Girls, siapa bilang produk make up lokal kita kualitasnya tidak sebagus produk-produk impor yang cenderung mahal?

Betul, lho, kalau make up lokal kita berkualitas dan murah. Penasaran? Yuk cari tahu 10 rekomendasi produk make up lokal yang pastinya cocok di kantong.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Siapa Bilang Make Up Harus Mahal?

Sebelum masuk ke list make up lokal murah yang nggak murahan, pertama-tama saya ingin bercerita pengalaman saya ikut kursus make up. Saya sendiri merupakan seorang content creator yang hobi make up.

Karena hobi tersebut, saya memutuskan mengambil kursus make up di tahun lalu. Tujuannya untuk mengembangkan hobi saya agar bisa menjadi sumber pendapatan tambahan.

Nah, saat kursus ini saya belajar banyak. Bukan hanya dari tekniknya saja, namun juga pengetahuan tentang produk make up apa yang sebaiknya digunakan.

Memang betul sebagian besar produk yang kamu harus punya untuk menjadi make up artist cukup mahal, misalnya saja tas serta peralatan dan produk make up yang memang harus ada.

Benar juga bahwa sebagai seorang MUA, produk make up yang digunakan berpengaruh. Jujur saja, biaya produk bisa sampai puluhan juta rupiah per satu kali datang karena produk yang digunakan memang tak main-main.

Ingin Memulai Karier MUA (Make Up Artist) dengan Modal KTA Ini Cara Mengatur Keuangannya 1 - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

 

Jadi, pada awalnya saya berpikir menjadi seorang MUA itu modalnya besar, produknya impor dan mahal-mahal. Namun ternyata tidak selalu demikian lho!

Kabar baik bagi kamu yang baru merintis karier ini; kamu bisa mencicil produk make up-mu dari bawah!

Guru saya sendiri yang mengajarkan bahwa yang utama adalah teknik dulu. Jadi, produk make up bisa dicicil pelan-pelan seiring kariermu berjalan.

Bahkan, sudah banyak kok produk make up lokal murah yang berkualitas dan bisa kamu manfaatkan saat merintis karier ini.

Jadi, siapa bilang produk make up harus selalu mahal? Kenyataannya nggak kok! Yuk kita lihat 10 rekomendasi produk make up lokal murah yang pastinya berkualitas dan nggak murahan berikut ini:

 

10 Rekomendasi Produk Make Up Lokal Murah Berkualitas

Saat kursus tersebut, saya banyak berlatih dengan sesama teman-teman make up artist. Dari pengalaman ini saya dapat banyak rekomendasi produk make up lokal murah yang berkualitas.

Bukan hanya digunakan oleh make up artist pemula, banyak MUA kondang juga yang menggunakannya karena memang kualitasnya nggak main-main.

Makin penasaran kan? Yuk langsung simak apa saja 10 produk make up lokal yang direkomendasikan tersebut:

 

#1 Bedak Tabur: BLP Beauty Face Powder

Bedak merupakan salah satu produk yang wajib ada di setiap make up wanita. Hal tersebut dikarenakan produk yang satu ini cocok untuk setting alas bedak (foundation) kamu sehingga lebih tahan lama.

Bedak yang dapat kamu gunakan juga bervariasi, mulai dari bedak tabur yang ringan atau bedak padat dengan foundation yang pastinya bisa membuat kulit kamu lebih ter-cover.

Namun produk yang ingin saya bahas kali ini adalah bedak tabur dari ‘By Lizzie Parra (BLP)’ yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Beberapa MUA ternama pun menjadikannya sebagai salah satu bedak tabur favorit, misalnya saja oleh @nanathnadia.

10 Rekomendasi Produk Make Up Lokal Murah yang Gak Murahan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Peluang Usaha Melakukan Bisnis Online Untuk Wanita Karir]

 

Butirannya sangat lembut sehingga hasilnya sangat natural di wajah dan tak terlihat cakey. Selain itu, bedak ini pun menyediakan shade yang cenderung kuning dan cocok dengan kulit wanita Indonesia.

BLP Beauty Face Powder dibanderol dengan harga Rp139.000, dengan packaging yang elegan dan sekat seperti pada packaging Glossier Wowder dilengkapi puff yang tebal dan empuk. Murah tapi nggak murahan kan?

 

#2 Eyeliner: ESQA Liquid Eyeliner

Menurut saya pribadi, eyeliner itu adalah salah satu make up yang paling mudah luntur (selain lipstik). Apalagi saat hari sudah semakin sore dan cuaca makin panas.

Saat-saat eyeliner mulai luntur adalah momen yang paling dibenci setiap wanita nih, soalnya bikin mata kamu tampak seperti panda dengan lingkaran hitam pekat.

Jadi, ada baiknya kamu pilih eyeliner yang awet dan tahan air (waterproof).

10 Rekomendasi Produk Make Up Lokal Murah yang Gak Murahan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Nekat Mulai Bisnis, Modal Kartu Kredit. Coba Baca Dulu Penjelasannya!]

 

Nah, salah satu eyeliner lokal yang bagus banget menurut para make up artist adalah eyeliner keluaran ESQA.

Selain warnanya yang hitam pekat, tahan lama dan smudge proof, bentuknya yang menyerupai spidol membuatnya semakin mudah digunakan.

Meski buatan lokal, eyeliner yang satu ini nggak kalah kualitasnya jika dibandingkan dengan eyeliner ternama buatan luar negeri.

Dibanderol dengan harga 125.000 rupiah, tentunya eyeliner ini sangat direkomendasikan untuk kamu.

 

#3 Foundation: Wardah Exclusive Liquid Foundation

Foundation dalam bentuk liquid yang ringan dan lembut keluaran Wardah ini merupakan salah satu produk make up lokal yang tidak boleh kamu lewatkan. Foundation ini sanggup meratakan warna kulit, powdery (matte), dan cover sepanjang hari.

Disebut-sebut sebagai salah satu foundation terbaik keluaran Wardah, foundation ini khas dengan teksturnya yang kental dan lembut namun tetap tidak cakey di wajah.

Dibanderol dengan harga sekitar 70.000-100.000 rupiah, foundation lokal ini dikemas dalam botol berisi 20mL. Tentunya sangat terjangkau jika dibandingkan foundation impor yang harganya ratusan ribu rupiah bukan?

 

#4 Lip cream

Lipstick atau lip cream menjadi salah satu alat make up yang pastinya harus ada di dalam tas kamu sehari-hari.

Namun karena banyak variasi warnanya, pasti lipstick-mu tidak hanya satu kan? Rasanya tidak puas kalau belum mengoleksi berbagai warna lipstick.

10 Rekomendasi Produk Make Up Lokal Murah yang Gak Murahan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis UMKM: Masih Ribet Membuat Pembukuan Sederhana? Lupakan Saja, Ini Solusi untuk Anda]

 

Kalau kamu pilih lipstick impor yang harganya Rp500.000 hingga Rp1.000.000 per buahnya, bisa bolong tuh kantong!

Untungnya, sudah banyak lip cream lokal yang bisa kamu coba. Dijamin kualitasnya tak kalah jauh dibandingkan yang impor.

Nah, ini beberapa rekomendasi lipstick atau lip cream lokal yang bisa kamu andalkan dan pastinya tahan lama:

  • SASC
  • BLP
  • Make Over

 

#5 Pensil alis: Viva

Siapa sih yang tidak kenal dengan pensil alis legendaris yang satu ini? Betul pensil alis Viva dengan kemasan oranye ini memang sudah tidak asing lagi di dunia make up. Mengapa bisa?

Tentunya karena dengan harga Rp40.000 saja kamu bisa membuat guratan alis cetar yang sangat rapi dan tahan lama. Meski teksturnya agak keras, warnanya dapat keluar dengan mudah.

Selain itu, pensil alis ini dapat diraut sehingga bisa membuat garis yang lebih definitif.

 

#6 Lem Bulu Mata: Xpert Premium

Bagi kamu para penggemar bulu mata palsu, lem bulu mata adalah salah satu alat make up yang tidak boleh kamu lupakan. Mengapa demikian?

Momen sedih atau cuaca yang panas dan lembab merupakan hal yang tak terhindarkan, jadi tidak ada salahnya memilih lem bulu mata andalan yang tahan lama.

Lem bulu mata andalan buatan lokal yang pastinya tahan lama dan terjangkau adalah Xpert Premium Eyelash Glue. Harga per botolnya hanya 90.000-120.000 rupiah membuat lem bulu mata lokal ini digemari para pecinta make up.

 

#7 Priming Water / Setting Spray: Studio Tropik

Sering nonton channel Youtube-nya Tasya Farasya? Pasti sudah keracunan sama priming water dari Studio Tropik. Studio Tropik Flawless & Original Priming Water ini adalah setting spray yang bisa kamu gunakan di awal atau akhir make up.

10 Rekomendasi Produk Make Up Lokal Murah yang Gak Murahan 05 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 5 Cara Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Sampingan Anda]

 

Dengan finish yang non-matte, priming water ini membuat kulitnya terlihat sehat dan lembab.

Kandungan rose water dan aloe vera-nya juga dijamin menjaga keseimbangan pH kulit dan meregenerasi sel kulit sehingga selalu terasa segar dan lembut.

Sedangkan aloe vera dengan anti-inflammatory-nya akan membantumu mengatasi kulit meradang dan jerawat.

Dibanderol dengan harga 99.000 rupiah saja, siapa sih yang tidak cinta sama produk lokal yang satu ini?

 

#8 Contour/ Highlight: Mineral Botanica Highlight dan Contour Stick

Meski buatan lokal, Mineral Botanica Highlight dan Contour Stick ini langsung jadi favorit para beauty vlogger di Indonesia. Salah satunya adalah Fatya Biya yang sangat menyukai contour / highlight stick yang satu ini.

Formulanya yang creamy membuatnya mudah diaplikasikan dan di-blend sehingga kamu bisa mendapatkan hasil contour/highlight yang natural.

10 Rekomendasi Produk Make Up Lokal Murah yang Gak Murahan 06 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Mobil Pribadi? 9 Start Up Indonesia Tawarkan Uang untuk Pasang Iklan di Mobil]

 

Selain itu, produk ini juga hadir dalam 3 varian warna mulai dari Butter Milk Mocha untuk kulit fair, Latte Caramel untuk kulit medium kecokelatan, hingga Corn Flake Cream Cookies untuk kulit tan cenderung deep.

Dibanderol dengan harga Rp65.000 saja, pastinya contour/highlight stick ini jadi salah satu produk andalan kamu.

 

#9 Blush on: Emina Cheek Lit Pressed Blush On

Brand lokal saudara dari Wardah, Emina, tentu sudah familiar di kalangan anak muda Indonesia. Emina memang menargetkan remaja sebagai konsumennya.

Jadi tidak heran bila kemasan yang ceria dan harga yang terjangkau adalah konsep utama mereka. Jangan salah, walau harganya terbilang murah tapi kualitas Emina sudah terkenal bagus.

Salah satu produk Emina yang patut kamu coba adalah Emina Cheeklit Pressed Blush On. Emina Cheeklit Pressed Blush On ini punya banyak varian warna yang sesuai dengan warna kulit wanita Indonesia.

Selain itu, teksturnya yang lembut membuat blush on yang satu ini mudah diaplikasikan dan di-blend ke permukaan kulit. Dibanderol dengan harga Rp36.000-an saja, blush on berkualitas ini jadi rebutan para pecinta kosmetik.

 

#10 Eye shadow: Minuet Palette by Vinna Gracia x Cindercella

Terakhir, produk lokal yang paket lengkap adalah Minuet Palette by Vinna Gracia x Cindercella. Meski disini topiknya adalah eye shadow, palette ini punya lebih dari itu.

Palette yang lengkap ini sengaja dirancang dengan 4 warna eyeshadow, contour, bronzer, blush, serta highlighter sehingga praktis untuk dibawa bepergian.

Dengan packaging cardbox yang mungil, palette ini sangat praktis dibawa dan tidak mudah pecah. Kamu juga mendapatkan kaca yang cukup besar di dalamnya.

10 Rekomendasi Produk Make Up Lokal Murah yang Gak Murahan 07 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Rumah Kontrakan Menguntungkan? Ketahui 4 Tips Saat Memilih Teman dan Jalin Hubungan Baik Dengannya]

 

Semua warna yang terdapat di dalamnya sangat natural dan bisa dipakai sehari-hari, formulanya pun sangat buttery dan pigmented sehingga mudah untuk di blend.

Dibanderol dengan harga 330.000 rupiah saja, palette ini segera menarik hati para beauty vlogger ternama serta langsung digemari para pecinta make up lokal yang pastinya sebagus itu.

 

Bagaimana? Apakah informasi ini bermanfaat untuk kamu? Saya sendiri selalu berharap untuk memiliki teman atau kerabat dengan latar belakang MUA profesional agar bisa mendapat informasi terkini tentang make up.

Namun dahulu masih sulit sekali mendapatkan informasi seperti ini.

Kabar baiknya bagi kamu, kini teknologi informasi sudah sangat berkembang. Kamu bisa memperoleh banyak informasi mengenai make up baik untuk pribadi maupun untuk berbisnis, seperti artikel ini.

Memang make up lokal pada umumnya tidak mahal, guys, namun tetap saja dana untuk membeli make up harus disediakan. Belum lagi, kamu pasti punya alat make up impian yang ingin kamu beli. Bagaimana cara merencanakannya?

Kabar baik berikutnya adalah kamu tidak perlu ribet atau pusing, karena ada Aplikasi Finansialku yang bisa membantu mengatur dan merencanakan pembelian make up impianmu sesuai dengan uang yang kamu miliki.

Tinggal download saja aplikasinya secara gratis di Google Play Store atau registrasi terlebih dahulu di PC kamu.

Sudah download? Jika sudah, untuk merencanakan pembelian alat make up, kamu bisa ikuti langkah berikut:

  • Buka Aplikasi Finansialku
  • Klik fitur ‘Rencana Keuangan’
  • Klik tombol ‘+’
  • Pilih opsi ‘Dana Membeli Barang’
  • Isi sesuai dengan barang yang kamu inginkan
  • Setelah semua diisi, klik ‘Hitung’
  • Voila! Kini kamu tahu dana yang harus kamu persiapkan tiap bulannya untuk membeli alat make up

 

Contoh:

Kamu ingin membeli Make Up Box Set seharga Rp2 juta namun saat ini kamu hanya memiliki Rp250 ribu saja. Barang ini ingin kamu dapatkan di tahun depan, dengan perkiraan inflasi 10% per tahun dan estimasi hasil investasi 12%.

Maka, sesuai dengan perhitungan dalam aplikasi, kamu harus menabung Rp151.998 per bulannya untuk mendapatkan alat make up yang kamu impikan.

Apa kamu milenials yang punya banyak cita-cita keuangan? Ingin merencanakan ini dan itu? Mau jadi make up artist yang sukses secara keuangan?

Dapatkan informasi lengkap tentang perencanaan keuangan bagi milenial dalam buku “Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True” yang bisa kamu beli di sini!

 

Share Pendapat Kamu Yuk!

Nah, bagaimana dengan produk make up lokal favorit kamu? Apa saja alat make up yang selalu kamu rekomendasikan meski buatan lokal?

Pastinya berkulitas dan harganya murah meriah juga kan? Bagikan jawabanmu di kolom komentar di bawah ya. Terima kasih!

 

Bagaimana informasi ini? Sudah kamu daftarkan produk apa saja yang ingin kamu beli? Mungkin teman-temanmu pecinta make up perlu tahu informasi ini.

Yuk jadi sahabat yang pengertian dengan membagikan artikel informatif ini pada sahabatmu sesama pecinta make up.

Kamu punya pertanyaan seputar masalah keuangan? Silakan tulis pada kolom komentar.

 

Sumber Gambar:

  • Make Up – http://bit.ly/2TTKwit
  • Bedak tabur – http://bit.ly/2P3Yb7Y
  • Eyeliner – http://bit.ly/2ZhKAxT
  • Lip cream – http://bit.ly/2zdEIae
  • Priming water – http://bit.ly/2KL2C3u
  • Contour – http://bit.ly/2MC3hGL
  • Minuet pallete – http://bit.ly/2Mvmp9k