Ada 6 Langkah Cari Rumah Murah Di Pameran Properti

Pada era serba mahal ini, tentunya banyak orang yang cari rumah murah, misalnya di pameran properti.

Jika Anda juga berminat mencari hunian dengan harga yang terjangkau, tidak ada salahnya mencoba cara yang satu ini. Penasaran seperti apa caranya cari rumah murah di pameran properti?

Mari simak pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Keuntungan Pameran Properti

Dengan semakin sulitnya kondisi perekonomian di Indonesia, kini mayoritas masyarakat mengalami kendala biaya untuk memiliki rumah yang diidam-idamkan.

Oleh karena itu, semakin banyak alternatif solusi yang muncul demi memudahkan masyarakat dalam memperoleh hunian impian.

Misalnya saja, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kredit inhouse, serta pameran properti yang biasanya memberikan promo menarik.

Karena KPR dan kredit inhouse sudah sering dibahas sebelumnya, mari kini melihat apa keuntungan dari pameran properti bagi Anda.

Ada 6 Langkah Cari Rumah Murah Di Pameran Properti 02 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Ingin Membeli Rumah dengan KPR Sekaligus Membuat Bisnis, Apakah Mungkin?]

 

Pameran properti memang sangat banyak, sebagai contoh  Festival Properti Indonesia (FPI) yang digelar hingga 19 November 2017 kemarin.

Disini berbagai properti dijual, mulai dari yang mewah hingga yang harganya terjangkau. Bahkan, disebut-sebut ada rumah yang bisa dicicil hanya dengan Rp1,5 juta saja per bulannya. Luar biasa sekali bukan?

Selain bisa memperoleh harga yang murah, biasanya pameran properti juga menjadi ajang untuk mencari penawaran-penawaran menarik, misalnya saja potongan harga atau kredit tanpa DP (atau kredit inhouse).

Nah, masih ragu untuk pergi ke pameran properti? Jangan khawatir, Finansialku akan memberikan beberapa langkah mudah yang bisa Anda ambil agar memperoleh untung di pameran properti:

 

#1 Tentukan Dahulu Spesifikasi Hunian Idaman Anda

Apabila pergi ke pameran properti tanpa tahu seperti apa spesifikasi rumah idaman, maka dijamin Anda akan kebingungan sesaat setelah melangkah ke pameran tersebut.

Mengapa?

Tentunya karena sangat banyak penawaran yang akan Anda dapatkan. Mulai dari rumah yang kecil, besar, murah, mahal, mewah, minimalis, dan sebagainya.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menentukan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini sebelum pergi ke pameran properti:

  1. Spesifikasi rumah yang diinginkan
  2. Anggaran (budget) untuk membeli rumah
  3. Lokasi rumah yang diinginkan

 

Cara Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan Tanpa Mengorbankan Kebahagiaan Anak-anak 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kredit Rumah: Kalkulator KPR, Contoh Produk dan Cara Cepat Lunasi KPR]

 

Setelah menentukan ketiga hal tersebut, Anda bisa memilih properti yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Dengan demikian, Anda tidak akan bingung lagi dan bisa menentukan rumah yang tepat.

Ingatlah bahwa membeli rumah tidak sama dengan membeli gorengan, Anda hanya akan membuang-buang waktu jika pergi ke pameran properti dengan harapan “lihat-lihat dulu, siapa tahu ada yang cocok”.

 

#2 Membandingkan Beberapa Penawaran (Benchmarking)

Umumnya, pada pameran properti, developer rumah akan berlomba-lomba menarik minat calon konsumen dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan promo potongan harga hingga cicilan tanpa DP.

Oleh karena itu, Anda sebagai calon konsumen pun harus pandai-pandai memilih.

Dengan kata lain, penting untuk melakukan benchmarking atau membandingkan beberapa penawaran sebelum mengambil keputusan.

Dengan meluangkan waktu untuk membandingkan beberapa penawaran sekaligus, Anda bisa memperoleh banyak benefit, bahkan sampai memangkas harga dengan kualitas yang tetap sama. Dengan cara ini Anda bisa memperoleh penawaran terbaik dan tidak akan merasa rugi nantinya.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#3 Jangan Terburu-buru

Cara ketiga ini merupakan trik unik untuk memperoleh penawaran yang lebih baik.

Untuk memahaminya, cobalah lihat ilustrasi berikut ini:

Anggaplah Anda adalah seorang penjual buah di pasar. Anda sedang berjualan di sore hari dan ingin jualan segera terjual.

Kemudian datang pembeli pertama yang menawar harga dengan santai. Ia sampai pergi ke toko sebelah untuk mencari harga yang lebih murah.

Tetapi tidak lama datang pembeli kedua yang terlihat terburu-buru dan sangat membutuhkan buah dagangan Anda. Ia tetap menawar, namun karena buru-buru pembeli kedua ini langsung setuju saat Anda memberikan sedikit penurunan harga.

Tahukah Anda Tentang Kredit Inhouse Saat Membeli Rumah Temukan Jawabannya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Langkah Yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan KPR dan Peminjaman Renovasi di BPJS Ketenagakerjaan, Agar Lolos Verifikasi]

 

Nah, sebagai penjual tentunya Anda lebih bahagia jika menemukan tipe pembeli kedua, karena Anda bisa memperoleh lebih banyak untung. Tetapi bagaimana halnya jika dilihat dari sudut pandang pihak pembeli?

Ya, serupa halnya jika Anda terburu-buru dalam membeli rumah, Anda bisa saja salah mengambil keputusan dan tidak memperoleh penawaran terbaik. Anda bisa menyesal nantinya apabila menemukan rumah serupa dengan harga atau penawaran yang lebih menarik.

Dengan demikian jangan pernah terburu-buru dalam membeli rumah, siapkan waktu dan pikiran dingin agar bisa berpikir dengan jernih dan tenang.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#4 Lakukan Survei Lokasi

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, membeli rumah adalah keputusan besar yang perlu dipikirkan matang-matang. Anda perlu tahu apa yang Anda dapatkan dengan jelas sebelum memutuskan untuk membayarnya.

Tidak sedikit pihak developer “nakal” dengan menawarkan rumah yang tidak begitu laku atau yang spesifikasinya tidak sesuai dengan penawaran.

Dengan demikian, upayakan untuk melakukan survei lokasi sebelum membeli sebuah rumah.

Survei lokasi ini memiliki beberapa tujuan, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui lokasi dan kondisi lingkungan sekitar,
  2. Mengetahui kondisi rumah dengan nyata,
  3. Mengecek apakah rumah sesuai dengan spesifikasi yang dituliskan developer,
  4. Mensimulasikan apakah rumah cocok untuk Anda atau tidak.

 

#5 Memastikan Developer Terjamin dan Terpercaya

Lagi-lagi diingatkan bahwa tidak semua developer jujur dan bisa dipercaya. Masih banyak developer yang “nakal” dan menghalalkan segala cara demi memperoleh keuntungan lebih.

Bagaimana Strategi Membeli Rumah untuk Pasangan Muda Coba Praktikkan Cara Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cek Dulu Hal-hal Ini Saat Anda Ingin Membeli Rumah Baru Dibangun]

 

Dengan demikian, pastikan bahwa Anda mengetahui dengan jelas reputasi dari developer yang akan Anda pilih.

Misalnya saja, sejak kapan developer berdiri, bagaimana pengalaman orang yang pernah memilih developer tersebut, hingga bagaimana transparansi perusahaan tersebut.

Anda bisa bertanya-tanya juga kepada teman Anda yang mungkin pernah membeli rumah dari developer tersebut untuk lebih pastinya.

 

#6 Mempersiapkan Seluruh Dokumen yang Dibutuhkan

Nah, jika Anda sudah pasti memilih sebuah hunian dari developer tertentu, dan hanya datang ke pameran properti untuk memperoleh promo khusus pameran saja. Anda sebaiknya memperoleh segala dokumen yang dibutuhkan.

Sebagai contoh, siapkan fotokopi KK, KTP, NPWP, dan berkas-berkas lainnya yang biasanya dibutuhkan untuk booking awal.

 

Siap Berburu Rumah di Pameran Properti

Nah, kini Anda sudah tidak perlu ragu lagi untuk datang ke pameran properti bukan?

Anda bisa memperoleh hunian idaman dengan penawaran terbaik jika Anda mempersiapkan 6 hal yang telah dijabarkan di atas.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan kepada teman-teman Anda yang juga sedang kebingungan mencari rumah idamannya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai langkah cari rumah murah di pameran properti lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Akbar. 17 November 2017. Nyari Rumah Murah di Pameran Properti? Lakukan 6 Langkah Ini. Blog.duitpintar.com – https://goo.gl/s7U4F3

 

Sumber Gambar:

  • Rumah Murah di Pameran Properti – https://goo.gl/Hve1nc
  • Cari Rumah Murah di Pameran Properti – https://goo.gl/F4FY8Y

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-12-02T23:49:54+00:00 December 2nd, 2017|Categories: Properti, Rumah|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download