Apa saja yang harus dilakukan oleh seorang wirausahawan agar sukses? Melanjutkan artikel sebelumnya, berikut ini 5 hal yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan (entrepreneur).

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Menjadi Wirausahawan Sukses

Menjadi wirausahawan yang sukses bukanlah yang mudah. Dibutuhkan banyak usaha dan kerja keras, agar dapat memperoleh kesuksesan. Berikut ini penjelasan dari Tonny Robbins mengenai cara menjadi wirausahawan sukses. 

 10-tips-untuk-menjadi-wirausahawan-sukses-ala-tony-robbins-part-2-1-finansialku

[Baca Juga : Belajar dari Kesalahan adalah Kunci Sukses Menjadi Entrepreneur]

 

Mari kita bahas 10 tips untuk menjadi sukses dari Tony Robbins yang akan berguna bagi kalangan wirausahawan :

 

#6 Berinvestasi Pada Diri Sendiri

Setiap orang selalu berpikir untuk bekerja keras dan berinvestasi untuk mendapatkan banyak uang. Tetapi Anda perlu berpikir untuk berinvestasi terhadap diri sendiri. Artinya, carilah cara untuk menambahkan nilai pada diri Anda sendiri lebih dari yang dilakukan orang lain. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir terhadap apapun. Salah satu caranya adalah bekerja lebih keras daripada orang lain agar mendapatkan hasil dan pembelajaran yang maksimal. Selain itu Anda juga dapat mencoba mengikuti program pelatihan yang dapat mendukung bidang Anda.

5 Cara Memaksimalkan Hasil Investasi Reksa dana untuk Pemula - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Investasi untuk Sekarang dan Masa Depan]

 

Kewirausahaan dalam hal ini adalah proses rumit dan panjang yang tidak pernah berakhir. Seorang wirausahawan yang sudah sangat sukses sekalipun tidak pernah berhenti belajar. Jika Anda semakin rajin, semakin bernilai tinggi dan semakin ahli dalam bidang Anda, maka semakin tinggi peluang keberhasilan Anda. Selain itu dengan berinvestasi pada diri sendiri Anda juga dapat membagikan ilmu kepada orang lain. Jangan sallah, membagikan ilmu bukan berarti suatu hal yang merugikan. Ketika Anda membagikan ilmu kewirausahaan dengan orang lain, maka Anda telah memasuki tahap yang lebih tinggi yaitu sebagai seorang ‘guru yang ahli’ dalam berwirausaha.

 

#7 Berinvestasi Secara Otomatis

Berinvestasi adalah sebuah keharusan bagi setiap kalangan. Bahkan berinvestasi seharusnya dilakukan secara otomatis. Jangan menjadikan investasi sebagai sebuah pilihan, sebaiknya jadikan investasi sebagai rutinitas bulanan. Tanpa terasa investasi Anda sudah menumpuk dan dapat memenuhi seluruh kebutuhan nantinya.

Pa Kenapa Ga Autodebet Investasi Aja - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Pa Kenapa Tidak Auto Debet Saja?]

 

Seorang wirausahawan umumnya memiliki pendapatan harian. Jika memang memungkinkan, Anda bahkan bisa menganggarkan untuk berinvestasi setiap hari. Penting untuk rutin berinvestasi agar pendapatan Anda tidak terlanjur habis untuk keperluan yang bersifat pemborosan. Jangan menunggu nanti untuk berinvestasi, jadikanlah investasi sebagai rutinitas Anda. Beberapa produk investasi menawarkan sistem auto-debet. Anda bisa menggunakan fasilitas ini jika tidak ingin repot. Memang saat mengeluarkan uang untuk berinvestasi, uang terasa hilang tanpa wuud. Tetapi dalam beberapa tahun Anda baru akan merasakan manfaatnya.

 

#8 Berikan Hal yang Seolah Ada Di Luar Kemampuan

Salah satu kunci untuk menjadi wirausahawan yang sukses adalah menjadi seorang dermawan. Berapapun pendapatan Anda, memberi adalah suatu hal yang wajib dilakukan. Jika Anda tidak mau mengeluarkan Rp 100 dari Rp 1.000 untuk disumbangkan, Anda tidak akan mau mengeluarkan Rp 1 Miliar dari Rp 10 Miliar. Kedermawanan dapat mengajarkan bahwa sebenarnya ada lebih dari cukup uang daripada yang Anda pikir tidak mampu Anda berikan. Semakin besar Anda memberi, dengan sendirinya akan semakin besar tanggung jawab yang datang.

8-alasan-mengapa-anda-calon-entrepreneur-tidak-boleh-menyerah-finansialku

[ Baca Juga : 8 Alasan Mengapa Anda Calon Entrepreneur, Tidak Boleh Menyerah]

 

Secara teknis, kebiasaan memberi dapat membuat Anda belajar hidup lebih hemat. Karena merasa uang berkurang setelah memberi, Anda akan semakin memperhatikan keuangan. Berbeda halnya jika tidak pernah memberi dan selalu merasa uang berlimpah. Anda akan terlena dengan uang yang banyak dan tidak berhati-hati sehingga suatu saat usaha Anda bisa saja bangkrut akibat kecerobohan keuangan. Selain itu memberi kepada orang yang membutuhkan dapat membantu menyadari bahwa banyak orang yang tidak seberuntung Anda. Dengan begitu Anda akan semakin bersyukur dan menambahkan energi positif bagi usaha seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

 

#9 Kuat Secara Psikologis

Menjadi kuat secara psikologis adalah persoalan menguasai kemampuan dalam diri Anda. Ketahuilah bahwa setiap orang memiliki kekuatan dalam dirinya sendiri, hanya saja tidak semua orang mau menggunakan seluruh kemampuan tersebut.

5-masalah-yang-sering-dihadapi-oleh-entrepreneur-dan-bagaimana-solusinya-finansialku

[Baca Juga : 5 Masalah yang Sering Dihadapi Entrepreneur & Bagaimana Solusinya?]

 

Salah satu hal yang membedakan seorang wirausahawan sejati dengan orang pada umumnya adalah kekuatan mental. Bagaimana tidak? Seorang karyawan bisa hidup tenang setiap hari karena tahu akan mendapatkan gaji di akhir bulan. Tetapi seorang wirausahawan mempertaruhkan nasibnya setiap hari, jika tidak mendapatkan keuntungan maka kebutuhan hidupnya tidak bisa dipenuhi. Tidak ada kepastian dalam usaha yang dilakukannya. Proses berwirausaha, sekali lagi, adalah proses yang rumit dan panjang. Karenanya Anda harus memiliki ‘mental baja’ untuk menghadapi setiap kenaikan dan kejatuhan dalam prosesnya.

Seorang wirausahawan yang lemah mental tidak akan mampu bertahan dalam badai kewirausahawan yang terkadang bisa penuh dengan permasalahan. Tanpa mental yang kuat, Anda hanya akan terbawa arus dan sampai pada titik yang mungkin jauh di bawah harapan Anda.

 

#10 Progres = Kebahagiaan

Ada kalanya Anda merasa stuck atau tersendat, baik dalam hidup maupun dalam berwirausaha. Dalam keadaan tersebut seringkali seorang wirausahawan putus asa dan merasa harus menyerah. Padahal kondisi ini justru mengingatkan Anda untuk melakukan sebuah gebrakan baru. Disitulah saatnya Anda keluar dari zona nyaman dan mencari hal yang baru. Ketika dihadapkan dengan kondisi tersendat, Anda harus mengambil langkah untuk berubah. Baik itu langkah yang besar maupun kecil.

Apa Saja Modal untuk Menjadi Entrepreneur Sukses - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Apa Saja Modal untuk Menjadi Entrepreneur Sukses?]

 

Setiap progres akan menimbulkan kebahagiaan. Jika Anda seorang wirausahawan yang memulai usaha dari nol, Anda pasti tahu bagaimana rasa bangganya ketika mulai membeli peralatan usaha. Bagaimana rasa bangganya ketika melihat logo usaha Anda terpampang sekedar di layar komputer. Ingatkah Anda bahwa setiap langkah kecil kemajuan akan memberikan kebahagiaan? Karena itu lakukan hal yang sama ketika Anda menghadapi kondisi tersendat dalam proses berwirausaha. Setiap langkah kecil kemajuan sama dengan kebahagiaan.

 

Banyak Hal Penting yang Tidak Terlihat

Dalam proses berwirausaha terkadang Anda tidak menyadari bahwa banyak hal penting yang seolah kecil dan tidak terlihat. Padahal hal-hal kecil tersebut adalah kunci keberhasilan Anda. Semua kunci kesuksesan berawal dari mindset. Perubahan mindset menjadi baik bukanlah sebuah hal yang mudah dan dimulai dari hal-hal kecil pula. Beberapa tips yang diberikan Tony Robbins dapat membantu Anda memulai perubahan mindset untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses.

 

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan atau tantangan saat menjadi entrepreneur? Silakan kirimkan komentar dan pendapat Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi :

  • Cat Alford. 12 Maret 2016. Tony Robbins’ 10 Tips for Living Rich. Time.com – https://goo.gl/s1uIrN

 

Sumber Gambar : 

  • Tonny Robbins – https://goo.gl/0TUPos dan https://goo.gl/4bneQM

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang