Apakah investasi emas bisa menjadi pilihan yang tepat di situasi resesi ini? Yuk, temukan jawabannya dalam artikel berikut!

Lesunya kondisi perekonomian saat ini atau dikenal dengan istilah resesi, memberikan dampak kurang baik pada sejumlah aspek kehidupan. Tak heran, jika sebagian orang mencari cara untuk bisa survive salah satunya dengan berinvestasi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Emas di Masa Resesi

Mengambil langkah berinvestasi saat kondisi perekonomian tengah bergejolak bukan keputusan yang salah. Tetapi, Anda perlu berhati-hati dalam memilih instrumen investasinya terutama dari segi risiko.

Jika kita menilik lebih lanjut, logam mulia atau emas masih menjadi primadona dan banyak digemari, terlebih kenaikan harga emas beberapa waktu terakhir ini cukup menggiurkan untuk investasi akibat pengaruh pandemi covid-19.

Emas dinilai bisa melindungi aset dari risiko investasi dan konsepnya pun terbilang sederhana. Misalnya, Anda cukup menentukan anggaran untuk membeli emas dan belilah saat harganya rendah, lalu jual di saat harganya melambung.

Apakah Investasi Emas Menjanjikan Meskipun Resesi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ayo Terus Untung Dengan Investasi Emas Pegadaian!]

 

Tapi seiring dengan perkembangan dunia investasi, seringkali konsep investasi emas terlihat lebih kompleks untuk dijalani. Tapi jangan khawatir, semua ini bukan akhir dari segalanya.

Jika Anda tertarik berinvestasi emas, Anda bisa mempelajarinya melalui ebook investasi emas dari Finansialku supaya lebih memahami teknis-teknis berinvestasi.

Sekalipun Anda pemula, akan banyak informasi yang mudah dipahami. Jangan sampai investasi Anda mendatangkan kerugian.

Download ebook-nya dengan klik tautan berikut ini dan peroleh secara GRATIS:

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI EMAS Untuk PEMULA

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Nah, satu lagi yang jangan Anda lewatkan, praktikkan investasi emas di Aplikasi Finansialku. Gunakan menu Produk Keuangan dan pilihlah salah satu produk investasi emas. Modal yang Anda butuhkan cukup terjangkau yaitu di bawah Rp 100.000.

Coba deh pakai Aplikasi Finansialku. Aplikasi ini sudah tercatat dan diawasi oleh OJK sehingga terjamin keamanannya. Download aplikasinya di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Tertarik Berinvestasi Emas? Inilah Keuntungannya!

Menghadapi resesi, investasi memang lebih berisiko. Maka dari itulah, instrumen investasi yang bisa menjaga nilai asetnya seperti logam mulia, bisa menjadi pilihan yang tepat.

Setidaknya ada beberapa keuntungan lainnya ketika Anda berinvestasi emas, check it out!

 

#1 Mudah Diinvestasikan

Dalam kondisi resesi, berinvestasi emas cukup menguntungkan karena sifatnya mudah diinvestasikan.

Cukup membelinya di perusahaan terpercaya, misalnya PT ANTAM dan Anda tidak perlu mengurus administrasi kepada pihak bank atau perusahaan-perusahaan yang menawarkan investasi dalam bentuk lain, seperti saham, obligasi, dan reksa dana.

Apakah Investasi Emas Menjanjikan Meskipun Resesi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Macam-macam Investasi Emas yang HARUS Kamu Ketahui!]

 

Saat resesi harga emas ini akan kembali meningkat. Tentu ini akan menjadi keuntungan tersendiri jika menjualnya di masa resesi tersebut. Anda juga bisa membeli emas dengan cara menabung emas di Pegadaian.

Seperti menabung di bank, Anda bisa mengisi tabungan emas di Pegadaian berapapun uang yang Anda punya. Nanti, saat jumlah yang sudah mencukupi, Anda bisa mencetak emasnya dalam bentuk batangan.

 

#2 Instrumen Investasi yang Safe Heaven

Segala jenis instrumen investasi memiliki risikonya, apalagi jika dihadapkan pada kondisi resesi seperti saat ini yang turut meningkatkan risiko investasi. Kendati demikian, hal ini tidak berlaku untuk investasi emas.

Emas cenderung stabil, tidak terlalu terpengaruh risiko investasi yang tinggi di tengah perekonomian dan pasar dunia yang tak menentu. Inilah yang disebut dengan safe heaven.

Maka dari itu, emas menjadi instrumen yang cocok dipilih dalam berinvestasi terlebih jika Anda merupakan investor pemula.

 

#3 Sifatnya Universal

Emas menjadi salah satu instrumen yang mudah dicairkan kapan saja dan di mana saja. Terlebih lagi di saat membutuhkan dana darurat dan uang tunai.

Investasi emas ini dapat menjadi penolong Anda dan cukup dijaminkan di Pegadaian maka Anda bisa mendapatkan uang tunai sejumlah harga emas yang berlaku saat itu.

 

#4 Tahan Inflasi

Emas dapat tahan inflasi dikarenakan nilainya lebih kuat saat menghadapi ketidakpastian pasar. Tidak hanya itu, korelasi emas terhadap inflasi akan semakin menguat ketika keadaan inflasi semakin tajam dan tidak terkendali.

Keberadaan emas yang tahan inflasi bisa Anda jadikan sebagai alat pelindung inflasi (inflation hedging), terlebih lagi di masa resesi.

 

Pahami Konsep Berinvestasi

Setelah Anda mengetahui beberapa keuntungan berinvestasi emas, waktunya Anda untuk menentukan langkah. Pahami konsepnya supaya Anda tidak salah melangkah.

Sudahkah terpikir dalam benak Anda untuk segera berinvestasi emas untuk masa depan yang lebih baik? Selamat mencoba…

 

 

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini kepada rekan terdekat Anda ya supaya mereka bisa memahami juga berbagai keuntungan investasi emas di masa resesi ini.

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 10 September 2019. 4 Keunggulan Emas dalam Menghadapi Resesi. Blog.modalku.co.id- https://bit.ly/3grXA9z

 

Sumber Gambar:

  • Emas 1 – https://bit.ly/3grXA9z
  • Emas 2 – https://bit.ly/34a9rFM