Media cetak atau elektronik nasional maupun regional tengah di banjiri iklan pemasaran kota baru buatan Lippo Group yaitu Apartemen Meikarta. Apa, dimana, dan bagaimana wujudnya Apartemen Meikarta? Mari kita bahas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Gembar-Gembor Apartemen Meikarta

Untuk Anda netizen yang biasa membaca koran atau hanya sekadar membaca berita online, sudah pasti Anda akan menemukan berbagai macam iklan yang mempromosikan kota baru atau apartemen Meikarta besutan Lippo Group ini.

Tidak hanya di media cetak dan online saja, promo iklan apartemen Meikarta sudah tayang pula di beberapa stasiun televisi Nasional juga saluran radio nasional. Jika Anda jalan-jalan ke beberapa mall milik Lippo Group, Anda akan menemukan counter penjualan Apartemen Meikarta.

Belum Rampung Wujudnya, Berita Apartemen Meikarta Santer Dimana-mana! 03 - Finansialku

[Baca Juga: SOS! Jika Saya Tinggal di Apartemen, Apa Perlu Membeli Asuransi Properti?]

 

Kota yang akan dibangun oleh Lippo Group ini sangat gencar dipromosikan, mereka sanggup untuk beriklan 2 halaman berwarna di harian kompas, bahkan hingga 5 halaman berwarna di beberapa media cetak.

Isi konten yang disajikan dalam iklan menggambarkan desain visual keindahan apartemen Meikarta yang digadang-gadang akan menyaingi kemajuan kota Jakarta. Dan dijanjikan akan menjadi kota paling modern yang berada di tengah-tengah kawasan Industri.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Dimana Tata Letak Kota Meikarta

Apartemen Meikarta, kota baru akan dibangun di kawasan Cikarang, Bekasi. Kawasan yang memiliki luas kurang lebih 500 hektar itu juga terhubung dengan berbagai moda transportasi yang kini tengah dibangun pemerintah.

Pemerintah membangun fasilitas transportasi, diantaranya kereta api cepat Jakarta-Bandung dan sederet fasilitas seperti pembangunan Patimban Deep Seaport, pembangunan bandara internasional Kertajati.

SOS! Jika Saya Tinggal di Apartemen, Apa Perlu Membeli Asuransi Properti 02 - Finansialku

[Baca Juga: Penting! Sebelum Membeli Apartemen, Anda Harus Tahu 11 Hal Ini]

 

Lalu ada juga pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek Elevated yang membuat banyak orang beropini pembangunan sederetan fasilitas tersebut memiliki kaitan kepentingan dengan adanya Apartemen Meikarta.

Setelah diberitakan di media bahwa penjualan perdana dilakukan pada tanggal 13 Mei di Orange County Lippo Cikarang, para calon penghuni Meikarta datang beramai-ramai.

Bayangkan saja siapa yang tidak tergiur memiliki hunian modern dengan segudang fasilitas menarik dan terletak strategis berada di pusaran perekonomian.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Polemik Apartemen Meikarta

Pembangunan apartemen Meikarta terus berjalan dengan serangkaian polemik yang terjadi. Pemerintah Jawa Barat pun merasa terkejut ketika Lippo Group sudah memasarkan kota baru yang akan menjadi pesaing Jakarta.

Seperti yang dilansir oleh Kumparan.com, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, mengaku terkejut ketika mengetahui Lippo Group sudah memasarkan “kota baru”  tersebut.

Berdasarkan data dari Provinsi Jabar, apartemen Meikarta belum mempunyai izin. Dalam  tata ruang provinsi, ‘kota’ tersebut juga tidak ada dalam perencanaan.

Penting! Sebelum Membeli Apartemen, Anda Harus Tahu 11 Hal Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Biaya KPA yang Harus Diketahui Saat Beli Apartemen]

 

Pemprov Jabar mempunyai rencana tata ruang berupa pembangunan kota Metropolitan Bogor-Depok-Bekasi-Karawang dan Purwakarta (Bodebekarpur) untuk mengimbangi pertumbuhan Jakarta.

Lippo Group menyebutkan persiapan pembangunan kota Meikarta sudah dimulai sejak tahun 2014.

Pada tahap pertama lahan yang akan dibangun seluas 22 juta m2 untuk perumahan sebanyak 250 ribu unit dan dapat menampung 1 juta jiwa. Setelah itu, akan lanjut ke tahap berikutnya.

Meskipun sudah mengantongi izin dari pemerintah Kabupaten Bekasi, namun tetap saja hal ini belum senada dengan izin yang diberikan pemerintah tingkat provinsi.

Dilansir oleh Beritasatu.com:

“Semua perizinan dari pemerintah kabupaten juga sudah lengkap. Namun, perusahaan akan pelajari jika ada perizinan lain yang masih dibutuhkan di level provinsi.”

 

Gambaran Apartemen Meikarta

Harga tanah di kawasan Meikarta dihargai Rp12,5 juta/m2. Menurut mereka, harganya 50% lebih rendah di koridor Bekasi-Cikarang yang sudah mencapai Rp18-20 juta/m2. Harga ini jauh lebih tinggi dan berlipat dibandingkan dengan beberapa lokasi di Kota Bandung.

Pembangunan apartemen Meikarta sudah dilakukan sejak Januari 2016, dengan membangun sekaligus 100 gedung pencakar langit dengan tinggi masing-masing 35-46 lantai.

Fasilitas utama yang suguhkan di kota Meikarta salah satunya sebuah lahan terbuka hijau seluas 100 hektar yang diberi nama Central Park. Di area tersebut akan dilengkapi kebun binatang mini, danau, hingga jogging track.

6 Barang Mewah Terkena Pajak di Indonesia - Finansialku - Apartemen Mewah

[Baca Juga: Tips Membeli Apartemen Sebagai Hunian]

 

Memang benar fasilitas yang dirancang kota baru ini sangat memadai. Di apartemen Meikarta akan ada danau yang menjadi penampung air sekaligus sarana rekreasi bagi warga apartemen Meikarta.

Selain itu, akan ditanami pohon yang rindang agar taman dan danau terasa sejuk. Rencana lainnya akan segera dibangun mall terbesar, hotel bintang lima, convention center.

 

Proyek Belum Selesai, Apartemen Meikarta Sudah Dapat Award

Apartemen Meikarta mendapat penghargaan kategori Inovasi Pemasaran dalam ajang Apresiasi Inovasi untuk negeri di Jakarta, yang diselenggarakan Koran Sindo di Jakarta.

Penghargaan ini diberikan walaupun pembangunan baru jalan beberapa persen saja.

Penghargaan diraih karena dalam kurun waktu empat bulan pemasaran atau sejak Mei 2017, kota yang dirancang memiliki fasilitas lengkap bertaraf internasional ini berhasil mencatatkan penjualan yang fantastis.

Keberhasilan ini dicapai karena strategi pemasaran yang dilakukan Meikarta dianggap tepat sasaran.

Meikarta mengiklan di hampir semua surat kabar nasional, televisi, radio dan news portal yang menimbulkan gelombang keingintahuan masyarakat. Dalam waktu bersamaan, mendadak dunia media ramai dengan kemunculan kota baru buatan Lippo Group ini.

Belum Rampung Wujudnya, Berita Apartemen Meikarta Santer Dimana-mana! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Serba Serbi Investasi Kondotel di Indonesia]

 

Selain melalui media, Lippo Group membuat perhelatan konser yang juga menjadi magnet pencarian calon penghuni apartemen Meikarta. Acara bertajuk Meikarta Music Festival berlangsung sebulan yang lalu di The Central Park Meikarta, Cikarang, Jawa Barat.

Berupa panggung hiburan musik selama seminggu, yakni 19-27 Agustus 2017.

Diisi oleh belasan penyanyi dan grup musik papan atas, diantaranya Bunga Citra Lestari, Lala Karmela, Tompi, Andien, Astrid, Titi DJ, Once, The Rain, Samsons, The Virgin, Mulan Jameela, Ari Lasso, Sandhy Sandoro, JKT48, Tompi, The Groove dan artis lainnya.

Pengaruh iklan dan kegiatan lainnya terlihat nyata, di setiap tempat penjualan terlihat antrean pengunjung yang hendak memesan dan membeli atau hanya sekedar ingin cari-cari informasi mengenai pembangunan kota baru tersebut.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Berikan komentar dan tanggapan Anda pada kolom di bawah ini. Apakah Anda ingin memiliki apartemen Meikarta sebagai tempat hunian Anda?

 

Sumber Referensi:

  • Gilar Ramdhani. 6 September 2017. Meikarta Raih Penghargaan di Ajang Apresiasi Inovasi untuk Negeri. Liputan6.com – https://goo.gl/Ck75zE
  • Hersubeno Arief. 24 Mei 2017. Misteri Di Balik Kota Raksasa Meikarta. Kumparan.com – https://goo.gl/6f2acm
  • Aichi Halik. 4 Agustus 2017. Kantongi Izin, Pembangunan Kota Baru Meikarta Terus Digenjot. Beritasatu.com – https://goo.gl/6oRRei

 

Sumber Gambar:

  • Apartemen Meikarta – https://goo.gl/bFf8L9
  • Pembangunan Apartemen Meikarta – https://goo.gl/pa6zKF dan https://goo.gl/m2W34f

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang