SOS! Jika Saya Tinggal di Apartemen, Apa Perlu Membeli Asuransi Properti?

Apakah saya perlu membeli asuransi properti jika saya tinggal di apartemen? Di masa sekarang ini, dimana setiap orang mempunyai berbagai macam kesibukan, apartemen sudah menjadi sebuah hunian yang aman dan nyaman, karena sudah banyak apartemen yang berdiri di tengah kota sehingga akses kemana pun menjadi mudah.

Yang sering ditanyakan adalah apakah kita perlu membeli asuransi properti untuk apartemen jika kita tinggal di apartemen?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Properti

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang perlunya membeli asuransi properti untuk apartemen, akan jauh lebih baik, kita memahami sedikit tentang asuransi properti.

Di Indonesia, asuransi properti secara umum dibedakan menjadi 2, yaitu asuransi rumah dan asuransi bisnis. Saya akan fokuskan penjelasan asuransi properti kepada asuransi rumah, karena berhubungan dengan apartemen.

Asuransi rumah merupakan asuransi properti standar. Polis yang digunakan adalah Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI). Aturan polis ini diterbitkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

SOS! Jika Saya Tinggal di Apartemen, Apa Perlu Membeli Asuransi Properti 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Asuransi Properti]

 

PSAKI diterbitkan untuk menyeragamkan polis standar asuransi properti yang digunakan perusahaan-perusahaan asuransi. Dengan demikian, antara satu perusahaan dan perusahaan lain tidak berbeda-beda dalam menetapkan polis standar.

 

Manfaat Asuransi Properti

Sebagai pemegang polis ini, kita akan mendapat keuntungan berupa perlindungan terhadap sejumlah risiko yang mengancam properti kita.

Risiko yang ditanggung asuransi menurut PSAKI adalah Kebakaran, Petir, Ledakan, Kejatuhan pesawat terbang, dan Asap.

Namun tidak hanya itu, kita juga bisa mendapat perluasan jaminan risiko. Di antaranya jaminan terhadap kerusuhan atau huru-hara, kerusakan akibat perbuatan jahat atau pemogokan, banjir atau kerusakan karena air/badai/angin topan, tanah longsor, dan kebongkaran.

Gaji Rp5 Juta Ingin Memiliki Apartemen, Bagaimana Caranya 2 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Memilih Asuransi Properti]

 

Asuransi jenis ini dapat pula digabungkan dengan paket yang menjamin perlindungan terhadap segala harta benda di dalam rumah.

Jadi, tidak hanya bangunan yang dilindungi, tetapi juga barang-barang berharga di dalamnya, seperti perhiasan dan benda koleksi. Rumah di sini berarti hunian/tempat tinggal. Artinya, unit apartemen atau rumah susun juga termasuk.

 

Apakah Perlu Membeli Asuransi Properti Jika Tinggal Di Apartemen?

Jika Anda mempunyai sebuah apartemen apartemen, mungkin pernah ada di benak Anda, bagaimana jika ada musibah seperti gempa, kebakaran, huru hara atau bencana lain yang membuat gedung rusak atau runtuh, sehingga surat kepemilikan apartemen hanya selembar kertas tanpa arti apa-apa?

Apakah sebenarnya gedung apartemen tersebut sudah diasuransikan? Atau apakah Anda perlu membeli asuransi sendiri jika tinggal di apartemen? 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Pada kenyataannya setiap apartemen sudah mempunyai asuransi dari badan pengelolanya sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pasal 70 No. 4 tahun 1988 tentang rumah susun dan hunian.

Menurut Pasal 70 Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988:

“Perhimpunan Penghuni harus mengasuransikan rumah susun terhadap kebakaran”

 

Sedangkan, Pasal 61 ayat (2) huruf b PP No. 4/1988 mengatakan:

“Setiap penghuni berkewajiban:

  1. Mematuhi dan melaksanakan peraturan tata tertib dalam rumah susun dan lingkungannya sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga;
  2. Membayar iuran pengelolaan dan premi asuransi kebakaran;
  3. Memelihara rumah susun dan lingkungannya termasuk bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.”

 

Dari poin b, maka perhimpunan penghuni di semua rumah susun diwajibkan untuk mengasuransikan gedung terhadap kebakaran yang dana nya diambil dari iuran bulanan apartemen tersebut.

Tetapi bagaimana dengan isi barang yang ada di apartemen Anda? Apakah masuk dalam asuransi properti badan pengelola hunian?

Untuk barang yang berada di apartemen yang Anda miliki ternyata tidak mendapat perlindungan dari asuransi dari pengelola bangunan.

Oleh karena itu, jika terjadi musibah seperti kebakaran dan menghabiskan isi apartemen, maka tidak akan ada pergantian rugi dari asuransi.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

 

Pertimbangan Memiliki Asuransi Properti

Saat properti terkena musibah, maka Anda akan mengalami kerugian secara finansial. Mendapatkan ganti rugi secara finansial.

Jika Anda memiliki asuransi properti, maka kerugian finansial tersebut akan ditanggungkan kepada perusahaan asuransi. Tak hanya itu, dengan mengacu pada polis, Anda juga terbebas dari biaya pembersihan puing, arsitek, dan surveyor untuk merenovasi rumah.

Penting! Sebelum Membeli Apartemen, Anda Harus Tahu 11 Hal Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Harus Punya Asuransi? Serta Istilah-istilah Asuransi]

 

Manfaat-manfaat tersebut Anda peroleh tergantung pada polis yang Anda beli. Karena itu, Anda harus memastikan polis telah sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan mengambil asuransi properti, Anda menjadi lebih nyaman tinggal di apartemen tersebut.

Begitu juga saat harus meninggalkan apartemen dalam jangka waktu tertentu, Anda akan merasa lebih tenang, karena Anda sulit menduga kapan musibah akan datang melanda.

Apalagi Indonesia terletak di kawasan ring of fire atau cincin api. Karena itu, negara ini termasuk rawan terkena bencana, seperti letusan gunung api dan gempa bumi. Di sinilah asuransi properti memiliki peran penting.

Sering sekali orang mengatakan bahwa asuransi properti itu mahal. Padahal jika dihitung, perbaikan terhadap properti yang tidak diasuransikan yang terkena musibah jauh lebih mahal.

Dengan menggunakan asuransi properti, Anda juga bisa sekaligus mengamankan aset investasi Anda. Properti adalah investasi yang memiliki prospek cerah karena harganya cenderung melambung dari tahun ke tahun.

Tips Membeli Apartemen untuk Tempat Tinggal - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Tips Membeli Apartemen Sebagai Hunian]

 

Namun yang perlu Anda ketahui, asuransi properti mempunyai pengecualian terhadap pergantian kerugian.

Perusahaan asuransi properti tidak akan mengganti biaya kerusakan perabotan di apartemen Anda jika kerusakan itu di sengaja atau pun kerusakan tersebut disebabkan oleh Anda.

Misalnya, barang tersebut rusak karena terbanting oleh diri Anda sendiri dan menyebabkan kerusakan yang parah.

Perusahaan asuransi akan mengganti biaya kerusakan perabotan Anda sesuai dengan isi polis yang sudah Anda setujui. Untuk itu, sebelum Anda membeli asuransi properti, ada baiknya Anda mempelajari dengan cermat dan meneliti isi polis Anda.

Jangan sampai di masa depan Anda menyesal karena tidak benar-benar mempelajari isi polis asuransi Anda.

 

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Rencanakan Keuangan Anda Sebelum Berasuransi

Pepatah mengatakan sedia payung sebelum hujan, lebih baik berjaga-jaga daripada terlanjur mengalami hal yang tidak diinginkan.

Tetapi untuk dapat membeli asuransi, dan mendapatkan perlindungan dari kerugian finansial, tentu saja ada dana yang harus Anda prioritaskan untuk membayar premi. Jika tidak begitu maka Anda akan menghadapi masalah keuangan yang lainnya.

Oleh karena itu merencanakan keuangan Anda dan mengelola keuangan Anda menjadi prioritas yang utama sebelum Anda membeli asuransi.

Rencanakanlah keuangan Anda, sehingga kehidupan Anda dan aset-aset Anda akan terlindung dari kerugian finansial.

 

Apakah informasi ini menambah wawasan dan membantu Anda sebagai penghuni atau pemilik apartemen? Apakah ada teman-teman atau rekan-rekan Anda yang juga membutuhkan informasi ini untuk menambah wawasan mereka?

Apakah Anda bersedia membantu mereka untuk mendapatkan informasi ini? Bagikan artikel ini kepada mereka dengan menekan tombol share.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 18 Februari 2015. Asuransi Properti di Indonesia: Kenali Jenisnya, Pahami Pentingnya. Duitpintar.com – https://goo.gl/QYsnK2
  • Fely Tan. 3 Juni 2015. Pentingnya Mengasuransikan Apartemen Yang Disewakan. Rukamen.com – https://goo.gl/m1S9HG
  • Ribka Sidabutar. 19 Mei 2016. Tinggal Di Apartemen Perlukah Asuransi Properti? Cekpremi.com – https://goo.gl/ootDPY

 

Sumber Gambar:

  • Tinggal di Apartemen – https://goo.gl/gKGvyS
  • Asuransi Properti – https://goo.gl/oqP56Z

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment