Anak Harus Diajarkan Cara Berinvestasi. Ada 7 Tips untuk Moms

Setiap anak harus diajarkan cara berinvestasi, berikut terdapat 7 tips yang dapat moms lakukan. 7 tips ini akan memberikan anak Anda gambaran mengenai cara dan manfaat berinvestasi sehingga mereka dapat memulainya sejak dini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Sejak Dini

Tidak ada kata terlalu cepat bagi anak Anda untuk mengerti mengenai keuangan. Menurut Melanie Mortimer, dengan memulai pelajaran investasi dari usia anak 3 tahun, mereka akan tumbuh menjadi generasi yang lebih siap serta cerdas finansial. Berinvestasi tidak hanya berarti menanamkan uang Anda untuk membeli saham sebuah perusahaan.

Anak Harus Diajarkan Cara Berinvestasi. Ada 7 Tips untuk Moms 02 - Finansialku

[Baca Juga: Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah]

 

Bagi anak Anda, menabung adalah ketika mereka belajar menabung di celengan dan memakai uang tersebut untuk membeli sesuatu yang telah mereka inginkan. Tetapi seringkali, sebagai orangtua, banyak yang memiliki paradigma salah bahwa anak Anda hanyalah anak kecil yang masih belum mengerti mengenai keuangan. Padahal dengan menganggap mereka seperti orang dewasa, sifat anak Anda pun otomatis akan berubah.

 

7 Tips untuk Moms

Hanya saja, tidak mudah tentunya untuk mengajarkan teknik investasi pada anak Anda. 7 tips di bawah ini adalah cara sederhana yang dapat moms lakukan sehingga buah hati moms tertarik untuk belajar berinvestasi.

 

Tips 1: Komunikasi Dengan Bahasa yang Mereka Mengerti

Walaupun topik yang Anda bicarakan adalah mengenai investasi, tidak ada salahnya untuk berbicara dengan bahasa mereka. Sederhana adalah kunci untuk membuat mereka mengerti dan tertarik. Anda tidak perlu menjelaskan risiko dan keuntungan dari masing-masing instrumen investasi. Mulailah dari menjelaskan bahwa investasi adalah cara untuk menghasilkan uang dari sejumlah uang.

Jika Anda ingin menjelaskan mengenai saham, maka Anda dapat mulai dengan bahasa sederhana seperti bahwa saham adalah investasi yang risikonya tinggi dan sulit diprediksi, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, pasar saham adalah investasi yang kuat karena sejarahnya saham rata-rata akan naik. Begitu pula dengan surat utang atau obligasi yang mana dengan bahasa sederhana, anak Anda akan lebih tertarik dan mengerti.

Penting! Mengajarkan Keuangan dan Mengatur Keuangan Anak Remaja 01 - Finansialku

[Baca Juga: Penting! Mengajarkan Keuangan dan Mengatur Keuangan Anak Remaja]

 

Tips 2: Mengajar Sambil Bercerita

Melalui cerita, Anda dapat mendapatkan perhatian dari buah hati dan buah hati pun akan menyimak cerita Anda dengan seksama. Mulailah dengan bercerita mengenai pengalaman pribadi Anda, seperti alasan Anda menabung uang dan berinvestasi serta rencana investasi Anda. Anda pun dapat menceritakan keuntungan apa saja yang Anda harapkan di masa depan. Ceritakan pengalaman Anda mengenai masa lalu dan tunjukkan implementasi Anda untuk masa sekarang dari pelajaran masa lalu tersebut.

 

Tips 3: Ketahui Cara Belajar Anak Anda

Terdapat banyak cara belajar seseorang, ada yang belajar menggunakan penglihatan (visual), ada yang belajar menggunakan pendengaran (listening) dan lainnya. Ketahuilah cara anak Anda belajar sehingga Anda dapat menyesuaikannya. Pastinya seorang anak yang gemar mendengar cerita akan bosan jika harus melihat gambar mengenai investasi. Anda dapat menggunakan cara berbeda untuk komunikasi seperti gambar, video, cerita, atau aplikasi smartphone.

 

Tips 4: Timbulkan Rasa Penasaran Mereka

Ketika Anda memeriksa saham perusahaan yang Anda miliki, tunjukkanlah pada anak Anda, bahkan lebih baik lagi jika Anda memiliki saham atas perusahaan yang diminati oleh anak Anda, contohnya Apple jika anak Anda gemar teknologi atau Boeing jika anak Anda gemar dengan pesawat.

6 Pelajaran Entrepreneurship yang Harus Diajarkan Orang Tua ke Anak 1 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Pelajaran Entrepreneurship yang Harus Diajarkan Orangtua ke Anak]

 

Setelah itu Anda pun dapat menanyakan apakah ada perusahaan yang ingin dibeli oleh anak Anda dan Anda dapat menjelaskan perkembangan dari saham perusahaan tersebut setelah beberapa waktu.

 

Tips 5: Lebih Menarik Dengan Permainan

Anda dapat membuat pelajaran investasi menjadi lebih menarik melalui permainan. Sudah banyak permainan investasi saham secara online bagi anak Sekolah Dasar. Sebagai moms, Anda dapat mengikuti pergerakan saham serta memberikan anjuran serta alasan kepada anak Anda sehingga Anda dapat menghabiskan waktu bersama anak Anda dan memberikan pelajaran mengenai hukum berinvestasi.

 

Tips 6: Kembangkan Minat Mereka Akan Bunga Majemuk

Waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah investasi dan menghasilkan keuntungan yang signifikan dapat memberikan pelajaran di dunia nyata tentang bagaimana uang dapat bertumbuh. Anda dapat memberikan demonstrasi mengenai kekuatan dari investasi seiring dengan berjalannya waktu melalui sistem bunga majemuk.

Tips dan Trik Mengajarkan Anak Jadi Hemat dan Tidak Boros 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips dan Trik Mengajarkan Anak Jadi Hemat dan Tidak Boros]

 

Anda dapat mengajarkan “Rule of 72” atau “Hukum 72” dimana menurut aturan ini, uang akan bertumbuh menjadi 2 kali lipat dengan laju 72 dibagi dengan persentase keuntungan. Jadi misalkan, Anda mendapatkan 3% keuntungan tiap tahunnya, maka uang Anda akan menjadi 2 kali lipat lebih banyak 24 tahun mendatang (72 dibagi dengan 3).

 

Tips 7: Jangan Lupa Beramal

Ketika Anda mengajarkan cara investasi, jangan pernah lupa untuk mengajarkan anak Anda pentingnya memberi kepada yang membutuhkan. Dengan cara ini, mereka akan lebih sadar bahwa banyak orang di dunia yang membutuhkan dan anak Anda tidak sepantasnya menghamburkan uang.

Ada 6 Ide Bisnis yang Dapat Dieksekusi oleh Anak Usia Belasan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ada 6 Ide Bisnis yang Dapat Dieksekusi oleh Anak Usia Belasan]

 

Investasi di Usia Muda

Dengan berinvestasi sejak usia muda, seorang anak akan menyaksikan pertumbuhan serta merasakan pengalaman naik turun atas investasi mereka. Mereka akan sadar bahwa volatilitas pasar adalah sesuatu yang normal dan dengan berinvestasi melewatinya, emosi anak Anda akan lebih stabil ketika mereka melakukan investasi nantinya.

 

Sudahkah Anda mengajarkan investasi pada anak Anda? Apakah Anda pernah mengalami hal-hal menarik ketika mengajarkan teknik investasi pada anak Anda? Berikan saran serta bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini. Selamat mencoba.

 

Sumber Referensi:

  • Andrew Beattie. How to Teach Your Child about Investing. Investopedia.com – https://goo.gl/SRMnhn
  • Lou Carlozo. 11 April 2017. Your Child’s Fortune: 10 Tips to Teach Investing to Kids. Thebalance.com – https://goo.gl/3fK1ad

 

Sumber Gambar:

  • Cara Investasi – https://goo.gl/SVA9Sp
  • Belajar Investasi – https://goo.gl/pVSF6l

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-06-08T12:22:26+00:00 June 8th, 2017|Categories: Investasi, Keluarga|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download