Apa saja cara yang dapat Anda tempuh dalam melipatgandakan hasil investasi agar hasilnya semaksimal mungkin? Perlu diingat, orientasi bisnis ialah mengeruk keuntungan sebesar mungkin dan meminimalkan kerugian sekecil-kecilnya. Terapkan 5 cara melipatgandakan hasil investasi berikut ini dan lihat hasilnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Bagaimana Cara Melipatgandakan Hasil Investasi

Setiap investor selalu memberikan peringatan kepada dirinya sendiri agar bisa mendapatkan hasil investasi yang sebesar-besarnya. Butuh kerja keras ditambah strategi jitu, serta sedikit keberuntungan agar upaya melipatgandakan hasil investasi terwujud. Selain itu, dibutuhkan pengalaman matang serta kejelian melihat peluang guna memenangkan perolehan income investasi yang luar biasa. Bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia investasi, upayakan 5 cara melipatgandakan hasil investasi ini sebagai kunci sukses Anda.

Karyawan Juga Bisa Sukses Berinvestasi, Ini Cara-Caranya - Finansialku

 

[Baca Juga: Apakah Ada Investasi yang Tidak Dikenakan Pajak?]

 

#1 Cara Klasik – Raihlah Keuntungan Secara Perlahan

Ada pepatah mengatakan “biar perlahan namun pasti”. Begitulah kira-kira bunyi pepatah yang juga dianut sebagai filosofi dalam berinvestasi maupun berbisnis. Cara ini menekankan kehati-hatian dan efektivitas dalam pelaksanaannya. Selain itu, metode ini bersifat non-spekulatif serta tidak adanya pengambilan risiko terlalu tinggi. Namun perlu diingat, dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menuai hasil investasi yang berlimpah. Yang terpenting dalam penerapannya ialah konsistensi serta pengkalkulasian yang matang untuk setiap langkahnya. Jika cara melipatgandakan hasil investasi ini diterapkan, bukan tidak mungkin rupiah yang berlimpah akan mendatangi Anda.

 

#2 Cara Contrarian – Penuh Perjuangan

Seperti halnya seorang atlet yang bisa mengalami kemerosoton performa, perusahaan tempat Anda berinvestasi pun bisa demikian. Hal ini juga terlepas dari kebimbangan investornya dalam menghadapi situasi yang serba sulit ini.  Kasus semacam ini dapat menghadirkan situasi, dimana investasi yang baik menjadi oversold atau terlalu banyak penjualan. Hal ini akan menciptakan peluang besar bagi investor lainnya yang berani untuk membeli investasi tersebut.

Tolok ukur yang paling klasik yang biasa digunakan untuk menaksir apakah suatu saham itu telah terjual habis, yaitu dengan melihat price-to-earnings ratio atau rasio harga perolehannya dan book value atas suatu perusahaan. Kedua ukuran ini memiliki nilai-nilai sejarah yang mapan untuk masing-masing dari kedua pasar dan industri-industri spesifik. Jika perusahaan-perusahaan berada di bawah nilai rata-rata rasio dan book value, tanpa berpikir panjang, para investor yang cerdas akan melihat sebuah peluang besar untuk investasi mereka.

Demi Masa Depan, Pastikan Anak Anda Jago Berinvestasi 1 - Finansialku

[Baca Juga: Demi Masa Depan, Pastikan Anak Anda Jago Berinvestasi]

 

#3 Cara Aman

Jika Anda tidak cukup berani berurusan dengan risiko tinggi serta ancaman besar, pilihlah cara investasi yang aman dengan risiko kecil. Cara ini juga menjadi pilihan bagi para investor yang berniat melipatgandakan hasil investasi. Anda dapat memanfaatkan obligasi tanpa bunga (zero-coupon bonds) sebagai cara melipatgandakan hasil investasi.

Manfaat yang akan Anda peroleh dari obligasi tanpa bunga ialah tidak adanya kecilnya risiko dari investasi tersebut. Dengan obligasi jenis standard-coupon bonds, ada semacam tantangan dalam menginvestasikan kembali pembayaran bunga ketika pembayaran tersebut diterima. Lain halnya dengan obligasi tanpa bunga, yang tumbuh atau berkembang menuju kematangan. Tidak ada masalah untuk mencoba investasi dengan pembayaran bunga yang lebih kecil atau risiko jatuhnya pembayaran bunga.

Bagaimana Cara Mengenali Transaksi Palsu dalam Dunia Investasi - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengenali Transaksi Palsu dalam Dunia Investasi?]

 

#4 Cara Spekulatif

Ada beberapa investor yang sukses dengan cara yang lamban, tetapi ada juga investor yang jatuh terguling karena sikap dan cara spekulasinya. Terkait masalah ini, cara yang paling cepat untuk melipatgandakan hasil investasi yaitu dengan penggunaan opsi saham, batas atau harga yang sangat rendah. Opsi saham berkaitan dengan opsi jual dan opsi beli yang secara sederhana dapat digunakan untuk memprediksi apakah saham suatu perusahaan naik atau turun. Opsi ini juga dapat digunakan untuk mengisi ulang sebuah performa portofolio.

Bagi mereka yang tidak mau belajar opsi jual dan beli tetapi ingin mempertebal keyakinan atas suatu saham, ada opsi pembelian pada margin atau pembelian terhadap saham jangka pendek.

Yang terakhir, perburuan penawaran yang ekstrem dapat dengan cepat membuat pundi-pundi uang Anda berlipat ganda. Apakah Anda akan memutuskan untuk menjatuhkan pilihan pada banyak perusahaan mapan yang sedang menjual kurang dari satu dollar (sekitar Rp13 ribu) atau Anda mengorbankan ribuan dollar untuk hal besar selanjutnya? Saham bernilai kecil dapat melipatgandakan uang Anda dalam satu hari trading.

Pajak dari Keuntungan Hasil Investasi - Finansialku

[Baca Juga: Pajak dari Keuntungan Hasil Investasi (Deposito, Tabungan, Unit Link)]

 

#5 Cara Terbaik

Sementara cara ini, nampak tak senyaman dalam mengamati saham favorit Anda dari sebuah berita. Hal yang tak terbantahkan dalam melipatgandakan hasil investasi Anda yaitu dengan mencocokkan kontribusi yang Anda terima dalam rencana pensiun bos Anda. Membuatnya lebih baik bisa menunjukkan suatu kenyataan bahwa uang yang Anda persiapkan dalam rencana pensiun Anda atau rencana pensiun yang didanai oleh bos Anda akan segera masuk ke dalam laporan bos Anda.

Definisi Return atau Hasil Investasi adalah - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Return atau Definisi Hasil Investasi adalah]

 

Menurut Anda, tantangan apa saja yang dihadapi ketika melakukan berbagai investasi yang sepertinya menggiurkan hasilnya? Berikan tanggapan, komentar dan pertanyaan pada kolom yang tersedia di bawah ini. Bagikan setiap informasi yang Anda dapatkan kepada rekan-rekan sejawat Anda yang membutuhkan informasi melalui Finansialku.com. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Investopedia. 5 Ways to Double Your Investment. https://goo.gl/XUlVkw

 

Sumber Gambar:

  • Broker – https://goo.gl/Naizn2

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang