Bisnis sampingan atau freelance merupakan jenis bisnis yang fleksibel dan tidak menyita banyak waktu. Bagaimana cara menghasilkan uang?

Nyatanya, Anda perlu mempersiapkan dana darurat dan dana startup sebelum Anda bisa memulai. Dari manakah Anda akan menghasilkan uang tersebut?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Freelance: Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dan Mencari Modal?

Banyak alasan mengapa para pekerja tetap kerap kali menghindari usaha sampingan, salah satunya adalah karena kemungkinannya untuk gagal cukup besar.

Sebuah studi membuktikan bahwa 8% bisnis cenderung gagal saat 2 tahun pertama sejak dibuka.

Selain itu, saat Anda memilih untuk menjadi freelancer, maka secara otomatis Anda kehilangan penghasilan tetap per bulannya, karena pendapatan freelance bisa berubah-ubah.

Dengan demikian jelas bahwa Anda harus mempersiapkan dana darurat sebanyak 3 hingga 6 kali pengeluaran rata-rata bulanan.

5 Cara Menghasilkan Uang Untuk Karier Freelance Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Alasan ketiga, usaha sampingan membutuhkan biaya sedangkan pekerjaan tetap tidak. Pada usaha sampingan, Anda membutuhkan modal bergantung pada pekerjaan Anda, sebagai contoh:

  • Modal perabot dan peralatan gambar jika Anda menjadi designer
  • Modal bahan baku dan peralatan masak jika Anda membuka catering makanan
  • Modal bahan baku dan mesin jika Anda ingin memproduksi kaos, dan sebagainya.

 

Jika Anda memang memutuskan untuk berpindah profesi menjadi seorang freelancer, Finansialku mengajak Anda melihat beberapa tips menghasilkan uang untuk karier freelance Anda sebagai berikut:

 

#1 Mengurangi Pengeluaran

Jika Anda belum pernah membuat anggaran sebelumnya, kini saatnya Anda memulainya!

Membuat anggaran menjadi cara untuk berhemat dengan mengetahui kemana saja uang Anda harus dialokasikan dan berapa jumlahnya. Kemudian Anda bisa menemukan celah-celah yang bisa dihemat tanpa menyengsarakan diri sendiri.

Sebagai contohnya, Anda dan pasangan bisa mencatat pengeluaran bulanan dan melihat mana yang sebenarnya tidak terlalu penting. Hentikan atau minimalkan pengeluaran yang tidak menambah nilai, dan Anda akan kaget berapa banyak penghematan yang akan Anda peroleh dari sini.

Kesimpulannya, Jangan mengasumsikan berhemat selalu membawa sengsara, tidak makan tidak minum, tidak bersenang-senang. Tetapi Anda bisa memilih untuk mengeliminasi pengeluaran yang memang tidak bermanfaat.

 

#2 Meningkatkan Penghasilan

Pernahkah Anda berhemat dan terus berhemat tapi masih tidak memiliki uang lebih? Mungkin itu artinya memang pemasukan Anda tidak mampu memenuhi seluruh kebutuhan, meski semuanya sudah dihemat sedemikian rupa.

Saya sendiri pernah mengalaminya, dan saat itu terjadi saya berpikir bagaimana solusinya. Ternyata gampang saja, saat penghasilan tidak mampu memenuhi pengeluaran setelah dihemat, maka kini saatnya menambah penghasilan.

Bagaimana Kebenaran Tentang Cara Menghasilkan Uang Saat Freelancer Tidur 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelancer, Inilah 7 Rahasia Keuangan bagi Anda yang Perlu Anda Ikuti]

 

Saya kemudian memutuskan untuk mencari usaha sampingan baru yang fleksibel dan tidak mengganggu pekerjaan tetap saya. Hasilnya: saya berhasil memiliki uang lebih bukan hanya untuk menambah tabungan, tetapi juga untuk berinvestasi.

Apabila memang usaha sampingan Anda terus berkembang dan semakin sukses, maka lama kelamaan usaha sampingan ini bisa menghasilkan uang lebih banyak.

Anda bisa berhenti bekerja dan menjadi pengusaha untuk selanjutnya. Menarik bukan?

 

#3 Gunakan Simpanan

Apakah Anda baru saja memperoleh bonus tahunan atau mungkin mendapatkan rezeki nomplok? Maka Anda bisa mempertimbangkannya untuk membiayai karier freelance Anda.

Apabila Anda merasa bersalah karena menggunakan uang tersebut, Anda bisa mencicil untuk mengembalikan uang ke diri Anda sendiri.

Tetapi manfaat yang tentunya bisa Anda rasakan adalah Anda tidak perlu berutang kepada orang lain, dan tidak ada BUNGA yang berlaku.

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#4 Mengajukan Pinjaman

Cara ini merupakan cara yang kurang populer, oleh karena itulah saya menyimpannya pada poin nomor 4. Mengapa demikian?

Pertama, cara ini memiliki risiko tinggi karena adanya bunga yang dikenakan kepada Anda apabila Anda mengajukan pinjaman. Tidak peduli apa bentuknya, umumnya Anda harus membayar bunga jika meminjam pada orang lain atau lembaga keuangan.

Kedua adalah cara ini belum tentu berhasil, pihak bank atau lembaga keuangan biasanya akan mengecek kondisi finansial Anda terlebih dahulu, kemudian menganalisis pasar dan melihat potensi bisnis Anda sebelum menyetujui pinjaman tersebut.

Jika sepertinya bisnis Anda tidak meyakinkan, maka kemungkinan besar bank tidak akan menyetujui pengajuan pinjaman Anda.

Pekerja Freelance, Ini Cara Mengatur Waktu, Keuangan dan Rencana Kerja Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: 40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga]

 

Ketiga, Anda disini berperan sebagai debitur yang meminjam uang. Ingatlah bahwa uang itu DIPINJAMKAN dan bukan DIBERIKAN kepada Anda. Oleh karena itulah, Anda harus membayarnya di kemudian hari.

Dengan kata lain, jika Anda tidak yakin bisnis Anda akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar daripada besaran cicilan Anda, maka tidak disarankan untuk mengambil pinjaman tersebut.

Tetapi, apabila Anda memiliki perencanaan yang matang dan yakin bisnis Anda akan sukses, mengapa tidak? Cara ini sah-sah saja untuk digunakan selama Anda bisa membayar tepat jumlah dan tepat waktu.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#5 Memanfaatkan Pesangon

Jika alasan Anda memikirkan untuk mengambil karier freelance adalah karena Anda di-PHK dari pekerjaan tetap, maka Anda bisa saja memanfaatkan pesangon yang diperoleh untuk karier freelance Anda.

Hanya saja, pastikan Anda membaca setiap syarat dan ketentuan dari perjanjian PHK bagian “pesangon”.

Dengan demikian, Anda bisa mengetahui berapa banyak uang yang akan diperoleh, berapa pajak yang harus dibayar, dan tunjangan lain apa yang bisa Anda peroleh.

Pekerja Freelance, Ini Cara Menentukan Harga Jual Layanan Anda 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Infografis: Memulai Usaha Rumahan Bisnis Online dengan Menjadi Seorang Blogger]

 

Karier Freelance yang Dapat Anda Jalankan

Setelah melihat beberapa alasan utama sebuah bisnis gagal, kini saatnya Anda melangkah lebih maju, yaitu dengan memilih jenis usaha sampingan yang tepat dan sesuai dengan passion Anda.

Berikut beberapa contoh usaha sampingan menarik yang dapat Anda jalankan:

 

#1 Laundry

Tak jarang pasangan masa kini bekerja dan rumah menjadi berantakan serta tak terurus. Dengan demikian, solusi praktis kerap menjadi pilihan.

Misalnya saja laundry, tentunya akan sangat dicari bukan?

 

#2 Makanan

Bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. Karena selamanya manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.

Dengan demikian, bisnis yang satu ini juga pantas dipertimbangkan lho!

Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda 07 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja 5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan oleh Freelancer?]

 

#3 Blogging

Jika Anda gemar menulis dan melakukan review produk atau jasa, mengapa tidak menyalurkannya dengan membuat blog sendiri?

Anda bisa menyalurkan hobi sambil menghasilkan uang. Menarik bukan?

 

#4 Online Shop

Siapa yang belum pernah mendengar tentang online shop?

Bisnis yang satu ini semakin berkembang dan kerap dijadikan sumber penghasilan sampingan bagi para freelancer.

Selain tidak membutuhkan modal banyak, Anda juga bisa mengerjakannya kapan saja, sehingga sangat fleksibel bagi Anda yang sibuk.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#5 Desain

Anda gemar menggambar atau mungkin merupakan seseorang yang berjiwa seni?

Anda bisa menghasilkan uang hanya dengan menyalurkan keahlian Anda lho! Misalnya saja Anda bisa membuka jasa desain logo atau iklan bagi para pebisnis lainnya.

 

#6 Les Privat

Bagi Anda yang gemar mengajarkan teman pada saat kuliah, Anda bisa melanjutkan hobi ini sambil menghasilkan uang lho! Anda bisa membuka jasa les privat dengan jam yang fleksibel. Lumayan bukan?

Mengenal Perbedaan Homeschooling dan Sekolah Formal 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Sampah yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan]

 

#7 Catering

Anda ibu muda yang sangat sibuk dan tidak bisa keluar rumah? Anda bisa mengakalinya dengan membuka jasa catering di rumah. Jasa catering umumnya dilakukan di malam hari dan siap diantar pada pagi hari.

Dengan demikian, Anda bisa berbagi waktu untuk mengurus rumah dan keluarga.

 

#8 Agen Properti

Bisnis lain yang bisa dilakukan di sela-sela kesibukan Anda adalah menjadi agen atau makelar properti.

Anda cukup meninggalkan iklan atau nomor kontak pada properti dan surat kabar, dan Anda akan dihubungi untuk bertemu jika ada peminat. Jam bertemu bisa dinegosiasikan sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan Anda yang lain.

 

Saatnya Anda Memulai Karier Freelance

Dengan berbagai benefit yang ditawarkan bisnis online dan freelance, sudahkah Anda tertarik untuk mencobanya?

Dengan langkah yang tepat, Anda dapat meminimalkan risiko dan mencapai kebebasan finansial dengan cepat dan mudah.

Jangan sia-siakan tenaga dan kemampuan Anda untuk bekerja hingga tua tanpa mencapai kebebasan finansial.

Mulailah sekarang dan raihlah tujuan Anda!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan terkait menghasilkan uang untuk karier freelance lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Jen Hubley Luckwaldt. 14 Desember 2016. Job Searching: 5 Ways to Find Start-Up Money for Your Freelance Caree Thebalance.com – https://goo.gl/L5s9LH
  • Herman Yudiono. 17 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/PJnxRb

 

Sumber Gambar:

  • Cara Menghasilkan Uang – https://goo.gl/Mw8Ntz
  • Menghasilkan Uang – https://goo.gl/P7qbPx

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang