Bagaimanakah cara berpikir positif agar Anda menjadi orang sukses? Mari Praktikkan berbagai pikiran positif yang dapat dipraktikkan dalam hidup sehari-hari agar kita semakin optimis dalam menjalani proses kesuksesan yang sedang kita raih. Selamat membaca dan be positive!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Optimis vs Pesimis

Situasi dan kondisi yang tidak menentu membuat kita bingung untuk mengambil keputusan. Ditambah lagi jika ada hal negatif yang melintas dalam benak yang membuat kita sulit untuk melangkah dan terkadang pesimis untuk melangkah.

Berikut ini kata-kata motivasi untuk menolong kita dalam berpikir positif ketika sedang dalam waktu luang.

 

#1 Selalu Pergunakan Kata-kata Positif Saat Berbicara

Jika Anda terus menerus mengatakan pada diri sendiri “Saya tidak bisa” Anda bisa meyakinkan diri Anda bahwa itu adalah kebenaran. Ganti kata-kata negatif ini dengan yang positif. Katakan pada diri Anda bahwa Anda akan melakukan yang terbaik meskipun dengan cara yang sulit sekali pun.

 

#2 Minimalkan Perasaan Negatif

Jangan biarkan pikiran dan perasaan negatif membanjiri Anda saat Anda merasa sedih. Sekalipun hanya beberapa jam sehari, kesampingkan pikiran negatif dan fokuslah pada hal-hal baik dalam hidup Anda.

 

#3 Gunakan Kata-kata yang Membangkitkan Kekuatan dan Kesuksesan

Cobalah mengisi pikiran Anda dengan kata-kata yang membuat Anda merasa kuat, bahagia dan mampu mengendalikan hidup Anda. Usahakan untuk konsentrasi dan berfokus pada kata-kata tersebut dan bukan kata-kata yang membuat Anda merasa Anda gagal atau tidak kompeten.

20 Cara Berpikir Positif yang Perlu Anda Praktikkan agar Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: Your Life Without Limit: Belajar dari Motivator Dunia, Nick Vujicic (Kata-kata Bijak)]

 

#4 Berlatihlah dengan Kata-kata Penegasan Positif

Salah satu latihan berpikir positif yang paling populer adalah penegasan positif. Yang perlu Anda lakukan adalah mengulangi kalimat positif kepada diri sendiri secara teratur seperti “Saya pantas hidup bahagia” atau “Saya layak untuk dicintai”. Dengan mempercayai bahwa setiap penegasan itu benar, hal itu dapat membantu memberi Anda pandangan hidup yang lebih positif.

 

#5 Arahkan Pikiran Anda

Teknik ini yang biasa digunakan oleh psikoterapis. Teknik ini dapat membantu Anda mengendalikan pikiran Anda saat Anda mulai merasa sedih atau cemas. Buatlah pikiran bahagia, citra positif atau berikan umpan balik positif untuk menjaga perasaan.

 

#6 Percayalah Anda akan Berhasil

Percaya bahwa Anda akan berhasil akan menciptakan keberhasilan secara nyata. Pikirkan dalam benak Anda, apakah ada keuntungan dari sebuah keraguan? Percaya bahwa Anda akan berhasil dalam memenuhi tujuan Anda.

 

#7 Analisis Kesalahan yang Terjadi

Berpikir positif bukan berarti menyangkal bahwa ada sesuatu yang salah. Sebagai gantinya, beri diri Anda beberapa waktu untuk memikirkan hal-hal yang mengarah pada situasi Anda saat ini sehingga Anda dapat menghindari kesalahan di masa depan dan melihat ke arah yang lebih positif.

Bagaimana Cara Berbicara di Depan Umum Begini Tips untuk Para Karyawan agar Jago Bicara dan Presentasi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Berbicara di Depan Umum? Begini Tips untuk Para Karyawan agar Jago Bicara dan Presentasi]

 

#8 Beri Diri Anda Pujian

Seringkali ketika kita merasa frustasi atau kesal, kita hanya berkonsentrasi pada hal-hal buruk atau kesalahan yang telah kita buat. Berikan pujian pada diri Anda untuk apa yang telah Anda lakukan dengan benar. Biarkan diri Anda merasa yakin tentang hal-hal yang telah Anda capai, bahkan jika Anda merasa mengacaukan sesuatu.

 

#9 Ampuni Diri Anda

Keadaan tidak akan berubah ketika Anda terus-menerus menyalahkan diri Anda. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda dimaafkan atas kesalahan Anda dan biarkan diri Anda melanjutkan kehidupan Anda.

 

#10 Belajar dari Masa Lalu

Masa lalu ada di belakang Anda dan tidak peduli seberapa parah keadaan pada masa lalu, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengubahnya. Kapan pun Anda merasakan pikiran negatif tentang masa lalu muncul, gantilah pikiran negatif tersebut dengan pikiran positif tentang masa depan.

 

#11 Syukuri Setiap Hal yang Terjadi

Tidak masalah seberapa buruk hal-hal yang terjadi dalam hidup Anda, bersyukurlah atas semua hal yang terjadi dalam hidup Anda, bahkan ketika tampaknya lebih banyak hal yang buruk daripada yang baik.

Mau Sukses dan Menjadi Orang Kaya Awali Dengan Menerapkan Prinsip Dasarnya Terlebih Dahulu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Sukses dan Menjadi Orang Kaya? Awali Dengan Menerapkan Prinsip Dasarnya Terlebih Dahulu]

 

#12 Anggap Sebagai Sebuah Kesempatan

Kadang-kadang hal-hal; negatif yang terjadi malahan memberikan kesempatan untuk mengejar hal lainnya dalam hidup ini. Ketika Anda kehilangan pekerjaan, ada kemungkinan bahwa Anda memiliki kesempatan untuk membuka bisnis atau bahkan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

 

#13 Buatlah Sebuah Gagasan Cara Mengubah Pikiran Negatif Menjadi Positif

Jika Anda merasa telah melakukan suatu kesalahan, coba ubah pemikiran Anda. Beri diri Anda penghargaan atas apa yang telah Anda lakukan, ingatlah bahwa Anda tidak sempurna atau Anda bisa melakukannya lebih baik di lain waktu.

 

#14 Bekerja pada Visualisasi

Membayangkan apa yang ingin Anda capai atau membayangkan menjadi seseorang yang Anda kagumi bisa menjadi motivasi dalam diri serta membantu Anda merasa lebih positif saat menjalani hidup.

 

#15 Pikirkan Cara Untuk Mengubah Visualisasi Menjadi Tindakan

Langkah alami berikutnya adalah memikirkan bagaimana Anda bisa sampai kepada tujuan yang telah Anda visualisasikan. Hanya sekadar membayangkannya saja tidak akan membuatnya menjadi sebuah kenyataan. Oleh sebab itu, buatlah rencana untuk mengambil langkah hingga Anda berhasil melakukannya.

Ketakutan Entrepreneur! Jadikanlah Ketakutan Menjadi Kekuatan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketakutan Entrepreneur! Jadikanlah Ketakutan Menjadi Kekuatan!]

 

#16 Berlatih Self-hypnosis

Self-hypnosis membawa keadaan pikiran pada tingkat kesadaran yang tinggi dimana Anda mau mengikuti setiap arahan yang diberikan. Melalui Selfhypnosis, Anda akan lebih terbuka terhadap saran positif yang memungkinkan Anda lebih bahagia dan juga lebih sehat.

 

#17 Carilah Kesempatan

Dalam setiap kegagalan ada kesempatan untuk memperbaiki diri. Luangkan waktu untuk memikirkan cara-cara Anda bisa mengubah kelemahan Anda menjadi cara yang bisa Anda lakukan di masa depan.

 

#18 Jangan Tinggal Dalam Penyesalan

Ketika kamu membuat kesalahan, sadari bahwa Itu terjadi pada semua orang. Jangan memikirkan kesalahanmu. Ciptakan kedamaian dengan diri sendiri dan lanjutkan ke proyek lain.

 

#19 Lihatlah Dirimu Secara Rasional

Sangat mudah untuk menyalahkan diri sendiri karena mengacaukan pekerjaan, bahkan pada hal-hal kecil sekali pun. Cobalah mundur selangkah dan melihat situasinya. Anda mungkin menemukan bahwa masalah besar yang sedang Anda pikirkan sama sekali tidak penting.

Ilustrasi Mengambil Pelajaran Positif dari Orang-Orang Sukses 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Mengambil Pelajaran Positif dari Orang-Orang Sukses]

 

#20 Tenang dan Biarkan Segalanya Berjalan Dengan Semestinya

Terkadang cara terbaik untuk mengatasi masalah adalah dengan santai dan membiarkan masalah itu beres dengan sendirinya. Banyak hal yang sering terlihat lebih besar daripada yang sebenarnya. Oleh sebab itu, Anda perlu untuk rileks dan tidak merasa stres.

 

Jalani Kehidupan dengan Senyuman

Ketika masalah sedang ruwet, lihat setiap kondisi dengan mata yang “segar”. Terkadang hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah “tertidur dalam masalah” sehingga Anda bisa melihat akar permasalahan pada keesokan harinya saat Anda tidak merasa begitu emosional.

Selain itu, terkadang yang dibutuhkan untuk merasa senang adalah dengan tersenyum. Berlatihlah untuk bersikap bahagia meski Anda merasa biasa-biasa saja.

 

Apakah Anda sedang merasa galau karena kegagalan yang sedang Anda alami? Praktikkan setiap gaya berpikir positif di atas sehingga Anda tetap optimis untuk meraih mimpi.

Bagikan pengalaman Anda saat mencoba mempraktikkan cara-cara tersebut di atas melalui kolom yang tersedia di bawah ini.

Bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • RN Central. 12 Oktober 2009. 100 Positive-Thinking Exercises That Will Make Any Patient Healthier & Happier. Rncentral.com – https://goo.gl/trttVc

 

Sumber Gambar:

  • Cara Berpikir Positif – https://goo.gl/5PRjsK
  • Berpikir Positif – https://goo.gl/Up3M1x

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku