukan Ini Lho!
Description
Kesuksesan Warunk Upnormal tidak lepas dari Rex Marindo. Bagaimana rahasia kesuksesan bisnis kuliner tersebut?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo