Apakah Anda seorang yang sudah bekerja dan memiliki rekan sejawat di kantor Anda? Apakah rekan-rekan Anda menyukai kehadiran Anda dalam atmosphere kerja di kantor tersebut? Bagaimana cara beradaptasi di tempat kerja agar Anda disukai oleh rekan kerja Anda? Berikut cara-cara adaptasi yang dapat Anda lakukan di tempat kerja agar rekan-rekan kerja Anda menyukai performa Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Beradaptasi dengan Cara yang Tepat

Berbicara bekerja dan menjadi seorang karyawan baru di sebuah perusahaan, Anda mungkin akan sangat bersemangat ketika akan memulainya. Perusahaan baru selalu identik dengan karier yang baru dan bahkan pendapatan yang juga baru. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan menemukan lingkungan kerja yang baru, lengkap dengan tanggung jawab dan rekan-rekan kerja yang baru. Semua ini tentu akan membuat hari Anda menjadi berbeda dari sebelumnya, terutama jika Anda akan menemukan lingkungan baru yang jauh dari perkiraan Anda.

Memasuki sebuah lingkungan kerja yang baru akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Hal ini sangat wajar terjadi, meskipun sebelumnya Anda telah pernah bekerja di sebuah perusahaan lainnya. Bukan hanya dengan pekerjaannya, namun dengan orang-orang yang akan Anda temui di sana juga. Lalu, apakah Anda juga sudah siap untuk beradaptasi dengan semua ini?

Beradaptasi di Tempat Kerja Baru agar Disukai Rekan Kerja 2 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Ini Manfaat Kursus Manajemen Keuangan bagi Karier Anda]

 

Bekerja di hari pertama di perusahaan yang baru, berbagai perasaan mungkin akan bercampur aduk di dalam hati Anda. Barangkali cemas, sedikit rasa takut atau bahkan Anda akan merasakan perasaan gugup ketika memasuki ruangan kerja dan bertemu dengan rekan-rekan yang baru di sana.

Apapun yang Anda rasakan ketika bekerja di hari pertama, pastikan semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hindari untuk melakukan kesalahan yang tidak perlu, terutama terkait dengan pekerjaan Anda. Beradaptasi mungkin saja bukan pekerjaan yang mudah bagi semua orang, namun pahamilah dengan baik bahwa Anda harus melakukan hal ini dengan sebaik mungkin di tempat kerja yang baru. Keberhasilan Anda beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru, akan sangat membantu Anda untuk bisa mengatasi berbagai kendala di dalam pekerjaan Anda kedepannya. Upayakan untuk selalu beradaptasi dengan cara yang tepat, sehingga proses ini menjadi lebih mudah bagi Anda.

ilmu-dasar-manajemen-untuk-karir-dan-kesejahteraan-keuangan-finansialku

[Baca Juga: Ilmu Dasar Manajemen untuk Karier dan Kesejahteraan Keuangan]

 

Simak beberapa tips beradaptasi berikut ini, yang dapat Anda terapkan ketika bekerja di sebuah perusahaan yang baru:

 

#1 Selalu Fokus Selama Menjalani Masa Perkenalan (Orientasi)

Minggu pertama bekerja di perusahaan yang baru, Anda tentu akan memiliki agenda perkenalan. Bukan hanya pada rekan kerja atau orang-orang yang Anda temui di tempat tersebut, namun Anda juga akan berkenalan dengan tugas-tugas Anda dan termasuk dengan perusahaan tersebut secara keseluruhan. Manfaatkan waktu baik ini untuk bisa mengenal lingkungan kerja Anda dengan baik, termasuk untuk mengenal perusahaan tersebut secara lebih mendalam. Pastikan Anda selalu siap untuk menjalani hari-hari pertama Anda ini dengan konsentrasi dan kemampuan maksimal, sehingga Anda bisa fokus untuk menjalani masa perkenalan tersebut dengan sebaik mungkin.

 

#2 Bersikap Tenang Saat Mempelajari dan Memahami Lingkungan Kerja

Ingin lebih nyaman dan mudah dalam menjalankan berbagai tugas Anda di tempat yang baru? Anda tentu wajib untuk mempelajari dan memahami situasi serta lingkungan kerja Anda yang baru terlebih dahulu. Hal ini sangat penting, namun tidak perlu Anda lakukan dalam porsi yang berlebihan. Mulailah proses ini dengan cara yang wajar, dimana Anda menempatkan diri dalam porsi yang cukup dan tidak begitu berlebihan.

