Cara melunasi pinjaman online: Jeratan utang memang membuat stres. Apalagi, jika lewat pinjaman online.

Memang, financial technology (fintech) berbasis peer to peer lending (P2P) untuk meminjam uang saat ini sedang digandrungi lantaran cepat cair dan tidak membutuhkan agunan. Tapi, bunga yang dikenakan pun cukup besar, sehingga tak sedikit orang yang mampu melunasinya.

Untuk itu, yuk simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara melunasi pinjaman online ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pinjaman Online Diminati Kaum Milenial

Zaman sekarang, semuanya dituntut untuk serba cepat dan up-to-date. Hal ini mempengaruhi karakter generasi masa kini. Semuanya ingin serba instan. Untuk memenuhi gaya hidup, tak jarang banyak yang memilih berutang.

Karena terlalu mengikuti keinginan, kita bisa tergoda untuk melakukan pinjaman. Dahulu, proses meminjam uang dilakukan di bank atau koperasi. Alih-alih meminjam di bank yang menghabiskan waktu untuk mengantre, kini kaum milenial bisa meminjamnya lewat online semudah berbelanja online.

Caranya pun gampang dan cepat, sesuai dengan karakter manusia milenial. Tidak seperti bank, pinjaman online fintech justru tidak membutuhkan agunan.

Namun, jika Anda ingin meminjam online, berhati-hatilah!

Anda harus waspada memilih pemberi dana pinjaman online. Pasalnya, berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terdapat 143 pemberi dana pinjaman online ilegal.

Cara Melunasi Pinjaman Online 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Pinjam Uang, Kenali Dulu 7 Risiko Pinjaman Online yang Mungkin Terjadi]

 

Aplikasi fintech ilegal untuk memberi dana pinjaman ini seperti rentenir di zaman modern.

Bunga yang dikenakan bisa sangat tinggi. Berkisar antara 4% sampai 9,5% per hari. Sedangkan untuk aplikasi fintech yang terdaftar di OJK pun tetap memberikan bunga harian dengan kisaran 0,7%-1,5%.

Namun tetap saja, bunga tersebut bisa membuat stres.

Parahnya, banyak orang yang tidak bisa membayar utangnya itu. Alasannya yaitu mereka bingung bagaimana menyelesaikan masalah utang tersebut.

Tak ingin itu semuanya terjadi bukan? Sebelum itu semua terjadi, Anda perlu menghitung dan merencanakan keuangan Anda. Jangan sampai Anda memiliki utang pinjaman online yang bunga angsurannya cukup besar.

Anda bisa merencanakan dan mengatur keuangan melalui Aplikasi Finansialku. Hebatnya aplikasi ini, Anda bisa langsung menggunakan menu Tanya Jawab untuk bertanya kepada Perencana Keuangan Hebat dari Finansialku.

 

Jika Anda ingin mengetahui informasi selengkapnya tentang bagaimana cara mudah merencanakan keuangan yang aplikatif, Anda bisa membaca di Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True. Semuanya akan dikupas tuntas!

 

6 Cara Melunasi Pinjaman Online

Well, khusus pada pembahasan artikel ini, jika Anda berada dalam situasi terjerat utang dan ingin menuntaskan semuanya, tips berikut dapat membantu Anda melunasi pinjaman online.

 

Cara Melunasi Pinjaman Online #1 Berhenti Meminjam Lagi

Urungkan niat Anda untuk meminjam uang pinjaman online lebih banyak lagi. Memang, mendapatkan uang dari pinjaman online untuk memenuhi kebutuhan Anda terasa melegakan. Namun, jika ini terjadi lagi, psikis Anda akan terganggu lantaran tidak tahu caranya melunasi utang. Hal ini bisa mengakibatkan stres.

Banyak orang yang melakukan gali lubang tutup lubang untuk melunasi utangnya. Demi menutupi utang yang satu, mereka meminjam lagi di tempat lain.

Hal ini justru akan membuat seseorang terbelit utang. Cara ini sama sekali tidak menyelesaikan utang Anda.

 

Cara Melunasi Pinjaman Online #2 Buat Daftar Utang

Berapa banyak utang Anda? Jika Anda sudah melakukan pinjaman online, artinya Anda bertanggung jawab untuk melunasinya sampai tuntas sebanyak apapun itu.

Cobalah untuk membuat daftar utang yang harus Anda bayar.

Anda bisa membuat list dari yang paling besar bunganya sampai ke yang paling kecil. Atau bisa juga diurut berdasarkan waktu Anda mengambil pinjaman. Apapun yang bisa memudahkan Anda.

Akan lebih baik jika Anda membuat daftar rinci total utang, nama pemberi dana pinjaman, total cicilan tiap bulan, tenggat pembayaran tiap bulan, dan sisa uang yang harus dibayarkan.

Dengan begitu, Anda bisa memiliki ‘peta’ yang memudahkan Anda melunasinya.

 

Cara Melunasi Pinjaman Online #3 Prioritaskan Utang

Ketika Anda menerima gaji, segera prioritaskan untuk membayar utang. Hal ini mencegah uang digunakan untuk membeli hal-hal yang memuaskan nafsu Anda. Alasan lupa bayar pun bisa dikurangi.

Bukankah yang Anda inginkan adalah melunasi utang supaya tidak dikejar tagihan yang makin hari makin menumpuk?

Milenial Terlilit Utang Hindari Perilaku Konsumtif dan Bijak Menggunakan Media Sosial 01 - Finansialku

[Baca Juga: Krisis Finansial, Kaum Milenial Banyak Melakukan Pinjaman Online]

 

#4 Tambah Penghasilan Anda

Untuk menambah penghasilan, Anda harus mencari sumber pemasukan. Salah satunya dengan cara mencari pekerjaan sampingan. Anda bisa coba mencari proyek yang bisa dikerjakan di waktu luang di website freelance. Bisa juga Anda mencoba menjadi penulis lepas atau driver ojol atau pekerjaan freelance lain sebagainya.

Memang, hasilnya bisa jadi tidak sebesar pendapatan utama Anda. Namun, James Clear dalam bukunya Atomic Habits menjelaskan bahwa kebiasaan-kebiasaan kecil dapat membuat perubahan besar dalam hidup. Ini sama halnya dengan upaya Anda melunasi utang pinjaman online.

Dengan mengumpulkan pendapatan dari kerja sampingan, sedikit-sedikit Anda bisa menutupi utang-utang tersebut.

 

#5 Hidup Hemat

Ketika terjerat pinjaman online, tujuan Anda adalah melunasinya. Hal itu bisa diraih jika ada usaha. Salah satunya dengan hidup hemat dan sederhana.

Jika Anda bukan tipe orang yang tidak terbiasa menghemat, Anda harus memaksakan diri hidup hemat untuk sementara waktu sampai utang Anda lunas.

Cara terbaik untuk bisa hidup hemat yaitu merencanakan keuangan Anda dengan memiliki pos-pos untuk keperluan utama Anda.

Untuk itu, Anda perlu membaca ebook Finansialku berikut ini supaya bisa merencanakan keuangan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Dengan memiliki rencana keuangan, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#6 Cerita Pada Keluarga Terdekat

Jika utang pinjol sudah membuat Anda stres, ceritakanlah pada keluarga terdekat. Siapa tahu mereka bisa memberikan solusi. Mungkin juga mereka akan membantu Anda melunasi pinjaman tersebut.

Jika Anda tak menemukan solusi juga, Anda bisa berkonsultasi dengan financial planner lewat aplikasi Finansialku. Anda hanya perlu men-download aplikasinya yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

Namun, untuk bisa berkonsultasi, Anda harus membeli paket premium dengan harga yang terjangkau.

 

Berhati-hatilah dengan Pinjaman Online

Pinjaman sekecil apapun harus diperhitungkan dengan matang. Yang perlu dipertimbangkan adalah kemampuan Anda dalam menyicilnya. Jika Anda tidak sanggup membayarnya, sebaiknya tidak memaksakan diri meminjam uang lewat pinjaman online.

Jangan sampai BI Checking nilai kredit Anda jelek gara-gara tidak bisa melunasi utang.

Untuk langkah lebih lanjut, Anda bisa menonton video Finansialku tentang Tips Jitu Melunasi Hutang Bagi Kaum Milenial berikut ini:

 

Anda sudah mengetahui bagaimana cara bebas dari jeratan utang pinjaman online.

Jika teman Anda sedang berada dalam kondisi ini, akan lebih baik Anda share artikel ini supaya bisa memberi mereka pencerahan untuk melunasi utang.

 

Sumber Referensi:

  • Tri Sulistiowati. 19 Mei 2019. Terlilit Utang Online, Kita Bisa Melunasi Lewat Tiga Cara Berikut. Kontan.co.id – http://bit.ly/35ETy8A
  • Boby. 17 Agustus 2019. Mau Ajukan Dana Pinjaman? Pastikan Dulu Penyedianya Ada di Daftar OJK Berikut Ini. Moneysmart.com – http://bit.ly/2MJqwfA
  • Krisna Bee. 1 Juni 2019. Kisah dan Solusi Keluar dari Jeratan Pinjaman Online. Kompasiana.com – http://bit.ly/31jScN2

 

Sumber Gambar:

  • Cara Melunasi Pinjaman Online 01 http://bit.ly/2MXdPxV
  • Cara Melunasi Pinjaman Online 02 http://bit.ly/2oNk8f7