Kementerian Keuangan telah membuka penawaran Sukuk Ritel seri 20 atau SR020 pada 1 Maret 2024.

Berapa keuntungan yang diperoleh dan bagaimana cara membelinya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

 

Penawaran Sukuk Ritel Seri 20 SR020 Telah Dibuka

Pemerintah resmi membuka masa penawaran Sukuk Ritel untuk seri SR020T3 atau tenor 3 tahun serta seri SR020T5 untuk tenor 5 tahun pada 1 Maret 2024 lalu.

Penawaran tersebut ditujukkan bagi para investor individu Warga Negara Indonesia (WNI). Masa penawaran SR020 ini akan berlangsung pada periode 1 – 27 Maret 2024.

 

Apa Itu Sukuk Ritel Seri 20

Sukuk Ritel seri 20 atau SR020 adalah surat berharga syariah yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia kepada individu WNI. Jadi yang boleh membeli hanya yang memiliki KTP.

 

SR020 (1)

Ilustrasi Penerbitan SBN Ritel Jenis Sukuk Ritel Seri SR020. (Kementerian Keuangan)

 

Salah satu kelebihan dari instrumen investasi Sukuk Ritel adalah terjamin keamanannya. Pasalnya SR merupakan produk investasi yang pokok dan modalnya dijamin oleh pemerintah melalui undang-undang.

Selain itu, dengan statusnya sebagai investasi syariah, Sukuk Ritel juga telah mengantongi Pernyataan Keseuaian Syariah dari Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI.

 

Investasi yang Terjangkau

Selain dijamin keamanannya, Sukuk Ritel merupakan salah satu produk investasi yang sangat terjangkau, namun menawarkan keuntungan yang tak kalah menggiurkan.

Anda sudah bisa berinvestasi di SR020 dengan pembelian minimal di Rp1 juta. Untuk periode investasi selama 3 tahun, pembelian maksimal di angka Rp5 miliar. Sementara tenor 5 tahun, angka pembelian maksimal di angka Rp10 miliar.

SR020_tabel 1

[Baca Juga: Investasi Syariah untuk Milenial dan Gen Z, Ini Kata Perencana Keuangan!]

 

Berapa Keuntungan yang Akan Didapatkan

Lantas, berapakah keuntungan yang akan didapatkan jika Anda berinvestasi di SR020?

Sukuk Ritel sendiri akan membagikan keuntungan kepada para investor berupa imbal hasil yang jumlahnya tetap (fixed).

Ada pun rincian imbalan yang akan didapatkan antara lain sebagai berikut:

  • SR020 period investasi 3 tahun, imbalannya 6,30% per tahun.
  • SR020 periode investasi 5 tahun, imbalannya 6,40% per tahun.

Keuntungan tersebut nantinya akan dibagikan kepada setiap investor setiap tanggal 10.

SR020_tabel 2

Anda juga bisa mengetahui kalkulasi perhitungan keuntungan yang akan diperoleh setelah dipotong pajak sebesar 10%. Berikut adalah rincian perhitungannya.

Sr020_tabel 3

 

Risiko Investasi Sukuk Ritel

Sukuk Ritel seri 20 atau SR020 menjadi salah satu produk investasi yang bisa Anda pertimbangkan, lho! Namun, bukan berarti SR tidak memiliki risiko di dalamnya.

Nah, sebelum berlanjut ke pembahasan, Finansialku ingin mengajak Anda untuk terus mengevaluasi portofolio investasi, ya!

Jika Sobat Finansialku tertarik belajar strategi investasi yang tepat agar portofolio tidak selalu rapor merah, yuk, gabung dalam Bookplan Program Finansialku.

Anda akan memperoleh pendampingan langsung dari Perencana Keuangan Finansialku mulai dari keamanan keuangan, menetapkan tujuan keuangan, hingga melakukan manajemen investasi yang baik.

Klik banner di bawah ini untuk buat janji atau hubungi WhatsApp di nomor 0851 5866 2940.

bookplan

 

Dalam sub bab ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa risiko berinvestasi Sukuk Ritel yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

 

#1 Risiko Likuiditas

Pertama ialah risiko likuiditas, risiko ini akan terjadi ketika munculnya kesulitan menjual Sukuk Ritel di pasar sekunder pada tingkat harga pasar yang diharapkan.

Untuk memitigasinya, Anda bisa menjualnya melalui mitra distribusi, bank, atau lembaga keuangan lainnya. Kemudian Anda bisa menggunakannya sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman.

 

#2 Risiko Market

Kemudian risiko yang perlu diperhatikan selanjutnya yakni berkaitan dengan market. Risiko ini mengacu pada potensi kerugian jika suku bunga acuan mengalami kenaikan.

Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan penurunan harga Sukuk Ritel di pasar sekunder.

Ada pun kerugian yang berpotensi kamu alami ialah capital loss atau modal berkurang jika menjual Sukuk Ritel sebelum tanggal jatuh tempo dengan harga yang lebih rendah dari harga beli.

Untuk memitigasinya, maka investor tidak menjual Sukuk Ritel di pasar sekunder terlebih dahulu jika harga mengalami penurunan.

[Baca Juga: Mengenal Cara Kerja Bagi Hasil Investasi Syariah dan Perhitungannya]

 

Cara Beli Sukuk Ritel Seri 20

Nah, dari penjelasan di atas, apakah Anda tertarik untuk berinvestasi di sukuk ritel? Bagaimana cara belinya? Tapi sebelum itu, berikut ini adalah profiling investor yang cocok untuk investasi di SR.

 

#1 Investor Pemula

Jika Anda seorang investor pemula yang familiar hanya tabungan dan deposito, maka Sukuk Ritel SR020 cocok. Kenapa? Karena pokok dan imbalannya dijamin pemerintah Indonesia.

 

#2 Alokasi Aset

Jika Anda termasuk ke dalam klasifikasi investor dengan jangka menengah (1-5 tahun) hingga jangka panjang (> 5 tahun), Sukuk Ritel sangat direkomendasikan untuk diversifikasi investasi.

SR020 adalah salah satu produk investasi yang aman dan memberikan return yang tetap. Sehingga Anda bisa menurunkan risiko pada portofolio investasimu.

 

#3 Tambahan Pemasukan untuk Sandwich Generation atau Pensiunan

Jika Anda merupakan sandwich generation atau orang tua sudah pensiun, bisa rekomendasikan untuk berinvestasi di SR020. Pasalnya SR020 memiliki return yang tetap dan terjamin keamanannya.

Sehingga imbal hasil yang akan Anda peroleh dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jika Anda tertarik membeli SR020 untuk berinvestasi, maka hubungi beberapa mitra distribusi resmi yang telah ditunjuk oleh pemerintah antara lain sebagai berikut:

  1. Bank Central Asia (BCA)
  2. Bank CIMB Niaga
  3. Bank Commonwealth
  4. Bank Danamon Indonesia
  5. Bank DBS
  6. Bank HSBC
  7. Bank Mandiri
  8. Maybank Indonesia
  9. Bank Mega
  10. Bank Negara Indonesia (BNI)
  11. Bank OCBC NISP
  12. Bank Panin
  13. Bank Permata
  14. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  15. Bank Tabungan Negara (BTN)
  16. Bank UOB Indonesia
  17. Bank Victoria
  18. Standard Chartered Bank
  19. Bank Syariah Indonesia (BSI)
  20. Bank Muamalat
  21. BRI Danareksa Sekuritas
  22. Mandiri Sekuritas
  23. Trimegah Sekuritas Indonesia
  24. Bahana Sekuritas
  25. Bareksa Portal Investasi
  26. Binaartha Sekuritas
  27. Phillip Sekuritas Indonesia
  28. Nusantara Sejahtera Investama (FUNDtastic+)
  29. Star Mercato Capitale (Tanamduit)
  30. Bibit Tumbuh Bersama

 

Tertarik Investasi Sukuk Ritel? Atur Strategi dan Keuangannya!

Setelah mengetahui informasi di atas, apakah Sobat Finansialku tertarik untuk membeli Sukuk Ritel seri ke 20 ini?

Tapi Anda juga perlu ingat bahwa berinvestasi membutuhkan perencanaan dan strategi yang matang. Pertimbangkan pula risiko yang akan didapatkan serta strategi merealisasikan tujuan keuangan hingga budgeting.

Sebagai referensi dalam menentukan langkah berinvestasi, Anda bisa download ebook gratis dari Finansialku Panduan Praktis Menuju Investasi yang Sukses.

Selain itu, cek tayangan yang tersemat berikut ini untuk memperluas wawasan Anda dalam memilih instrumen investasi saat suku bunga naik. Good luck!

 

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Apa tanggapan Anda mengenai penawaran Sukuk Ritel seri 20 kali ini? Silakan tulis di kolom komentar, ya. Jangan lupa bagikan informasinya kepada rekan sesame investor lainnya, ya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi : 

  • Martina Priyanti, 6 Maret 2024. Pemesanan SR020 Tembus Rp2 Triliun, Masih ada Lho Kuota Sukuk Ritel. Bareksa.com – https://tinyurl.com/4eu63h5w
  • Aisya Rahmawati. 1 Maret 2024. Pembukaan Masa Penawaran Sukuk Ritel Seri SR020T3 (Tenor 3 Tahun) Dan Seri SR020T5 (Tenor 5 Tahun). djprr.kemenkeu.go.id – https://tinyurl.com/55zs4m74

 

Sumber Gambar: 

  • Cover: bloombergtechnoz.com