Carvil, Waralaba Sukses Mempertahankan Gelar “Tetap yang Terbaik”

Karena kebutuhan sandang manusia yang tidak dapat dipungkiri, waralaba sandang sejenis Carvil kerap menarik banyak pelaku bisnis di bidang fashion.

Pangsa pasarnya yang luas semakin mempertegas eksistensi bidang fashion ini. Penasaran dengan PT Carvil Abadi?

Simak pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apa itu Waralaba (Franchise)?

Sebagai seorang pebisnis, selalu banyak cara untuk membuka sebuah usaha. Tetapi bagaimana dengan nasib pebisnis pemula yang masih kebingungan bagaimana memulai usahanya?

Jangan khawatir, kini hadir sebuah solusi bisnis yang praktis dan sederhana, yaitu WARALABA.

Secara umum, waralaba merupakan sebuah hubungan kontrak kerja antara pemilik waralaba (franchisor) dan penerimanya (franchisee).

Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dengan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Franchisor dan franchisee berbagi brand yang sama, namun tidak saling terkait satu sama lain. Mengapa demikian?

Franchisee menjual produk atau jasa sesuai dengan ketentuan franchisor, sedangkan franchisor bertugas mengembangkan bisnis waralabanya.

Waralaba tradisional umumnya digunakan untuk memperluas produknya dengan cara distribusi yang luas, namun dengan tetap mempertahankan kualitas yang sama demi kepuasan masyarakat.

Bisnis waralaba tentunya juga merambah di bidang fashion, dimana bidang yang satu ini memang selalu menjadi salah satu kebutuhan sandang masyarakat.

Salah satu yang menonjol adalah PT Carvil Abadi. Ingin mengenalnya lebih dalam?

Melalui artikel berikut, Finansialku akan menjabarkan mengenali waralaba Carvil serta seluruh serba serbinya.

 

Sepatu, Salah Satu Kebutuhan Pokok Manusia

Mengutip dari Wikipedia, kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok (primer) yang dibutuhkan oleh manusia. Kebutuhan pokok manusia terbagi menjadi 3, yaitu sandang, pangan dan papan.

Sandang sendiri berarti kebutuhan pakaian yang diperlukan oleh manusia sebagai makhluk berbudaya. Seiring perkembangan zaman termasuk salah satunya adalah sepatu.

Sepatu atau alas kaki awalnya dibuat untuk melindungi kaki terutama bagian telapaknya, agar aman dari cedera akibat permukaan tanah yang tidak rata, berbatu-batu, panas, atau dingin.

Carvil, Waralaba Sukses Mempertahankan Gelar Tetap yang Terbaik 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Sejarah sepatu disebut-sebut bermula dari abad ke-15 SM, dimana bangsa Mesir digambarkan sibuk bekerja membuat sandal, sedangkan seorang lagi sedang menjahit sepatu dalam lukisan Mesir Kuno di Thebes, Mesir.

Pada zaman itu, sandal dan sepatu dibuat dari bahan-bahan seperti kain, daun palem, papirus, kulit, atau bahan serupa yang dianyam.

Kemudian, sepatu mulai digunakan Bangsa Yunani dan Romawi kuno hingga para prajurit Romawi. Sandal yang banyak digunakan adalah sandal anyaman daun palem dan sandal bertali dengan jari-jari yang terbuka.

Kini, sepatu sudah semakin luas penggunaannya dan mulai berubah dari kebutuhan menjadi sebuah gaya busana (fashion) dengan berbagai hiasan mewah. Bahan yang digunakan dan modelnya pun semakin bervariasi.

Carvil, Waralaba Sukses Mempertahankan Gelar Tetap yang Terbaik 04 - Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Tetapi satu hal yang tidak pernah berubah, manusia tetap membutuhkan sepatu, dan selamanya diestimasikan sepatu akan terus menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi manusia.

Dengan demikian, industri sepatu seperti Carvil tentunya menjadi lahan yang berpotensi memberikan keuntungan secara berkepanjangan.

Sudah tahukah Anda dengan Carvil?

Untuk menghapus rasa penasaran Anda, mari kita lihat rangkuman Finansialku mengenai waralaba sepatu Carvil yang tetap bertahan dan terus menjadi yang terbaik.

 

PT Carvil Abadi

PT Carvil Abadi sudah berkiprah sejak tahun 1978 dan dikenal masyarakat luas sebagai sebuah bisnis penyedia produk sandang berupa sepatu atau sandal.

Brand dagang yang dipilih adalah Carvil, dengan tagline-nya yang kerap muncul di setiap iklannya “Tetap yang Terbaik”.

PT Carvil Abadi merupakan perusahaan lokal asli Indonesia, yang memiliki banyak pesaing di bidangnya, baik dari sesama industri dalam negeri maupun internasional.

Namun PT Carvil Abadi membedakan dirinya dari pesaing dengan cara bergerilya langsung ke tengah masyarakat demi memenangkan persaingan industri sepatu itu.

Dan dengan kualitas yang terjamin Carvil berhasil menarik hati masyarakat.

Tidak berhenti sampai di situ, Carvil juga unggul dari segi harga yang sesuai dengan seluruh segmen pasar.

Carvil pun berkomitmen untuk selalu memberikan produk berkualitas yang nyaman, unik dan trendy, serta memenuhi standar alas kaki terbaik. Oleh karena itulah, Carvil segera diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

Carvil, Waralaba Sukses Mempertahankan Gelar Tetap yang Terbaik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Waralaba? Kenali Dahulu Franchise Minimarket Alfamart!]

 

Seiring perkembangannya, Carvil juga membuat sebuah divisi khusus pengembangan dan penelitian produk, agar bisa terus menghasilkan sepatu yang sesuai dengan trend dan mode fashion dalam negeri yang terus berubah dari waktu ke waktu.

Dengan pengalaman lebih dari 38 tahun lamanya, kini Carvil menjadi salah satu merek sepatu yang pantas diperhitungkan. Nama besarnya masih eksis dengan gagahnya dalam pasar produk alas kaki.

Carvil juga berhasil memperoleh beberapa penghargaan, misalnya pada tahun 2015 kemarin.

Dalam ajang penghargaan kompetisi merek paling top di Indonesia, Carvil memenangkan Top Brand Award dalam kategori sepatu dan sandal. Selain itu, Carvil juga dinobatkan sebagai Indonesia Digital Popular Brand Awards, yaitu merek paling populer di dunia digital.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Ini membuktikan perkembangan PT Carvil Abadi, yang bukan hanya mengalahkan merek-merek nasional lainnya, namun juga sudah pantas bersanding dengan merek internasional kenamaan.

 

Perkembangan Carvil Mendorongnya untuk Terjun di Bidang Waralaba

Melihat perkembangannya yang selalu positif, PT Carvil Abadi melebarkan sayapnya dengan membuka toko ritel sendiri dengan merek Carvil sejak tahun 2011.

General Manager Carvil, Ivan Kong mengungkapkan bahwa toko pertama yang dibuat masih berupa toko bazaar dan dikembangkan sendiri.

Namun dengan pembuktian eksistensinya, Carvil menunjukkan gelar “tetap yang terbaik” bukanlah omong kosong belaka.  Bahkan dengan menjadi yang terdepan dalam industri ini, kini semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk menginvestasikan uangnya dalam mengembangkan bisnis ritel sepatu dan sandal ini.

Carvil, Waralaba Sukses Mempertahankan Gelar Tetap yang Terbaik 05 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Oleh karena itulah, sejak tahun 2012 Carvil mulai mengembangkan sebuah sistem kemitraan yang terbuka lebar bagi calon investor yang tertarik dalam bidang ini.

Perkembangannya tidak main-main. Hanya dalam 2 tahun saja, 80 toko ritel sudah berdiri di berbagai wilayah di Indonesia, 25 di antaranya adalah milik mitra.

Carvil kemudian melanjutkan kesuksesannya dengan menjaring mitra-mitra potensial pada beberapa target pasarnya. Bahkan data yang diperoleh per Desember 2015, 40% dari 140 toko yang ada adalah milik franchisee.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Tidak berhenti sampai di situ, kini Carvil merambah ke produk sandang lainnya dan memutuskan untuk mengubah nama outlet yang sebelumnya adalah Toko Bazaar Carvil menjadi Toko Carvil Retail Store.

Ivan mengungkapkan:

“Jadi sekarang kami menyediakan seluruh jenis fashion kepada pelanggan, mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki tersedia dalam satu toko.”

 

Ya, Carvil kini bukan hanya menjual sepatu dan sandal, namun juga polo shirt, T-shirt, jeans, jaket jeans, celana Bermuda, kemeja, baju koko, tas punggung, tas wanita, dan masih banyak lagi.

Harga yang ditawarkan tetap terjangkau, yakni mulai dari Rp50.000 hingga Rp450.000. Tidak hanya itu, standar kualitasnya tetap dipertahankan agar bisa setara dengan kualitas luar negeri. Ditambah lagi adanya pelayanan after sales berupa garansi untuk setiap produknya. Luar biasa sekali!

 

Prospek Waralaba Carvil

Apabila melihat perkembangan waralabanya, tentunya menarik banyak investor termasuk Anda. Tetapi berapa sih harga waralaba bisnis sepatu dan sandal ini?

Deputi General Manager Carvil, Jenny Sugijantoro menjabarkan bahwa investasi produk sandang ini berbeda-beda tergantung pada wilayah dan luas lokasi yang akan digunakan.

Carvil, Waralaba Sukses Mempertahankan Gelar Tetap yang Terbaik 06 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Waralaba? Ini Dia 8 Jenis Franchise yang Perlu Anda Ketahui]

 

Namun, menurutnya dana yang dibutuhkan berkisar dari Rp100.000.000 hingga Rp145.000.000.

Harga itu mencakup keutuhan peralatan toko berupa pendingin ruangan, CCTV, P.O.S, computer, peralatan display toko, dan perlengkapan lainnya, namun tidak termasuk biaya sewa lokasi.

“Kami tidak mengenakan franchise fee, seluruh investasi mitra berguna untuk peralatan toko miliknya. Untuk stok produk dan barang kami yang supply semua, mitra tak perlu bayar lagi. Kemudian biaya perizinan dan pajak reklame juga dari kami.”

 

Nah, luas lokasi yang disarankan adalah sekitar 100m2 hingga 120 m2, dimana sebagiannya untuk toko dan sebagian sisanya untuk gudang stok barang.

Ruko dua lantai seluas 60m2 juga dianggap masih ideal, dimana lantai 1 akan dijadikan toko dan lantai 2 menjadi gudang.

Selanjutnya dalam operasional toko dan perizinan akan menjadi tanggung jawab manajemen Carvil sepenuhnya, tetapi Anda berhak mengajukan SDM bagi toko yang dimiliki. Anda kemudian bisa memperoleh profit sebesar 13,5% dari total omzet per bulan.

Sistem yang digunakan disebut operate by franchisor, namun Jenny mengungkapkan bahwa mulai tahun 2017 Carvil akan mengembangkan sistem baru berupa operate by franchisee dengan margin keuntungan yang berbeda.

Sistem ini diperuntukkan bagi mitra berlatar belakang purna karya atau pensiunan.

Menurutnya, segi investasinya tidak akan jauh berbeda, dimana dukungan dan suplai barang juga akan tetap sama seperti sebelumnya.

Dukungan promo diskon atau marketing juga tetap akan didukung dari pusat berikut biaya reklame dan promosi juga tetap menjadi tanggungan manajemen pusat.

Carvil, Waralaba Sukses Mempertahankan Gelar Tetap yang Terbaik 0 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Waralaba? Kenali Dahulu Struktur Jaringan Waralaba Agar Anda Sukses Berbisnis Waralaba]

 

Tertarik Menjadi Mitra Carvil?

Setelah melihat perkembangan bisnis yang sudah melanglangbuana sejak tahun 1978 ini, apakah Anda ingin menjadi mitra bisnisnya?

Jika berminat, Anda bisa memperoleh informasi kemitraannya melalui kontak berikut ini:

Jl. Muara Baru No. 1A, Jakarta Utara

Franchise@carvil.co.id

 

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis dalam bidang alas kaki yang tentunya sudah berpengalaman di bidangnya.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai waralaba Carvil lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Heksa Ragil Pamungkas, Dian Eko Prasetio, Ramdhan Anugerah. 2017. 250 Franchise Business Prospects 2017
  • Carvil. Franchise. Carvil.co.id – https://goo.gl/tRUZR5

 

Sumber Gambar:

  • Waralaba Sukses – https://goo.gl/PiWUMo dan https://goo.gl/x7CDGA
  • Carvil Abadi – https://goo.gl/5cuNm7 dan https://goo.gl/wFCmYy
  • Sandal Carvil – https://goo.gl/FTVRtY dan https://goo.gl/Zf75B6

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By |2017-11-20T22:14:09+00:00November 21st, 2017|Categories: Waralaba (Franchise)|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment