Wisata Banyuwangi sering disebut-sebut sebagai salah satu daerah yang diduga sebagai tempat KKN Desa Penari. Pernah dengar ceritanya?

Ternyata, di Kota Banyuwangi ini banyak tempat wisata yang hits dan terkenal lho! Pastinya belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Yuk, kunjungi beberapa wisata Banyuwangi yang paling hits dan terkenal yang akan terangkum dalam artikel finansialku dibawah ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Wisata Banyuwangi Salah Satu Destinasi Favorit Di Jawa Timur

Banyuwangi punya banyak destinasi wisata yang sangat indah. Tidak heran ya kalau Banyuwangi menjadi salah satu destinasi favorit di Jawa Timur. Sempat disebut-sebut sebagai kota tempat KKN Desa Penari berlangsung tidak menjadikan Banyuwangi menjadi sepi peminat.

Malahan, karena adanya cerita tersebut banyak orang yang penasaran akan wisata di Banyuwangi. Banyuwangi memang dikenal punya banyak wisata unggulan. Selain Ijen, sedikitnya ada 11 destinasi wisata yang harus kamu kunjungi saat liburan ke Banyuwangi.

 

#1 Tempat Wisata Hits Ala Lord Of The Rings: Jawatan Benculuk

Pada tahun 1952, tempat ini sebetulnya bukan dibangun untuk tempat wisata, melainkan sebagai area resapan air dan penimbun kayu jati yang dikelola oleh Perhutani Banyuwangi.

Namun keberadaan pohon-pohon trembesi yang rindang dan menjulang tinggi menciptakan sebuah pemandangan nan eksotis sekaligus misterius, sehingga banyak orang yang datang ke sini untuk menikmati pesonanya.

Top 10 Tempat Wisata Banyuwangi yang Paling Hits dan Terkenal 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mendapatkan Paket Wisata Murah Supaya Liburan Menyenangkan]

 

Buat kamu yang hobinya hunting foto, pas banget kalau kamu datang kesini di sore hari ketika sinar matahari menerobos masuk melalui celah-celah pepohonan sehingga tampak begitu magis, layaknya pemandangan hutan yang ada di film Lord of the Rings.

Tak heran jika di sore hari, kawasan ini kerap dikunjungi warga untuk bersantai menikmati udara segar, bersepeda, berolahraga, atau bahkan melakukan foto prewedding! Waah.. menarik bukan?

 

#2 Miniatur Raja Ampat Yang Pas Dengan Kantong: Waduk Bajulmati

Apakah kamu salah satu orang yang pengen banget berkunjung ke Raja Ampat Papua tapi belum juga kesampean? Apakah karena dana terbatas, atau belum ada partnernya? Hayooo…

Tenang, kamu juga bisa cari alternatif lain yang lebih murah namun tak kalah cantiknya, yaitu Waduk Bajulmati yang terletak di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo, Jawa Timur.

Top 10 Tempat Wisata Banyuwangi yang Paling Hits dan Terkenal 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Fasilitas Wisata Cikole yang Wajib Kamu Coba Saat Liburan]

 

Meskipun ini hanyalah duplikatnya saja, setidaknya rasa ingin kamu bisa terobati. Sambil menunggu dana terkumpul untuk pergi ke Raja Ampat, kamu bisa menikmati Waduk Bajulmati.

Jangan lupa gunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu mewujudkan liburan kamu ke Raja Ampat. Kamu bisa gunakan fitur rencana keuangan untuk siapkan dana liburan kamu. Mudah bukan?

Yuk download aplikasinya melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

 

#3 Menikmati Keindahan Alam dengan Berkereta Api: Lori Wisata Kalibaru

Menikmati keindahan alam tidak hanya bisa dilakukan dengan bermobil atau berjalan kaki saja. Di Banyuwangi, kamu bisa melakukannya sambil naik kereta api atau lori wisata!

Lori wisata ini berangkat dari Stasiun Kalibaru menuju Stasiun Mrawan PP.

Sepanjang perjalanan kamu akan dibawa melintasi perkebunan kopi pada ketinggian 400 meter di Gunung Gumitir yang udaranya sejuk, dan juga berhenti sejenak di dalam terowongan kereta api yang gelap, di mana kamu bisa turun sejenak untuk berfoto-foto.

Top 10 Tempat Wisata Banyuwangi yang Paling Hits dan Terkenal 04 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Ikuti Panduan dan Tips Liburan Ke Bali Dengan Budget Minimalis]

 

#4 Gardu Pandang Istimewa Di Ujung Timur Jawa: Bukit Mondoleko Sragi

Terletak di ujung Pulau Jawa, di sinilah tempat untuk menjelajahi indahnya pesona lima buah gunung yang menghiasi ujung Timur Jawa: Gunung Raung, Suket, Kendil, Meranti, dan Merapi.

Jangan salah, untuk mencapai tempat ini, kamu harus berjalan sekitar 1,5 km untuk mencapai gardu pandang. Tapi tidak perlu cemas karena pemandangan indah dan udara sejuk akan membuat perjalanan serasa nyaman.

 

#5 Tempat Kekinian Untuk Mengintip Pulau Dewata: Puncak Asmoro

Sekitar 13 km saja dari Kota Banyuwangi, tersedia tempat yang mempesona untuk mengintip keindahan Selat Bali, yang berada di antara Pulau Jawa dan Pulau Bali, serta kesibukan kapal-kapal yang menyeberanginya, dan tentu saja Pulau Bali itu sendiri.

Dan dari tempat yang berada di ketinggian 640 meter dari permukaan laut ini, gagahnya Gunung Meranti, Merapi, dan Raung juga terlihat jelas lho!

Apalagi, Puncak Asmoro sudah sengaja disulap agar menjadi tempat wisata yang kekinian. Di sini ada gardu pandang, dermaga kecil, spot berbentuk bintang, dan dermaga kecil yang unik. Semuanya tempat selfie jempolan yang sulit dicari tandingannya.

Top 10 Tempat Wisata Banyuwangi yang Paling Hits dan Terkenal 05 - Finansialku

[Baca Juga: Lebih Murah Mana: Liburan Multi City, One Trip, Round Trip?]

 

#6 Ngopi Sambil Ditemenin Kamu dan Para Kurcaci: Rumah Kurcaci Glenmore

Rumah Kurcaci Glenmore sebenarnya berada di dalam café yang super kekinian bernama Glen Café, atau Glen Futsal Coffee & Resto.

Tapi pamor dari Rumah Kurcaci yang terletak di bagian belakang dari café ini memang sudah menyalip cafénya! Tentu saja bukan tanpa alasan.

Empat bangunan rumah kurcaci berwarna-warni dengan motif unik yang cerah, ditambah taman dengan bebatuan yang tertata rapi, kolam, dan tempat bermain anaknya semua layak menyandang predikat spot selfie nomor wahid!

 

#7 Pemandangan yang Memukau: Ijen Resort & Villas

Berencana liburan ke Banyuwangi tapi bingung mau menginap di mana? Kamu bisa coba menginap disini!

Alasannya cuma satu, hampir setiap kamar yang ada di resort ini menawarkan pemandangan langsung ke arah taman yang asri, hamparan persawahan nan hijau, hutan rimba, dan tentunya Gunung Ijen!

Bahkan bukan cuma dari balkon kamar saja semua pemandangan itu bisa kamu nikmati. Dari arah restoran, sampai kolam renang pun kamu akan dimanjakan dengan panorama yang benar-benar priceless sejauh mata memandang.

Top 10 Tempat Wisata Banyuwangi yang Paling Hits dan Terkenal 06 - Finansialku

[Baca Juga: Amazing! Ini Liburan Backpacker Gue Ke Bagan Myanmar]

 

#8 Restoran dengan Panorama yang Menawan: Pondok Indah Banyuwangi

Kamu mungkin tidak tahu kalau Banyuwangi menyimpan keindahan panorama sawah yang tak kalah indah dengan tempat lainnya. Keindahan tersebut bisa kamu nikmati sambil menikmati sajian lezat di restoran Pondok Indah Banyuwangi.

Sang pemilik sengaja mendirikan tempat yang berjarak sekitar 10 km dari pusat kota ini dengan tujuan agar para pengunjung dapat menghilangkan kepenatan di kota sembari menyantap makanan khas Banyuwangi.

Lokasinya memang agak tersembunyi, menanjak searah jalur menuju Ijen. Areal parkir sengaja dibuat jauh dari lokasi, agar pengunjung bisa bersantap dengan tenang dan bebas polusi.

