Bagaimana cara merawat laptop? Berapa biaya service laptop? Laptop kini sudah menjadi sebuah alat elektronik yang umum digunakan sehari-hari. Namun ternyata banyak orang hanya bisa menggunakannya tanpa tahu bagaimana cara merawat laptop dengan baik sehingga ujung-ujungnya muncul biaya service laptop yang sangat tinggi. Mari kita lihat 8 cara merawat laptop agar tidak cepat rusak. Ayo hemat biaya service laptop!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Logo DuitPintar dan Finansialku

 

Bukan Hanya Menggunakannya, Anda Juga Perlu Merawat Laptop

Laptop kini bukanlah sebuah benda mewah dan sudah umum digunakan. Namun nyatanya masih banyak pengguna yang belum mengerti bagaimana cara menghemat biaya service laptop dengan cara merawatnya dengan baik. Perlu Anda ketahui, daya tahan laptop berbeda dengan komputer PC dimana laptop cenderung lebih cepat rusak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memperhatikan perawatan laptop agar tidak mudah rusak dan dapat digunakan lebih lama.

Melalui artikel berikut, Finansialku akan mengajak Anda lakukan 9 cara merawat laptop agar lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Ayo hemat biaya service laptop Anda!

Ayo Hemat Biaya Service Laptop! Lakukan 9 Cara Merawat Laptop 02 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Kuliah, Belum Punya Gaji Ingin Beli Macbook Pro]

 

#1 Memperhatikan dan Merawat Baterai Laptop

Tujuan awal diciptakannya laptop adalah untuk mempermudah penggunaan komputer agar dapat diakses dimana dan kapan saja. Dengan menggunakan laptop, Anda dapat mengecek email dan bekerja di dalam bus, di kereta, dimana saja dan kapanpun. Dengan demikian, tampak bahwa salah satu komponen penting dalam penggunaan laptop adalah baterainya. Tanpa baterai, laptop sama saja fungsinya dengan komputer PC biasa.

Namun, banyak pengguna laptop yang tidak memperhatikan penggunaan baterai dan tidak merawatnya dengan baik sehingga baterai laptop menjadi tidak tahan lama. Sebagai contoh banyak pengguna laptop yang menggunakan laptop saat baterai sedang diisi ulang (charge). Hal ini merupakan salah satu penyebab utama rusaknya baterai laptop lho. Jika baterai sudah rusak, laptop harus selalu dihubungkan dengan sumber listrik sehingga tujuan utama diciptakannya laptop tidak lagi terlaksana. Sangat disayangkan bukan?

 

#2 Membersihkan Laptop dari Debu dan Kotoran

Mungkin Anda tidak pernah menyangka bahwa debu yang sangat kecil dapat merusak laptop Anda. Jangan salah, debu dan kotoran yang sangat kecil pun jika dibiarkan menumpuk dapat mengganggu kinerja laptop Anda lho. Lalu bagaimana solusinya? Tenang saja, kini sudah banyak alat dan pelengkap laptop agar tidak mudah kotor, beberapa contohnya adalah screen protector dan keyboard protector yang dapat melindungi keyboard dari debu dan kotoran.

Masih Kuliah, Belum Punya Gaji Ingin Beli Macbook Pro 2 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Untung Ruginya Bawa Laptop pada Saat Liburan?]

 

Selain itu, diingatkan juga untuk tidak membersihkan laptop dengan cara yang salah dan sembarangan, contohnya mengelapnya dengan lap basah. Hal ini berbahaya karena tetesan air dapat masuk dan merusak komponen laptop. Sebaiknya gunakan alat pembersih yang memang ditujukan untuk membersihkan dan merawat laptop Anda.

 

#3 Hindari Laptop dari Benda Asing yang Merusak Perangkat Keras (Hardware)

Apakah Anda sering makan dan minum saat sedang bekerja atau bermain dengan menggunakan laptop? Segera hentikan kebiasaan tersebut! Musuh utama alat elektronik seperti laptop dan komputer adalah benda asing yang dapat merusak komponennya. Remah-remah makanan atau cairan seperti tumpahan teh atau sirup jelas dapat merusak perangkat keras laptop Anda. Selain itu, hindari juga penggunaan magnet dan paparan sinar matahari atau paparan panas berlebihan saat Anda menggunakan laptop karena berpengaruh terhadap perangkat keras laptop Anda.

 

#4 Hindari Mengunduh Perangkat Lunak yang Tidak Terjamin

Selain perawatan dari segi perangkat keras (hardware), Anda juga perlu memperhatikan kesehatan perangkat lunak (software) pada laptop Anda. Salah satu hal yang dapat digunakan sebagai langkah pencegahan kerusakan perangkat lunak adalah dengan menghindari pengunduhan perangkat lunak yang tidak terjamin.

Internet-Banking-4

[Baca Juga: Memahami Internet Banking Beserta Manfaat dan Keuntungannya Bagi Nasabah Bank]

 

Umumnya banyak tawaran perangkat lunak yang gratis dengan penawaran yang sangat menarik, namun ternyata perangkat lunak tersebut tidak orisinil atau bajakan sehingga membawa virus yang dapat dengan mudah menjangkit laptop Anda. Selalu pastikan seluruh perangkat lunak yang diunduh merupakan perangkat yang terjamin dan terpercaya. Selain itu, Anda dapat juga merawat perangkat lunak Anda dengan memperbaruinya secara berkala sesuai dengan update yang muncul.

 

#5 Perhatikan Sirkulasi Udara Laptop

Layaknya seorang manusia, laptop juga perlu diperhatikan sirkulasi udaranya lho. Jika Anda memiliki kebiasaan bekerja di sofa atau ranjang dengan menggunakan laptop, ternyata kipas laptop yang membantu sirkulasi udara dalam laptop dapat tersumbat. Kipas laptop yang tersumbat akan menghambat sirkulasi udara yang berguna untuk mendinginkan laptop, sehingga laptop akan menjadi panas dan komponennya dapat rusak akibat suhu yang panas ini.

Penggunaan laptop yang disarankan adalah di atas permukaan yang datar dan tidak panas. Untuk memaksimalkan fungsi kipas laptop, kini juga sudah banyak dijual alas laptop dengan kipas tambahan yang akan membantu proses mendinginkan laptop Anda.

 

#6 Hindari Penggunaan Berlebihan

Seperti yang Anda ketahui, apapun yang digunakan berlebihan itu tidak baik dan akan lebih mudah rusak. Demikian halnya dengan laptop Anda. Jika digunakan terlalu berat atau terus menerus tanpa jeda, besar kemungkinan laptop akan menjadi terlalu panas (overheat) yang dapat merusak perangkat kerasnya.

Selain overheat, penggunaan laptop yang berlebihan dan lupa mematikan laptop setelah digunakan berpotensi merusak harddisk dalam laptop. Dengan demikian, untuk menjaga kesehatan laptop dan data-data penting di dalamnya, gunakanlah laptop sesuai kebutuhan dan selalu berikan jeda waktu dalam pemakaiannya. Jangan lupa untuk segera mematikan laptop setelah digunakan. Dengan demikian laptop akan lebih terawat dan tahan lama.

Orangtua Ini Prospek Teknik Informatika, Kisaran Gaji dan Berapa Biaya Kuliah Teknik Informatika 01 - Finansialku

[Baca Juga: Orangtua: Ini Prospek Teknik Informatika, Kisaran Gaji dan Berapa Biaya Kuliah Teknik Informatika]

 

#7 Hindari Menumpuk Barang Berat di Atas Laptop

Banyak pengguna yang sering menaruh barang-barang seperti buku atau gelas di atas laptop karena tidak mengetahui bahwa akibatnya ternyata cukup fatal. Komponen laptop dapat rusak akibat kebiasaan ini, contohnya adalah kerusakan layar laptop. Sebaiknya hindari menumpuk barang berat di atas laptop Anda mulai sekarang.

 

#8 Hindari dari Jangkauan Anak-Anak

Jangankan laptop, benda-benda sederhana saja perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak karena dapat membahayakan kedua belah pihak. Anak kecil belum memahami fungsi laptop sehingga dapat menganggapnya sebagai mainan dan menggunakannya sembarangan. Sebagai contoh, laptop mungkin saja jatuh atau data-data berharga Anda terhapus atau berubah.

Selain berbahaya bagi laptop Anda, penting untuk mencegah kecelakaan terhadap Anak akibat penggunaan laptop yang salah. Anak Anda mungkin saja tersengat listrik atau tertimpa laptop yang berat akibat pengawasan yang kurang.

 

#9 Hindari Penggunaan Baterai Hingga 0%

Baterai juga akan lebih mudah rusak jika penggunaannya tidak diawasi. Sebagai contoh, Anda menggunakannya hingga kapasitas baterai 0% dan laptop akan mati secara otomatis. Hal ini akan memperpendek masa hidup baterai Anda dan merusak baterai Anda secara perlahan-lahan. Selalu isi ulang baterai Anda hingga 100% dan hindari menggunakannya sampai kapasitasnya 0%. Matikan laptop dan isi ulang baterai Anda sebelum dayanya benar-benar habis.

Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak? Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres]

 

Merawat Laptop untuk Hemat Biaya Service Laptop

Setelah membaca artikel di atas, tentunya Anda sudah mengetahui beberapa cara mudah untuk merawat laptop sehingga lebih tahan lama. Dengan beberapa tips pencegahan tersebut, Anda dapat menghemat biaya service laptop yang mahal lho. Selain itu, Anda juga perlu menyadari pentingnya laptop dalam kehidupan pekerjaan Anda sehari-hari, jangan sampai laptop rusak mengganggu pekerjaan Anda dan membuat stres. Terlebih lagi, laptop diciptakan untuk memudahkan Anda dan pekerjaan Anda, sehingga jangan sampai laptop rusak terus menerus dan akhirnya hanya merepotkan Anda.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara merawat laptop untuk hemat biaya service laptop lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tiffany. 15 Juni 2017. Gaya Hidup: 8 Cara Merawat Laptop Ini Dijamin Bikin Dompet Aman dari Biaya Servis. Duitpintar.com – https://goo.gl/AqzcdG
  • Muhammad Zakaria. 12 Cara Ampuh Merawat Laptop dengan Baik dan Benar Agar Tetap Awet. Nesabamedia.com – https://goo.gl/zZMUQy
  • Monthlytech. 18 Cara Merawat Komputer/Laptop Agar Tetap Awet Dan Tidak Rusak. Monthlytech.com – https://goo.gl/sfuFUD

 

Sumber Gambar:

  • Asian People with Laptop – https://goo.gl/WDJGxY dan https://goo.gl/vprgWJ

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana