Apakah Anda pernah mendengar bisnis TM In4Link penipuan? Kali ini Finansialku.com akan mencoba mengulas secara lebih mendalam, dari sudut netral dan bukan agen penjual.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Apakah TM In4Link Penipuan?

Beberapa waktu yang lalu Finansialku.com mendapat pertanyaan mengenai program In4Link. Berikut ini salah satu pertanyaan yang masuk ke redaksi Finansialku:

Apakah TM In4Link Penipuan Temukan Jawabannya 01 - Finansialku

 

Kami mencoba menelusuri beberapa informasi yang ada di website dan menanyakan call center Tugu Mandiri. Berikut ini informasi yang terdapat dalam website Tugu Mandiri:

Apakah TM In4Link Penipuan Temukan Jawabannya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Produk Unitlink?]

 

Menurut website resmi PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri disebutkan bahwa produk In4Link adalah saluran pemasaran model agency networking.  Sebenarnya apa yang dijual dari in4Link? Dilihat dari struktur produknya, In4Link adalah produk unitlink (TM Power link Equity Fund). Sebagai informasi unitlink adalah produk perusahaan asuransi jiwa yang di dalamnya terdapat gabungan antara proteksi dan investasi.

 

 

Berikut ini contoh ilustrasi yang kami dapatkan dari beberapa sumber:

Apakah TM In4Link Penipuan Temukan Jawabannya 04

Apakah TM In4Link Penipuan Temukan Jawabannya 03

 

Sebelum membahas lebih dalam mengenai produknya In4Link, kami akan membahas mengenai profil PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri atau dikenal dengan Tugu Mandiri. Perusahaan ini berdiri pada 28 Juni 1985 dan dimiliki oleh Dana Pensiun Pertamina, PT Timah (Persero), Tbk,  PT Tugu Pratama Interindo, dan Kementerian Keuangan RI. Produk yang ditawarkan Tugu Mandiri adalah: asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan).

Pada artikel ini kami ingin menggarisbawahi dua hal utama yaitu produk asuransi unitlink dan sistem pemasaran agency networking.

 

Produk In4Link adalah Produk Unitlink

Kami ingin menegaskan produk unitlink adalah produk proteksi bukan tabungan dan bukan investasi. Apakah produk unitlink itu jelek? Jawabannya tidak, produk unitlink akan sangat berguna, jika Anda membeli dan memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun jika Anda membeli sebuah unitlink dengan harapan mendapat keuntungan hasil investasi yang besar, Anda perlu tahu beberapa fakta berikut ini:

  1. Membeli asuransi unitlink tidak sama dengan menabung. Uang yang Anda bayarkan (premi), akan digunakan untuk membayar biaya asuransi (cost of insurance) dan investasi. Finansialku.com belum dapat memastikan apakah bonus-bonus (7 jenis bonus dalam sistem in4link) yang diberikan juga berasal dari premi yang dibayarkan. Sebagai informasi: pada bisnis asuransi dengan sistem agency, bonus untuk agen asuransi sudah diperhitungkan dari premi yang kita bayarkan dan ada batasannya. Bonus yang diterima agen sebenarnya wajar, mengingat agen banyak membantu nasabah saat menerangkan produk.
  2. Investasi yang ada di dalam produk asuransi unitlink, sebagian akan digunakan untuk membayar biaya asuransi atau cost of insurance. Sebagian lainnya akan digunakan untuk investasi. Ketika nasabah sudah mulai berhenti membayar premi asuransi, sebenarnya biaya asuransi nasabah dibayarkan oleh hasil investasi.
  3. Jika nasabah sudah berhenti membayar premi dan nasabah memutuskan untuk menarik seluruh dana investasi, maka polis asuransi terancam hangus (lapse). Hal ini akan mengakibatkan nasabah tidak lagi mendapat perlindungan asuransi dan uang pertanggungan.
  4. Hasil investasi yang tertulis dalam ilustrasi adalah asumsi perhitungan, bukan kinerja yang pasti dijanjikan atau keuntungan investasi tidak digaransi.

Apakah Investasi di UnitLink Menguntungkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apakah Investasi Unitlink Menguntungkan untuk Nasabah?]

 

Semoga empat poin di atas sudah memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai produk unitlink.

 

Sistem Pemasaran Agency Networking untuk Produk Unitlink

Finansialku.com sedang mencari informasi lebih lengkap, mengenai sikap Otoritas Jasa Keuangan mengenai sistem agency networking. Saat tim dari Finansialku.com sempat berdiskusi dengan karyawan Tugu Mandiri, dan kami mendapat penjelasan pada dasarnya sistem agency networking ini bukan sistem piramida.

Skema Piramida Dilarang, Nasabah Terlindungi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Skema Piramida Dilarang, Nasabah Terlindungi]

 

Sebagai informasi, bisnis MLM pada umumnya menggunakan skema piramida sebagai bagian dari jalur distribusi atau pemasarannya. Seperti yang kita ketahui Tugu Mandiri adalah perusahaan asuransi jiwa.

Perusahaan-perusahaan asuransi jiwa umumnya memang menggunakan sistem perekrutan jenis agency. Setiap calon agen akan diberi pelatihan mengenai produk, pemahaman asuransi jiwa dan ikut serta dalam ujian AAJI. Hal ini bertujuan agar calon agen asuransi, tidak salah saat menerangkan produk

Perbedaan antara sistem agency networking yang dimiliki Tugu Mandiri dan sistem agency perusahaan asuransi pada umumnya adalah:

  1. Anggota baru dapat langsung melakukan perekrutan. Finansialku.com sedang mencari informasi, mengenai sistem perekrutan. Kami akan memperbarui artikel ini jika memang sudah ada penjelasan lebih detail atau informasi yang lebih lengkap mengenai sistem perekrutan.
  2. Bonus yang diberikan mencapai 7 jenis, terdiri dari: bonus sponsor, bonus elite, bonus unit, bonus leadership, bonus level, bonus posisi dan rewards.

 

Opini dari Finansialku.com

Seperti dijelaskan di atas, menurut website resmi Tugu Mandiri produk in4link adalah produk asuransi jiwa jenis unitlink (TM Power link Equity Fund) yang dipasarkan melaui sistem agency networking. Satu hal yang perlu kami garisbawahi dan saran kami adalah:

pastikan masyarakat teredukasi dengan informasi yang benar dan lengkap mengenai produk yang dijual.

 

Pada dasarnya unitlink adalah produk asuransi yang bermanfaat. Pola pikir yang lebih tepat adalah hasil investasi produk unitlink digunakan untuk membiayai premi asuransi. Fungsi asuransi sebagai proteksi bertujuan untuk memberikan rasa aman, karena Anda sudah memindahkan (mentransfer) risiko kepada perusahaan asuransi jiwa. Sayangnya penjelasan dari beberapa oknum kurang lengkap, sehingga terkesan produk unitlink adalah produk asuransi yang jelek.

Jadi jangan berpikir melipatgandakan uang Anda, dengan membeli produk asuransi. Jika tujuan Anda adalah berinvestasi dan mendapatkan keuntungan, maka Anda lebih tepat melirik produk-produk investasi.

 

Silakan tinggalkan komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Website resmi Tugu Mandiri – TuguMandiri.com
  • http://www.in4-link.com
  • http://www.tm-in4link.com/

 

Sumber Gambar:

  • Laptop – https://goo.gl/3yU1gP

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang