Pernahkah Anda melihat orang melakukan presentasi? Bagaimanakah cara berbicara di depan umum? Seperti apakah latihan yang benar untuk berbicara di depan umum? Apakah ada tips khusus yang perlu dipelajari agar dapat fasih berbicara di depan umum? Bagi Anda para karyawan, berikut ini tips menarik untuk Anda agar jago berbicara dan presentasi di depan umum sehingga membuat Anda memiliki nilai lebih di mata atasan Anda. Selamat membaca dan pelajari setiap tipsnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cerdas dalam Beropini

Apakah Anda seorang karyawan di sebuah perusahaan dengan jabatan tertentu? Apakah Anda pernah membayangkan menjadi seorang karyawan yang cerdas dalam menyampaikan sebuah opini dengan baik dan lugas serta mampu memberikan pengarahan serta presentasi yang baik meyakinkan di depan banyak orang?

Tentu saja Anda akan mendapatkan banyak relasi dan banyak orang akan mengenal Anda sebagai sosok karyawan yang aktif serta dapat diandalkan untuk berada di garis depan. Siapa sangka Anda juga akan mendapatkan promosi kenaikan posisi karena Anda dapat diandalkan untuk beberapa tugas perusahaan yang membutuhkan kemampuan dalam berbicara di depan umum.

 

Kuncinya: Latihan… Latihan dan Latihan!

Memang ada orang-orang yang berbakat dan sudah memiliki bibit kemampuan tersebut, tapi bagi Anda yang sepertinya yang ingin memiliki kemampuan itu, ada sebuah kabar baik dimana kemampuan berbicara di depan umum dapat dipelajari asalkan Anda mau berlatih, berlatih dan berlatih.

Bagaimana Cara Berbicara di Depan Umum Begini Tips untuk Para Karyawan agar Jago Bicara dan Presentasi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kuliah Kelas Karyawan: Ini Cara Mengatasi Kesulitan Kuliah Sambil Kerja]

 

Mari simak beberapa tips agar Anda dapat berbicara di depan umum dan sebagai langkah awal Anda untuk dapat berlatih agar menjadi fasih berbicara di depan umum.

 

#1 Lakukan Persiapan Sebaik Mungkin

Sebelum melakukan presentasi atau menyampaikan suatu bahan materi di depan umum, apabila Anda belum cukup berpengalaman, lebih baik Anda mengambil waktu untuk mempersiapkan bahan yang akan dibahas sebaik mungkin.

Kumpulkan setiap materi yang akan Anda bahas dalam pertemuan tersebut. Persiapkan setiap bahan sedetail mungkin dan susunlah dari yang paling umum ke materi yang paling khusus.

Tarik benang merah dari setiap materi yang akan Anda bahas sehingga ada gambaran besar dari pembahasan Anda. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan Anda pada pembahasan utama yang sedang dibahas agar pembahasan tidak “ngalor ngidul”.

Para Karyawan, Kenali Kontrak Kerja, PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) dan Outsourcing 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Kenali: Kontrak Kerja, PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) dan Outsourcing]

 

Lakukan persiapan bahkan seminggu sebelumnya agar Anda benar-benar yakin siap dengan materi yang akan Anda sampaikan. Bayangkan apabila Anda tidak yakin dengan materi yang Anda sampaikan, bagaimana dengan orang-orang yang mendengarkan Anda? Tentunya mereka pun tidak yakin akan Anda. Yakinlah bahwa Anda bisa dan mampu dengan bahan yang akan Anda sampaikan!

 

#2 Latihan Berbicara

Setelah semua materi terkumpul dan Anda susun sebaik mungkin, pada tahap ini Anda dapat mulai dengan berbicara di depan cermin. Lihatlah setiap ekspresi Anda sendiri di depan cermin dengan setiap kalimat yang Anda ucapkan. Usahakan bahwa sudah sedikit menghafal materi dengan baik terutama garis besar dari materi yang Anda sampaikan sehingga Anda tidak terlalu sering melihat kertas materi.

Latihan di depan cermin memungkinkan Anda untuk melatih ekspresi Anda dan menilai mimik muka Anda saat melakukan presentasi. Setelah Anda cukup yakin dengan hasil yang Anda nilai sendiri, mulailah untuk meminta beberapa teman dekat Anda untuk melihat presentasi Anda. Minta penilaian mereka secara objektif dan bandingkan dengan penilaian Anda.

 

#3 Latih Kontak Mata

Saat berbicara di depan teman-teman Anda, latihan ini agak sedikit berbeda dengan latihan di depan cermin karena Anda perlu melatih kontak mata Anda dengan para audience, dalam hal ini adalah teman-teman Anda. Usahakan bahwa Anda menatap mata dari para audience yang ada di hadapan Anda. Tahukah Anda bahwa dari sorotan dan pancaran mata maka akan terlihat kesiapan dan kemantapan seseorang dalam menyampaikan bahan pembicaraan.

HR Tingkatkan Kinerja Karyawan dengan 6 Cara Motivasi Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: HR: Tingkatkan Kinerja Karyawan dengan 6 Cara Motivasi Ini]

 

Tidak disarankan bagi Anda untuk menganggap para audience tidak ada atau memandang ujung kepala dari para audience. Saran tersebut mungkin pernah Anda dengar namun tahukah Anda bahwa ketika Anda melakukan hal tersebut, artinya Anda tidak siap dengan materi yang Anda sajikan?

Pernahkah Anda melihat seseorang yang bercerita kepada Anda dengan sangat meyakinkan tentang alur sebuah film atau kisah nyata yang ia alami? Seperti itulah yang perlu Anda lakukan. Yakinkan para audience dengan setiap materi yang Anda bawa melalui pancaran dan tatapan mata yang meyakinkan. Seperti saran pada poin nomor 1, yakinlah bahwa Anda mampu dan Anda pasti bisa!

 

#4 Jadilah Diri Sendiri

Anda bisa saja melihat berbagai contoh orang-orang sukses ketika mereka berbicara di depan umum seperti para pembawa seminar dan lain sebagainya. Anda dapat mengambil nilai-nilai positif dari performance mereka, namun Anda harus tetap untuk menjadi diri Anda sendiri. Anda adalah diri Anda seutuhnya, bukan mereka. Jadilah diri Anda sendiri dan jangan menjadi tiruan orang lain. Mereka dapat sukses dan berbicara di depan umum menyampaikan materi dengan baik dan meyakinkan dengan cara mereka. Demikian juga Anda dapat menyampaikan materi dengan baik dan meyakinkan karena Anda menjadi diri Anda seutuhnya!

HR Bagaimana Cara Memotivasi Karyawan Perusahaan Penting!! 02 - Finansialku

[Baca Juga: HR: Bagaimana Cara Memotivasi Karyawan Perusahaan? Penting!!]

 

#5 Lawan Rasa Malu

Untuk apa Anda malu ketika setiap persiapan sudah dilakukan dengan matang dan Anda yakin dengan materi yang Anda sampaikan? Lawan rasa malu Anda dengan setiap persiapan yang telah Anda lakukan sebaik mungkin! Being Excellence karena Anda yakin bahwa Anda bisa dan Anda mampu!

 

#6 Berdoa

Satu hal yang tidak boleh kita lupakan bahwa segala sesuatu sudah diatur oleh Sang Pencipta. Manusia hanya dapat berusaha namun hanya kehendak-Nya saja yang akan terjadi. When we do the best, God will do the rest!

 

#7 Keep Calm and Let’s Do Your Best

Saat melakukan presentasi, usahakan untuk tetap tenang dan tidak gugup. Ambil nafas yang dalam dan usahakan untuk rileks. Tetap yakin bahwa Anda bisa dan Anda sudah mempersiapkan dengan baik setiap materi yang akan Anda sampaikan.

 

#8 Jangan Pernah Puas

Ketika Anda sudah menyelesaikan presentasi Anda, ada baiknya Anda minta beberapa teman merekam hasil presentasi Anda dan minta saran, kritik serta saran mereka secara objektif. Tidak mengapa ketika Anda berpikir bahwa hasil presentasi yang Anda lakukan kurang memuaskan. Justru inilah saatnya Anda untuk memperbaikinya dengan motivasi yang semakin positif. Selalu perbaiki setiap kesalahan yang Anda lakukan dengan terus berlatih karena itulah kunci dari sebuah kesuksesan.

Kenali 5 Generasi Baby Boomers, X, Y, Z dan Alpha. Anda Termasuk Yang Mana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali 5 Generasi: Baby Boomers, X, Y, Z dan Alpha. Anda Termasuk Yang Mana?]

 

Usaha Anda Tidak Akan Sia-sia

Tahukah Anda bahwa setiap jerih lelah kita tidak akan pernah sia-sia?

Terus berlatih, tetap optimis, lakukan yang terbaik, selalu rendah hati dan jangan lupa untuk tidak cepat merasa puas apabila Anda sudah menyelesaikan satu tahap karena masih ada anak tangga lain yang harus Anda naiki. Syukuri setiap kemampuan yang ada dalam diri Anda. Terus kembangkan dan be the expert!

 

Bagikan pengalaman Anda saat persiapan dan setelah selesai melakukan presentasi di depan umum melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap informasi dari artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Herman Yudiono. Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/Ns2zuu

 

Sumber Gambar:

  • Berbicara Di Depan Umum – https://goo.gl/FnnFwb
  • Cara Berbicara Di Depan Umum – https://goo.gl/6S2atp

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana