TTS: Apa yang Dimaksud dengan DIRE, Dana Investasi Real Estate?

Sudahkah Anda mengenal DIRE (Dana Investasi Real Estate)?

Jika Anda sudah mengenalnya dengan baik, buktikan dengan bermain TTS bersama Finansialku yuk:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku

 

Sudah Sedalam Mana Pengetahuan Anda tentang Dana Investasi Real Estate (DIRE)?

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Dana Investasi Real Estate alias DIRE.

DIRE atau dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan nama Real Estate Investment Trust (REIT) adalah sebuah Kontrak Investasi Kolektif (KIK) yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan pada aset real estate (properti).

Reksa dana jenis DIRE akan digunakan untuk membeli tanah, bangunan, gedung, perkantoran, hotel, apartemen, rumah sakit, saham dan obligasi perusahaan pengembang.

Sedangkan pendapatannya diperoleh dari menyewakan aset real estate. Di luar pendapatan aktif dari sewa, DIRE juga memperoleh pendapatan pasif dari kenaikan harga real estate yang dimilikinya.

Apa itu Investasi Dana Investasi Real Estate (DIRE) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Enggan Berinvestasi karena Takut Judi? Ketahui Dulu Fakta-Fakta Ini!]

 

Saat ini baru terdapat satu DIRE penyertaan terbuka di Indonesia, yakni DIRE Ciptadana Properti Ritel Indonesia. Produk DIRE dari Ciptadana, berbentuk KIK (Kontrak Investasi Kolektif) yang diluncurkan pada 1 Agustus 2013.

DIRE Ciptadana ditawarkan dengan harga nilai aktiva bersih awal sebesar Rp100 (seratus rupiah) per unit penyertaan selama masa penawaran.

Berdasarkan informasi yang tertulis dalam fund fact sheet, DIRE Ciptadana akan membayar dividen setiap kuartal (per tiga bulan), minimum 90% dari laba bersih sesudah pajak.

Produk DIRE milik Ciptadana mengenakan management fee sebesar 0,3% per tahun dan performance fee sekitar 3% dari property net income.

Properti yang dijadikan aset dasar adalah Solo Grand Mall (SGM) di Solo, Jawa Tengah. Unit Penyertaan DIRE Ciptadana Properti Ritel Indonesia sejak 1 Agustus 2013, telah diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, dengan kode efek.

Selain DIRE di Indonesia, tentunya terdapat DIRE berbasis luar negeri yang menempatkan sebagian besar aset di Indonesia, yakni FIRST REIT (SGX: AW9U), yang melakukan investasi di 11 bangunan rumah sakit Siloam dan 1 resor dan Lippo Malls Realty Trust (SGX: D5IU), yang melakukan investasi di 27 mall Lippo.

 

Nah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai DIRE, Finansialku mengajak Anda sedikit bermain dengan mengisi TTS di bawah. Yuk bermain sambil belajar bersama Finansialku:

TTS Apa yang Dimaksud dengan DIRE, Dana Investasi Real Estate 03 - Finansialku

YUK ISI TTS

 

Bagaimana hasil TTS Anda? Apakah Anda benar-benar sudah ahli dalam bidang DIRE ini? Jika belum jangan khawatir, Setiap investasi dapat dipelajari kok, jadi jangan pernah takut untuk membekali diri lebih dalam lagi.

Namun memang terkadang sulit mencari informasi lengkap dan terpercaya mengenai instrumen investasi yang satu ini.

Untuk mengatasinya, Finansialku menawarkan Anda untuk download e-book investasi secara gratis. E-book ini tentunya bisa menjadi panduan dasar bagi Anda yang ingin memulai investasi, salah satunya investasi reksa dana.

Download sekarang dengan klik tautan di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Nah, bagi Anda yang ingin langsung mempelajari khusus soal DIRE, Finansialku sudah merangkumnya bagi Anda berikut ini:

 

Mengenal Dana Investasi Real Estate (DIRE)

Mengapa sih banyak jenis investasi yang berbeda-beda ragamnya? Tentu saja perkembangan ini disebabkan oleh perbedaan permintaan (demand) dari masyarakat.

Jika tidak, ngapain pihak bank atau lembaga keuangan lainnya repot-repot membuat jenis investasi baru?

Ketahui Penyebab dan Konsekuensi Jika Polis Asuransi Lapse 03 Investasi - Finansialku

            [Baca Juga: Mahasiswa, Punya Sisa Uang Jajan Rp 100.000 Mending Investasi Reksa Dana atau Jajan]

 

Semuanya semata-mata karena setiap manusia berbeda, dan meski bisa dikelompokkan berdasarkan karakteristiknya, pasti preferensi dalam berinvestasinya juga berbeda.

Contohnya adalah sangat banyak investor yang gemar berinvestasi logam mulia. Hal ini disebabkan sifat investasi emas yang aman dan cenderung kecil risikonya tergerus inflasi.

Selain itu, produk investasi ini likuid sehingga mudah diperjualbelikan.

Namun tidak semua investor konservatif dan inginnya bersantai-santai. Ada juga dari mereka yang lebih memilih instrumen dengan imbal hasil lebih besar. Sebagai contohnya adalah dengan Dana Investasi Real Estate (DIRE).

Melalui DIRE, investor dapat melakukan investasi di bidang real estate tanpa harus memiliki aset real estate secara langsung. 

 

#1 Keuntungan dan Risiko Dana Investasi Real Estate (DIRE)

Berinvestasi dalam DIRE memiliki banyak keuntungan, antara lainnya adalah sebagai berikut:

 

Bagi investor

  • Investor tidak harus memiliki dan mengelola aset real estate secara langsung.
  • DIRE dapat melakukan diversifikasi investasi, sehingga mengurangi risiko bagi investor

 

Bagi pengembang

Dapat memperoleh keuntungan cepat untuk aset real estate yang mungkin memerlukan waktu balik modal yang lama, karena telah menjualkan asetnya kepada investor yang tergabung dalam KIK-DIRE.

 

Namun tentu berinvestasi disini ada risikonya. Karena DIRE memiliki aset dasar (underlying asset) berupa properti yang disewakan, maka risiko yang mungkin terjadi adalah penyewa properti yang gagal bayar dan turunnya nilai properti.

Selain itu DIRE juga memiliki risiko likuiditas, karena agak susah menjual properti dalam jangka pendek.

 

#2 Mekanisme Dana Investasi Real Estate (DIRE)

Dalam pembentukan DIRE, maka akan melalui beberapa tahap berikut ini:

  1. Pengembang/pemilik akan memindahkan/menjual aset real estate ke dalam KIK-DIRE. Aset tersebut dapat meliputi:
  • Gedung Perkantoran
  • Gedung Pertokoan/Mall/Pusat Perbelanjaan
  • Gudang
  • Cold Storage
  • Rumah Sakit
  • Apartemen Sewa
  • Hotel/Resor/Villa
  • Papan Reklame/Videotron
  • Data Center
  • Gedung Parkir
  • Sentra PKL/Hawker Center

 

Fakta Investasi Properti 02 - Finansialku

[Baca Juga: 30 Nasihat Investasi Dari Peter Lynch, Salah Satu Manajer Investasi Tersukses di Amerika]

 

Perlu diketahui bahwa selain aset berupa properti, POJK no. 16 tahun 2016 menentukan sebuah DIRE diperbolehkan untuk menginvestasi aset berkaitan real estate.

Investasi aset berkaitan real estate ini seperti saham, obligasi dan cessie piutang terkait aset real estate dengan syarat aset fisik real estate paling kurang 50% dari total aset DIRE.

Sedangkan aset yang dilarang untuk dimasukkan dalam DIRE, yakni bangunan pada tahap konstruksi dan tanah kosong.

 

  1. Pihak pengelola melakukan penawaran umum atau terbatas atas unit penyertaannya berupa saham.

Saham ini dapat kemudian diperjualbelikan setelah penawaran umum DIRE apabila investor tidak lagi ingin melanjutkan investasinya dalam sebuah DIRE.

 

#3 Skema Aliran Kas Dana Investasi Real Estate (DIRE)

Dapat dibilang bahwa aliran kas dalam DIRE cukup sederhana, dimana setelah investor menempatkan dana dalam KIK-DIRE, ia akan mendapatkan potongan dari keuntungan dalam bentuk dividen yang diberikan dari DIRE.

Aliran kas atau dana dalam DIRE dapat dilihat dalam skema berikut ini:

TTS Apa yang Dimaksud dengan DIRE, Dana Investasi Real Estate 02 Skema Aliran Kas dan Dana dalam DIRE - Finansialku

Skema Aliran Kas atau Dana dalam DIRE

 

Melalui skema DIRE di atas, maka dapat Anda lihat bahwa uang yang diperoleh dari hasil sewa properti tidaklah utuh. Mengapa demikian?

Pertama karena adanya pajak yang akan dikenakan atas sewa yang diterima SPC senilai 10%.

Selain karena pajak, properti memerlukan biaya untuk kebutuhan operasional dan maintenance untuk menjaga agar nilai properti dan harga sewa tetap tinggi.

Selain itu, ada potongan kecil dari hasil sewa yang diberikan kepada manajer investasi dan bank kustodian selaku pengelola DIRE.

DIRE juga dapat mempertahankan hasil sewa dalam bentuk kas dan setara kas untuk keperluan ekspansi.

Adapun keuntungan atau uang yang diperoleh investor diatur dalam POJK No. 16 tahun 2016, yang menyebutkan bahwa DIRE wajib mendistribusikan paling kurang 90% laba bersih setelah pajak kepada investor dalam bentuk dividen.

Di samping laba bersih tersebut, investor juga memperoleh keuntungan dari apresiasi/peningkatan nilai properti yang membawahi sebuah DIRE; apresiasi ini akan tercerminkan pada harga saham DIRE di bursa.

 

#4 Peraturan dan Ketentuan Dana Investasi Real Estate (DIRE)

Tentunya dalam setiap investasi ada aturan dan ketentuan yang melingkupinya. Dalam DIRE, beberapa ketentuan dan peraturan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Peraturan No IX.C.15 tentang pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum oleh Dana Investasi Real Estate berbentuk Kontrak Investasi Kolektif
  2. Peraturan No IX.C.16 tentang pedoman mengenai bentuk dan isi prospektus dalam rangka penawaran umum DIRE
  3. Peraturan No IX.M.1 tentang pedoman bagi MI dan bank kustodian yang melakukan pengelolaan DIRE
  4. Peraturan No IX.M.2 tentang pedoman kontrak investasi kolektif DIRE

 

Kesimpulan

Jika Anda sudah berhasil memperoleh nilai sempurna dalam TTS di atas, artinya Anda sudah benar-benar siap berinvestasi DIRE.

Jangan khawatir, berbekal informasi di atas dan ebook investasi dari Finansialku, Anda akan meminimalisasi risiko dan memperluas peluang keuntungan.

Selain itu, sebelum memulai investasi pastikan Anda sudah memiliki rencana keuangan dan dapat mengatur keuangan Anda dengan baik.

Jika belum, Anda bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda dengan mudah. Aplikasi Finansialku dapat Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai dana investasi real estate (DIRE) lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Zahrul Atharinafi. Jun 21, 2017. Dana Investasi Real Estate (DIRE) Sebagai Alternatif Investasi dan Alternatif Pendanaan Infrastruktur & Properti. Medium.com – https://goo.gl/sGu35y
  • Admin. DIRE (Dana Investasi Real Estate). Infovesta.com -https://goo.gl/R3SYBH

 

Sumber Gambar:

  • Dana Investasi Real Estate – https://goo.gl/eS4f9g
  • Skema Aliran Kas atau Dana dalam DIRE – https://goo.gl/sGu35y

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment