Apa saja manfaat BPJS TK yang harus diketahui oleh setiap karyawan? Masa sudah bayar setiap bulannya, tidak tahu manfaat BPJS TK? Berikut ini penjelasan mengenai manfaat BPJS TK untuk para karyawan. 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

4 Jaminan BPJS TK yang Harus Diketahui oleh Karyawan

Ternyata ada 4 macam jaminan yang ditawarkan oleh BPJS diantaranya adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) tentunya masing-masing jaminan memiliki keuntungannya tersendiri.

4-jaminan-bpjs-tk-yang-harus-diketahui-oleh-para-karyawan-finansialku

[Baca Juga :   Badan Penyelenggara Jaminan Sosial: BPJS Ketenagakerjaan]

 

Karyawan akan mendapatkan perlindungan atas segala risiko kecelakaan yang terjadi selama hubungan kerja maupunkecelakaan yang terjadi saat perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau penyakit yang ditimbulkan oleh lingkungan kerja. Dengan iuran yang dibayar oleh perusahaan atau pemberi kerja tergantung tingkat risiko lingkungan kerjaan, dan besarannya dievaluasi paling lama 2 tahun sekali. Selain itu kita pun harus memperhatikan masa kadaluarsa klaim agar kita bisa mendapatkan manfaat.

Terhitung selama 2 tahun masa kadaluarsa klaim tersebut dari tanggal kejadian kecelakaaan. Tetapi perusahaan juga harus melaporkan kepada pihak BPJS dengan tertib paling lambat 2 kali 24 jam setelah kejadian kecelakaan baik secara lisan ataupun elektronik tentang kejadian kecelakaan Ketenagakerjaan. Dan juga perusahaan harus segera menindaklanjuti laporan yang sudah dibuat tersebut dengan cara mengirimkan formulir kecelakaan kerja tahap I yang sudah dilampirkan dengan dokumen pendukung.

 

#1 Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Di bawah ini beberapa manfaat dari jaminan kecelakaan kerja :

  1. Mendapatkan pelayanan kesehatan seperti pengobatan dan perawatan
  2. Mendapatkan santunan berupa uang dan dibedakan menjadi 4 macam, antara lain:
  • Mendapatkan biaya ganti pengangkutan peserta jika mengalami kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja, ke rumah sakit dan/atau kerumahnya dan sudah termasuk biaya untuk pertolongan pertama pada kecelakaan.
  • STMB atau Sementara Tidak Mampu Bekerja
  • Mendapatkan santunan bagi yang cacat
  • Mendapatkan santunan kematian dan biaya untuk pemakaman

 

Cara Mengecek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Cara Mengecek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan]

 

#2 Program Jaminan Hari Tua (JHT)

Bagi yang akan mengikuti program jaminan hari tua ini wajib mengikuti sesuai penahapan kepesertaan. Apabila pengusaha memiliki lebih dari satu perusahaan, maka ia wajib mendaftarkan masing-masing perusahaannya. Untuk pekerja yang bekerja lebih dari satu perusahaan, diwajibkan untuk mendaftar sesuai penahapan kepesertaan.

tahukah-anda-ada-4-jaminan-bpjs-ketenagakerjaan-bpjs-tk-untuk-karyawan-finansialku

[ Baca Juga : Program Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan]

 

Manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti program ini yaitu kita bisa menerima uang tunai yang besarnya adalah nilai akumulasi iuran ditambah dengan hasil pengembangannya yang dibayarkan secara sekaligus, jika:

  1. Peserta sudah mencapai usia 56 tahun
  2. Meninggal dunia
  3. Cacat total tetap

Usia pensiun yang dimaksud adalah peserta yang berhenti bekerja karena mengundurkan diri, terkena PHK atau sedang tidak aktif bekerja dimanapun. Dan manfaat program jaminan ini sebelum mencapai usia 56 tahun adalah Anda bisa mengambil sebagian jika sudah mencapai 10 tahun dengan ketentuan yang berlaku.Tetapi kesempatan itu hanya bisa digunakan sekali seumur hidup

 

#3 Program Jaminan Pensiun (JP)

Jaminan sosial ini bertujuan untuk mempertahankan kehidupan yang layak untuk peserta dengan memberikan penghasilan saat peserta sudah memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap atau meninggal dunia. Manfaat dari pensiun itu sendiri yaitu sejumlah uang yang akan diberikan kepada peserta yang memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap atau kepada ahli wari dari peserta yang meninggal dunia setiap bulannya.

bedanya-jaminan-hari-tua-dan-jaminan-pensiun-bpjs-ketenagakerjaan-finansialku

[Baca Juga : Bedanya Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan]

 

Program pensiun ini dihitung sebesar 3% untuk iuran, 2% iuran pemberi kerja dan 1% iuran pekerja. Untuk mekanisme pembayaran iuran yaitu mengikuti program paket.

Di bawah ini beberapa manfaat yang didapatkan dengan mengikuti program jaminan pensiun

  1. Mendapatkan biaya Pensiun Hari Tua (MPHT) yaitu uang tunai bulanan yang akan diberikan kepada peserta jika sudah memenuhi masa iuran minimum 15 tahun.
  2. Mendapatkan biaya Pensiun Cacat (MPC) yaitu uang tunai bulanan yang diberikan kepada peserta yang mengalami cacat total
  3. Mendapatkan biaya Pensiun Janda/Duda (MPJD),berupa uang tunai yang akan diberikan kepada janda/duda yang menjadi ahli waris dari peserta
  4. Mendapatkan biaya Pensiun Anak (MPA), berupa uang tunai yang akan diberikan kepada anak dari peserta.
  5. Mendapatkan biaya Pensiun Orang Tua (MPOT), berupa uang tunai yang akan diberikan kepada orang tua dari peserta yang berstatus lajang 

 

 #4 Program Jaminan Kematian

Dengan program ini uang tunai bisa diberikan kepada ahli waris saat peserta meninggal dunia yang bukan disebabkan oleh kecelakaan kerja.

Untuk iuran jaminan kematian ini peserta harus mengeluarkan sebesar 0,30% dari gajinya. Sedangkan untuk peserta yang tidak menerima gaji sebesar Rp.6.800.000.

Dan inilah beberapa manfaat yang diterima saat mengikuti program ini :

  1. Mendapatkan biaya santunan sekitar 16juta
  2. Mendapatkan santunan yang akan dibayar sekaligus sekitar 4,8juta
  3. Biaya untuk pemakaman sebesar 3juta
  4. Mendapatkan beasiswa pendidikan anak yang akan diberikan kepada setiap peserta yang meninggal dunia, tetapi bukan karena kecelakaan kerja dan telah memiliki masa iuran paling singkat 5 (lima) tahun yang diberikan sebanyak Rp12.000.000,00 (dua belas juta rupiah) untuk setiap peserta.
  5. Besarnya iuran dan manfaat program JKM bagi peserta dilakukan evaluasi secara berkala paling lama setiap 2 tahun

 

Karyawan Tidak Perlu Khawatir, Karena Ada BPJS Ketenagakerjaan

Setelah mengetahui manfaat BPJS Ketenagakerjaan, Anda tidak perlu khawatir lagi. Stidaknya pemerintah sudah memberikan jaminan sosial yang dapat membantu meringankan kebutuhan masa depan (saat pensiun). Sebagai perencana keuangan kami tetap menyarankan agar Anda memadukan manfaat rencana dana hari tua (rencana pensiun) dengan manfaat BPJS Ketenagakerjaan. 

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan? Tuliskan komentar atau pertanyaan Anda mengenai mengenai BPJS ketenagakerjaan.

 

Sumber Referensi :

  • Achmad Dwi Afriyadi. 2016. 4 Jaminan BPJS TK yang Wajib Diberikan Perusahaan ke Karyawan. Liputan6.com – https://goo.gl/Emr9ZO
  • BPJS. 2014. Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) – https://goo.gl/rZLGyq
  • BPJS. 2014. Program Jaminan Hari Tua (JHT) – https://goo.gl/rZLGyq
  • BPJS. 2014. Program Jaminan Pensiun – https://goo.gl/rZLGyq
  • BPJS. 2014. Program Jaminan Kematian (JKM)- https://goo.gl/rZLGyq

 

Sumber Gambar : 

  • Employee – https://goo.gl/zFQIyx

 

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku