Salah satu anggota DPR RI dari Fraksi PKS, belum lama ini mengusulkan kenaikan gaji serta tunjangan bagi kepala desa, imbas dari banyaknya kepala desa terlilit utang.

Berikut informasi selengkapnya dan pandangan dari ahli keuangan, simak baik-baik, ya!

 

Anggota DPR Sarankan Kenaikan Gaji Kepala Desa

Beberapa waktu lalu, Syahrul Aidi Mazaat, anggota DPR RI mengusulkan kenaikan gaji bagi kepala desa (kades), yang disampaikan dalam Rapat Panja RUU desa di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (26/6/23)

Menurut Syahrul, ada beberapa hal pokok yang sebaiknya mendapat perhatian, seperti pemberian tunjangan rumah tangga beserta kenaikan gaji, dan tunjangan bagi kepala desa. 

“Bupati itu dalam menerima tamu semuanya ditanggung oleh negara, sebaliknya para kades ini tidak padahal mereka juga mewakili tugas negara. Kemudian gaji kepala desa sangat kecil sedangkan beban kerjanya cukup berat saya usulkan minimal gajinya Rp3,7 juta dan harus dipastikan menerima setiap bulan di awal bulan”, ujar Syahrul seperti yang dikutip dari Kompas.tv.

 

Melansir laman kompas.com, gaji kades saat ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Beleid tersebut mengatur bahwa kesejahteraan kades beserta sekretaris desa dan perangkat desa lain perlu diperhatikan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan penyelenggaraan pemerintah desa.

Merujuk Pasal 81, kades beserta sekretaris desa dan perangkat desa mendapat penghasilan tetap yang dianggarkan dalam APBDesa yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD).

Khusus untuk kades, mereka berhak mendapatkan gaji paling sedikit Rp2.426.640 setara 120% dari gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan ruang II/a.

Sementara itu, sekretaris desa juga berhak mendapat gaji paling sedikit Rp2.224.420 setara 110% dari gaji pokok PNS golongan ruang II/a.

Sementara di sisi lain, PP Nomor 11 Tahun 2019 juga menetapkan gaji perangkat desa lainnya paling sedikit Rp2.022.200 setara 100% dari gaji pokok PNS golongan ruang II/a.

[Baca Juga: Mau Ajukan KTA? Pahami 3 Hal Penting Ini Agar Tidak Terlilit Utang]

 

Alasan Dibalik Usulan Kenaikan Gaji Kepala Desa, Kurang Biaya Hingga Terlilit Utang

Usulan tentang kenaikan gaji kepala desa bukanlah tanpa alasan. Sebab, Syahrul mendengar kabar miris bahwa kehidupan para kepala desa masih jauh dari sejahtera.

Bahkan, anggota DPR tersebut menceritakan bahwa ada kepala desa terlilit utang hingga ribut dengan pasangannya. 

“Berdasarkan laporan banyak kades ini yang kekurangan biaya sehingga mereka itu pinjam sana-sini ada yang pinjam ke mertua bahkan sampai diceraikan oleh pasangannya karena terlilit banyak utang. Jadi saya minta gajinya itu juga perlu ditingkatkan lagi,” tambah anggota DPR RI dari Fraksi PKS tersebut. 

 

Kendati demikian, usulan tersebut masih menuai kritik publik terutama dari kalangan masyarakat yang menuliskan sejumlah komentar di linimasa media sosial.

Salah satu warganet mengungkapkan pandangannya, bahwa untuk mengatasi permasalahan ini bukan semata-mata dengan kenaikan gaji, melainkan pelatihan keuangan.

Berikut cuitannya melansir dari suara.com:

“Lebih murah dikasih pelatihan financial planning saja gak sih? Selama karakter/kultur konsumtif, kredit, bad investment, kawin lagi gak dikoreksi, mau digaji berapapun ya gak selesai masalah,” tulis warganet.

 

Melalui pelatihan keuangan, selain lebih menghemat anggaran negara, dampaknya pun lebih signifikan.

Pasalnya, warganet tersebut menilai bahwa akar masalah utang terletak di perilaku konsumtif, boros, dan tak pandai berinvestasi.

Nah, berbicara soal pelatihan keuangan, Finansialku hadir untuk membantu meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui berbagai layanan. Seperti konsultasi keuangan, in house training, jasa pembicara keuangan, dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk menggali informasi lebih lanjut? Klik banner di bawah ini, sekarang!

Konsul Masalah Keuangan

 

Beberapa Usulan Revisi dalam UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Beberapa hari yang lalu, Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menggelar rapat panitia kerja (Panja) penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang perubahan kedua atas Undang-Undang (UU) nomor 6 tahun 2014, tentang desa. 

Dalam rapat tersebut, terdapat beberapa usulan, di samping kenaikan gaji serta tunjangan, di antaranya: 

  • Perubahan masa jabatan kepala desa yang awalnya enam tahun menjadi sembilan tahun. Hal ini sesuai dengan Pasal 39 ayat 1 yang berbunyi
  • Masih dalam pasal yang sama, tepatnya pada ayat 2, kepala desa hanya bisa menjabat sebanyak dua kali, baik secara berturut-turut maupun secara tidak berturut-turut.

 

Ini Kata CFP Soal Manajemen Keuangan

Adanya usulan kenaikan gaji untuk kades atas isu kesejahteraan hingga banyak yang terlilit utang, sebaiknya perlu pengkajian lebih lanjut oleh berbagai pihak.

Terutama dalam hal kesadaran dan pentingnya manajemen keuangan bagi setiap orang, termasuk di kalangan pejabat daerah.

Menurut salah satu Perencana Keuangan Finansialku, Retty Nurlailatul C.S., S.Akt., BKP., CFP®, agar tidak sampai terlilit utang, sangat penting untuk menjaga dan menyesuaikan hidup sesuai dengan kemampuan.

“Jika memang penghasilan yang ada saat ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan utama, maka menambah penghasilan dengan jalan yang benar menjadi opsi,” tutur Retty.

 

Lebih lanjut Retty menjelaskan, bahwa kunci dalam manajemen keuangan kendalinya ada pada diri kita sendiri.

“…dalam hidup juga harus menyesuaikan dengan kemampuan, dan kendalinya ada pada diri kita. Sedangkan soal kenaikan gaji, kendalinya bukan pada kita,” tambah Retty.

 

Retty pun menekankan, agar setiap orang lebih baik fokus pada apa yang bisa kita kendalikan, dengan kata lain “meningkatkan yang menjadi kendali diri sendiri”.

Selain menambah penghasilan dengan jalan yang benar, tak kalah pentingnya untuk kita memiliki perencanaan keuangan yang matang.

Sebab, tanpa adanya perencanaan, dapat menimbulkan berbagai masalah keuangan di masa mendatang, bukan hanya terlilit utang.

Kira-kira apa saja risiko yang bisa terjadi? Temukan jawabannya di artikel berikut Apa Risiko Jika Tidak Memiliki Perencanaan Keuangan? Cek Ini!.

 

Yuk, Tingkatkan Literasi Keuangan

Sobat Finansialku, itulah penjelasan seputar usulan salah satu anggota DPR RI untuk menaikkan gaji kepala desa.

Meski banyak pro dan kontra di masyarakat mengenai hal ini, kita bisa memetik pelajaran akan pentingnya literasi keuangan bagi setiap orang, termasuk di kalangan pejabat daerah.

Dengan kemampuan manajemen keuangan yang baik, maka akan memudahkan Sobat Finansialku dalam mengalokasikan keuangan secara bijak. 

Jika Anda masih bingung dalam membuat perencanaan keuangan yang tepat, Perencana Keuangan Finansialku siap membantu.

Yuk, diskusi secara 1 on 1 dengan menghubungi WhatsApp di nomor 0851 5866 2940 untuk buat janji. Konsultasi sekarang!

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Apa tanggapan Anda mengenai kabar kepala desa terlilit utang hingga usulan DPR untuk menaikkan gaji? Silakan tulis di kolom komentar, ya.

Jangan lupa bagikan informasinya ke lebih banyak orang dan bersama-sama tingkatkan literasi keuangan. Terima kasih.

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

  • Iman Firdaus. 4 Juli 2023. Banyak Kepala Desa Terlilit Utang hingga Cerai, Anggota DPR Usul Gaji Kades Dinaikkan. kompas.tv – https://bit.ly/4398KHP
  • Admin. 4 Juli 2023. PKS Usul Gaji Kepala Desa Naik Minimal Rp3,7 Juta per Bulan, Alasannya Banyak Kades Terjerat Utang. solo.tribunnews.com – https://bit.ly/3O334uD
  • Yefta Christoperus Asia Sanjaya. 6 Juli 2023. DPR Usul Gaji Kepala Desa Dinaikkan karena Banyak yang Terlilit Utang, Berapa Nominalnya Saat Ini?. Kompas.com- https://bit.ly/3JHKZje
  • Farah Nabila. 6 Juli 2023. Banyak Kades Kelilit Utang dan Diceraikan, Pro Kontra DPR Usul Naikkan Gaji Kepala Desa. Suara.com- https://bit.ly/44CZ0GV