Bagaimana cara meningkatkan dan mengembangkan kualitas diri? Dalam kehidupan persaingan global yang semakin sengit dan perkembangan teknologi yang semakin modern, seorang pribadi perlu mengembangkan kualitas diri agar mampu bersaing dalam era yang semakin kompetitif. Melalui artikel kali ini, tim Finansialku akan membahas mengenai cara-cara meningkatkan dan mengembangkan kualitas diri agar mampu menjadi pribadi yang lebih cakap, terampil dan mampu menghadapi persaingan kerja global dengan cara pandang yang positif. Selamat membaca dan semoga Anda terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Kemajuan IPTEK dan Persaingan Global

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dunia semakin berkembang bahkan melesat cepat dan telah sangat berpengaruh dalam segala aspek kehidupan manusia modern. Hingga tahun 2025, negara-negara maju diperkirakan masih terus akan mendominasi inovasi IPTEK. Hal ini terutama didukung oleh sistem pendidikan, infrastruktur, sarana dan prasarana penelitian serta dana yang besar.

Di Indonesia, negara kita tercinta, perkembangan Teknologi Informasi cukup membanggakan dengan semakin banyaknya pengguna internet. Indonesia masuk dalam 15 besar untuk kategori pengakses internet terbanyak di dunia. Di kawasan Asia, Indonesia masuk dalam lingkaran ke-5 besar. Urutan pertama adalah China (298 juta), disusul Amerika Serikat (228 juta), dan Jepang (94 juta). Dari fakta tersebut dapat dikatakan bahwa Indonesia mampu menjadi negara yang maju terutama dalam bidang Teknologi Informasi.

Namun kenyataannya, Indonesia masih belum mampu menjadi bangsa yang seperti kita harapkan. Begitu banyak hal yang harus diperbaiki (selain keutuhan dan kesatuan NKRI) dalam hal ini, terutama penemuan ataupun pengembangan IT, bukan sekedar menggunakan IT yang telah ada.

5 Kebiasaan Buruk Mengatur Keuangan yang Harus Segera Ditinggalkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: HR: 9 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Harus Ditanamkan Pada Karyawan Perusahaan]

 

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, kita sebagai insan anak bangsa harus mampu bersaing secara positif dengan kemajuan teknologi dan pasar global. Pentingnya suatu inisiatif untuk mau mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pribadi tidak hanya dari segi akhlak, karakter, intelegensi, akademik tetapi juga kompetensi. Secara garis besar, dapat dikatakan pengembangan diri secara holistik atau menyeluruh.

 

Berbagai Keterampilan yang Dicari Perusahaan Global

Sebelum membahas tentang cara-cara dalam mengembangkan kualitas diri, tahukah Anda beberapa kemampuan atau skill yang paling dominan dicari oleh perusahaan untuk menjadi syarat administratif maupun kualifikasi teknis dalam memasuki bisnis dunia kerja? Berikut ini beberapa keterampilan yang biasanya mereka cari:

 

#1 Keterampilan Bahasa Asing

Banyak perusahaan modern yang mencantumkan kualifikasi penguasaan bahasa asing saat mereka membuka lowongan kerja, seperti bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Jerman dan bahasa Perancis.

 

#2 Keterampilan Teknis tentang Mesin

Teknologi sudah menjamah semua bidang usaha. Oleh sebab itu, pengetahuan tentang bidang pemesinan agaknya diperlukan, terutama apabila Anda ingin bekerja dalam bidang-bidang insinyur, bagian telekomunikasi, ahli otomotif, ahli transportasi dan beberapa bidang lainnya yang membutuhkan pengetahuan teknologi pemesinan.

Perhatikan Kesehatan Mental Karyawan untuk Menambah Keuntungan Bisnis Perusahaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan Kesehatan Mental Karyawan untuk Menambah Keuntungan Bisnis Perusahaan]

 

#3 Keterampilan dalam Mengelola SDM

Mengurusi sebuah perusahaan kecil atau besar tentu saja memiliki masalah pengelolaan sumber daya manusia yang sama walaupun secara jumlah berbeda. Oleh sebab itu, diperlukan orang-orang yang mampu mengelola Sumber Daya Manusia yang baik dan tepat.

 

#4 Keterampilan dalam Bidang Komputer

Kemampuan IT kini banyak dicari karena perkembangan modernisasi tidak lepas dari dunia teknologi komputer dan informasi. Bagi Anda yang memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengulik pemrograman komputer, Anda berpeluang besar untuk meningkatkan karier serta potensi Anda.  

 

#5 Keterampilan Mengajar

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengajar dan mengimpartasikan kemampuan dan pengetahuan mereka kepada orang lain. Banyak perusahaan yang ingin meningkatkan kualifikasi para karyawannya dengan membayar para pengajar-pengajar sesuai bidang mereka untuk pengembangan bisnis perusahaan melalui kursus-kursus tambahan bagi para karyawannya.

 

#6 Keterampilan Manajemen Keuangan

Perencanaan keuangan yang sistematis untuk kelangsungan jangka panjang sebuah perusahaan sangat dibutuhkan. Perencana keuangan dan penasihat bisnis seringkali dipanggil secara khusus untuk dapat menolong perusahaan dalam bidang perencanaan keuangan.

Para HR, Ketahui 7 Keuntungan Meningkatkan Literasi Keuangan Karyawan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para HR, Ketahui 7 Keuntungan Meningkatkan Literasi Keuangan Karyawan Anda]

 

#7 Keterampilan Ilmu Kimia dan Matematika

Sumber daya manusia di bidang kimia, fisika, biologi serta perkembangan teknologi di bidang kedokteran menjadi suatu kebutuhan khusus bagi pasar global dan kemanusiaan.

 

#8 Keterampilan Problem Solving

Tidak semua orang mampu mengidentifikasi sumber permasalahan yang terjadi dan mencari solusi yang tepat dalam menanggulanginya, baik secara preventif maupun represif. Kemampuan ini biasanya didukung dengan pengetahuan yang mumpuni dan kualifikasi pengalaman yang tidak instan.

 

Cara Mengembangkan Kualifikasi dan Meningkatkan Kualitas Diri

Lantas, setelah mengetahui berbagai bidang kerja yang secara global dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di dunia, bagaimanakah caranya untuk meningkatkan kualifikasi dan mengembangkan kualitas diri?

 

#1 Temukan Passion Anda

Kegiatan yang membangun diri Anda dan bahkan dapat membuat Anda lupa waktu ketika Anda melakukannya karena Anda sangat menyukainya dan menjadi bagian dari diri Anda, itulah yang mungkin menjadi ciri dari kegiatan yang menjadi passion kita. Jadikan kegiatan yang menjadi passion Anda tersebut menjadi suatu yang menghasilkan dalam hidup Anda.

 

#2 Merancang Puzzle Diri

Rancanglah puzzle tentang hidup Anda dengan meluangkan waktu dan merenungkan tentang apa saja yang harus menjadi target dalam diri Anda dan sekaligus segala strategi yang harus Anda lakukan dalam meraih setiap pencapaian hidup Anda tersebut. Anda dapat melakukan meditasi atau mengadakan waktu tenang dan menuliskan setiap rencana Anda yang terukir dalam sebuah buku.

Ilustrasi Bagaimana Orang Sukses Menanggapi Permasalahan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Bagaimana Orang Sukses Menanggapi Permasalahan?]

 

#3 Atur Pola Hidup Lebih Positif

Mulailah untuk mencapai setiap sasaran dan target hidup Anda dengan mengatur pola hidup Anda dengan lebih positif, diantaranya tetap menjaga pola makan yang sehat, bergizi dan seimbang, menjaga pola tidur yang tidak terlalu larut malam dan bangun lebih pagi untuk dapat mengatur setiap kegiatan Anda seharian. Disamping itu juga, olahragalah secara teratur agar tubuh jasmani Anda tetap bugar dan sehat. Selain itu, tetap berpikir positif dan yang sebetulnya menjadi hal yang paling utama adalah jangan lupa untuk tidak meninggalkan ibadah Anda karena segala sesuatu telah diatur oleh Sang Pencipta.

 

#4 Berjejaring dengan Berbagai Komunitas

Belajar untuk hidup lebih rendah hati dengan setiap pencapaian yang telah kita raih. Tidak ada seorang pun yang respect dengan orang yang sombong. Tingkatkan kemampuan bersosialisasi, berjejaring dan menolong orang lain untuk menambah relasi dan kenalan Anda.

 

#5 Terus Belajar, Mencoba Hobi Baru dan Kembangkan Kompetensi

Membaca buku pengetahuan dengan deadline, 1 buku dalam seminggu, setidaknya dapat memacu Anda untuk semakin membuka lebar jendela pengetahuan Anda. Mencoba hal-hal baru juga sangat disarankan termasuk meningkatkan kompetensi seperti belajar bahasa asing, mengikuti seminar, pelatihan, workshop yang sesuai dengan passion Anda.

Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku 01- Finansialku

[Baca Juga: Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Komitmen dan Konsistensi

Ketika rasa malas melanda, komitmen yang keras sangat diperlukan untuk mencapai sasaran dan target dalam meningkatkan kualitas diri. Lihatlah perbedaan besar dari setiap tindakan kecil yang kita lakukan konsisten dan komitmen yang besar. Mari kita terlibat aktif dalam perkembangan Indonesia dalam pasar global dan perkembangan teknologi dengan cara meningkatkan kualitas dan kualifikasi diri.

 

Seberapa tinggikah mimpi Anda dalam mencapai target dalam hidup Anda? Maukah Anda menjadi agen perubahan bagi Bangsa Indonesia ke arah kemajuan globalisasi melalui bidang yang Anda tekuni? Tuliskan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan pengalaman Anda agar dapat menginspirasi para pembaca lainnya yang membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Napoleon Hill. 1993. Think & Grow Rich. USA: Penguin
  • MCSCV. Mendapatkan Pekerjaan Pada Tempat dan Habitat yang Tepat. Mcscv.com – https://goo.gl/NQN64j
  • Admin. Pengembangan Diri untuk Sukses di Karir dan Kehidupan Pribadi. Indoenergi.com – https://goo.gl/XqFHkt
  • Admin. 10 Desember 2015. Zaman semakin modern, Teknologi semakin maju!!! – https://goo.gl/G2tXM8
  • Ronald Sembiring. 18 Septermber 2014. 8 Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Diri. Aquariuslearning.co.id. – https://goo.gl/ZYx7CL
  • Admin. 10 Cara Praktis untuk Meningkatkan Kualitas Diri Anda. Tonfeb.com – https://goo.gl/qvWSrz
  • Admin. 5 Cara Meningkatkan Kualitas Hidup Anda. Akuinginsukses.com – https://goo.gl/JqIMhW

 

Sumber Gambar:

  • Kualitas Diri – https://goo.gl/qFQZPv
  • Passion – https://goo.gl/SwLyHU

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana