Ketika sudah memikirkan persiapan, strategi apa yang penting dilakukan untuk investasi seorang pebisnis online?

Mengapa strategi investasi dibutuhkan?

Temukan jawaban lengkapnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Apakah Strategi Investasi Penting Bagi Pebisnis Online?

Investasi tanpa strategi investasi tentu akan kurang. Tak memandang siapa yang sedang berinvestasi dan dengan modal berapa saja, siapa saja tetap akan membutuhkan strategi supaya bisa lebih siap atas segalanya.

Termasuk juga untuk pebisnis online yang seharusnya juga memiliki investasi untuk dijalankan.

Pelaku bisnis online memang diuntungkan soal modal, modal bisa dipangkas sebesar mungkin sehingga lebih besar peluang untuk menjadi pebisnis gaya ini. Meski modal bisa dipangkas, investasi tetap jadi apa yang dibutuhkan oleh pebisnis online.

Ampuh! Inilah Strategi Investasi yang Dibutuhkan Pebisnis Online 02

[Baca Juga: Pebisnis UMKM, Cara Sederhana Membuat Bisnis “Naik Kelas”]

 

Beragam Strategi Investasi yang Dapat Dilakukan Pebisnis Online

Investasi sebagai apa yang dibutuhkan pebisnis online akan membantu banyak hal. Mulai dari yang sederhana untuk bisa membuat bisnis terus berjalan, hingga membuat bisnya punya cukup modal untuk bergerak secara offline.

Simak apa saja strategi investasi untuk pebisnis online berikut.

 

#1 Mengetahui Tujuan Keuangan

Utamanya, tujuan keuangan harus diketahui sebelum Anda memulai investasi sebagai pelaku bisnis online. Sebab dengan mengetahui hal ini, Anda jadi lebih tahu berapa yang akan diinvestasikan dan keuntungan seperti apa atau sebesar apa yang diinginkan.

Sebab pada dasarnya, investasi dilakukan oleh pebisnis supaya bisa membantu bisnis berkembang. Itu tujuan utamanya, masih ada tujuan lain-lainnya yang lebih spesifik. Mengerti apa tujuan keuangan yang ingin dikumpulkan adalah salah satu strategi investasi.

Untuk mengerti lebih lanjut mengenai tujuan keuangan, baca artikel ini Komik: Pahami dan Ikuti Tips Smart Membuat Tujuan Keuangan.

 

#2 Menyiapkan Rencana Detail Keuangan

Rencana keuangan yang akan dibuat sebelum memulai investasi harus benar-benar detail. Semakin detail rencana disusun, maka akan semakin tersiapkan pula segalanya.

Mulai dari detail pengeluaran harian, mingguan, bulanan, atau periode waktu apa saja yang biasa Anda gunakan dalam melakukan pengeluaran berbisnis.

 

#3 Mengetahui Manajemen Risiko

Risiko investasi jelas menjadi bahasan strategi investasi berikutnya. Semakin pandai pebisnis dalam memanajemen risiko atas investasi yang dipilih, maka akan semakin aman pula semuanya.

Risiko seharusnya menjadi hal yang perlu dihindari dalam berinvestasi. Atau kalau tidak, persentasenya harus diminimalkan supaya tidak terlalu merugikan jika memang harus rugi.

Ketahui bagaimana cara melakukan manajemen risiko supaya kedepannya bukan uang yang besar untuk dikorbankan jika harus rugi.

 

#4 Mempertimbangkan Usia dan Durasi Investasi

Usia bisnis dan durasi investasi bisa jadi strategi investasi berikutnya. Pertimbangan akan usia bisnis atau usia pelaku bisnis jika Anda solo dalam berbisnis akan membantu Anda menemukan produk investasi mana yang paling tepat.

Begitu juga dengan durasi, apakah bisnis Anda membutuhkan keuntungannya cepat atau bisa menunggu. Sangat bisa dijadikan pertimbangan bukan?

 

#5 Memilih Produk Investasi yang Tepat Sesuai Kondisi

Juga harus disesuaikan dengan kondisi. Menyesuaikan kondisi bisnis dengan investasi yang akan dijalankan bisa jadi memberikan strategi investasi yang hampir serupa dengan poin-poin sebelumnya. Namun tetap saja hal ini harus menjadi hal yang pasti di awal supaya tidak terlupakan.

Apakah kondisi bisnis Anda saat ini masih kurang-kurang dalam penuhi kebutuhan, masih berkembang, masih butuh tambahan modal, atau kondisi lainnya. Sangat bisa menentukan keputusan kapan dan berapa yang harus diinvestasikan.

Cek di sini Produk Investasi Apa yang Cocok buat Saya?.

 

#6 Mempelajari Cash Flow dan Capital Gain

Jika Anda belajar cash flow dan capital gain maka akan lebih mudah dalam memilih produk yang dipilih untuk berinvestasi.

Anda jadi tahu produk investasi apa yang akan membantu Anda dan bisnis Anda supaya bisa tetap berjalan kedepan. Sebab, salah satu tujuan bisnis dijalankan adalah untuk terus berjalan supaya kontinu.

Bisnis harus jangka panjang, sehingga jangan sampai salah hitung hanya karena Anda membuat keputusan yang sangat baik (berinvestasi).

Produk investasi yang bisa berikan cash flow akan memberikan Anda keuntungan atau penghasilan setiap periode waktu dengan durasi yang tidak lama. Bisa digunakan untuk membantu biaya operasional bisnis.

Begitu juga dengan capital gain, sangat bisa membantu bisnis dalam berkembang. Ini merupakan sebuah nominal yang akan diberikan di akhir, sehingga bisa langsung digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Bisa itu untuk mewujudkan bisnis offline, untuk menambah aset, atau hal lainnya yang membutuhkan modal lebih besar dari biasanya.

Mencari produk investasi yang bisa berikan keduanya lebih bagus, namun bila hanya salah satunya saja pun juga tak masalah.

 

#7 Melakukan Manajemen Modal Usaha dan Modal Berinvestasi

Di strategi investasi terakhir dalam daftar ini Anda bisa melakukan manajemen modal. Manajemen modal ini akan sangat membantu setiap bulannya atau setiap periode waktu yang Anda gunakan untuk keluar modal dalam berbisnis.

Misalnya jika setiap bulannya, Anda harus mengeluarkan biaya untuk operasional, untuk gaji karyawan, dan lain sebagainya.

Jika manajemen modal dilakukan sekaligus diatur, setiap durasi waktu ini Anda tak akan kesulitan atau menjumpai kendala.

Sebab sebelumnya Anda telah memperhitungkan modal atau kekayaan usaha yang bisa diinvestasikan. Serta berapa yang harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Dalam poin ini, sebisa mungkin bagi-bagi dulu berapa batas maksimal dan minimal yang harus diinvestasikan. Berapa juga yang harus ada selalu supaya kapan saja kebutuhan datang bisa segera dipenuhi.

 

banner_pebisnis,_ini_cara_mengatur_keuangan_bisnis_yang_benar

 

Strategi Semakin Matang dengan Financial Check Up Terlebih Dahulu

Strategi investasi yang Anda buat atau rencanakan nanti akan lebih matang apabila Anda melakukan financial check up terlebih dahulu. Semakin matang strategi, semakin mantap untuk memulai investasi bukan?

Investasi juga akan menjadi hal yang tidak ber-ending buruk jika sudah matang strateginya. Aplikasi Finansialku adalah aplikasi yang sudah memberikan fitur financial check up.

Financial check up di aplikasi ini bisa dilakukan secara gratis dan tanpa syarat. Anda hanya perlu isikan beberapa data yang sebenarnya saja supaya hasilnya sangat valid dan bisa dicoba.

 

Ternyata, financial check-up bisa menjadi kunci strategi investasi bagi para pebisnis online. Karenanya, yuk bagikan artikel ini pada sesama pebisnis online di sekitar Anda, terima kasih.

PT Solusi Finansialku Indonesia (Finansialku.com) adalah perusahaan perencanaan keuangan yang tercatat di OJK sebagai penyelenggara IKD, terdaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik di Kominfo, anggota dari Asosiasi Fintech Indonesia serta mengantongi sertifikasi ISO 27001:2013 yang menjamin kerahasiaan dan keamanan data konsumen. Seluruh perencana keuangan Finansialku.com sudah tersertifikasi CFP® (Certified Financial Planner).

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3r7GOkr
  • 02 – https://bit.ly/3sboZ5t