Cara mencegah stres: para pemimpin, atasi stres Anda sejak dini sebelum menjadi gunung es yang akan menghancurkan Anda dari dalam.

Gunakan tips berikut ini untuk mengetahui cara mencegah stres. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Mencegah Stres Bagi Para Pemimpin

Mencari solusi di setiap masalah kepemimpinan tentu akan membawa pada tingkat stres yang semakin meningkat.

Pemimpin hebat memiliki kemampuan dalam mencegah tingkat stres mereka. Ini dia cara mencegah stres bagi para pemimpin.

 

#1 Pikirkan Ulang

Pikiran kita dapat memanggil kembali memori lama dan menyaksikan kejadian yang telah kita alami.

Layaknya time travel, pikiran kita dapat menjelajahi kembali setiap kejadian yang telah berlalu dan kita bisa melakukan evaluasi atas kejadian tersebut sekaligus mencari solusi dan jalan keluar untuk masa mendatang.

Lihat dari sisi yang berbeda, bahwa tekanan stres itu adalah sebuah tantangan yang membuat Anda menjadi pribadi yang semakin kuat sehingga Anda bisa mengatur strategi selanjutnya untuk menjadikan kesalahan pada masa lampau sebagai sebuah pembelajaran untuk mengembangkan diri menjadi yang terbaik dari diri Anda sendiri.

10 Cara Mencegah Stres Bagi Para Pemimpin 02 - Finansialku

[Baca Juga: 12 Cara Menghindari Stres akibat Masalah Keuangan bagi Anda yang Single Parents]

 

“Our culture encourages us to plan every moment and fill our schedules with one activity and obligation after the next, with no time to just be. But the human body and mind require downtime to rejuvenate. I have found my greatest moments of joy and peace just sitting in silence, and then I take that joy and peace with me out into the world.” – Holly Mosier

“Budaya kita mendorong untuk selalu membuat rencana dan mengisi waktu dengan setiap kegiatan demi kegiatan tanpa ada hentinya Tetapi tubuh dan pikiran manusia membutuhkan waktu istirahat untuk kembali pulih. Saya telah menemukan momen sukacita dan kedamaian terbesar ketika saya hanya duduk dalam keheningan, dan kemudian saya membawa kegembiraan dan kedamaian itu bersama saya ke dunia.”

 

#2 Lakukan Re-organisasi

Rumitnya masalah dan terkadang tumpang tindih sehingga membuat kita tidak tahu dari mana harus memulainya dan menyelesaikan persoalan, tentu menuntut pikiran kita untuk bekerja lebih keras.

Menumpuknya tugas akan membuat kita sulit berpikir jernih demi mendapatkan jalan keluar sehingga kita malah terjebak dalam sebuah labirin persoalan yang nampaknya tak berujung.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kemampuan pemimpin dalam mereorganisasi adalah sebuah bentuk strategi yang mampu mengatur ulang, menyusun, mengelompokkan dan juga memberikan solusi kepada tim dengan delegasi tugas serta kemampuan untuk terbuka dengan ide yang masuk sehingga pemimpin dapat mengambil langkah penyelesaian persoalan.

Ambil waktu sejenak untuk memfokuskan dan membenamkan diri dalam merespon setiap ide yang datang.

Atur setiap jadwal hidup sesuai dengan prioritas dan tetap percaya bahwa Anda dapat menyelesaikannya dengan baik.

“Whenever you feel tension mounting up, just smile: you will break the force of tension.” – Dada J. P. Vaswani

“Setiap kali Anda merasa ketegangan meningkat, tersenyumlah: Anda akan mematahkan kekuatan dari ketegangan tersebut.”

 

#3 Seimbangkan Hidup

Apa saja lini yang membentuk hidup Anda saat ini?

Tentu hidup ini adalah sinergi dan gabungan dari berbagai area, diantaranya keluarga, kepercayaan religius, kesehatan serta olahraga, kegemaran atau hobi dan berbagai area lainnya yang membentuk Anda hingga saat ini.

Dengan waktu yang telah diberikan dalam hidup kita sebagai kesempatan, tanyakan pada diri Anda apakah Anda sudah menaruh kualitas yang seimbang dalam setiap lini yang membentuk Anda tersebut?

Apakah pekerjaan malahan membuat waktu Anda tersedot sepenuhnya dan tidak menghiraukan lini lainnya yang membentuk hidup Anda?

Dalam hal ini, Anda perlu menyeimbangkan waktu dengan penerapan prioritas yang bertahap.

Berikan ruang dan waktu untuk setiap lini tersebut dan jangan lupakan untuk memberikan prioritas pada pengembangan diri Anda sendiri.

“There will be times in your life when things simply have to be replaced because they are tired, broken, worn out, harmful, outdated, or irrelevant. Take an inventory of the things that no longer serve your best and highest good so you can replace them with things which do.” – Susan C. Young

“Akan ada saat-saat dalam hidup untuk mengganti karena alasan seperti, rusak, usang, berbahaya, ketinggalan zaman, atau tidak relevan. Buat daftar dari hal-hal yang perlu Anda ubah sehingga Anda dapat menggantinya dengan hal-hal yang bermanfaat.”

 

Kisah Sukses Raam Punjabi, Raja Sinetron Indonesia 04 Bebas stres - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda]

 

#4 Kembangkan Strategi

Seorang pemimpin hebat akan terus berusaha mengembangkan diri mereka untuk menjadi pemimpin yang lebih baik.

Mengembangkan diri adalah salah satu cara untuk mencegah stres, bahkan secara preventif – sebelum masalah yang membuat Anda stres itu muncul.

Pengembangan diri dapat melalui ilmu pengetahuan dan juga keterampilan khusus lainnya yang dipelajari dalam kursus, pelatihan, seminar atau workshop.

Belajar secara online memanfaatkan jaringan internet juga dapat Anda lakukan dengan mudah melalui gadget Anda sambil mengisi waktu yang berkualitas saat perjalanan panjang di dalam pesawat atau di dalam kereta.

Dengan ilmu pengetahuan yang Anda miliki dan varian keterampilan yang Anda pelajari – meski tidak perlu untuk menjadi master di dalamnya, Anda dapat mengembangkan strategi untuk mencari solusi melalui berbagai perspektif.

Solusi cerdas, kreatif dan inovatif dapat Anda temukan dengan luasnya ilmu dan keterampilan yang telah Anda pelajari sebelumnya.

“The greatest weapon against stress is relaxed breathing.” – Amit Ray, Beautify your Breath – Beautify your Life

“Senjata terbesar melawan stres adalah bernapas dengan rileks.”

 

#5 Membangun Komunikasi yang Sehat

Tempat kerja adalah sebuah base camp bagi pemimpin dan para anggota tim untuk bisa bekerja dengan leluasa tanpa ada rasa tidak nyaman satu dengan yang lain.

Membangun atmosfer kerja yang sehat dapat ditempuh melalui komunikasi yang baik antar pribadi dalam lingkungan kerja.

Pemimpin adalah salah satu tonggak yang menciptakan dan sekaligus menyeimbangkan apabila komunikasi diantara para anggota terjadi tidak sesuai yang yang diharapkan.

Konflik dan Stress Kerja 01 Finansialku

[Baca Juga: 2 dari 100 Orang Bisa Mencapai 5 Level Leadership John C Maxwell, Apakah Anda Salah Satunya?]

 

Dengan adanya komunikasi yang baik dalam atmosfer kerja, kerja sama tim akan berlangsung dengan baik seiring dengan perjalanan menuju tujuan.

Jadilah pemimpin yang transparan dan berterus terang kepada anggota tim mengenai setiap tantangan yang sedang dihadapi.

Selain itu, dengarkan pendapat mereka sebagai bagian dari anggota tim yang perlu untuk didengarkan.

Ide hebat dapat datang dari mana saja, termasuk ide hebat yang bisa saja muncul dari salah satu anggota dengan tanggung jawab terkecil dalam tim Anda.

Ini adalah salah satu strategi untuk menciptakan komunikasi yang sehat dalam lingkungan kerja Anda.

Membangun komunikasi bisa menjadi sebuah langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi tingkat stres, apalagi saat tekanan pekerjaan di kantor sedang meningkat. 

“Connecting with others gives us a sense of inclusion, connection, interaction, safety, and community. If you want to attract positive and healthy relationships, be one! Staying connected and getting reconnected feeds the flow of goodness which empowers our humanity.” – Susan C. Young

“Berhubungan dengan orang lain memberi kita rasa inklusi, koneksi, interaksi, keamanan, dan komunitas. Jika Anda ingin memiliki hubungan yang positif dan sehat, jalinlah hubungan dengan orang lain! Miliki hubungan dengan orang lain dan perkuat rasa kemanusiaan Anda.”

 

#6 Tidak Menunda Untuk Menyelesaikan Tugas

Pemimpin hebat tidak akan menunda tugas yang seharusnya mereka lakukan. Mereka akan segera melakukannya dan menyelesaikannya, bahkan mereka berusaha untuk menyelesaikannya sebelum tenggat waktu.

Strategi penyelesaian tugas lebih awal ini dapat meminimalkan tingkat stres yang dapat membebani pikiran Anda.  

Bayangkan jika pekerjaan mulai menumpuk dan tugas-tugas yang sudah seharusnya selesai malahan tidak kunjung beres! Ditambah lagi pekerjaan baru lainnya yang menanti.

Anda tentu akan kelimpungan dan perlu waktu tambahan sehingga membuat anggota tim harus kerja lembur.

Tingkat stres akan meningkat dan menekan Anda, termasuk bawahan Anda. Jika ini terjadi terus-menerus, tentu ini akan berimbas pada situasi di rumah.

Tidak menunda pekerjaan akan menurunkan tingkat stres Anda sebagai seorang pemimpin.

“The more stress you accumulate, the heavier it becomes. If you accumulate too much, the weight of carrying it can break you.” – Oscar Auliq-Ice

“Semakin banyak stres yang Anda kumpulkan, semakin berat jadinya. Jika Anda menumpuk terlalu banyak, beban tersebut bisa menghancurkan Anda.”

 

Ide Seru Pencegah Stres 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Manajer! Ketahui Cara Mengawasi dan Mengontrol Psikologi Kepribadian Karyawan]

 

#7 Kesalahan Bisa Menjadi Pembelajaran

Kesalahan tidak selamanya Anda sebagai pemimpin yang melakukannya. Mungkin saja salah satu anak buah Anda yang melakukannya.

Tapi, pemimpin hebat perlu mengakui dan membenahi diri ketika anggota tim melakukan kesalahan karena kesalahan salah satu anggota adalah kesalahan bersama, tidak terkecuali pemimpin itu sendiri.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Namun, kesalahan memang tak selamanya bisa dihindari, dan terkadang kita perlu “membiarkan” kesalahan itu untuk kita lalui agar kita dapat belajar melaluinya.

Menjadi pemimpin yang baik, selain mengembangkan potensi dalam diri, mereka juga perlu mengembangkan potensi dan keterampilan dari para anggotanya.

Inilah strategi berikutnya untuk memperkuat kekuatan tim melalui pembenahan dan pengembangan keahlian serta keterampilan yang mereka miliki.

Bantulah anak buah Anda ketika mereka sedang mengalami kesulitan dalam pekerjaan dihadapi sebagai salah satu bagian dalam tugas Anda untuk memberikan pengayoman kepada anggota tim.

Dalam proses ini, bantulah mereka juga dengan memberikan pemahaman bahwa kesalahan adalah sebuah proses yang harus dilalui untuk mencapai perkembangan dan kemajuan.

“A positive attitude may not solve all our problems but that is the only option we have if we want to get out of problems.” – Subodh Gupta, Stress Management a Holistic Approach

“Sikap positif mungkin tidak menyelesaikan semua masalah kita, tetapi itulah satu-satunya pilihan yang kita miliki jika kita ingin keluar dari masalah.”

 

#8 Keep It Simple

Dunia sudah mengakui kehebatan dari Apple. Ini tak lepas dari salah satu orang hebat di dalamnya, yaitu Co-founder sekaligus CEO, Steve Jobs.

Sudah menjadi makanannya setiap hari untuk mencari solusi jitu untuk membuat Apple berada pada tahap kejayaannya untuk mengembangkan kualitasnya di dunia digital dan telekomunikasi.

Untuk mencegah tekanan stres itu, Steve Jobs akan berusaha untuk tetap tenang dan tidak tergesa-gesa untuk memutuskan.

