Ada rahasia cara mengatasi kelelahan! Tidak peduli sesukses apa Anda sebagai seorang pebisnis, pasti ada kalanya Anda terlalu banyak bekerja sehingga mengalami kelelahan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa masih banyak pebisnis yang overworked dan kelelahan. Lalu bagaimana cara mengatasi kelelahan ini?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Terlalu Banyak Menguras Energi

Para pebisnis memang selalu ingin terlihat kuat, hebat, tanpa adanya sedikitpun kekurangan atau kelemahan. Ini artinya banyak dari pebisnis yang memendam rasa lelah dalam diri sendiri.

Namun kabar buruknya adalah tidak peduli sehebat apa Anda dalam berbisnis, Anda adalah manusia biasa. Anda bisa merasa lelah karena terlalu banyak bekerja.

Memang betul bersemangat dalam bekerja dan proyek sangatlah baik, tetapi ada batasannya dimana pada suatu titik Anda akan merasa lelah.

Apabila Anda terus memaksakan untuk menahan rasa lelah dan terus bekerja tanpa henti, suatu saat Anda bisa roboh.

Cara Mengatasi Kelelahan yang Dialami Oleh Para Entrepreneur 02 - Finansialku

[Baca Juga: Percaya Tidak Percaya! Berpikir Positif Mempengaruhi Kesehatan Anda]

 

Kuncinya adalah dengan mengatasinya saat kelelahan datang melanda. Tetapi pertanyaannya: Bagaimana caranya?

Finansialku telah merangkum cara untuk mitigasi beberapa pusat tekanan dan kelelahan dalam langkah Anda menuju kesuksesan.

Mari kita simak serba serbi mengenai kelelahan dan bagaimana mengatasinya.

 

Sumber Rasa Lelah

Jika Anda merasa lelah belakangan ini, itu bisa saja merupakan kombinasi dari beberapa penyebabnya. Meski banyak sumber rasa lelah, namun ada beberapa yang umum terjadi.

Agar Anda bisa mempertahankan keberlangsungan bisnis Anda, Anda perlu mengetahui penyebab atau sumber rasa lelah sebelum mengatasinya.

Berikut beberapa contoh sumber rasa lelah yang umum dirasakan para pebisnis.

 

#1 Terlalu Banyak Bekerja

Walaupun pebisnis yang baik seringkali ingin bekerja melebihi ekspektasi, namun Anda perlu tahu bahwa terlalu banyak bekerja bisa menyebabkan kelelahan.

Sayangnya, banyak atasan yang tidak bisa membedakan masa pekerja yang memanfaatkan 80 jam per minggu secara maksimal dan mana yang bermalas-malasan.

Padahal, bekerja dengan cepat kemudian beristirahat akan jauh lebih efektif daripada bekerja lama sambil bersantai-santai. Sebaiknya Anda kerjakan pekerjaan secara produktif, dan saat Anda merasa lelah, berhentilah dan beristirahat sejenak.

Anda perlu menjaga kesehatan mental dan fisik di balik jam kerja yang tidak ada akhirnya itu. Dengan demikian, Anda bisa mempertahankan performa Anda.

 

#2 Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Sebagai seorang pecinta kopi, saya cenderung mengonsumsi terlalu banyak kafein. Tetapi saya pun baru tahu bahwa mengonsumsi terlalu banyak kafein berpengaruh kepada saraf dan bisa menstimulasi pikiran secara berlebihan.

Akibatnya adalah Anda terlalu banyak berpikir dan akan kesulitan tidur. Hal ini tentunya akan menyebabkan timbulnya rasa lelah pada tubuh.

Pada akhirnya, Anda bukan terbantu oleh kafein, namun malah merusak kesehatan.

Mau Liburan tapi Pekerjaan Banyak Lakukan Rahasia ini Biar Gak Stres 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah! Ini Dia Penyakit yang Ditanggung BPJS Kesehatan]

 

Memang berapa banyak kopi yang dinilai terlalu banyak?

Menurut Mayo Clinic, 4 gelas kopi seduh atau 2 shots kopi merupakan jumlah maksimal yang berada dalam batas aman. Namun, sangatlah disarankan untuk mengonsumsi di bawah batas maksimal tersebut.

 

#3 Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Meskipun gula bisa memberi tenaga seketika, namun efek sampingnya cukup berbahaya. Fluktuasi dalam kadar gula bisa memberikan efek buruk jangka panjang dalam kemampuan Anda untuk berkonsentrasi dan fokus.

Selain itu, terlalu banyak gula juga dinilai dapat menimbulkan beberapa penyakit, seperti diabetes dan penyakit lainnya.

Agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, jumlah konsumsi gula yang disarankan adalah tidak lebih dari 10% konsumsi kalori per harinya.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mengontrol konsumsi gula Anda? Mulai dari sekarang dan rasakan manfaatnya!

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#4 Stres Akibat Masalah di Rumah atau Masalah Hubungan

Stres merupakan salah satu penyebab utama kelelahan. Terlebih, jika tingkat stres terlalu tinggi bisa menyebabkan serangan jantung lho! Berbahaya sekali bukan?

Meski terdengar aneh, stres dan pikiran buruk sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan. Saat tingkat stres naik akibat masalah di rumah atau dalam hubungan, Anda akan dengan mudahnya merasa lelah.

Oleh karena itu, cobalah untuk sebisa mungkin meminimalkan masalah-masalah tersebut agar Anda tidak mudah lelah.

 

#5 Tidak Mengoptimasi Lingkungan

Kelelahan juga bisa terjadi akibat lingkungan yang kurang sehat.

Sebagai contoh, saat banyak kekacauan dan ketidakteraturan dalam lingkungan Anda, atau jika Anda hidup dalam perilaku dan kebiasaan buruk, maka besar kemungkinan Anda akan merasa lebih mudah lelah daripada biasanya.

Solusi Menghadapi Stres Dan Tekanan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kini Cek Premi dan Pendaftaran Peserta BPJS Lebih Mudah Dengan Aplikasi BPJS Kesehatan]

 

Disarankan untuk mengambil waktu sejenak untuk membereskan lingkungan dan kebiasaan Anda agar semuanya menjadi lebih teratur.

Dengan cara ini, Anda akan merasakan lingkungan yang kondusif dan meminimalkan rasa lelah Anda.

 

#6 Kurang Tidur

Tidur merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas yang penting.

Sebagai pekerja, pelajar, atau bahkan pebisnis yang kerap kekurangan tidur tentunya merasakan dampak negatif dari kurang tidur ini.

Waktu tidur yang disarankan adalah minimal 8 jam dan hanya 5% dari populasi yang bisa bertahan hanya dengan 5 hingga 6 jam tidur.

Oleh karena itu, untuk menghindari kelelahan berlebihan, berikan waktu istirahat yang cukup minimal 8 jam sehari bagi tubuh dan pikiran Anda.

 

#7 Terlalu Banyak Mengonsumsi Alkohol, Nikotin, atau Obat-obatan

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi alkohol, merokok, atau meminum obat resep dokter, maka besar kemungkinan Anda akan merasa lelah.

Selain itu, akan sulit bagi Anda untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan mengonsumsi substansi berbahaya ini.

Jika Anda ingin menghentikan rasa lelah berlebihan itu, cobalah membersihkan diri dari substansi-substansi yang kurang baik.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Cara Mengatasi Kelelahan yang Dialami Para Pebisnis

Akan sulit mencapai kesuksesan jika Anda selalu dirundung rasa lelah.

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab rasa lelah, kini Anda bisa mengatasinya. Tetapi tentunya caranya tidaklah sesederhana itu, karena ada faktor kebiasaan dalam sumber rasa lelah itu.

Anda terbiasa melakukan sesuatu, dan akan sulit mengubah kebiasaan itu meski Anda menyadari bahwa itu buruk.

Tetapi jika Anda ingin melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan memperoleh kesuksesan dalam bisnis, mengambil tindakan-tindakan pencegahan dan pengobatan adalah keharusan.

Dengan kesadaran dan komitmen tinggi untuk mengubah perilaku dan kebiasaan buruk akan mengubah tingkat fokus dan konsentrasi Anda menjadi lebih baik.

Dengan cara itulah bisnis akan semakin lancar karena meningkatnya produktivitas dan efisiensi dari diri Anda sendiri.

Solusi Menghadapi Stres Dan Tekanan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Penawaran Peningkatan Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan Memberikan Keuntungan?]

 

Harry Massey, penemu Bioenergetics dan pendiri NES Health mengungkapkan bahwa ada cara bagi Anda untuk mengatasi kelelahan dan bahkan mengatasi sindrom kelelahan kronis hanya dengan 5 langkah mudah.

Massey mengembangkan sebuah teknologi yang sudah digunakan dan diandalkan oleh lebih dari 4.500 praktisi yang membantu para pebisnis dari seluruh dunia untuk meningkatkan kesehatannya.

Jelas bahwa saat Anda lelah, akan sulit melihat detail-detail kecil, sehingga kerap kali ada kesalahan dalam setiap hal yang Anda kerjakan. Hal ini bisa menghancurkan bisnis Anda.

Jangan biarkan itu terjadi dan hindari kelelahan dengan 4 cara mudah berikut ini:

 

#1 Optimasi Circadian Rhythms dengan Siklus Tidur yang Benar

Salah satu cara terbaik dalam mengatasi kelelahan adalah dengan tidur. Namun dibutuhkan siklus tidur yang benar.

Kurang tidur bisa menyebabkan lelah, demikian halnya dengan terlalu banyak tidur. Sehingga tidur lama bukanlah solusinya.

Yang terpenting adalah memperbaiki siklus tidur, dimana Anda membiasakan untuk tidur dan bangun pada waktu tertentu.

Caranya adalah dengan membersihkan diri dari substansi yang mencegah kantuk, seperti kafein, rokok, atau obat-obatan tertentu.

Tidur Mempengaruhi Perjalanan Karier Anda! 10 Hal Ini Dapat Membuat Anda Tidur Lebih Awal 02 - Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

Kemudian, biasakan untuk tidur hanya selama 6 hingga 8 jam. Bisa dibantu dengan memasang alarm agar tidak tidur berlebihan. Lama kelamaan Anda akan merasakan pola tidur yang lebih baik.

Satu hal penting lainnya yang perlu Anda ketahui adalah circadian rhythms dipengaruhi oleh stimulant, sehingga lingkungan juga berpengaruh besar dalam pola tidur Anda.

Cobalah perbaiki lingkungan Anda sehingga Anda tidak terlalu banyak berpikir di malam hari. Cara ini akan memudahkan Anda tidur tepat waktu dan memperoleh istirahat yang cukup.

 

#2 Banyak Berolahraga

Banyak pebisnis yang terlalu sibuk bekerja sehingga lupa bergerak dan berolahraga. Padahal berjalan kaki saja sudah merupakan sebuah bentuk olah raga yang baik.

Jumlah langkah yang disarankan per hari dalam berjalan kaki adalah 10.000 langkah, dan ini bisa memperbaiki kondisi kesehatan Anda secara signifikan.

Jika Anda sibuk bekerja dan sudah terlalu lelah untuk berolahraga, sederhana saja. Istirahatkan kendaraan Anda dan berjalanlah saat pergi dan pulang kerja.

Anda akan merasakan manfaatnya saat ini menjadi rutinitas.

Lebih Hemat Mana Beli Alat Fitness Sendiri Atau Ikut Membership Gym 01 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru Menikah, Agar Keuangan Anda Sehat]

 

Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dari berolahraga adalah sebagai berikut ini:

  • Kontrol berat badan,
  • Mengurangi risiko penyakit jantung,
  • Mengurangi risiko penyakit diabetes tipe II,
  • Mengurangi risiko penyakit kanker,
  • Menguatkan tulang dan otot,
  • Meningkatkan kesehatan mental dan emosional,
  • Membuat awet muda.

 

#3 Grounding

Ini merupakan sebuah pengobatan alternatif yang sudah terkenal.

Dari anggapan bahwa Anda akan jauh lebih sehat saat berada pada kondisi netral dan mengadakan kontak dengan bumi, maka Anda disarankan untuk berjalan tanpa sepatu, sandal, maupun kaus kaki.

Walaupun terdengar aneh, nyatanya ini berhasil! Terbukti ada ion negatif dari bumi yang akan mengalir ke dalam tubuh untuk menyeimbangkan seluruh ion positif yang muncul dalam kehidupan kita.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Dengan cara ini, bukan hanya Anda bisa mengatasi kelelahan, namun Anda bisa mengurangi tingkat stres, kepanikan, dan kecenderungan untuk depresi.

Hal ini juga bisa meminimalkan migrain, memudahkan Anda tidur, mengurangi infeksi, menjaga tubuh awet muda, mengurangi ketegangan otot, meningkatkan sistem imun, dan masih banyak lagi.

 

#4 Bioenergetics Scan

Bioenergetics scan temuan Massey merupakan sebuah terobosan yang bisa mendeteksi dan memperbaiki energi dalam tubuh Anda.

Nyatanya, bioenergetics merupakan sebuah studi mengenai energi dalam sistem kehidupan.

Anda merupakan sesosok tubuh yang dipenuhi energi, baik energi positif maupun energi negatif yang bisa menyebabkan kelelahan. Mengasumsikan semua itu karena pengaturan energi dalam tubuh, mengetahui tingkat energi dalam tubuh menjadi krusial.

Energi berubah dalam setiap aktivitas yang Anda lakukan, misalnya saja saat Anda makan. Bernafas dan bergerak pun mengubah energi dalam tubuh. Bahkan energi ini dipengaruhi juga oleh elektronik dan daya magnet bumi.

Ingin Tetap Sukses Berbisnis Jangan Miliki Pola Pikir Entrepreneur yang Salah! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru Menikah, Agar Keuangan Anda Sehat]

 

Untuk alasan inilah, melakukan bioenergetics scan dapat membantu Anda mengetahui bagaimana tubuh Anda mengubah energi dalam lingkungan tertentu.

Anda akan mengetahui kondisi saat ini dan bagaimana melakukan tindakan pencegahan yang bisa meningkatkan kesehatan Anda.

Anda akan melihat sangat detail, termasuk fungsi metabolisme tubuh Anda. Bagaimana cara mengatur asupan makanan agar metabolisme menjadi lebih baik dan menghasilkan lebih banyak energi bagi tubuh.

Anda juga bisa mengetahui penyebab hambatan energi yang akan membantu Anda meminimalkan rasa lelah dan stres.

 

Minimalkan dan Atasi Rasa Lelah Anda

Kini Anda tahu bahwa rasa lelah bukan hanya disebabkan oleh terlalu banyak bekerja saja. Banyak penyebab rasa lelah yang mungkin baru saja Anda sadari.

Namun, jangan khawatir! Anda juga bisa mengatasi rasa lelah tersebut dengan beberapa langkah mudah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Atasi rasa lelah Anda dan berjalan selangkah lebih maju demi meraih kesuksesan dalam berbisnis, jangan biarkan rasa lelah menghambat kesuksesan Anda!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara mengatasi kelelahan yang dialami oleh para entrepreneur lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • L. Adams. 17 Oktober 2017. 4 Ways Entrepreneurs Can Overcome Exhaustion (It’s Hard to Make Progress When We’re Exhausted). Entrepreneur.com – https://goo.gl/n3ddsQ

 

Sumber Gambar:

  • Cara Mengatasi Kelelahan 1 – https://goo.gl/GcJ7tT
  • Cara Mengatasi Kelelahan 2 – https://goo.gl/a48CE2

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang