Tertarik untuk tahu fakta-fakta menarik seputar Alibaba Group, perusahaan raksasa asal Tiongkok yang mendunia?

Alibaba merupakan perusahaan dengan IPO (Initial Public Offering) tertinggi dalam sejarah Amerika Serikat.

Penasaran apa sih fakta menarik seputar Alibaba Group? Yuk simak ulasannya di sini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Fakta Menarik Alibaba Group, Perusahaan e-Commerce Terbesar di China

Dewasa ini sangat banyak perusahaan yang sukses dan menjadi perusahaan kelas dunia.

Saat membicarakan topik perusahaan sukses internasional, tentunya tidak mungkin melewatkan perusahaan besar asal China, Alibaba Group.

Alibaba Group bisa dibilang sebagai sebuah perusahaan e-commerce terbesar di China bahkan di Asia.

Bahkan Alibaba Group menorah sejarah dengan nilai IPO (Initial Public Offering) tertinggi dalam sejarah Amerika Serikat yakni senilai US$25 miliar (sekitar Rp300,1 triliun).

Nilai ini bahkan mengalahkan IPO Facebook pada tahun 2012 silam, yang sebesar US$16 miliar (sekitar Rp192,1 triliun).

Kisah Sukses Jack Ma Pendiri Alibaba 3 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jembatan Menuju Kebebasan Finansial: Berpindah dari Sisi Kiri ke Sisi Kanan Kuadran]

 

Sayangnya, meski menjadi perusahaan e-commerce yang sukses menapak jalannya di Asia, banyak orang yang mungkin tidak tahu tentang perusahaan yang satu ini.

Oleh karena itu, Finansialku kali ini sudah merangkum enam fakta menarik tentang Alibaba Group dan siap membagikannya bagi Anda:

 

#1 Memulai Sukses Dari Bawah

Meski telah menjadi perusahaan kelas dunia, Anda perlu tahu bahwa dulu perusahaan Alibaba hanyalah perusahaan kecil yang dimulai dari sebuah kantor kecil di apartemen.

Apartemen ini adalah kediaman sang founder, Jack Ma yang letaknya di Hangzhou.

Saat mengingat masa lalu, Jack Ma menjelaskan bahwa dahulu kantor pertamanya ini hanya mengandalkan internet dial up. Bayangkan saja seberapa lemot koneksi internet di sana.

Bahkan pada tahun 2003, kantor Alibaba Group ini kerap mati listrik akibat gelombang panas yang menghantam China sehingga sebagian wilayah di Hangzhou harus menjatah konsumsi listrik.

 

#2 Didirikan Oleh Mantan Guru Bahasa Inggris

Alibaba didirikan pada tahun 1999 oleh Jack Ma dan 17 rekannya.

Ia merupakan tokoh penting di balik kesuksesan Alibaba, dan meski saat ini sudah tidak menjabat sebagai CEO, Jack Ma masih mempunyai kontrol pada perusahaan rintisannya ini.

Kisah Sukses Jack Ma Pendiri Alibaba 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kebebasan Finansial Bukan Berarti Kaya dan Bebas Utang Lho! Tapi…]

 

Siapa sangka, sejak kecil Jack Ma mempunyai ketertarikan yang besar terhadap Bahasa Inggris dan akhirnya menempuh pendidikan di Hangzhou Teacher’s Institute untuk mendapat gelar sarjana bahasa Inggris.

Sebelum memutuskan untuk mendirikan perusahaan internet, Jack Ma pernah bekerja sebagai guru bahasa Inggris dan membuat perusahaan layanan dalam bidang terjemahan.

 

#3 Jack Ma Meminjam Dana dari 18 Orang

Apakah Anda tahu bahwa Jack Ma juga dulu kesulitan untuk mengumpulkan modal bisnisnya? Betul sekali, Jack Ma berjuang keras untuk mendapatkan uang untuk mendirikan perusahaan Alibaba. Modalnya sendiri bernilai US$60.000.

Dana sebanyak itu akhirnya dikumpulkan oleh Jack Ma dengan cara meminjam dari 18 orang.

Mereka diminta berkumpul di apartemen Jack Ma dan sang founder Alibaba itu pun berpidato selama dua jam. Setelah itu semua orang langsung mengeluarkan uangnya dan terkumpul lah US$60.000.

Namun melihat kesuksesan perusahaan Alibaba Group saat ini, dijamin para investor itu sudah merasakan keuntungan berlipat ganda dari investasinya.

 

#4 Merekrut Banyak Petani

Tahukah Anda? Alih-alih mencari lulusan ekonomi atau bisnis sebagai tenaga penjualan atau sales, Alibaba Group malah merekrut petani. Pasalnya, Jack Ma tidak sanggup membayar gaji dari sarjana lulusan universitas ternama di Cina.

Dengan merekrut para petani atau pemuda-pemudi dari pedesaan, maka mereka bisa menggajinya dengan upah yang kecil.

Untungnya keputusan ini tepat bagi kedua pihak. Para petani tersebut berhasil membangun perusahaan bayi ini hingga menjadi perusahaan sukses raksasa internasional.

Bahkan saat ini karyawan Alibaba Group dikabarkan sudah mencapai 24 ribu orang! Jumlah itu jelas lebih besar daripada total karyawan Yahoo atau Facebook.

 

#5 Lembur Menjadi Kebiasaan Di Alibaba Group

Kabarnya, karyawan Alibaba Group dahulu terbiasa bekerja selama 7 hari seminggu dengan jam kerja mencapai 16 jam sehari.

Kabar ini pun dibenarkan oleh salah seorang juru bicara Alibaba Group, seperti yang diberitakan oleh Washington Post pada 22 April 2016.

Disebutkan pula bahwa Jack Ma kerap meminta karyawan baru untuk bermukim di dekat kantor, agar meminimalisasi waktu transportasi ke kantor. Kelihatannya strict banget ya peraturannya?

Kisah Sukses Jack Ma Pendiri Alibaba - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi: Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook]

 

Namun adapun alasan Jack Ma memberlakukan kebijakan itu adalah agar mereka bisa datang ke kantor jika ada hal darurat yang mesti dibahas.

Mengingat perusahaan itu ingin berkembang dengan cepat, kinerja karyawannya juga harus tinggi.

Mendengar hal ini, tertarik kah Anda untuk bekerja di Alibaba Group?

 

#6 Meraih Pendanaan Puluhan Juta USD

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Alibaba Group berhasil sukses dan menapakkan jejak kesuksesan di dunia. Namun awalnya, Banyak perusahaan mapan menertawakan dan menolak jasa Alibaba. 

Hingga pada 1999 Alibaba berhasil menarik perhatian para investor dunia. Perusahaan ini pun mendapatkan pendanaan dari Goldman Sachs sebesar US$5 juta dan US$20 juta dari Softbank.

Ini menjadi titik bangun pertama dari Alibaba Group yang terus sukses mengembangkan bisnisnya hingga sekarang.

 

#7 Alibaba Berhasil Menggarap Taobao

Taobao merupakan situs belanja yang didirikan Alibaba sebagai respon dari menguatnya eBay di Cina.

Taobao pun berhasil mengungguli eBay di negaranya. Awalnya, proyek Taobao dilakukan secara rahasia layaknya intel, dimana Jack Ma mengajak enam karyawannya yang dia pilih untuk mengembangkan proyek rahasia tersebut.

10 Fakta Menarik Tentang Alibaba Group yang Jarang Diketahui Orang 02

[Baca Juga: Anda Bisa Kaya Hanya Dengan 10 Tips Sukses Jadi Orang Kaya Sebelum Usia 40 Tahun Ala Warren Buffet]

 

Mereka semua dilarang memberitahukan mengenai proyek ini kepada siapa pun, selain itu mereka juga diminta kerja di tempat rahasia yang nggak diketahui banyak orang.

Menyikapi persaingan Taobao dan eBay, Jack Ma pun berkomentar,

eBay mungkin hiu di samudra luas, tetapi saya adalah buaya di sungai Yangtze. Jika kami bertempur di samudra, kami kalah. Tetapi kalau bertempur di sungai, kami yang menang.” 

 

#8 Jack Ma Dinobatkan Sebagai Salah Satu Orang Terkaya di Dunia

Jack Ma, pendiri Alibaba Group sangat menjaga informasi pribadinya dari publik. Jack mengungkapkan dirinya ingin menjalani kehidupan layaknya masyarakat normal.

Namun satu yang tak bisa dihindari adalah saat dirinya dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia dengan jumlah kekayaan mencapai US$37,4 miliar atau sekitar Rp491 triliun.

Nama Jack Ma terus disorot karena kesuksesan dan kekayaannya ini.

 

#9 Jack Ma Memilih Mundur dari Alibaba

Apa yang akan Anda lakukan jika berhasil mendirikan perusahaan sukses setara Alibaba Group? Berikan jawaban Anda pada kolom komentar di bawah ya!

Kabar mengejutkan dari Jack Ma hadir belum lama ini, dimana dirinya mengungkapkan keputusannya untuk resmi mengundurkan diri sebagai chairman Alibaba.

Dalam 20 tahun di bawah kepemimpinan Jack Ma, perusahaan telah bertransformasi menjadi perusahaan e-commerce tradisional menjadi perusahaan teknologi konglomerasi yang menguasai bisnis logistik, pengiriman makanan, e-commerce hingga cloud computing.

Pada usianya yang telah genap 20 tahun per tahun 2019 ini, valuasi Alibaba Group dikabarkan mencapai US$460 miliar.

Saat ditanya mengapa ingin mengundurkan diri, Jack Ma menjelaskan bahwa karena keterbatasan kemampuan dan energi, tidak ada seorang pun yang dapat menanggung tanggung jawab sebagai ketua dan CEO selamanya.

“Ketika Alibaba didirikan tahun 1999, tujuan kami adalah membangun sebuah perusahaan yang dapat membuat China dan dunia bangga dan yang dapat melintasi tiga abad hingga 102 tahun terakhir.”

“Namun, kami semua tahu tidak ada seorang pun yang dapat bertahan dengan perusahaan selama 102 tahun. Alibaba yang berkelanjutan harus dibangun berdasarkan tata kelola yang baik, filosofi budaya-sentris, dan konsistensi dalam mengembangkan bakat.”

 

Ma juga memberikan petunjuk soal pengunduran dirinya saat menulis,

“Para guru selalu ingin murid-muridnya melebihi mereka, jadi tanggung jawab yang harus saya dan perusahaan lakukan adalah membiarkan orang-orang yang lebih muda dan lebih berbakat mengambil alih peran kepemimpinan sehingga mereka mewarisi misi kami untuk memudahkan dalam berbisnis di mana saja.”

 

#10 Alibaba Kini Dipegang oleh Daniel Zhang Dan Terus Melebarkan Sayapnya

Sosok Zhang sebenarnya bukan wajah lama bagi raksasa asal China tersebut. Zhang menjadi salah satu sosok yang turut mengantarkan kesuksesan bagi perusahaan selama 12 tahun atau sejak 2007.

Kala itu ia menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO) di Taobao, anak perusahaan.

Pada Mei 2015, Zhang menggantikan Jonathan Lu sebagai CEO Alibaba Group. Di tangannya, pendapatan perusahaan yang sempat merosot 49 persen di awal 2015 berhasil keluar dari zona merah.

10 Fakta Menarik Tentang Alibaba Group yang Jarang Diketahui Orang 03

[Baca Juga: Mau Sukses dan Menjadi Orang Kaya? Awali Dengan Menerapkan Prinsip Dasarnya Terlebih Dahulu]

 

Jack Ma mengungkapkan bahwa dirinya selama ini telah mengamati Zhang untuk menunjukkan komitmen yang berkelanjutan kepada perusahaan dan membuktikan kemampuannya dengan mengelola 13 kuartal berturut-turut agar menjadi pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan.

Ma mengungkapkan,

“Pikiran analitisnya tak tertandingi, dia memegang misi dan visi kami, dia memeluk tanggung jawab dengan penuh semangat, dan dia memiliki keberanian untuk berinovasi dan menguji model bisnis kreatif.”

 

Bagaimana Menurut Anda?

Melihat 10 fakta menarik yang sudah dibahas sebelumnya, mana yang menarik perhatian Anda? Dari sini kita bisa melihat bahwa kesuksesan adalah sesuatu yang dapat diraih meski dari bawah, selama kita bisa berbisnis dengan keras dan cerdas.

Jika Anda juga ingin menjadi seperti Jack Ma, yang berhasil menjadi miliarder dari nol, maka kunci pertama adalah dengan mengubah pola pikir agar tidak mudah menyerah.

Anda akan melihat bahwa dengan perubahan pola pikir segalanya akan menjadi lebih baik. Dengan demikian, Anda sudah selangkah lebih dekat untuk menjadi kaya dan sudah berhasil membedakan diri Anda dari jutaan orang lainnya.

Selamat mencoba!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai fakta menarik lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Hati-hati terhadap penipuan mengatasnamakan Finansialku! Finansialku.com tidak pernah memungut biaya atau pun menjanjikan produk apa pun di luar aplikasi dan official media kami. 

 

Sumber Referensi:

  • Tim Viva. 18 November 2017. 10 Fakta Menarik di Balik Kesuksesan Jack Ma dan Alibaba. Viva.co.id – http://bit.ly/2mcpa3v
  • Tri Andry. 1 November 2017. 10 Fakta Menarik Jack Ma Dari Kecil Hingga Sukses Membangun Bisnis Alibaba. Entrepreneurcamp.id – http://bit.ly/2lrEKrE
  • Aulia Akbar. 26 Januari 2018. Ini Dia 6 Fakta Soal Alibaba Group yang Belum Kamu Ketahui. Moneysmart.id – http://bit.ly/2lvZbnv
  • Redaksi CNBC Indonesia.10 September 2019. Resmi! Hari Ini Jack Ma Mundur dari Alibaba. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/2m9RJi0
  • Admin. 11 September 2018. Melalui Sebuah Surat, Jack Ma Ungkap Alasan Pengunduran Dirinya dari Alibaba. Aceh.tribunnews.com – http://bit.ly/2n5sBsW
  • CNN Indonesia. 10 September 2019. Mengenal Daniel Zhang, Nakhoda Alibaba Pengganti Jack Ma. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/2n5sFZI

 

Sumber Gambar:

  • Alibaba 01 – http://bit.ly/2lsC6ls
  • Alibaba 02 – http://bit.ly/2meYy1Z
  • Alibaba 03 – http://bit.ly/2lZdEZr

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG