Semakin hari kita semakin banyak disuguhi berbagai program layanan perbankan yang berlomba dalam memberikan keuntungan. Salah satunya yang ditawarkan Bank Negara Indonesia (BNI) yaitu BNI Tapenas.

Sudah kenal dengan program yang satu ini? Yuk, kenali lebih dekat lewat artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

BNI Tapenas, Pilihan untuk Masa Depan

Mengharapkan sebuah masa depan yang cerah tidak datang begitu saja tanpa persiapan matang.

Jangan hanya sekedar menuliskan target hidup yang harus dicapai, misalnya berkeluarga, mempunyai rumah, kendaraan pribadi ataupun sebagainya.

Tapi satu hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah perencanaan dari sisi finansial atau keuangan.

Sedini mungkin, kamu disarankan harus mempunyai rencana keuangan di masa depan.

Caranya bisa bermacam-macam, asalkan kamu berkomitmen agar tujuan tercapai.

BNI Tapenas 02 - Finansialku

[Baca Juga: Layanan Call Center BNI Bisa Diakses 24 Jam Dengan Mudah Lho!]

 

Nah untuk mendukung salah satu resolusi kamu itu, Bank Negara Indonesia (BNI) memberikan penawaran menarik melalui program BNI Tapenas atau Tabungan Perencanaan Masa Depan.

Program ini berupa simpanan berjangka yang akan membantumu mewujudkan masa depan cerah yang pastinya lebih aman secara finansial.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ialah beberapa penjelasan dari BNI Tapenas, mulai dari:

 

#1 Manfaat BNI Tapenas

Seperti dikatakan, program ini membantu mewujudkan tujuan masa depan dengan lebih aman. Mengapa demikian?

Alasannya karena ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh ketika menjadi nasabah BNI Tapenas, termasuk manfaat inilah yang saya rasakan saat ini.

Oiya, sedikit cerita dulu ya. Hampir berjalan dua tahun saya menjadi nasabah BNI Tapenas.

Mulanya saat itu saya agak bingung ketika pertama kali diterima bekerja lalu saya ingin punya semacam tabungan untuk menyisihkan gaji.

Sempat tergiur untuk ikut arisan sih, tapi setelah dipikir-pikir agak takut juga karena banyak kasus kriminal yang bermula dari arisan.

Ada yang uangnya dibawa pergi begitu saja, belum lagi potongan-potongan administrasi untuk panitianya.

Layanan Call center BNI Bisa Diakses 24 Jam Dengan Mudah Lho! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Daftar, Aktivasi dan Gunakan BNI Internet Banking]

 

Setelah itu, untunglah saya bertemu teman yang kebetulan dia sudah menjadi nasabah BNI Tapenas.

Mendengar ceritanya yang menarik, saya pun akhirnya coba untuk menggali informasi lebih lanjut dan tidak ada alasan deh untuk tidak mengikuti program BNI Tapenas ini karena sangat bermanfaat.

Apa aja sih manfaatnya? Berikut penjelasannya:

 

  • Kepastian Dana untuk Tujuan di Masa Depan

Tidak ada yang salah ketika masih usia muda tapi sudah memikirkan tujuan masa depan. Artinya, kita ingin merencanakan masa depan sebaik mungkin.

Melalui BNI Tapenas ini, tujuan masa depan akan lebih pasti karena kita sudah dapat memperkirakan jangka waktu mengikuti programnya sejak awal.

Sehingga, ketika kamu punya planning nih dalam berapa tahun kedepan kamu memerlukan sejumlah dana, bisa kamu dapatkan dengan menyesuaikannya di program BNI Tapenas ini.

 

  • Meningkatkan Kedisiplinan dalam Menabung

Disiplin? Kok Bisa? Nah ini salah satu manfaat yang juga saya rasakan.

Disiplin dalam menabung karena sistem BNI Tapenas ini akan didebet secara otomatis melalui rekening kita.

Jadi enggak ada alasan untuk malas menabung kan? Hehe

 

  • Mendapatkan Manfaat Asuransi Bebas Premi

Keuntungan lainnya dari BNI Tapenas adalah kamu dapatkan manfaat asuransi yang bebas premi.

Jadi kamu tidak harus mengeluarkan biaya lebih yang harus dibayarkan sebagai premi asuransi.

 

  • Sarana Investasi dengan Mendapat Bunga Lebih Tinggi dibandingkan Tabungan Biasa

Siapa sih yang enggak mau dapat untung?

Setelah kita mengantongi tabungan, kita juga bisa dapat untung dari bunganya lho yang notabene lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa yaitu suku bunga per tahun 4,00%.

 

#2 Keunggulan dan Persyaratan BNI Tapenas

Nah selain beberapa manfaat yang sudah dijelaskan, mungkin sebagai pertimbangan supaya kamu lebih yakin ada juga beberapa keunggulannya lho, mulai dari:

 

  • Pilihan Pembayaran klaim asuransi yang fleksibel yaitu setoran bulanan dilanjutkan sampai dengan jatuh tempo atau akumulasi setoran bulanan dibayarkan sekaligus dimuka (lump sum).
  • Tersedia dalam pilihan mata uang IDR dan USD.
  • Bebas menentukan jangka waktu mulai 2 tahun sampai dengan 18 tahun.
  • Bebas menentukan setoran bulanan mulai Rp100.000 sampai dengan Rp5.000.000 (kelipatan Rp50.000) atau US$20 sampai dengan US$500 (kelipatan US$10).
  • Bebas menambah dana diluar setoran bulanan (setoran tambahan) dengan menyetor langsung ke rekening BNI Tapenas.
  • Seorang nasabah dapat membuka lebih dari satu rekening Tapenas BNI untuk lebih dari satu calon penerima manfaat.
  • Ada pilihan asuransi tambahan (tanpa pemeriksaan kesehatan) dengan manfaat asuransi yang lebih besar yang terdiri dari asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.
  • Manfaat asuransi akan tetap diberikan kepada nasabah walaupun nasabah memiliki pertanggungan asuransi sejenis pada lembaga asuransi lain (dapat double klaim).
  • Nilai manfaat pertanggungan asuransi hingga Rp1,5 miliar (BNI Tapenas IDR) atau US$150.000 (BNI Tapenas USD) per rekening Nasabah dengan nilai maksimal Rp6 miliar (BNI Tapenas IDR) atau US$600.000 (BNI Tapenas USD) per Nasabah
  • Pilihan Pembayaran klaim asuransi yang fleksibel yaitu setoran bulanan dilanjutkan sampai dengan jatuh tempo atau akumulasi setoran bulanan dibayarkan sekaligus dimuka (lump sum).
  • Dapat dilakukan penambahan jangka waktu dan setoran bulanan.

 

Cara Mudah Daftar, Aktivasi dan Gunakan BNI Internet Banking 05 BNI 4 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Strategi BNI Tingkatkan Pertumbuhan Kredit]

 

Gimana? Cukup banyak keunggulan yang bikin kamu tergiur kan?

Oiya, kalau kamu tertarik untuk membuka BNI Tapenas ini ada beberapa persyaratan yang harus kamu lengkapi, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia minimal 17 tahun atau 65 tahun saat jatuh tempo.
  • Memiliki identitas diri (KTP/SIM/Paspor).
  • Memiliki rekening afiliasi:
  1. Afiliasi BNI Tapenas IDR yaitu BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis Perorangan atau BNI Giro Perorangan.
  2. Afiliasi BNI Tapenas USD yaitu BNI Dolalr atau BNI Giro USD Perorangan
  • Mengisi formulir aplikasi BNI Tapenas.

 

#3 Penyetoran Dana

Sistem penyetoran dana dalam BNI Tapenas ini, dilakukan dengan setoran bulanan.

Caranya mendebet rekening afiliasi pada tanggal 5 setiap bulan, sehingga nasabah tidak perlu datang ke Kantor Cabang BNI setiap bulan untuk menyetor ke rekening BNI Tapenas.

Penyetoran di luar setoran bulanan (dhi. setoran tambahan) dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang BNI, fasilitas layanan BNI ATM, BNI SMS Banking, dan BNI Internet Banking.

Cara Mudah Daftar, Aktivasi dan Gunakan BNI Internet Banking 01 - Finansialku

[Baca Juga: Net Interest Margin BNI Tertekan? Bagaimana Prospek BBNI di Masa Depan?]

 

#4 Penarikan Dana

Melansir laman bni.co.id, untuk program BNI Tapenas ini penarikan hanya bisa dilakukan terhadap nominal setoran tambahan saja.

Dana setoran tetap bulanan berikut hasil pengembangannya tidak bisa ditarik hingga jangka waktu Tapenas berakhir.

Penarikan setoran tambahan bisa dilakukan utuh atau sebagian sebesar total setoran tambahan.

Penarikan hanya bisa dilakukan terhadap nominal setoran tambahan saja dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Frekuensi penarikan setoran tambahan maksimum 1 (satu) kali dalam setahun. Perhitungan setahun berdasarkan pergantian tahun kalender.
  • Maksimum nominal penarikan sebesar 30% dari total setoran tambahan.
  • Dana setoran tetap bulanan berikut hasil pengembangannya tidak bisa ditarik hingga jangka waktu Tapenas berakhir.
  • Pada saat jatuh tempo, akumulasi dana dan pengembangannya secara otomatis akan ditransfer ke rekening afiliasi nasabah sehingga nasabah tidak perlu datang ke Kantor Cabang BNI pada saat jatuh tempo.

 

Memilih yang Tepat untuk Masa Depan

Masa depan yang cerah jadi impian setiap orang, apalagi ditambah dengan kepastian dan keamanan di segi finansial.

Manfaatkan berbagai program layanan perbankan yang bisa membantu kamu mewujudkan impian di masa depan.

Selain itu, manfaatkan juga berbagai kemajuan teknologi ini untuk merencanakan keuanganmu, salah satunya dengan Aplikasi Finansialku.

Dengan aplikasi Finansialku, kamu akan mendapatkan tips lainnya dalam mengelola keuangan dan apa saja yang lagi hangat diperbincangkan.

Segera download aplikasinya melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Selamat merancang masa depan gemilang!

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Gimana nih, artikel ini cukup menginspirasi kamu untuk mulai merencanakan finansial di masa depan? Jangan lupa bagikan kepada teman-teman yang lain ya…

 

Sumber Referensi:

  • Admin. BNI Tapenas. Bni.co.idhttps://bit.ly/2DmDpIE

 

Sumber Gambar:

  • BNI Tapenas 1 – http://bit.ly/2SoTCmZ
  • BNI Tapenas 2 – http://bit.ly/2Lp4BMm