Dengan merencanakan keuangan secara SMART anda bisa mencapai kebebasan finansial (finansial freedom)!

Ga percaya? Maka dari itu simak tips merencanakan keuangan melalui rubrik finansialku berikut ini.

Jangan lupa ikut mengisi polling pada akhir artikel ini ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Finansial Freedom Sebagai Tujuan

Sebelum membahas cara merencanakan keuangan dengan SMART, ada baiknya ketahui terlebih dahulu apa itu finansial freedom.

Financial Freedom atau yang biasa disebut kebebasan finansial bisa dikategorikan sebagai keadaan dimana mahasiswa tidak perlu risau dengan kondisi kantong, mecapai saving yang baik, dan setiap kebutuhan terpenuhi sesuai dengan gaya hidup masing-masing.

Ada yang bilang karyawan yang bergaji kecil sulit mencapai kebebasan finansial. Padahal anggapan tersebut sangat salah. Bahkan faktanya, tak peduli kamu bergaji berarapun kalau perencanaan keuangannya sudah salah kamu tak bisa mencapai kebebasan finansial.

Jadi, inti dari mencapai financial freedom adalah perencanaan keuangan yang baik. Merencanakan keuangan juga bagian diri dari mencapai tujuan keuangan. Untuk mencapainya, kamu bisa mempelajarinya dari berbagai sumber terpecaya seperti ebook finansialku atau kamu bisa ikuti tips SMART yang akan dibahas berikut ini

 

[Baca Juga: Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis]

 

Cara SMART Meraih Kebebasan Finansial

Berbicara mengenai kebebasan finansial, indikatornya adalah setiap kebutuhan hidup bisa tercapai, baik kebutuhan pokok, sekunder, sampai tersier. Nah, termasuk juga keinginan-keingan tertentu terhadap suatu barang. Sifat demikian inilah yang membuat setiap manusia merupakan seorang perencana keuangan (financial planner).

Anda sebagai perencana keuangan (financial planner) pasti memiliki tujuan keuangan (financial goals) yang hendak dipenuhi bukan? Nah, cara SMART ini adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan keuanganmu tapi kamu juga tetap bisa meraih kebebasan finansial.

Istilah SMART yang diperkenalkan oleh George T. Doran dalam management review pada November 1981 merupakan akronim dari specific, measurable, achievable, realistic dan time bounded.

Kompetisi Cara SMART Merencanakan Keuangan Dengan Aplikasi Finansialku 01 - Finansialku

#Specific – Spesifik

Spesifik artinya mendefinisikan dengan jelas tujuan keungan yang direncanakan.

Anda bisa memakai rumus 5W atau 6W

  • What (Apa) : Apa yang Anda ingin beli?
  • Why (Mengapa) : Mengapa Anda ingin membelinya?
  • Who (Siapa) : Siapa saja yang terlibat?
  • Where (Dimana) : Dimana lokasi membelinya?
  • When (Kapan) : Kapan Anda akan membelinya?
  • Which (Yang Mana) : Yang mana atau seperti apa yang dikehendaki Anda?

 

Dengan merumuskan secara spesifik keinginan atau kebutuhan dengan jelas, merencanakan keuangan menjadi tidak asal-asalan.

 

#Measurable – Terukur

Kriteria kedua cara SMART mencapai kebebasan finansial adalah ukuran. Maksudnya, kebutuhan atau keinginan yang direncanakan harus sesuai dengan kapasitas anda.

Artinya kebutuhan tersebut harus bisa diukur atau terukur nominalnya. Dengan mengetahui dengan pasti ukuran nominalnya, anda akan semakin mudah merencanakan keuangan anda.

Anda juga bisa mengetahui sejauh mana kemampuan anda untuk mencapainya dan dimana kekurangan anda.

 

#Achievable – Dapat Diwujudkan

Membuat perencanaan keuangan tidak boleh asal ingin ini dan itu saja, namun yang terpenting adalah keinginan tersebut dapat anda wujudkan bukan hanya anda angan saja. Sekali lagi anda perlu melihat kondisi kemampuan finansial anda dengan teliti sehingga tujuan tersebut malah bisa memotivasi kondisi anda untuk mewujudkannya.

 

#Realistic – Realistis

Setelah memastikan apakah keinginan tersebut bisa diwujudkan, anda perlu sekali lagi memastikan apakah keinginan tersebut realistis apa tidak. Ya, kriteria keempat cara SMART adalah realistis.

Apakah kebutuhan sangat mendesak?

Apakah kemampuan finansial anda sudah mumpuni?

Alangkah baiknya apabila sudah sampai pada tahap ini, lebih baik menghindari kebutuhan atau keinginan yang bakal membuat keuangan anda menjadi boros. Hindarilah tujuan keuangan  yang bakal menguras keuangan anda. 

 

#Time Bounded – Terukur dengan Waktu

Kriteria SMART terakhir adalah Batasan waktu atau deadline. Anda mutlak memasukkan kriteria ini ketika membuat rencana keuangan. Dengan menentukan tenggang waktu yang harus dikejar anda akan lebih mudah menentukan anatar keinginan dan kebutuhan sehingga tujuan akhirnya anda tetap bisa mencapai kebebasan finansial tanpa khawatir dengan kemampuan finansial anda.

 

Setelah mempertimbangkan cara SMART tersebut silahkan rencanakan keungan anda dengan nyaman. Tak peduli anda hanya seorang karyawan biasa, aparatur sipil negara, pengusaha, atau bahkan seorang mahasiswa yang yang hanya kerja sampingan.

 

Kebebasan finansial adalah hak setiap personal.

[Baca juga: Komik: Mau Keluar Dari Roda Putar? Yuk Raih Kebebasan Finansialmu Mulai Sekarang!]

 

Perkembangan teknologi juga semakin membuat kita mudah merencanakan keuangan. Anda tak perlu risau lagi apabila merasa sulit membuat perencanaan keuangan tanpa basic ilmu ekonomi. Karena ada aplikasi finansialku yang mudah dioperasikan di smartphone anda.

Kompetisi Cara SMART Merencanakan Keuangan Dengan Aplikasi Finansialku 03 - Finansialku

Kini anda lebih mudah mengecek kondisi keuangan anda dan mengaplikasikan cara SMART dengan bantuan fitur Financial Health Check Up.

 

Financial Health Check Up

Financial Health Check Up merupakan salah satu fitur aplikasi finansialku untuk mengetahui posisi keuangan Anda saat ini.

Ada 8 rasio yang menjadi pertimbangan dalam financial health check up.

 

#1 Rasio Tabungan

Rasio Tabungan adalah berapa besar pendapatan yang dapat Anda tabungkan atau investasikan setiap tahunnya.

 

#2 Rasio Pendapatan Pasif

Rasio Pendapatan Pasif, menunjukkan persentase pendapatan pasif Anda dibandingkan dengan total pendapatan.

 

#3 Rasio Likuiditas

Rasio Likuiditas adalah kemampuan kas atau setara kas (aset likuid) untuk membiayai kebutuhan pengeluaran rumah tangga Anda.

 

#4 Rasio Aset Likuid terhadap Nilai Bersih Kekayaan

Rasio Aset Likuid terhadap Nilai Bersih Kekayaan. Berapa banyak jumlah nilai bersih kekayaan dalam bentuk kas atau setara kas (aset likuid).

 

#5 Rasio Perbandingan Utang terhadap Aset

Rasio Perbandingan Utang terhadap Aset, kemampuan Anda untuk membayar utang-utang Anda.

 

#6 Rasio Kemampuan Pelunasan Utang

Rasio Kemampuan Pelunasan Utang, besarnya pendapatan dalam setahun yang dapat digunakan untuk membayar utang tahunan.

 

#7 Rasio Perbandingan Nilai Bersih Aset Investasi terhadap Nilai Bersih Kekayaan

Rasio Perbandingan Nilai Bersih Aset Investasi terhadap Nilai Bersih Kekayaan, menunjukkan besarnya aset investasi dibandingkan nilai bersih kekayaan Anda.

 

#8 Rasio Solvabilitas

Rasio solvabilitas, menunjukkan besarnya kekayaan bersih Anda dibandingkan dengan aset.

 

Masing-masing rasio memiliki rumus tersendiri. Untuk memudahkan anda dalam pengecekan kondisi keuangan, anda dapat menggunakan fitur finansial health check-up pada aplikasi finansialku.

 

Ada bebarapa data yang perlu diisikan untuk mengetahui kondisi keuangan anda. Data-data tersebut antara lain:

  1. Pendapatan bulanan. Dengan rincian data berupa gaji, bonus, dan tunjangan, bunga atau hasil investasi, pendapatan pasif dan bisnis, serta pendapatan lainnya.
  2. Pengeluaran Bulanan. Dengan rincian data berupa pajak, sedekah atau donasi, tabungan dan investasi, cicilan dan utang, belanja bulanan, dan biaya pengeluaran lainnya.
  3. Aset. Data aset berupa rumah tinggal, kendaraan, dan nominal aset lainnya yang dimiliki.
  4. Investasi. Data investasi dapat berupa uang tabungan dan deposito, logam mulia, reksa dana, saham, atau investasi lainnya.
  5. Kewajiban. Dengan rincian data yang perlu diisi berupa kartu kredit, kredit kendaraan, KPR, ataupun utang lainnya.

 

Nah, semua data tersebut anda isi dalam bentuk nominal rupiah. Ketika sudah selesai mengisinya, anda bisa mendapat hasil pengecekan dan analisa kondisi keuangan anda melalui email yang akan dikirim ke anda.

Kompetisi Cara SMART Merencanakan Keuangan Dengan Aplikasi Finansialku 02 - Finansialku

 

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera miliki aplikasinya dengan mengunduh melalui Google Play Store atau registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Dengan merencanakan keuangan secara SMART melalui aplikasi finansialku, kebebasan finansial bukan hanya isapan jempol belaka. Tak peduli status pekerjaan anda, ketika anda mengetahui kondisi keuangan anda dengan detil dan merencanakan keuangan secara SMART, kebebasan finansial bisa tetap diraih.

 

Sumber Referensi:

  • Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha. Dijamin Ampuh! Ini Strategi Mencapai Financial Freedom. finansialku.com – http://bit.ly/2MrN4np
  • Membuat Tujuan Keuangan yang SMART (benar-benar SMART). Finansialku.com – http://bit.ly/2MtBzvt
  • Virtina Thionita. Karyawan Milenial! 5+ Kiat Mencapai Kebebasan Finansial yang Perlu Kamu Tiru. Finansialku.com – http://bit.ly/2Nl7GNK
  • Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP. Yakin Anda Memiliki Keuangan yang Sehat? Yuk Coba Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku. Finansialku.com – http://bit.ly/2zdnt8U

 

Sumber Gambar:

  • Check up – http://bit.ly/2HfGnQW
  • SMART – http://bit.ly/33QNDN4
  • Aplikasi Finansialku – http://bit.ly/2TO4ifu

 

Apakah Anda menyukai artikel di atas? Yuk isi Polling di bawah!

 

Artikel ini dibuat oleh: Muhamad Irfan Prasetyo

Finansialku Creative Blog Competition

#Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True