Pejuang skripsi, daftar website untuk mencari jurnal berikut ini bisa membantu kamu mencari literatur buat skripsi kamu. Gratis, lho.

Mahasiswa akhir sering kebingungan mencari literatur untuk skripsi mereka. Tapi, sekarang tidak perlu khawatir karena bisa mencari jurnal internasional gratis di Google.

Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Oh, Tugas Akhir…!

Untuk membuat karya ilmiah yang baik, mahasiswa diharuskan mencari referensi yang benar dan valid. Jurnal internasional merupakan salah satu literatur yang kebenaran sudah pasti jelas.

Jutaan peneliti dan ilmuwan dunia mengabadikan hasil penelitian mereka dalam perkembangan ilmu pengetahuan dalam jurnal ilmiah, sehingga tak mengherankan jika dosen mewajibkan mahasiswanya merujuk jurnal tersebut.

Beberapa situs penyedia jasa jurnal memiliki akses berbayar. Namun, kelebihannya pengguna akan diberikan kemampuan mengakses banyak sumber daya dibanding yang gratis.

 

Mencari Jurnal Gratis di Google

Saat ini Google menjelma menjadi dunia kedua yang memberikan banyak hal di satu waktu. Terkenal dengan sistem yang cepat dan responsif, web ini menjadi andalan miliaran orang untuk mengakses sesuatu.

Meski sampai sekarang belum dibekali kemampuan menampilkan hasil pencarian vertikal, Google tetap menjadi mesin pencari terdepan dengan banyak pengguna.

Mencari jurnal di internasional di Google cukup mudah. Kamu tinggal memasukkan nama web-nya atau langsung mengetikkan alamat di address bar pada perambanmu.

Berikut beberapa website penyedia jasa jurnal internasional yang sangat berguna untuk penulisan karya ilmiah:

 

#1 DOAJ

DOAJ merupakan lakuran dari Directory  of Open Access Journal yang merupakan direktori jurnal gratis. Pengguna bisa menemukan jurnal tanpa membayar dari beberapa penerbit tertentu.

Hingga artikel ini diturunkan, database jurnal di DOAJ telah mencapai lebih dari 14 ribu dan 4 juta artikel. Dengan begitu, ada kemungkinan referensi yang kamu butuhkan ada di sini.

Untuk mengunduh jurnal dari DOAJ, kamu hanya perlu mengunjunginya dan mengetikkan kata kunci. Setelah itu, klik cari dan tunggu hingga web menampilkan hasil.

Ketika berhasil menemukannya pun kamu tetap akan diberi opsi, yakni melihat abstraknya saja atau full text.

GRATIS, Website Untuk Mencari Jurnal Internasional Buat Skripsi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Finansialku Podcast Eps 64 – Keuangan Dari Mahasiswa Jadi Karyawan]

 

#2 Science Direct

Elsvier ada di balik situs web luar biasa ini. di Science Direct, kamu bisa menemukan ratusan ribu jurnal dari banyak disiplin ilmu. Sayangnya, situs ini tidak sepenuhnya gratis.

Hanya jurnal dengan tak open access saja yang bisa dinikmati secara cuma-cuma. Selebihnya, kamu bisa berlangganan.

Kendati begitu, bukan berarti aksesmu benar-benar dibatasi. Sebab, ada 900 ribuan artikel yang dapat diunduh dengan bebas.

Pertama, kunjungi website Science Direct dan ketikkan keyword di search bar. Setelah itu, klik cari dan tunggu hingga website menampilkan referensi yang kamu inginkan.

File yang dapat diunduh gratis adalah yang bertanda open access dengan tanda titik hijau. Menariknya, website ini juga punya kemampuan mencari ebook, patent report, dan lain-lain.

 

 

#3 Research Gate

Research Gate adalah komunitas peneliti terkenal. Web ini memungkinkan penggunanya mengunduh jurnal berbayar dengan gratis langsung dari pemiliknya. Menariknya, kamu juga bisa request jurnal ke penulis.

Kamu perlu melakukan pendaftaran untuk masuk ke situs ini. caranya, buka website Research Gate dan klik join for free. Selesaikan pendaftaran sesuai permintaan situs.

Setelah akun selesai dibuat, kamu bisa langsung mencari jurnal di search bar. Sayangnya, tidak semua jurnal disediakan secara full.

Ada beberapa bagian yang tidak dibagikan. Kabar baiknya, kamu bisa meminta secara langsung ke penulisnya untuk mengirimkan full text. Mudah-mudahan mereka mau memberikannya untukmu, ya!

 

#4 Mengetik Judul Artikel Ilmiah PDF di Google

Jika tidak ingin bersusah payah mencari dari satu situs ke situs lain, kamu bisa langsung membuat pencarian di Google. Tambahkan saja “PDF” di akhir kalimatnya.

Tidak semua artikel tersedia secara penuh di internet. Meski begitu, kamu harus tetap bersyukur lantaran bisa mencarinya hanya dari rumah.

GRATIS, Website Untuk Mencari Jurnal Internasional Buat Skripsi 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Jurusan S2 Yang Terima Lulusan S1 Dengan Jurusan Berbeda]

 

#5 Google Schoolar

Google memiliki concern dalam dunia pendidikan, yakni dengan menghadirkan Google Schoolar. Web ini punya banyak indeks yang bisa diunduh secara gratis, lho.

Mencari di situs ini juga sangat gampang. Kamu hanya perlu mengetik keyword seperti Google standar. Dengan mengklik cari, ratusan jurnal dan artikel akan ditampilkan.

Artikel yang dapat diunduh adalah semua yang memiliki kode PDF di sampingnya. Begitu diklik, kamu akan dibawa ke situsnya dan mengunduh secara langsung.

 

Lebih Mudah Menemukan Referensi

Kehadiran website dengan jasa jurnal memudahkan mereka yang tengah menyusun karya ilmiah. Deretan situs tersebut telah membantu jutaan orang membuat tulisan mereka lebih kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Seperti Finansialku, sebuah aplikasi yang juga bisa membantu kamu mencatat dan merencanakan keuangan. Tidak hanya itu, Finansialku juga menyediakan artikel-artikel bermanfaat yang bisa menambah wawasan kamu.

Download aplikasinya sekarang!

playstore icon
appstore icon

 

Itulah beberapa website untuk mencari jurnal internasional yang berguna untuk referensi kamu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk keberlangsungan tugas akhir kamu, ya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Terima kasih.

 

Ebook Perencanaan Keuangan Untuk MAHASISWA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 8 Situs Terpercaya untuk Mengakses Jurnal Internasional. Blog.gamatechno.com – https://bit.ly/33LAfvS
  • Fadli Hafizulhaq. 11 Januari 2019. Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis Berkualitas. Ojopiaman.com – https://bit.ly/2DV5SII
  • Yohana Adriana. 20 November 2018. 10 Situs Jurnal Internasional Untuk Kamu Mahasiswa Akhir. Ruangmahasiswa.com – https://bit.ly/2PENHJB

 

Sumber Gambar:

  • Jurnal 1 – https://bit.ly/32ls1Iw
  • Jurnal 2 – https://bit.ly/3ljSFdk
  • Jurnal 3 – https://bit.ly/3jhfoVT