Cocok Untuk Mahasiswa! Pilihan Investasi Modal Minim yang Bisa Kamu Lakukan

Apakah bisa memulai investasi modal minim? Apakah bisa untung besar? Bagaimana caranya? Tentu saja bisa.

Mari kita lihat investasi apa saja yang bisa kamu lakukan dengan modal minim.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Modal Minim untuk Mahasiswa

Halo guys, kalian mau investasi tapi gak punya modal yang besar? Yahh… jadi gak bisa investasi deh.

Eitss… tunggu dulu, kata siapa kamu gak bisa investasi kalau hanya punya modal minim? Sekarang ini ada banyak investasi yang bisa kamu lakukan hanya dengan modal minim lho guys.

Pilihan Investasi Modal Minim 02 Investasi Modal Minim 2 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk! Kenalan dengan Investasi]

 

Kamu tidak perlu pusing atau bingung jika kamu ingin berinvestasi namun hanya memiliki modal yang minim. Kamu bisa memilih investasi modal minim yang paling sesuai dengan kamu.

Apa saja sih investasi yang bisa dilakukan dengan modal minim? Penasaran? Yuk, langsung aja kita lihat instrumen investasi dengan modal minim.

 

6 Instrumen Investasi Modal Minim

Kali ini artikel Finansialku akan berbagi instrumen-instrumen investasi dengan modal minim. Berikut 6 instrumen investasi modal minim. Check it out!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#1 Investasi Reksadana

Reksa dana merupakan instrumen investasi yang sangat cocok bagi pemula. Mengapa? Karena investasi reksadana bisa dilakukan dengan modal yang minim dan risiko investasinya tergolong rendah.

Modal invetasi reksadana bahkan bisa dimulai hanya dengan Rp100.000 saja lho, wah menarik bukan?

Secara umum, terdapat 4 jenis reksa dana yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham.

Keunggulan investasi di reksa dana adalah risiko tergolong rendah karena produk lebih terdiversifikasi. Kamu juga tidak perlu bingung uang kamu harus diletakkan dimana agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Investasi di reksa dana terdapat manajer investasi yang akan mengatur uang kamu.

Pilihan Investasi Modal Minim 03 Investasi Modal Minim 3 - Finansialku

[Baca Juga: Produk Investasi Apa yang Cocok untuk Saya?]

 

Sekarang, kamu juga bisa melakukan investasi reksa dana secara online lho.

Sudah ada banyak reksa dana yang dijual secara online seperti reksa dana di Bareksa.com, Reksa Dana Manulife, dan lain sebagainya.

Namun, terdapat biaya-biaya lainnya ketika kamu berinvestasi di reksa dana seperti biaya pembelian, biaya penjualan, biaya pengalihan, biaya untuk manajer investasi dan sebagainya.

Untuk kamu yang mau lebih mengenal investasi reksa dana kamu bisa download e-book dari Finansialku tentang panduan berinvestasi reksa dana untuk pemula.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#2 Investasi Obligasi

Obligasi juga merupakan instrumen investasi yang dapat dilakukan dengan modal minim. Obligasi dapat dikatakan sebagai surat utang pemerintah atau bisa juga surat utang perusahaan kepada para investor.

Ada 2 jenis obligasi yaitu, obligasi pemerintah dan obligasi perusahaan. Terdapat berbagai jangka waktu obligasi. Pada umumnya di Indonesia jangka waktu obligasi sekitar 1 hingga 10 tahun.

Jangka waktu obligasi juga menentukan imbal balik yang akan kamu terima. Imbal balik dari investasi obligasi adalah bunga kupon.

Risiko investasi ini juga tergolong rendah. Investasi obligasi cukup aman dan terjamin, terutama obligasi pemerintah.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Investasi Saham

Ketika mendengar investasi saham banyak orang awam yang masih menganggap investasi saham membutuhkan modal yang besar. Selain itu, investasi saham juga dikenal sebagai instrumen investasi yang high risk.

Eitss jangan salah, sekarang investasi saham dapat dilakukan dengan modal yang sangat minim lho. Bahkan hanya dengan Rp100.000 kamu sudah bisa memulai investasi saham.

Risiko di investasi saham juga sebenarnya bisa diminimalisir kok guys dengan memahami pasar saham, cara memilih saham yang benar, bagaimana pergerakannya, dan sebagainya.

 

Sekarang, kamu juga sudah bisa berinvestasi saham dengan mudah dan cepat. Apalagi, di zaman yang sudah serba modern ini, kamu bisa membeli saham secara online.

Sudah terdapat banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan online trading seperti Indo Premier Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas, Philip Sekuritas, dan sebagainya.

Keunggulan investasi saham yaitu kamu bisa mendapatkan return yang cukup besar. Return kamu bahkan bisa mencapai 100% atau lebih. Menarik bukan?

Namun seperti yang kita ketahui, high risk high return. Jadi pelajari terlebih dahulu saham apa yang akan kamu beli. Jangan jual beli saham asal-asalan ya guys.

Pastikan kamu benar-benar mengetahui saham apa yang kamu beli, sehingga return yang didapatkan pun bisa sesuai dengan ekspektasi kamu.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#4 Investasi Logam Mulia atau Emas

Investasi logam mulia atau emas ini juga cocok buat kalian yang mau berinvestasi dengan modal minim. Tidak dapat dipungkiri harga logam mulia cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Investasi logam mulia juga dapat dilakukan dengan mudah. Kamu bisa langsung membeli emas secara tunai. Jika kamu masih belum memiliki cukup uang untuk membeli emas batangan, kamu bisa menabungnya terlebih dahulu.

 

Menabung emas, gimana tuh? Mungkin banyak dari kalian yang masih bertanya-tanya bagaimana cara menabung emas. Sekarang ini sudah ada tabungan emas, contohnya di pegadaian.

Pegadaian memiliki produk bernama Tabungan Emas Pegadaian. Jadi, dengan menabung disini berarti kamu bisa membeli emas sedikit demi sedikit.

Keunggulan investasi emas adalah kamu bisa mendapatkan return yang cukup lumayan dan membantu menangkal inflasi.

Namun, meskipun harga emas cenderung naik tapi harga emas juga  fluktuatif sehingga nilai investasi emas tidak dapat ditentukan dengan pasti di masa yang akan datang.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#5 Investasi di Usaha Kecil

Buat kamu yang memiliki jiwa kewirausahaan, ingin jadi entrepreneur, pantang menyerah, dan memiliki mental yang kuat, investasi di usaha kecil cocok banget nih buat kamu.

Di zaman sekarang ini, gak semua entrepreneur dimulai dari modal yang besar kok. Dengan modal yang kecil saja kamu sudah bisa jadi entrepreneur lho  guys.

Contoh usaha dengan modal kecil adalah online business. Online business membutuhkan modal yang sangat kecil, atau bahkan hampir tidak perlu modal. Kamu juga bisa jual beli pulsa dengan modal yang minim.

Selain itu, jika kamu mau jadi pengusaha tapi mau meminimalisir risiko gagal, franchise atau wara laba bisa jadi solusinya.

Pengalaman Investasi P2P Lending 01 - Finansialku

[Baca Juga: Risiko dari Investasi]

 

Banyak franchise yang tidak terlalu membutuhkan modal yang begitu besar kok. Jadi, bisa dicoba ya.

Oh ya, jika kamu mau menanamkan modal kamu, kamu juga bisa bekerja sama dengan pemilik usaha lho guys, jadi kamu bisa menjadi investor disana.

Tentunya, hal ini harus sesuai kesepakatan antara kamu dan pemilik usaha ya.

Keunggulan investasi di usaha kecil, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar bahkan berkali-kali lipat dari modal kamu. Namun, risiko yang dimiliki pun juga besar.

 

#6 Investasi Barang Koleksi

Pilihan investasi modal minim lainnya adalah dengan koleksi barang. Banyak macam barang yang bisa kamu jadikan barang koleksi seperti patung, lukisan, miniatur, koin, dan barang-barang antik lainnya.

Tips Buat Mahasiswa Investasi 03 Investasi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mudah Investasi Untuk Mahasiswa: Belajar Berinvestasi Dari Sekarang!]

 

Mungkin untuk sebagian besar orang menganggap investasi ke barang koleksi merupakan investasi kuno. Atau bahkan, mereka menganggap barang-barang koleksi hanya sekedar untuk koleksi saja, bukan untuk investasi.

Padahal, perlu diketahui bahwa nilai jual barang koleksi bisa sangat tinggi, apalagi jika memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Keunggulan investasi barang koleksi adalah nilai jual barang koleksi bisa sangat tinggi bahkan ratusan kali lipat dari harga aslinya apalagi jika memiliki nilai histori yang tinggi.

Namun, menjual barang koleksi tidaklah mudah, sehingga investasi barang koleksi tidak terlalu likuid.

 

Kamu Bisa Investasi dengan Modal Minim

Setelah mengetahui berbagai macam investasi diatas, kamu bisa memilih investasi modal minim yang paling sesuai sama kamu. Setiap investasi terdapat keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Apakah-Anda-Melakukan-Kesalahan-Investasi-2-Finansialku

 

[Baca Juga: 6 Investasi untuk Mahasiswa yang Penting untuk Kamu Ketahui]

 

Risiko di setiap instrumen investasi pun juga berbeda-beda. Kamu dapat memilih instrumen investasi modal minim yang sesuai dengan profil risiko kamu ya guys.

Dan juga, jangan lupa untuk tentukan tujuan keuangan kamu terlebih dahulu sebelum memilih investasi.

Dengan adanya berbagai macam investasi modal minim, jadi gak ada alasan lagi kalau kamu gak bisa investasi karena modal minim. Selamat berinvestasi guys.

 

Jadi investasi mana nih yang akan kamu pilih? Yuk, langsung aja kasih komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah disediakan ya. Thank you guys! Semoga bermanfaat ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 Febuari 2018. Investasi Modal Kecil yang Layak Dicoba Bagi Pemula. Portalinvestasi.com – https://goo.gl/jEubWn
  • Admin. 2018. 3 Jenis Investasi Modal Kecil yang Menjanjikan dan Layak Dicoba. Anakdagang.com – https://goo.gl/7qWNpB
  • Admin. 4 Pilihan Investasi untuk Pemula dengan Modal Minim. Dbs.com – https://goo.gl/9XZFGq

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Modal Minim 1 – https://goo.gl/TvGCbv
  • Investasi Modal Minim 2 – https://goo.gl/FY8fFH
  • Investasi Modal Minim 3 – https://goo.gl/3AoF6A
Summary
Cocok Untuk Mahasiswa! Pilihan Investasi Modal Minim yang Bisa Kamu Lakukan
Article Name
Cocok Untuk Mahasiswa! Pilihan Investasi Modal Minim yang Bisa Kamu Lakukan
Description
Apakah bisa memulai investasi modal minim? Apakah bisa untung besar? Mari kita lihat investasi apa yang bisa kamu lakukan dengan modal minim.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Virtina Thionita
Virtina Thionita adalah seorang mahasiswa President University, jurusan Business Administration dengan konsentrasi Wealth Planning. Memiliki ketertarikan di bidang perencanaan keuangan, investasi, dan entrepreneur.

Leave A Comment