Perlukah Program Kesejahteraan Karyawan Dari Survei PwC 2017, 53% Karyawan Stres Akibat Masalah Keuangan Keluarga 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Edukasi Keuangan di Tempat Kerja Dapat Meningkatkan Employee Engagement?]

 

Ikuti teladan Steve Jobs akan membuat Anda menjadi seorang pemimpin hebat dalam mencegah tekanan dalam masalah pekerjaan.

Kekuatan terbesar Anda dapat ditemukan saat Anda dalam ketenangan. Anda dapat berpikir jerih untuk memikirkan strategi jitu untuk menyelesaikan peliknya masalah yang sedang Anda hadapi.

Dengan tetap tenang dan membiarkan pikiran Anda tetap jernih, Anda dapat membuat keputusan dengan lebih bijak.

Beberapa aktivitas seperti yoga dan meditasi juga dapat Anda lakukan untuk mendapatkan ketenangan dalam diri Anda.

“If you want to conquer the anxiety of life, live in the moment, live in the breath.” – Amit Ray, Om Chanting and Meditation

“Jika Anda ingin menaklukkan kegelisahan hidup, cobalah untuk hidup dan bernafaslah.”

 

#9 Hadapi dan Hilangkah Rasa Takut

Rasa takut yang Anda pelihara sebetulnya akan menghancurkan diri Anda dari dalam. Sadar atau tidak, rasa takut akan mendominasi Anda saat stres itu muncul.

Saat takut, seorang bisa saja bertindak secara gegabah dan tidak berpikir panjang dalam memutuskan sebuah tindakan.

Elon Musk sang CEO Tesla menyarankan, untuk menjadi pemimpin yang hebat, kita perlu memiliki kemampuan dalam mengontrol tingkat stres. Berusaha untuk menghadapinya dengan berani dan berkuasa atas ketakutan itu sendiri.

Dengan menghilangkan rasa takut dan mengendalikan rasa takut itu, Anda dapat mengambil keputusan dengan lebih jernih dan Anda bisa lebih fokus dalam pengembangan usaha Anda.

“Reconnect to what makes you happy and brings you Joy. If there is something that used to make you happy which you have stopped doing, do it again. Seek to find deeper meaning and significance rather than living on the surface.” – Susan C. Young

“Hubungkan kembali dengan apa yang membuat Anda bahagia dan membawa Anda pada sukacita. Teuslah untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia. Berusahalah menemukan makna yang lebih dalam dalam hidup Anda.”

 

#10 Lakukan Olahraga

Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga adalah salah satu strategi preventif untuk meminimalkan tingkat stres yang sedang Anda hadapi.

CEO iPrice Group, sebuah layanan e-commerce yang tersebar di 7 negara, David Chmelar juga menyarankan hal ini. Tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Anda dapat berolahraga di rumah atau berkeliling di taman kota untuk menikmati udara segar dan berolahraga.

5+ Rekomendasi Olahraga Seru Bagi Para Generasi Milenial 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ramuan David Ogilvy: 10 Hal Yang Perlu Ditemukan Dalam Gaya Kepemimpinan Anda]

 

Atasi Stres dengan Tepat untuk Menjadi Pemimpin Hebat

Jangan biarkan stres mengganggu pikiran Anda sehingga produktivitas Anda terganggu.

Ikuti tips cara mencegah stres di atas dan buktikan sendiri bahwa Anda mampu melampaui setiap masalah yang ada dengan tetap tenang.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda.

Jika ada pertanyaan atau tanggapan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang tersedia di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Daily Social. Tips Manajemen Stres dari Para CEO. Dailysocial.id – https://bit.ly/2Dzv58q
  • Djajendra. 26 Februari 2010. Pemimpin Harus Cerdas Mengatasi Tekanan. Djajendra-motivator.com – https://bit.ly/2ITfqnX
  • Novia Nur FS. 23 October 2016. 10 Cara Mengatasi Stres sebagai Pemimpin Perusahaan. Infoidebisniscom – https://bit.ly/2DwRmUg
  • Admin. 4 Desember 2018. Cara Pemimpin Mengatasi Stress. Cicikresti.com – https://bit.ly/2PwoPD8

 

Sumber Gambar:

  • Cara Mencegah Stres 01 – https://bit.ly/2V4Md0y
  • Cara Mencegah Stres 02 – https://bit.ly/2DGBA9E