Restoran keluarga ini menyuguhkan beberapa pondok kayu yang bisa kamu pilih. Yang paling unik adalah pondok yang berada di lereng berhadapan langsung dengan hamparan sawah berlatar Gunung Ijen. Selain itu ada pula meja-meja di area outdoor yang tak kalah memikatnya.

 

#9 Bersatu dengan Alam: Pantai Sukamade

Betapa asyiknya jika liburan sambil memelihara alam yang indah ini, salah satunya dengan melepas tukik ke lautan.

Terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang kaya akan flora dan fauna, selain bisa menikmati keindahan alamnya, Pantai Sukamade juga terkenal sebagai habitat penyu-penyu raksasa dan langka bertelur.

Eittss.. jangan sampai dibawa yaa penyu-nya!

Top 10 Tempat Wisata Banyuwangi yang Paling Hits dan Terkenal 07 - Finansialku

[Baca Juga: Liburan Kemana Nih? Tengok Harga Tiket Taman Hiburan Beken di Indonesia]

 

#10 Mendengarkan ‘Nyanyian’ Angin Dan Melihat Burung Langka: Pulau Tabuhan

Pulau mungil ini menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona dengan hamparan pasir putih dan air bening dengan gradasi nan indah di sepanjang pantainya.

Dinamakan Pulau Tabuhan, karena angin yang berhembus di sini sayup-sayup terdengar seperti tetabuhan musik. Bikin penasaran, kan?

Karena anginnya juga, pulau ini dikenal sebagai destinasi favorit para penggemar aktivitas kite-boarding (selancar layang) atau windsurfing (selancar angin). Bahkan tempat ini pernah jadi lokasi event kitesurfing bertaraf internasional!

Tak hanya bisa dinikmati dengan windsurfing, kawasan Pulau Tabuhan yang dikaruniai terumbu karang dan ikan berwarna-warni juga jadi tempat yang ideal untuk snorkeling.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas birdwatching dan menyaksikan burung-burung langka, seperti Burung Maleo dan Enggang Gading yang dilindungi, atau menikmati keindahan pantai dari ayunan ala Gili Trawangan.

 

#11 Menaklukkan Gunung Tertinggi Kedua di Jawa Timur: Gunung Raung

Ini dia destinasi wisata Banyuwangi terakhir yang akan kami rekomendasikan, yaitu Gunung Raung!

Secara administratif, Gunung Raung masuk dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Berbeda dengan gunung api lain, kawah Gunung Raung sangatlah unik karena berbentuk elips dengan kedalaman 500 meter.

Ada empat titik puncak yang bisa coba kamu taklukkan, antara lain Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi (karena terdapat pilar-pilar batu menjulang), dan yang tertinggi adalah Puncak Sejati (3.344 m).

 

Rencanakan Tujuanmu

Gimana, seru-seru dan asik kan beberapa tempat wisata Banyuwangi ini?. So, tunggu apalagi? Yuk, segera mampir kesana! Kalau kamu masih single, ini waktu yang pas banget buat kamu travelling!

Buat kamu yang sudah menikah, tenang saja kamu bisa ajak partner kamu untuk travelling menikmati keindahan alam ini. Jangan lupa selalu rencanakan setiap tujuan yang ingin kamu capai!

Yuk baca ebook dari Finansialku di bawah ini agar kamu bisa merencanakan keuanganmu dengan tepat.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Tempat wisata mana yang paling ingin kamu kunjungi? Bagikan pendapat kamu pada kolom komentar ya!

Jangan lupa bagikan juga artikel ini kepada teman dan kerabat kamu, semoga bermanfaat. Selamat menikmati akhir pekan!

 

Sumber Referensi:

  • Imron Ramadhan. 2 April 2019. 28 Tempat Wisata Tersembunyi Di Banyuwangi, Destinasi Jawa Timur Yang Lagi Naik Daun. Indonesia.tripcanvas.co – http://bit.ly/2kVcX2E

 

Sumber Gambar:

  • Wisata Banyuwangi 1 – http://bit.ly/2kvL8Oj
  • Wisata Banyuwangi 2 – http://bit.ly/2mtIoBF
  • Wisata Banyuwangi 3 – http://bit.ly/2mnj8wF
  • Wisata Banyuwangi 4 – http://bit.ly/2kYrt9V
  • Wisata Banyuwangi 5 – http://bit.ly/2ksar3B
  • Wisata Banyuwangi 6 – http://bit.ly/2mt38cJ
  • Wisata Banyuwangi 7 – http://bit.ly/2m2DX0j