Kali ini Finansialku akan memberikan contoh perhitungan pernikahan low budget dan high budget. Yuk, kita hitung bersama.

Seringkali kendala dalam pernikahan adalah budget yang tidak sesuai dengan ekspektasi Anda dan pasangan. Sebelum berekspektasi lebih baik, tetapkan dulu budget pernikahan Anda, mau yang low atau high budget.

 

Budget, Hal Terpenting Dalam Perencanaan Pernikahan

Dalam mempersiapkan pernikahan terkadang banyak rencana yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda membuat perencanaan pernikahan dengan baik, khususnya mengenai budget pernikahan Anda. Nah, berikut ini adalah contoh perhitungan pernikahan yang bisa Anda lakukan.

 

#1 Contoh Perhitungan Low Budget Pernikahan

Melaksanakan pernikahan dengan low budget? Bisa banget dong. Berikut adalah contoh perhitungan pernikahan low budget. Setelah pernikahan, kantong gak bakal menipis dan hidup gak akan miris.

 

Ga Perlu Pakai Resepsi, Akad Saja Sudah Cukup

Menurut banyak pengalaman pasangan yang sudah menikah, biasanya sumber pengeluaran terbesar para pasangan yang akan menikah adalah mempersiapkan resepsi pernikahan.

Maka dari itu, untuk menghemat biaya dan waktu pernikahan, nyatanya menggelar akad pernikahan tanpa resepsi saja sudah cuku, lho. Justru pernikahan akan terkesan lebih intim karena hanya dikelilingi orang-orang terdekat yang sangat mengenalmu.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, kesempatan banget untuk mengadakan pernikahan dengan prosesi akad saja. Silakan baca artikel Menikah Saat Pandemi.

 

Tidak Perlu Gedung Mewah, Pilih Lokasi Di Rumah yang Gratis

Biaya sewa Gedung sangatlah mahal, lebih baik gunakan fasilitas yang sudah ada, seperti rumah Anda atau pasangan Anda atau mungkin dekat rumah Anda ada lapangan yang bisa digunakan untuk pernikahan.

Mengapa tidak? Kalau di lapangan tinggal izin ke RT atau RW setempat kan?

Misalnya, harga sewa gedung paling murah sekitar Rp 3 juta, sedangkan biaya nikah di rumah gratis. Uang yang Anda bisa hemat akan bermanfaat disimpan sebagai dana darurat.

Contoh Perhitungan Nikah yang Bisa Ditiru Nih, Ada Low dan High Budget 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Hemat Biaya Pesta Pernikahan, Bikin Budget Nikahan Super Hemat!]

 

Masak Sendiri Menghemat Secara Drastis 

Jangan salah, ya Sobat Finansialku, masak sendiri dengan katering ternyata lebih murah masak sendiri, lho. Masih tidak yakin memasak hidangan sendiri dapat meminimalkan budget? Yuk, simak contoh berikut ini.

Bila memasak sendiri, maka kisaran harga untuk 50 porsi yang akan dikeluarkan:

 

  • 5 kg beras: Rp 50 ribu
  • Sup makaroni: Rp 250 ribu
  • Ayam goreng: Rp 200 ribu
  • Bihun goreng: Rp 200 ribu
  • Sambal: Rp 100 ribu
  • Kerupuk 3kg: Rp 80 ribu
  • Buah: Rp 250 ribu
  • Air 2 karton: Rp 60 ribu

 

Jadi total biaya yang Anda keluarkan untuk makanan adalah sekitar Rp 1,79 juta. Jauh banget ‘kan kalau pesan katering dengan masak sendiri?

 

Tunda Foto Prewedding, Foto Box aja Cuma 30 Ribu

Banyak orang menganggap bahwa prewedding adalah hal yang wajib, nyatanya pasti Anda dan pasangan sering berfoto bersama melalui kamera gadget Anda ‘kan?

Nah, pergunakan lah foto yang ada dan pilih yang terbaik atau Anda bisa kok foto box dengan modal Rp 30 ribu. Jangan salah, lho, foto box bisa kok menghasilkan foto yang bagus dan lucu.

 

Sewa Paket Baju Pernikahan 

Sekarang banyak vendor bersaing dengan menawarkan paket pernikahan, seperti baju pernikahan yang sepaket dengan baju orang tua bahkan dengan bridesmaid dan groomsman. Maka dari itu, survei sebanyak mungkin, ya!

Sebagai contoh, di Bandung terdapat paketan baju pernikahan Rp 5 juta dengan detail 2 gaun mama, 1 gaun pengantin, 1 jas dan celana pengantin pria.

Nah, luar biasa ‘kan dapat paket segitu banyaknya? Di luar sana bahkan 1 gaun pengantin saja bisa sewa sebesar Rp 2 juta.

 

Rias Sendiri atau Minta Bantuan Teman

Make up menjadi hal yang diperhatikan banyak orang juga, lho. Bahkan, jika make up pengantin jelek, bisa dijadikan meme oleh para netizen.

Jika pengantin wanita bisa make up, kenapa gak coba make up sendiri? Jadi gratis ‘kan gak usah bayar MUA?

Tapi kalau pengantin wanita gak bisa make up, carilah teman Anda yang bisa make up dan yang mau bantu. Siapa tahu gak usah bayar ‘kan?

Cuma lebih baik siapkan anggaran dana untuk membayar teman Anda. Misalkan anggarkan saja dulu sebesar Rp 500 ribu.

 

Dokumentasi

Carilah teman yang bisa memotret dan shoot video dan jangan lupa anggarkan dana untuk dokumentasi. Misalkan untuk dokumentasi kita budget sebesar Rp 500 ribu.

Contoh Perhitungan Nikah yang Bisa Ditiru Nih, Ada Low dan High Budget 03 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Sih Persentase Dana Pernikahan Untuk Cowok dan Cewek?]

 

Undang Orang Terdekat Saja

Undangan sangat menentukan budget, maka dari itu undang saja sahabat terdekat Anda. Misalkan, sahabat Anda 25 orang, dan sahabat pasangan Anda 25 orang.

Total undangan adalah 50 orang. Budget yang dikeluarkan pun bisa lebih hemat. Karena sekarang jaman undangan virtual, tinggal undang teman Anda melalui medsos atau media lainnya.

 

Pilih Bibit Tanaman Sebagai Suvenir

Zaman sekarang musim banget tuh yang namanya tanaman, di mana-mana orang berburu tanaman.

Nah, ini kesempatan banget, kalau Anda memberikan suvenir pernikahan bibit tanaman, sudah pasti banyak orang senang. Misalkan, harga bibit adalah Rp 1 ribu x 50 undangan = Rp 50 ribu

 

Meminta Teman Menjadi Wedding Organizer

Menyewa tim Wedding Organizer atau WO lumayan mahal, lho.  Akan lebih hemat kalau Anda minta tolong teman Anda untuk menjadi WO dadakan.

Tinggal sharing mau pernikahan seperti apa dan melakukan pembagian tugas. Selesai! Tapi, pastikan Anda memilih teman yang benar-benar bisa Anda andalkan. Jangan lupa anggarkan ucapan terima kasih, misalkan Anda budget kan sebesar Rp 1 juta.

 

Dengan rincian pengeluaran untuk pernikahan di atas, maka berikut adalah total biaya yang akan Anda keluarkan.

Hal yang Harus Disiapkan

Harga

Masak Sendiri

Rp 1,8 juta (pembulatan)

Foto Polaroid

Rp 30 ribu

Sewa Baju Pernikahan

Rp 5 juta

Rias Pengantin

Rp 500 ribu

Dokumentasi

Rp 500 ribu

Suvenir

Rp  50 ribu

Panggil Penghulu

Rp 500 ribu

Total

Rp 6,550 juta

           

Banyak orang gengsi dengan pernikahan yang murah, karena takut menjadi omongan orang lain. Pikirkanlah setelah Anda menikah, karena kehidupan pernikahan sangat panjang, bukan?

Dengan adanya rincian di atas, pernikahan dengan budget kurang dari Rp 10 juta ternyata bisa dilakukan.

Walau demikian, sebelum Anda memutuskan untuk menggelar pernikahan sederhana, pastikan sudah membicarakannya terlebih dahulu bersama pasangan dan keluarga besar agar pernikahan tetap bisa berjalan lancar dan membahagiakan.

Jangan sampai ada kesalahan besar yang menjadi hambatan dalam menyiapkan pernikahan Anda. Kesalahan dalam menyiapkan dana pernikahan dapat Anda ketahui dalam audiobook berikut ini.

banner -mengapa perlu merencanakan dana pernikahan (1)

 

#2 Perhitungan High Budget

Untuk perhitungan high budget tidak ada contoh perhitungan khusus, karena sudah pasti dong kalau yang memiliki anggaran tinggi tidak akan banyak milih. Anda dan pasangan hanya tinggal memilih vendor mana yang cocok dan tinggal booking.

Eits, tapi jangan salah untuk Anda dan pasangan yang ingin memilih pernikahan high budget, tetap buat perencanaan pernikahan Anda, ya.

Jangan sampai melaksanakan pernikahan high budget, tetapi setelah pernikahan tidak punya rumah dan akhirnya tinggal di rumah kontrakan.

Pikirkan masa depan setelah pernikahan, karena pernikahan bahagia ditentukan juga oleh perencanaan keuangan Anda.

 

Buat Anda dan pasangan yang bingung untuk melakukan perencanaan keuangan dan persiapan menabung dana pernikahan, ada ahli keuangan yang bisa membantu Anda untuk merencanakan keuangan dan membantu mempersiapkan dana pernikahan Anda.

Download saja aplikasi Finansialku atau via website aplikasi.finansialku.com dan langsung hubungi saya atau para ahli keuangan Finansialku lainnya yang sudah terverifikasi melalui fitur live chat.

 

Mau Low Atau High Budget, Bebas Asalkan Perhitungan Matang

Pikirkan dengan baik bersama pasangan Anda, apa sebenarnya arti pesta pernikahan. Apakah tidak apa-apa mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk 1 hari mengadakan pesta pernikahan?

Zaman sekarang banyak kok pasangan yang menganut pernikahan orang luar negeri yang menikah sederhana, tapi ke depannya hidup selalu bahagia dan memiliki keuangan yang stabil.

 

Jadi, budget mana yang akan Anda pilih untuk pernikahan nanti? Semoga contoh perhitungan pernikahan di atas bisa membuka pikiran Anda mengenai pentingnya merencanakan keuangan dengan baik, ya.

Jangn lupa bagikan artikel ini pada Sobat Finansialku yang akan menikah, ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ruri Sari. 4 Agustus 2019. Pernikahan Sederhana di Bawah Rp10 Juta, Ini Tipsnya. Lifepal.co.id- http://bit.ly/3r6mL5U

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/3ch7RFR
  • https://bit.ly/2QtiLjc
  • https://bit.ly/3tT5bnE