Kereta Cepat Jakarta Bandung diuji coba oleh orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo.

Ditemani sejumlah menteri dan publik figur, Presiden memulai perjalanan pertama dengan transportasi hasil kerja sama dengan Tiongkok itu.

Simak ulasan berikut untuk informasi lengkap mengenai tiket dan rencana pengembangannya!

 

Presiden Joko Widodo Uji Coba Kereta Cepat JKT-BDG

Sekitar pukul 09.00 WIB, Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri dan publik figur tanah air menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung untuk kali pertama.

Dalam 28 menit perjalanan, rombongan presiden sudah sampai di Stasiun Padalarang, Jawa Barat. Selanjutnya, rombongan bergerak ke Stasiun Bandung dengan Kereta Api Feeder.

Ditemui pasca uji coba, Jokowi mengatakan bahwa Kereta Cepat Jakarta Bandung nyaman digunakan. Ia menilai kecepatan 350 km per jam nyaris tidak berasa.

“Saya empat kali datang ke proyeknya kereta cepat, tapi memang baru pertama kali tadi mencoba. Nyaman, dan pada kecepatan tadi 350 km per jam tidak terasa sama sekali, baik saat duduk maupun saat saya berjalan sehingga ya inilah peradaban,” ujarnya.

 

Di kesempatan yang sama, Jokowi menuturkan bahwa operasional KCJB cukup baik. Sayang, ia tidak menjelaskan lebih detail aspek yang perlu dibenahi.

Rencananya, Kereta Cepat Jakarta Bandung akan diresmikan pada 01 Oktober mendatang.

Kendati begitu, keputusan operasional diserahkan sepenuhnya ke Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Cepat Jakarta China selaku pengelola.

Jokowi berharap masyarakat memilih moda transportasi baru ini untuk mendukung mobilitas. Pasalnya, Kereta Cepat Jakarta Bandung memangkas perjalanan dari 3 jam menjadi hanya 40-an menit.

“Kita harapkan ada perpindahan dari penggunaan mobil pribadi ke kereta cepat, ke LRT, ke MRT, ke Transjakarta sehingga kemacetan di jalan jadi dikurangi, polusi bisa dikurangi. Arahnya ke situ. Karena setiap tahun kita kehilangan karena macet di Jabodetabek dan Bandung itu sudah lebih dari Rp100 triliun,” tutupnya.

[Baca Juga: Mengenal Ignasius Jonan, Tokoh yang Sukses Perbaiki Wajah KAI!]

 

Daftar Stasiun Kereta Cepat JKT-BDG

Kereta Cepat Jakarta Bandung adalah proyek patungan antara konsorsium BUMN melalui PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia dan konsorsium perusahaan perkeretaapian Tiongkok melalui Beijing Yawan HSR Co. Ltd.

Ada beberapa stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung, yakni:

 

#1 Stasiun Halim

Stasiun Halim terletak di Kecamatan Makassar, Jakarta Timur. Stasiun ini terhubung dengan LRT (Light Rail Transit) Jabodebek di Bekasi dan Dukuh Atas.

 

#2 Stasiun Karawang

Stasiun Karawang ada di Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang. Stasiun termasuk dalam Daerah Operasi 1 Jakarta.

 

#3 Stasiun Padalarang

Stasiun Padalarang terletak di Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat. Stasiun ini menjadi stasiun HUB Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Stasiun Padalarang terhubung dengan:

  1. Commuter Line Bandung Raya (Purwakarta – Cicalengka)
  1. Commuter Line Garut (Purwakarta – Garut)
  1. Kereta Api Feeder Kereta Cepat (Padalarang – Bandung)

 

#4 Stasiun Tegalluar

Stasiun Tegalluar terletak di Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Stasiun ini terhubung dengan Bus Rapid Transit dan berfungsi sebagai depo.

 

Biaya Tiket Kereta Cepat JKT-BDG

Hingga saat ini, harga tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung masih dalam proses kajian.

Meski begitu, beberapa kabar menyebut bahwa KA Feeder yang menghubungkan Bandung Kota dan Jakarta dijual secara bundling dengan LRT Jabodebek.

PT Kereta Cepat Indonesia China selaku pengelola mengajukan harga tiket sebesar Rp250 ribu dari Jakarta ke Padalarang. Sementara harga tiket Jakarta – Bandung paling murah Rp300 ribu.

Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, mengatakan bahwa pihaknya tidak menetapkan tarif kereta api non ekonomi.

Sehingga, kebijakan ini sepenuhnya diserahkan ke pengelola, yakni PT Kereta Cepat Indonesia China.

 

Rencana Pengembangan Hingga Surabaya

Di sisi lain, Erick Thohir menyampaikan dorongan mengembangkan proyek ini sampai Surabaya.

Pernyataan ini muncul usai sang menteri menjawab pertanyaan Harris Turino, anggota Komisi VI DPR RI mengenai operasional KCJB.

“Kan sudah disampaikan sudah sama Bapak Presiden bahwa 1 Oktober itu diharapkan masyarakat bisa mulai mencoba kenikmatan ya, kecepatan, dan juga sesuatu yang memang membuktikan Indonesia bisa menjadi negara maju ketika kereta api cepatnya kita miliki sekarang,” ungkapnya.

Erick menyebut bahwa pihaknya masih mengkaji kemungkinan pengembangan kereta cepat sampai Surabaya. Lebih lanjut, ia berharap bahwa rencana tersebut bisa terealisasi.

Nah, tentu ini yang kemarin sedang dihitung ulang, untuk lebih efisiensi lagi juga didorong sampai Surabaya, tapi ini kan masih dikalkulasi. Ya kalau negara-negara maju seperti Perancis, Italia, Inggris, China apalagi, sudah mempunyai sampai 26.000 KM ya kita kalau mau maju kita harus bisa. Tetapi, tentu dengan hitung-hitungan yang baik, bukan hanya euforia punya kereta api cepat, kan gitu. Dan yang harus juga, aman,” lanjutnya.

[Baca Juga: Polusi Udara Jakarta Memburuk, Pindah Tempat Tinggal Jadi Solusi?]

 

Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Rp300 Ribu, Mahal atau Murah?

Kereta Cepat Jakarta Bandung dijadwalkan terbuka untuk publik pada awal Oktober.

Meski kebijakan tarif masih digodok, PT KCIC selaku pengelola mengusulkan tarif Rp250 ribu sampai Rp300 ribu kelas termurah.

Untuk mempertahankan daya beli dan kemampuan finansial, Anda bisa mulai membuat perencanaan keuangan pribadi dengan ebook Cara Wujudkan Mimpi dengan Perencana Keuangan sebagai panduan Anda.

Dari sana, Anda perlu belajar investasi, menabung, dan alokasi dana untuk kebutuhan mendesak.

Untuk saran keuangan yang lebih baik, Anda bisa berkonsultasi dengan CFP Finansialku. Silakan booking jadwal konsultasi Anda di 0851 5866 2940 sekarang juga.

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN Q3 23

 

Disclaimer:  Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi. 

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya.

Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Demikian ulasan tentang uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung dan perkiraan harga tiketnya. Sesuaikah harga tiket KCJB dengan daya beli masyarakat Indonesia? Yuk, sampaikan tanggapan Anda di kolom komentar.

Silakan bagikan informasi ini di media sosial dan ajak teman-teman Anda naik KCJB di hari pertama operasional. Terima kasih!

 

Editor: Ratna Sri Haryati

Sumber Referensi:

  • Dwi Rahmawati. 14 September 2023. Erick Thohir: Kereta Cepat Didorong Sampai Surabaya, tapi Masih Dikalkulasi. detik.com – https://bit.ly/462qPsS
  • Emir Yanwardhana. 13 September 2023. Jakarta ke Kota Bandung Naik Kereta Cepat, Siapin Duit Segini. Cnbcindoensia.com – https://bit.ly/48hdUoU
  • Isna Rifka Sri Rahayu. 13 September 2023. Jokowi: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Nyaman, Kecepatan 350 Km Per Jam Tidak Terasa Sama Sekali. kompas.com – https://bit.ly/44STOy4
  • Widhia Arum Wibawana. 14 September 2023. Daftar Stasiun dan Rute Perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Detik.com – https://bit.ly/3EBRMYC

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3ZhSHa8