Ini Cara Merencanakan Keuangan dengan Menggunakan Reksa Dana 3 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Merencanakan Karier yang Benar untuk Fresh Graduate]

 

#3 Berkomunikasi dengan Volume yang Wajar

Saat Anda mendatangi sebuah lingkungan kerja yang baru dan bertemu dengan orang-orang baru di sana, maka Anda wajib berupaya untuk berkomunikasi dengan sebaik mungkin. Lakukan hal ini dengan baik, agar Anda dan orang-orang yang Anda temui di sana merasa lebih nyaman. Gunakan volume suara yang wajar dan sesuai dengan volume suara yang dipakai di lingkungan kerja Anda, sehingga Anda tidak menjadi merasa seperti seseorang yang asing dan berbeda dengan orang lainnya di sana. Ini akan membuat Anda merasa jauh lebih nyaman, begitu juga dengan orang-orang yang ada di lingkungan kerja Anda.

 

#4 Manfaatkan Waktu yang Tepat untuk Berkenalan dan Menjalin Pertemanan

Jangan menghabiskan waktu kerja Anda untuk mengobrol atau bahkan memperhatikan orang lain secara berlebihan. Anda baru saja bekerja dan Anda harus pintar membaca situasi. Pilih dan manfaatkan waktu yang paling tepat untuk berkenalan atau bahkan menjalin pertemanan, misalnya ketika makan siang.

Para Karyawan, 5 Tips untuk Mempersiapkan Diri Menjelang Pensiun - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, 5 Tips untuk Mempersiapkan Diri Menjelang Pensiun]

 

#5 Ramah dan Sopan pada Semua Orang

Tunjukkan kepribadian Anda yang tulus, ramahlah dan bersikap sopan kepada semua orang, sehingga keberadaan Anda mudah diterima di lingkungan kerja yang baru. Tidak perlu takut atau terlalu rendah diri di depan pekerja lainnya yang telah senior, sebab ini justru akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan tidak betah di sana.

 

#6 Kenali Perusahaan dengan Sebaik Mungkin

Jangan hanya fokus bekerja saja, namun Anda juga harus mulai mencoba untuk mengenal perusahaan tersebut dengan detail. Cari informasi yang akurat mengenai detail perusahaan ini, sehingga Anda lebih paham dan mengerti bagaimana cara membawa diri di sana. Ini juga bisa menjadi sebuah motivasi bagi Anda, sebab semakin Anda kenal dekat dengan sesuatu, maka Anda akan semakin nyaman dan betah berada di sana.

 

#7 Tetapkan Kualitas Diri Anda

Jangan jadi seseorang yang biasa-biasa saja, bahkan di tempat kerja yang baru sekalipun. Jadilah sosok yang istimewa dan memiliki sejumlah kualitas tertentu yang menjadi jati diri Anda di tempat kerja tersebut. Tetapkan apa yang akan menjadi sebuah kelebihan di dalam diri Anda sejak awal, sehingga Anda akan dikenal sebagai pribadi tersebut ke depannya. Misalnya: cekatan, teliti atau bahkan pemikir.

6-cara-meningkatkan-kreatifitas-untuk-memperbaiki-keuangan-dan-karir-finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kreativitas untuk Memperbaiki Keuangan dan Karir]

 

#8 Buat Diri Anda Nyaman dan Jauh dari Komplain

Mendatangi tempat baru, mungkin saja Anda akan menemukan tempat yang tidak sesuai dengan harapan Anda sejak awal. Namun, selalu hindari untuk mengajukan komplain atas kondisi yang Anda temukan di sana, sebab ini akan membuat Anda terlihat tidak profesional.

 

#9 Rapikan dan Buat Meja Kerja Anda Bersih dan Nyaman

Jangan membiarkan meja kerja Anda berantakan dan terlihat kotor, sebab ini akan membuat Anda tidak nyaman ketika bekerja. Hal ini sangat penting, terutama jika Anda berbagi meja dengan rekan kerja lainnya. Anda bisa mengatur cara pembagian dan juga merapikannya dengan rekan kerja tersebut sejak awal.

7+ Cara yang Perlu Dilakukan Agar Karier Cemerlang - Finansialku

[Baca Juga: 7+ Cara yang Perlu Dilakukan Agar Karier Cemerlang]

 

Anda yang Menentukan Adaptasi yang Dilakukan

Kesembilan cara ini merupakan beberapa alternatif yang dapat Anda tiru dan lakukan. Hal dasar yang paling menentukan adalah sikap dan cara pandang Anda saat beradaptasi di lingkungan kerja yang baru. Pada umumnya, sikap baik dan cara pandang optimism Anda akan menjadikan modal utama agar Anda disukai di tempat kerja.

 

Mampukah Anda beradaptasi pada lingkungan Anda yang baru? Lakukan setiap langkah yang sudah Anda baca dari artikel tersebut di atas. Berikan komentar, tanggapan dan juga pertanyaan pada kolom yang tersedia di bawah ini. Jangan lupa bagikan setiap informasi yang menambah wawasan dari Finansialku.com kepada teman-teman atau rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nadira Aliya. 9 Tips Beradaptasi di Tempat Kerja Baru. duniakaryawan.com – https://goo.gl/Qa3BiX

 

Sumber Gambar:

  • Karyawan – https://goo.gl/kb5APi
  • Lingkungan Kerja – https://goo.gl/joX19I

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang