Apa asuransi yang dibutuhkan oleh usia 25-an yang belum menikah? Setiap orang dalam tahap hidup yang berbeda akan membutuhkan asuransi dengan polis yang berbeda-beda. Jika Anda berusia sekitar 25 tahun, baca artikel ini untuk mempelajari asuransi yang dibutuhkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Kebutuhan Asuransi

Asuransi adalah salah satu poin penting dalam perencanaan keuangan. Setiap hari Anda akan dihadapkan dengan risiko-risiko yang tidak dapat diduga. Untuk melindungi keuangan dari kerugian karena risiko tersebut, asuransi sangatlah dibutuhkan. Ada banyak produk asuransi yang ditawarkan di pasar. Setiap produk memiliki polis dan premi yang berbeda-beda pula. Kali ini Finansialku akan membantu Anda mengetahui asuransi seperti apa yang dibutuhkan oleh Anda yang berusia 25 tahunan dan belum menikah.

membeli-asuransi-adalah-membeli-garansi-dan-keamanan-finansialku

[Baca Juga: Membeli Asuransi adalah Membeli Proteksi dan Keamanan]

 

Mari kita bahas langkah apa saja yang perlu dilakukan dalam menganalisis kebutuhan asuransi Anda:

 

#1 Menghitung Kebutuhan Asuransi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghitung kebutuhan asuransi. Hal ini sangat penting untuk mengetahui perlindungan seperti apa yang Anda butuhkan. Sebaiknya kenali dulu kebutuhan Anda sebelum berkonsultasi dengan agen asuransi. Ada banyak sekali produk asuransi yang ditawarkan di pasar, jika belum mengetahui kebutuhan pribadi Anda akan kebingungan memilih produknya. Karena itu mulailah mencari tahu kebutuhan Anda dengan mempertimbangkan kondisi hidup dan kebutuhan pertanggungan Anda.

Secara garis besar ada 3 macam asuransi yang mungkin Anda butuhkan yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi critical illness. Ketiga asuransi ini dipertimbangkan dari kondisi kehidupan Anda. Di usia yang masih relatif muda ini, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan asuransi dengan premi yang murah. Hal ini dikarenakan risiko yang masih relatif rendah pada masa muda. Seiring bertambahnya usia, premi asuransi akan meningkat karena risiko penyakit dan risiko kematian akan semakin tinggi.

5-tips-untuk-pemula-agar-anda-tidak-salah-beli-asuransi-jiwa-finansialku

[Baca Juga: 5+ Tips untuk Pemula, Agar Anda Tidak Salah Beli Asuransi Jiwa]

 

Asuransi kesehatan akan memberikan pertanggungan ketika Anda sakit dan harus membayar biaya pengobatan yang mahal. Sementara dengan asuransi jiwa, Anda akan mendapatkan uang pertanggungan ketika meninggal. Di samping itu, ada asuransi tambahan atau yang biasa disebut rider dari asuransi jiwa asuransi critical illness. Asuransi ini akan memberikan pertanggungan jika Anda mengalami penyakit kritis seperti kanker, penyakit jantung, dll. Hanya saja rider critical illness ini hanya bisa dibeli jika Anda memiliki asuransi jiwa.

Jika saat ini Anda masih lajang dan belum memiliki tanggungan, artinya tidak perlu memiliki uang pertanggungan asuransi jiwa yang besar. Mengapa? Karena pada dasarnya uang pertanggungan diberikan untuk menanggung biaya kehidupan keluarga yang ditinggalkan hingga mampu mandiri. Jika belum menikah dan memiliki anak, artinya tidak ada hidup orang lain yang harus Anda tanggungan. Pada akhirnya uang pertanggungan yang diberikan asuransi jiwa hanya akan digunakan untuk membayar biaya pemakaman Anda. Selebihnya akan diberikan kepada orangtua atau sanak saudara yang sebenarnya bukan tanggungan Anda. Inilah alasan mengapa di usia yang masih muda tanpa tanggungan Anda tidak memerlukan uang pertanggungan asuransi jiwa yang besar.

apakah-saya-harus-beli-asuransi-penyakit-kritis-critical-illness-finansialku

[Baca Juga: Apakah Saya Harus Beli Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness)?]

 

Tetapi Anda membutuhkan asuransi critical illness yang merupakan rider dari asuransi jiwa. Seperti yang disebutkan sebelumnya, semakin muda usia Anda maka semakin murah premi asuransi yang biasanya ditawarkan. Di masa tua nanti ada kemungkinan Anda akan mengalami penyakit kritis. Tentu tidak ada yang berharap sakit, tetapi jika nanti terjadi dan tidak ada perlindungan Anda akan kebingungan. Ada baiknya Anda mempersiapkan proteksi selagi harga preminya murah. Asuransi critical illness akan terus berjalan sampai usia tertentu yang umumnya relatif panjang. Artinya, Anda tetap dapat menggunakan polis tersebut ketika sudah tua walaupun membelinya sejak muda.

Untuk itu kombinasi manfaat asuransi seperti inilah yang kami sarankan untuk Anda yang berusia 25 tahun an dan belum memiliki tanggungan:

Asuransi Porsi
Asuransi Kesehatan +
Asuransi Jiwa
Asuransi Critical Illness (rider) +

 

Untuk memperhitungkan berapa besar uang pertanggungan asuransi jiwa yang dibutuhkan, Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku. Jika masih bingung untuk menentukan proporsi asuransi yang sesuai kebutuhan Anda, sebaiknya coba berkonsultasi dengan perencana keuangan.

 

#2 Berkonsultasi dengan Agen Asuransi

Setelah mengetahui asuransi apa dan berapa proporsi yang Anda butuhkan, barulah Anda dapat berkonsultasi dengan agen asuransi. Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan beragam produk asuransi. Cobalah berkonsultasi dengan beberapa agen asuransi untuk mendapatkan penjelasan mengenai berbagai produknya. Setelah itu Anda dapat membandingkan produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan penawaran mana yang paling ekonomis bagi Anda. Jangan lupa, produk yang ekonomis tidak selalu mempunyai harga yang terlihat murah. Tetapi terkadang produk yang terlihat murah pun belum tentu ekonomis.

apakah-mahasiswa-dan-anak-muda-perlu-asuransi-jiwa-unitlink-1-finansialku

[Baca Juga: Apakah Mahasiswa dan Orang Muda Perlu Asuransi Jiwa Unitlink ?]

 

Pertimbangan terpenting dalam memilih asuransi bukan hanya mencari premi yang termurah, melainkan manfaat yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Terkadang ada penawaran asuransi dengan harga yang terasa murah, tetapi sebenarnya manfaatnya tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada pula produk asuransi dengan manfaat yang lebih besar dengan harga yang dianggap ‘ekonomis’ tetapi sebenarnya melebihi kebutuhan Anda. Untuk itu pertimbangkan dengan cermat produk asuransi mana yang mampu memberikan perlindungan yang paling optimal untuk Anda.

 

#3 Memilih Produk Asuransi yang Tepat

Setelah mempertimbangkan beberapa produk asuransi Anda dapat memutuskan produk mana yang akan Anda beli. Ketika menyetujui pembelian asuransi, pastikan Anda membaca setiap pasal yang tertulis dalam polis asuransi yang ditawarkan. Poin terpenting yang harus Anda pahami adalah syarat dan proses untuk klaim asuransi. Disinilah sering terjadi kesalahpahaman dalam asuransi. Terkadang ada hal-hal yang tidak dimengerti oleh pembeli sehingga ketika klaim ditolak, pemegang polis merasa tertipu. Padahal hal itu terjadi karena kesalahpahaman mengenai isi polis asuransi. Untuk itu Anda perlu menanyakan setiap hal yang ingin Anda tanyakan kepada agen asuransi sedetail mungkin. Dengan begitu tidak akan ada kesalahpahaman antara Anda sebagai calon pembeli dengan agen asuransi.

apa-yang-dimaksud-dengan-asuransi-umum-atau-general-insurance-finansialku

 [Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Umum atau General Insurance?]

 

#4 Mengevaluasi Kebutuhan Asuransi

Setelah membeli asuransi yang sesuai kebutuhan, proses ini belum selesai. Anda masih harus mengevaluasi kebutuhan asuransi tersebut. Ketika akan menjalani perubahan dalam hidup seperti menikah dan memiliki anak, Anda perlu mengevaluasi kebutuhan asuransi. Asuransi yang Anda beli mungkin sudah sesuai jika Anda masih lajang. Tetapi begitu menikah dan memiliki anak, kebutuhan asuransi akan berubah. Karena itu coba evaluasi kembali kebutuhan asuransi Anda setiap kali ada perubahan dalam kehidupan. Jika asuransi sudah tidak mencukupi maka Anda perlu menambah polis asuransi yang baru.

quiz-sudah-cukupkah-asuransi-jiwa-dan-kesehatan-anda-finansialku

[Baca Juga: Quiz Sudah Cukupkah Asuransi Jiwa dan Kesehatan Anda?]

 

Manfaatkan Peluang Ketika Masih Muda

Di usia yang masih muda ini Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan asuransi dengan premi yang rendah. Inilah saat yang tepat untuk mendapatkan asuransi yang optimal. Jika saat ini Anda belum memiliki asuransi, sebaiknya segera cari tahu kebutuhan Anda dan pertimbangkan pembelian asuransi. Dengan begitu Anda akan semakin merasa aman serta masa tua semakin terjamin.

 

Apakah Anda sudah memiliki asuransi? Asuransi jenis apa yang Anda miliki? Semoga artikel dapat bermanfaat! Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom di bawah ini!

 

Sumber Gambar:

  • Kaum Muda – https://goo.gl/x96URE

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang