Inilah 7 Ciri-Ciri Investor Sukses yang Bisa Anda Contoh Agar Sukses Berinvestasi

Seperti apakah ciri-ciri investor yang sukses? Tentunya kita semua pernah banyak mendengar kisah orang yang sukses dalam berinvestasi, apapun instrumen investasinya. Di antara berbagai macam orang tersebut, ada kesamaan yang menghubungkan kesemuanya. Dalam artikel kali ini, mari kita kenali apa saja ciri-ciri investor sukses.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Ciri-ciri Investor Sukses

Setiap investor adalah pemegang kunci keberhasilan bagi portofolio investasinya masing-masing. Salah satu kunci penting yang menjadikan seorang investor sukses dalam kegiatan berinvestasinya adalah karakternya.

Karakter ini pun tidak terbentuk secara instan, namun melalui pengalaman panjang semenjak investor tersebut belum mencapai kesuksesan. Berikut adalah tujuh ciri yang dapat kita temui dalam diri masing-masing investor yang telah sukses.

 

#1 Bertanggung Jawab

Investor yang sukses dapat mempertanggungjawabkan segenap pengeluaran yang diperolehnya. Mereka mengamati dengan cermat perputaran uang yang mereka miliki, dan menerapkan prinsip yang ketat terhadap pengelolaan uangnya.

Hal ini bukan berarti mereka adalah orang yang pelit, namun dengan bertanggung jawab terhadap uang yang dimiliki, artinya investor tersebut adalah orang yang disiplin dan tidak ceroboh. Kesuksesan yang diraih oleh investor ini sebetulnya merupakan hasil dari menunda kesenangan yang dijalankannya.

Biasanya, bila berhadapan dengan jumlah uang yang melimpah, cenderung membuat seseorang bersikap seperti tuan yang royal. Pada kenyataannya, uang harus diatur dengan tanggung jawab, termasuk memperhitungkan manfaat dari penggunaan uang tersebut, apakah bermanfaat atau tidak.

ciri ciri investor sukses

[Baca Juga: Para Karyawan, Gaji Minim Bukan Alasan Tak Berinvestasi]

 

Wujud dari tanggung jawab seorang investor sukses, ditampakkan dengan mempertahankan kecermatannya dalam melakukan investasi. Dalam kesuksesannya, investor tersebut tidak terlena dan tetap mengelola uangnya seperti saat dia masih merintis kesuksesan.

Dengan kata lain, sikap seorang investor yang sukses tidak jauh berbeda dengan sikapnya sewaktu belum sukses. Sama-sama bertanggung jawab.

 

#2 Sabar

Selain tanggung jawab, kesabaran juga merupakan sifat yang mencolok di antara para investor yang sukses. Investor yang berhasil biasanya tidak bersikap gegabah dan latah terhadap tren investasi yang berlangsung.

Kesabaran seorang investor ini terlihat ketika investor tersebut memegang sebuah instrumen investasi yang dibelinya berdasarkan analisis yang dilakukannya dan menunggu nilainya naik sesuai valuasi yang dihitung olehnya.

Ia tidak akan buru-buru mencairkan hasil investasinya hanya karena terhimpit oleh kebutuhan yang bersifat konsumtif. Investor tipe ini dapat melakukan pola hidup yang sangat sederhana dan dapat mempergunakan uangnya secara ketat agar kegiatan investasinya tidak terganggu.

Kesabaran juga menunjukkan bahwa sukses yang sebenarnya adalah sukses yang melewati proses, bukan sukses yang terjadi secara tiba-tiba. Investasi yang sukses dijalankan olehnya pun membutuhkan proses yang tidak instan dan pastinya memerlukan kesabaran ekstra untuk tetap menunggu nilai investasinya naik.

 

Gratis Download Ebook Panduan Berinvestasi Saham untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#3 Tekun Membaca

Investor yang sukses, khususnya investor saham, biasanya sangat tekun membaca. Mereka tidak pernah malas untuk membaca dan terus menerus mempelajari investasi yang dijalankannya.

Contohnya Lo Kheng Hong, seorang investor saham yang sukses dan bebas finansial, kegiatan yang dilakukan sehari-harinya adalah membaca dan tidak pernah ketinggalan untuk mengetahui berita-berita perusahaan dan laporan keuangan perusahaan yang terbaru.

Investor sukses selalu rajin mencari data dan mempelajarinya, baik untuk dianalisis secara teknikal atau secara fundamental. Seorang investor mungkin saja melakukan analisis teknikal dalam pengambilan keputusan investasinya.

Dia mempelajari data historikal pergerakan harga instrumen investasi yang dibelinya. Analisis teknikal sendiri merupakan analisis pergerakan harga untuk memprediksi arah harga selanjutnya.

Lo Kheng Hong Ciri-Ciri Investor Sukses

[Baca Juga: Kisah Sukses Lo Kheng Hong, Investor yang Bebas Finansial]

 

Investor sukses, selain membaca data pergerakan harga tersebut, mereka juga memadukannya dengan analisis fundamental, yaitu analisis yang meneliti data-data ekonomi, baik negara, global, industri, maupun perusahaan, termasuk membaca data laporan keuangan dan berita-berita ekonomi, dan menghitung rasio-rasionya.

Dengan menggabungkan kedua analisis teknikal dan fundamental tersebut, investor sukses bisa membuat keputusan investasi yang berbuah keuntungan yang besar.

 

#4 Tidak Serakah

Uang memang hal yang penting, namun bukan berarti kesuksesan berinvestasi Anda perlu diukur dengan sejauh mana Anda bisa meraup untung.

Uang memang memegang peranan penting dalam kehidupan Anda, bahkan seorang investor yang sukses pun mempertaruhkan hidupnya untuk mencari profit secara finansial. Meskipun demikian, ada garis batas yang jelas bahwa uang hanyalah alat, dan bukan tujuan.

Uang hanyalah alat untuk hidup. Dengan memiliki uang yang banyak, Anda bisa hidup dengan lebih nyaman. Anda bisa lebih didengar, dan Anda bisa membantu orang lebih banyak. Namun, uang itu sendiri bukanlah tujuan berinvestasi. Bukan uang yang menentukan kebahagiaan hidup Anda, namun Anda sendiri.

Terkadang investor yang sukses pun tahu, bahwa apa uang menjadi kesuksesannya tidak lebih merupakan kesuksesan dalam sebuah permainan. Ia tetap memiliki dunia nyata yang ada di luar permainan tersebut, itulah mengapa seorang investor sukses tidaklah serakah.

Ingatlah hal ini, bukan uang yang menjadi tuan Anda, namun Andalah yang menjadi tuan dari uang yang Anda miliki. Terkadang uang menjadi sebab utama yang mendorong orang untuk melakukan hal yang tidak sepantasnya, namun sebetulnya manusialah yang seharusnya memegang kendali penuh atas uangnya, untuk digunakan sebagai alat yang bisa mengangkat kualitas hidupnya.

 

#5 Mau Berbagi Pengetahuan

Investor yang sukses biasanya tidak pernah pelit berbagi pengetahuan yang dimilikinya. Dia tak akan berkeberatan membagikan ilmu dan tips-tips investasinya kepada investor-investor pemula yang baru memulai melangkah masuk ke dunia investasi.

Investor yang sudah mencapai kesuksesan tidak lagi melulu memikirkan keuntungan saja, sehingga dia tak perlu merahasiakan ilmu investasinya.

Ciri-Ciri Investor Sukses

[Baca Juga: Tujuh Tingkat Investor: Belajar Menjadi Investor Tingkat Tinggi]

 

Dengan berbagi ilmu investasi, ia ingin membantu investor pemula yang lebih muda untuk sukses. Melihat investor senior yang sukses dan mau berbagi pengetahuan pun pastinya akan membuat para investor pemula antusias dengan sangat optimis dengan dunia investasi.

Dengan membantu investor-investor muda pun, ia juga membantu aktivitas perekonomian, semakin banyak investor, semakin baik perekonomian kita.

Yuk Daftar Uber Driver
Yuk Daftar Uber Driver

 

#6 Telah Mencapai Tujuan Investasi

Mencapai tujuan investasi adalah tonggak kesuksesan seorang investor. Bila Anda baru berada setengah jalan dari tujuan investasi Anda, maka Anda belum dapat dikatakan sukses berinvestasi. Masih ada setengah jalan yang harus Anda jalani, dan Anda masih perlu meniti jalan menuju kesuksesan investasi.

Untuk bisa mencapai tujuan investasi, seorang investor haruslah disiplin dan konsisten terhadap tujuan investasi, terutama investor jangka panjang. Godaan terbesar yang dapat menggagalkan seorang investor mencapai tujuan investasi adalah hasrat untuk menikmati hasil investasinya dengan segera.

Banyak investor yang tidak mempunyai kedisiplinan dalam berinvestasi lebih memilih mencairkan hasil investasinya dan menggunakannya untuk hal yang tidak sesuai dengan tujuan investasinya.

Tolak ukur kesuksesan berinvestasi ini sebetulnya sederhana. Bila Anda berinvestasi untuk hari tua, maka gunakanlah untuk berlibur ketika pensiun nanti. Bila Anda berinvestasi selama 5 tahun untuk membeli rumah, maka 5 tahun kemudian belilah rumah dari hasil investasi Anda.

Ciri-Ciri Investor Sukses

[Baca Juga: Ini 3 Langkah Mengelompokkan Tujuan Keuangan Agar Lebih Mudah Dicapai]

 

#7 Hasil Investasi Digunakan Kembali Untuk Hal Produktif

Investor sukses jarang menggunakan uang hasil keuntungan berinvestasinya untuk berfoya-foya dan mengumbar sifat konsumtifnya. Uang hasil keuntungannya biasanya akan digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan yang produktif, seperti diinvestasikan kembali untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar, membangun bisnis, atau membeli rumah (properti).

Walaupun menggunakan uang hasil keuntungan yang didapatkan untuk keperluan konsumtif bukan hal yang salah, dan merupakan hak setiap orang, namun bukan berarti seorang investor tidak perlu menginvestasikan uangnya kembali lantaran sudah untung.

Memang produktif bukan melulu dihitung dengan tolak ukur keuangan, Anda juga bisa memanfaatkan hasil investasi Anda untuk mengejar passion Anda, seperti melanjutkan kuliah, membuat karya seni, dan lain-lain.

Investor yang menggunakan keuntungan investasinya untuk hal produktif pun biasanya bukan tipe orang yang melulu memikirkan keuntungan finansial. Ia mencintai proses investasi itu sendiri, dan menaruh seluruh perhatiannya di situ. Menurutnya, ada nilai yang lebih besar daripada sekedar keuntungan finansial semata, yaitu proses, pengalaman, dan gairah berinvestasi.

 

Membangun Karakter Investor Sukses

Karakter memang hal yang penting untuk dibangun sebagai investor yang menginginkan kesuksesan berinvestasi. Investor sukses sudah memiliki karakter yang kuat dan teruji seperti yang disebutkan di atas. Itulah ketujuh ciri-ciri dari investor sukses.

Dengan membentuk karakter yang demikian, diharapkan Anda sebagai investor dapat meniti menuju kesuksesan. Selamat berinvestasi!

 

Itulah ketujuh ciri-ciri dari investor sukses. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki beberapa atau semua ciri-ciri yang disebutkan di atas? Sudah siapkah Anda berinvestasi? Mari ceritakan pendapat Anda dengan menulis komentar di kolom berikut. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tim Wesfix. 2015. Investasi Itu “Dipraktekin”. Jakarta: PT Gramedia

 

Sumber Gambar:

  • Asian Businessman 1 – https://goo.gl/zTZ7rC
  • Asian Businessman 2 – https://goo.gl/vU5h9q

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-12-10T13:58:48+00:00 May 31st, 2017|Categories: Investasi|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Harris Darmawan
Harris Darmawan S.Ds, menyelesaikan pendidikan sarjana di program studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain di Universitas Tarumanagara (UNTAR). Memiliki ketertarikan di bidang saham dan pasar modal. Mulai berinvestasi saham sejak awal tahun 2016

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download