Bagi Anda yang sudah atau berencana menikah dan memiliki momongan, sudahkah mempersiapkan checklist dana pendidikan untuk anak di masa depan?

Biaya pendidikan semakin tinggi dari tahun ke tahun. Supaya tidak memberatkan Anda, dana pendidikan perlu dipersiapkan sedini mungkin. Tapi, Anda harus mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan.

Yuk simak checklist dana pendidikan yang perlu Anda perhitungkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kapan Waktu Yang Paling Tepat Untuk Mempersiapkan Dana Pendidikan?

Mungkin saat ini Anda belum terpikirkan untuk mempersiapkan dana pendidikan. Bisa jadi karena Anda belum menikah atau belum memiliki anak.

Namun, biaya pendidikan dari tahun ke tahun semakin meningkat. Tentunya, berutang bukanlah jalan yang tepat. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkannya sedini mungkin.

Checklist Dana Pendidikan_ Uangnya Udah Siap Belum_ 02

[Baca Juga: Orang Tua Baru, Inilah Perencanaan Dana Pendidikan Untuk Anak Anda! Lakukan Langkah Ini]

 

Ada langkah awal untuk mengetahui biaya pendidikan, yaitu menghitung Future Value. Istilah ini sering dipakai untuk memperkirakan biaya di masa depan berdasarkan biaya di masa kini.

Dalam hal ini, menghitung biaya pendidikan masa depan berdasarkan biaya pendidikan saat ini. Masalahnya, biaya pendidikan rata-rata setiap tahunnya naik sekitar 20%.

Untuk itu, jika Anda saat ini sudah merasa dana pendidikan anak sudah cukup, jangan merasa berhasil dulu. Anda perlu menambahkan kenaikan 20% tersebut pada dana Anda.

Untuk memprediksi biayanya, Anda perlu memperbanyak informasi mengenai biaya di sekolah yang Anda rencanakan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini checklist dana pendidikan yang harus Anda siapkan:

 

#1 Dana Pendaftaran Ulang

Dana ini biasanya dibutuhkan di awal tahun ajaran. Perlu diingat juga bahwa biaya pendaftaran ulang bukan hanya dikenakan untuk siswa baru saja, tetapi juga siswa yang naik kelas.

Tradisi daftar ulang meliputi beberapa kepentingan administrasi seperti buku pelajaran, pemeliharaan sekolah, juga uang SPP untuk bulan pertama tahun ajaran. Tentunya, biaya di setiap sekolah akan berbeda-beda tergantung fasilitas serta sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar.

 

#2 Biaya Kegiatan di Sekolah dan di Luar Sekolah

Biaya ini tak kalah pentingnya untuk membiayai kegiatan penunjang pendidikan anak. Misalnya saja, biaya ekstrakurikuler, biaya piknik/outbound, dan juga biaya kursus yang dibutuhkan anak Anda.

 

#3 Biaya SPP

Dana untuk SPP sangat krusial. Perlu diingat bahwa Anda hidup bukan hanya untuk masa kini saja, tetapi juga masa depan.

Karena itu, Anda perlu menyiapkan uang SPP untuk beberapa bulan ke depan. Hal tersebut perlu Anda lakukan supaya pembayarannya dapat teratur.

Checklist Dana Pendidikan_ Uangnya Udah Siap Belum_ 03

[Baca Juga: Menghitung Biaya Pendidikan: Sekolah Nasional, Sekolah Nasional Plus dan Sekolah Internasional]

 

Selain itu, dengan memiliki uang SPP beberapa bulan selanjutnya, Anda dapat menghindari krisis finansial. Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti.

Bisa saja terjadi sesuatu hal yang membuat keuangan Anda tidak lancar. Nah, dengan mempersiapkannya di awal, Anda dapat mengurangi stres Anda.

 

#4 Biaya Alat Tulis dan Perlengkapan Belajar

Alat tulis perlu diupdate secara berkala. Pasalnya, seringkali alat tulis hilang atau telah habis, atau rusak. Oleh karena itu, Anda perlu mengeceknya secara rutin.

Untuk yang satu ini, Anda juga perlu memiliki budget. Dengan cara membuat daftar apa saja yang diperlukan, Anda bisa menghemat pengeluaran.

Selain itu, Anda pun perlu memberitahu sang anak untuk merawat alat tulis dan perlengkapan belajarnya sendiri.

 

Biaya Pendidikan Begitu Besar. Bagaimana Cara Mendapatkan Uangnya?

Setelah Anda melakukan checklist dana yang harus disiapkan, ternyata biayanya bisa dibilang tidak murah. Pasti rasanya seolah mustahil bisa mendapatkan uang sebanyak itu.

Nah, jangan khawatir soal itu karena Finansialku akan membagi cara untuk memenuhi dana pendidikan tersebut. Salah satunya, dengan investasi.

Checklist Dana Pendidikan_ Uangnya Udah Siap Belum_ 04

[Baca Juga: Tolak Penggunaan Utang Untuk Biaya Kuliah Anak]

 

Menabung memang wejangan para orang tua di masa lalu. Namun zaman telah berubah. Pola pikir masyarakat yang telah teredukasi pun berkembang.

Sampai ada yang mengatakan bahwa menabung hanya akan membuat kaya bank tempat Anda menyimpan uang. Soalnya, uang Anda akan tergerus oleh biaya administrasi dan inflasi.

Maka dari itu, berinvestasilah. Cukup berinvestasi secara rutin. Karena itu, investasi jangka panjang bisa jadi solusinya. Namun, pertimbangkan juga untuk menggunakan beberapa jenis instrumen investasi.

Seperti yang dikatakan Warren Buffet, do not put all your eggs in one basket. Berinvestasi di satu instrumen saja sangat riskan. Karena itu, akan lebih baik jika disimpan di beberapa instrumen investasi.

Apa saja itu? Berikut rekomendasi dari Finansialku:

 

#1 Emas

Investasi emas sudah dipercaya sebagai investasi jangka panjang yang aman dan menguntungkan. Karena itu, emas menjadi pilihan instrumen investasi yang populer di masyarakat Indonesia.

Dalam jangka waktu panjang, harga emas cenderung naik. Oleh karena kenaikan harga yang bisa sampai 22% per tahun, emas dapat memenuhi dana pendidikan anak Anda.

Untuk para pemula dan baru saja mengenal investasi emas, jangan khawatir. Finansialku memiliki e-book gratis yang bisa Anda unduh di bawah ini.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#2 Reksa dana

Jika Anda orang yang cukup sibuk, reksa dana menjadi wadah yang tepat untuk berinvestasi. Uang yang Anda investasikan akan dikelola oleh Manajer Investasi.

Return yang ditawarkan pun bervariasi sehingga Anda bisa lebih fleksibel memilih produk mana yang cocok dengan dana pendidikan Anda.

Jika Anda berminat untuk berinvestasi reksa dana, jangan lupa untuk membaca dulu e-book Investasi Reksadana Untuk Pemula yang bisa diunduh gratis.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#3 Saham

Investasi saham bisa memberikan return yang tinggi jika memiliki ilmunya. Namun, hal tersebut sepadan dengan risikonya.

Maka dari itu, untuk memperkaya pengetahuan Anda supaya bisa menambah pundi-pundi dana pendidikan, bacalah e-book Investasi Saham Untuk Pemula dengan mengunduhnya secara gratis di bawah ini.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Dana Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan

Walaupun biaya pendidikan mahal, janganlah Anda berutang. Usahakan untuk bisa memenuhinya tanpa berutang sana-sini. Utang hanya akan membuat hidup Anda sengsara.

Ibarat peribahasa gali lubang, tutup lubang, utang hanya akan menjerumuskan Anda ke dalam lingkaran setan yang tak berujung. Sekalinya berutang, Anda akan berutang lagi untuk menutupi utang sebelumnya.

Jika saat ini Anda melakukan kesalahan pengelolaan keuangan Anda di masa lalu, Anda dapat berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Bersertifikat (CFP) kami melalui fitur Tanya Jawab dari aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Anda bisa gunakan aplikasi ini untuk mencatat dan merencanakan keuangan Anda. Anda juga dapat melakukan upgrade ke akun PREMIUM untuk menggunakan seluruh fiturnya.

Gunakan kode promo POTONG50RIBU untuk berlangganan PREMIUM yang lebih ekonomis. Anda bisa klik banner di bawah ini untuk bergabung.

Bagaimanapun juga, pendidikan adalah warisan terbaik dari orangtua untuk anaknya. Maka, jangan sia-siakan kesempatan untuk menyiapkan dana pendidikan sedini mungkin.

 

Setelah Anda membaca artikel ini, gambaran detail mengenai dana apa saja yang dipersiapkan untuk pendidikan anak Anda?

Mungkin banyak teman atau keluarga Anda yang juga harus diingatkan untuk mempersiapkan dana pendidikan.

Untuk itu, jika Anda share informasi ini, Anda akan membantu mereka untuk memberikan warisan terbaik untuk generasi selanjutnya.

 

Sumber Referensi:

  • Finley Susanto. Checklist Biaya Tahun Ajaran Baru 2018/2019. Uangnya Sudah Siap Belum? Amalan.com – http://bit.ly/2n3HdcG
  • Walter P. Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Dengan Investasi. Koinworks.com – http://bit.ly/2n9SPuU
  • Ulfa Arieza. 12 Juni 2019. Cermat Berinvestasi untuk Biaya Pendidikan Anak. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/2nNebP3
  • Zara. 20 November 2018. Menghitung Perkiraan Biaya Pendidikan di Masa Depan. Theurbanmama.com – http://bit.ly/2nNex8l

 

Sumber Gambar:

  • Checklist Dana Pendidikan 01 – http://bit.ly/2ohA89c
  • Checklist Dana Pendidikan 02 – http://bit.ly/339FmlY
  • Checklist Dana Pendidikan 03 – http://bit.ly/2nNdLbr
  • Checklist Dana Pendidikan 04 – http://bit.ly/2n30IC

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang