Prospek Properti di Jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung, MRT & LRT

Bagaimana prospek properti di jalur kereta cepat Jakarta Bandung, MRT dan LRT? Apakah properti di lokasi tersebut akan mengalami kenaikan harga?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Lokasi Properti dan Prospek Kenaikan Harga Properti

Banyak ahli properti yang mengatakan bahwa investasi properti itu perlu melihat lokasi, lokasi dan lokasi. Kira-kira lokasi seperti apa yang sebaiknya diperhatikan dalam memilih investasi properti?

Prospek Properti di Jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung, MRT & LRT - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 8 Keuntungan Investasi Properti]

 

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, mari kita menganalisa bersama. Fakta menunjukkan rata-rata harga tanah di Ibu Kota lebih mahal dibandingkan harga rata-rata tanah di daerah. Fakta juga menunjukkan bahwa tidak semua daerah di Jakarta, memiliki pertumbuhan harga tanah yang tinggi. Apa yang menyebabkan hal tersebut?

[Baca Juga: Bagaimana Cara Beli Rumah Berstatus Jaminan Utang dengan Aman ?]

 

Jika Anda mengamati lebih dalam, kenaikan harga tanah sangat berpengaruh dengan aktivitas ekonomi masyarakat disekitar daerah tersebut. Apa yang mempengaruhi aktivitas ekonomi? Orang-orang atau masyarakat selalu berkumpul di daerah yang mudah diakses, aman, memiliki fasilitas yang lengkap, dekat dengan pusat perbelanjaan, dekat dengan rumah sakit, dekat dengan fasilitas pendidikan dan lain sebagainya.

Coba saja perhatikan iklan-iklan pengembang properti. Mereka selalu menjual dengan fasilitas yang lengkap, dekat dengan pasar, dekat dengan sekolah, dekat dengan rumah sakit, pengamanan 24 jam, dapat diakses melalui jalan tol dan lain sebagainya.  

 

Apa Dampaknya Jika Ada Kereta Cepat Jakarta Bandung ?

Mengutip dari koran Sindo, dikatakan bahwa kereta cepat Jakarta Bandung akan memperluas konektivitas antara ibu kota dan daearah-daerah yang dilewati jalur kereta cepat Jakarta Bandung. Berikut ini peta yang menggambarkan wilayah yang dilewati oleh kereta cepat Jakarta Bandung :

Prospek Properti di Jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung, MRT & LRT 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mempersiapkan Modal Investasi Property?]

 

Ada beberapa stasiun yang menjadi pusat pemberhentian yaitu:

  1. Stasiun Gambir
  2. Stasiun Manggarai
  3. Stasiun Halim
  4. Stasiun Cikarang
  5. Stasiun Karawang
  6. Stasiun Walini
  7. Stasiun Kopo
  8. Stasiun dan Depo Gedebage

 

Menurut sumber Okezone.com di daerah Walini direncanakan akan dibangun terminal terpadu, 2.200 unit apartemen, 4.400 unit apartemen berlayanan, 2.200 ruang hotel bisnis, 3.080 ruangan hotel ekonomis, 2.208.000 meter persegi perkantoran, 4.049.280 meter persegi kawasan niaga dan 200 ha perumahan. Hal itu bukanlah hal yang aneh, karena waktu tempuh dari Jakarta menunju Bandung tidak lebih dari 36 menit.

Dengan adanya akses dari Bandung ke Jakarta dengan waktu yang kurang dari 60 menit, memungkinkan orang kerja di Jakarta dan tinggal di Bandung sekitarnya. Tentu saja hal ini tetap akan mengangkat perekonomian Jakarta, Kota Bandung dan sekitarnya.

 

Menakar Prospek Kenaikan Harga Tanah dan Properti Di Jalur MRT 

Beberapa pengembang properti di Jakarta sudah mulai membangun apartemen di daerah-daerah yang dilalui oleh MRT dan LRT. Berikut ini peta yang menggambarkan lajur MRT

Prospek Properti di Jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung, MRT & LRT 3 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 8 Kiat Investasi Properti ala Dolf de Roos]

 

Tahap I : Koridor Selatan – Utara (Lebak Bulus – Bunderan HI), diperkirakan selesai pada tahun 2018.

PT MRT Jakarta sedang membangun koridor Selatan-Utara Fase I (Lebak Bulus – Bunderan HI) dengan total 13 stasiun dan 1 depo Lebak Bulus. Dari 13 stasiun tersebut ada 7 stasiun layang (Lebak Bulus – Fatmawati – Cipete – Haji Nawi – Blok A – Blok M – Sisingamangaraja) dan 6 stasiun bawah tanah (Senayan – Istora – Bendungan Hilir – Setiabudi – Dukuh Atas – Bundaran HI).

 

Tahap II : Koridor Utara Selatan (Bunderan HI – Kampung Bandan Ancol), diperkirakan selesai tahun 2020.

Tahap II melanjutkan jalur Selatan – Utara dari Bunderan HI ke Kampung Bandan dengan panjang 8.1 KM. Pembangunan akan dimulai sebelum tahap I beroperasi. Saat ini studi kelayakan untuk pembangunan tahap II sudah selesai. Total 8 stasiun bawah tanah tersebut adalah Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, Kota dan Kampung Bandan.

 

[Baca Juga: 5 Jenis Sertifikat Properti yang Harus Diketahui oleh Setiap Investor Property]

 

Menurut analisis, properti di dearah stasiun MRT (mass rapid transport), akan mengalami kenaikan harga. Hal ini disebabkan karena kemudahan akses transportasi ke tempat-tempat lain. Berikut ini salah satu video komentar Presiden Joko Widodo (saat dahulu menjabat Gubernur DKI Jakarta).

 

Youtube Courtesy. Beritajakartavideo – Jokowi: Nilai Properti di Jakarta Akan Semakin Mahal

 

Bagaimana dengan Prospek Properti di Dekat Stasiun LRT ?

Berikut ini gambar peta LRT di DKI Jakarta

Prospek Properti di Jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung, MRT & LRT 4 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

  • Koridor 1 : Kebayoran – Kelapa Gading
  • Koridor 2 : Pulo Mas – Tanah Abang
  • Koridor 3 : Joglo – Tanah Abang
  • Koridor 4 : Puri Indah – Tanah Abang
  • Koridor 5 : Pesing – Kelapa Gading
  • Koridor 6 : Ancol – Kemayoran
  • Koridor 7 : Bandara Soekarno Hatta – Kemayoran

 

Pembangunan LRT (light rail transport) di DKI Jakarta membawa dampak kenaikan harga properti di daerah-daerah yang dilewatinya. Salah satu daerah yang mendapat keuntungan adalah Bekasi. Mengutip sumber dari Detik.com, Kota Bekasi mendapat 31 proyek apartemen dengan jumlah hunian mencapai 52.000 unit apartemen.

 

Pemilihan Lokasi dan Akses adalah Salah Satu Kunci Keberhasilan Investasi Properti

Ada banyak sekali hal-hal yang mempengaruhi kesuksesan dalam berinvestasi properti. Salah satu faktor yang cukup berpengaruh adalah pemilihan lokasi dan kemudahan akses. Lokasi – lokasi yang memiliki aktivitas perekonomian yang tinggi, cenderung akan meningkatkan harga tanah dan properti. Pembukaan akses seperti kereta cepat Jakarta Bandung, MRT dan LRT berpotensi untuk mempermudah konektivitas masyarakat dan meningkatkan kegiatan ekonomi di daerah tersebut. Artinya dengan hal ini memungkinkan kegiatana ekonomi akan lebih tumbuh.

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai prospek kenaikan harga tanah dan bangunan di daerah yang dilewati kereta cepat Jakarta Bandung, MRT dan LRT ?

 

Sumber Artikel

  • Edo Rusyanto. 2 Januari 2016. Transportasi dan Properti Bekasi (1). Beritasatu.com – http://goo.gl/AIdXuA
  • Fely Tan. Apartemen Jakarta di Sekitar Jalur MRT Semakin Diminati. Rukamen – http://goo.gl/WDEsyJ
  • Jurnalis  RZK, Koran SINDO. 3 Februari 2016. Kereta Cepat Menarik Gerbong Properti. Okezone.com – http://goo.gl/apAIee
  • Nurseffi Dwi Wahyuni. 21 Januari 2016. Menilik Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung. Liputan6.com – http://goo.gl/9eVR2E

 

Sumber Gambar

  • shinkansen – http://goo.gl/WmKDB4
  • kereta cepat Jakarta Bandung – http://goo.gl/qrUJ0r
  • MRT Jakarta – http://goo.gl/4uq1sN
  • LRT Jakarta – http://goo.gl/aZADqp

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download