Ide bisnis menjelang Idul Adha: Bukan hanya pecinta daging yang bahagia dengan datangnya hari raya Idul Adha, namun pebisnis juga dapat turut serta memanfaatkan momen penuh keberkahan ini menjadi ladang bisnis.

Apa saja ide bisnis menjelang Idul Adha yang menggiurkan? Simak dulu yuk dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Berbisnis di Idul Adha? Mengapa Tidak?

Idul Adha sudah di depan mata, bagaimana persiapan Anda? Mendekati hari raya Idul Adha, ada saja bisnis musiman yang dapat kita jumpai. Bahkan jenisnya pun tak berubah-ubah dari tahun ke tahun.

Hari raya Idul Adha sendiri identik dengan penyembelihan hewan kurban, seperti kambing, sapi, atau pun domba.

Bisnis musiman yang kerap muncul menjelang Idul Adha tak jauh-jauh dari perayaannya sendiri. Ini bisa jadi peluang bisnis baru untuk Anda yang ingin meningkatkan pendapatan.

Mengingat  bisnis musiman ini selalu ada dari tahun ke tahun, tak ada salahnya Anda mempersiapkan diri. Pastikan Anda sudah mengumpulkan modal supaya rencana berbisnis berjalan lancar.

 

Meraup Keuntungan dengan Ide Bisnis Menjelang Idul Adha

Sama halnya dengan Idul Fitri, momen Idul Adha jadi ladang rezeki bagi banyak pebisnis. Para pengusaha dadakan muncul menawarkan dagangan mereka.

Orang-orang yang jeli membaca peluang, akan diuntungkan dengan kedatangan dua hari raya besar tersebut. Tak jarang keuntungannya bisa mengisi tabungan untuk beberapa bulan kedepan.

Ingin tahu apa saja ide bisnis dengan untung besar menjelang Idul Adha? Inilah 5 ide bisnis yang bisa Anda jalankan sebelum momen hari raya Idul Adha.

 

#1 Jual Bumbu dan Rempah

Ada berbagai macam menu olahan berbahan dasar sapi maupun kambing. Semuanya tampak menggiurkan dan menanti untuk dicicipi. Sebut saja gulai, tongseng, rendang, dan dendeng.

5 Ide Bisnis Menjelang Idul Adha yang Untungnya Menggiurkan 02 - Finansialku (1)

[Baca Juga: Ayo Raih Kesuksesan Anda pada Investasi Pasar Modal Syariah!]

 

Menu-menu ini butuh keahlian khusus untuk mengolahnya, terlebih pemilihan bumbu dan rempah. Salah-salah bukannya lezat, hidangan yang dibuat akan berbau prengus dari daging.

Melihat peluang tersebut, Anda bisa mencoba usaha bumbu siap pakai. Biasanya para ibu rumah tangga akan kerepotan mengolah bahan baku jadi bumbu masak.

Seringkali para ibu memilih untuk membeli bumbu siap pakai dan langsung menggunakannya pada masakan.

Selain praktis, tentunya juga tak butuh keahlian khusus untuk menakar bumbu dan memperkirakan rempah yang dipakai.

 

#2 Produksi atau Reseller Pakaian Muslim dan Peralatan Ibadah

Di Indonesia, lebaran identik dengan baju baru, mukena baru, atau segala hal yang baru. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk meraup keuntungan besar.

Tampil Trendy Dengan Baju Gamis Terbaru Tahun Ini 02 Gamis 2 - Finansialku

[Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit Syariah. Apa Benar Kartu Kredit Tanpa Bunga?]

 

Tawarkan beberapa pakaian khusus wanita, seperti gamis, tunik, maupun blouse dengan model terkini. Carilah referensi mode yang sedang digandrungi oleh masyarakat.

Tak hanya Idul Fitri, tradisi bersilaturahmi usai salat ied juga terjadi di hari raya Idul Adha. Itulah mengapa banyak orang berlomba-lomba mengenakan pakaian baru di hari tersebut.

Mereka ingin terlihat menawan dan tampil menarik di hari raya. Bahkan di beberapa daerah ada juga yang merayakan Idul Adha jauh lebih meriah dibanding Idul Fitri.

 

#3 Penyewaan Alat Bakar-Bakaran dan Panggang

Siapa bilang hal remeh tak menghasilkan uang? Anda bisa menjual atau menyewakan peralatan untuk bakar-bakaran dan memanggang daging.

Alat-alat ini bakal banyak diburu masyarakat menjelang Idul Adha. Mengingat stok daging berlimpah, tak jarang beberapa orang berkumpul untuk sekedar mencicipi menu masakan olahan bersama-sama.

5 Ide Bisnis Menjelang Idul Adha yang Untungnya Menggiurkan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Menelusuri Lebih Jauh Tentang Pajak Hibah dan Cara Menghitung Pajak Hibah]

 

Sate jadi menu wajib yang sering dihidangkan saat momen tersebut. Hal ini dapat Anda jadikan peluang bisnis baru. Misalnya dengan menjual berbagai peralatan lengkap untuk membuat sate sampai menyediakan kipasnya.

Manfaatkan media sosial untuk memasarkan produk Anda. Bila perlu, promosikan dagangan Anda ke orang-orang terdekat, teman dan sanak saudara.

 

#4 Jasa Mengolah Daging

Usaha yang satu ini cocok buat Anda yang punya keahlian di bidang masak-memasak. Seperti yang kita tahu, mengolah daging kambing dibutuhkan kemampuan khusus.

Bau khas dari daging akan tetap tinggal jika tak diolah dengan benar, sedangkan orang-orang menyukai tekstur dan rasa dari daging kambing.

7 Tips Makan Daging Saat Idul Adha 05 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Premi Asuransi Syariah Lebih Murah dan Lebih Aman daripada Asuransi Konvensional?]

 

Dengan kemampuan yang dimiliki, Anda bisa menyediakan jasa mengolah daging kambing.

Nantinya, daging tersebut sudah dihidangkan dalam bentuk masakan. Tentunya si pengguna jasa tak perlu repot-repot lagi dan berjibaku mengolah daging kambing.

Mereka cukup duduk manis dan siap menyantap hidangan lezat berbahan daging. Untuk memulai bisnis ini, Anda tak dituntut memiliki modal besar, cukup memanfaatkan skill yang dimiliki saja.

 

#5 Jual Hewan Kurban

Permintaan hewan kurban akan meningkat menjelang hari H. Banyak orang berburu kambing maupun sapi untuk dikurban. Nah, Anda bisa menjadikan ini peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Profitnya pun tak tanggung-tanggung, bisa berkali-kali lipat dari modal awal. Sayangnya, Anda harus menyediakan modal pula di awal bisnis ini.

Jelang Hari Raya Idul Adha, Berapa Perkiraan Harga Hewan Qurban Sapi Limosin dan Kambing - Finansialku 02

[Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Tentang Bank Syariah dan Bedanya Dengan Bank  Konvensional]

 

Bila tak memiliki cukup modal, sebenarnya Anda tetap bisa berbisnis hewan kurban. Caranya dengan ternak sapi atau kambing sendiri dari kecil. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk dapat merawat bayi kambing maupun sapi. Jadi, mulailah mempersiapkannya dari sekarang. Mengingat ternak hewan tak bisa dilakukan dalam semalam saja.

Ide lain yang bisa Anda realisasikan dari bisnis ini adalah broker hewan kurban. Mengajak kerjasama beberapa peternak berkualitas untuk memasarkan hewan kurbannya melalui online.

Tapi Anda juga harus memastikan hewan-hewan tersebut dalam kondisi sehat, tidak cacat maupun sedang hamil. Ada baiknya terjun sendiri untuk mencari tahu keadaan hewan sebelum benar-benar diperjualbelikan.

 

Berbisnis Sembari Beramal di Momen Idul Adha

Sudah ada 5 ide bisnis yang siap Anda realisasikan di momen Idul Adha kali ini. Mulai dari modal dengkul sampai modal besar, semuanya bisa Anda coba.

Dari kelima ide itu, mana yang menarik perhatian Anda dan sangat mungkin Anda lakukan? Jangan menunggu sampai lebaran usai baru mencobanya. Sebab peluang bisnis tersebut sangat menjanjikan.

Anda dapat meraup keuntungan berkali-kali lipat dari modal awal. Kapan lagi berdagang sembari beramal?

Hanya di momen ini, pedagang untung, pembeli niat beramal. Apalagi momennya cuma 1 kali setahun yang tak dapat terulang di lain waktu.

 

Setelah membaca artikel ini, usaha apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Diskusikan informasi di atas dengan teman-teman yang ingin mencoba bisnis musiman yang menguntungkan, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Dewi Puri. 09 Juli 2019. Kaya Mendadak! 5 Ide Bisnis Jelang Idul Adha Bisa Menghasilkan Banyak Uang. Moneysmart.id – http://bit.ly/2YPMu8B

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis Menjelang Idul Adha 01 – http://bit.ly/2Yvy3Hx
  • Bisnis Menjelang Idul Adha 02 – http://bit.ly/2KrZVCu
  • Bisnis Menjelang Idul Adha 03 – http://bit.ly/2ZxZooS

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal