BPJS TK atau BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu sistem perlindungan untuk para pekerja yang diberikan oleh pemerintah, dan salah satu manfaat di dalamnya adalah jaminan hari tua (JHT).

Artikel ini akan membahas dana pensiun tambahan selain JHT dan apakah hal tersebut diperlukan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

BPJS TK

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (TK) adalah sebuah badan pemerintah yang bertugas untuk melindungi hak para pekerja melalui programnya.

Program yang ditawarkan adalah program jaminan kecelakaan kerja, program jaminan hari tua, program jaminan pensiun, program jaminan kematian.

Jaminan pensiun berbeda dengan JHT (Jaminan Hari Tua). Jaminan pensiun hanya dapat dinikmati ketika pekerja telah memasuki usia pensiun dan jaminan pensiun bersifat pengumpulan dana.

Apakah Dana Pensiun di Luar BPJS TK Dibutuhkan 02 Pensiun 2 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Hal Ini Penting Diperhatikan Dalam Pelatihan Persiapan Pensiun]

 

Sedangkan pada JHT, sifatnya lebih individual account. Selain program jaminan, BPJS TK juga memberikan fasilitas pinjaman, beasiswa serta pelatihan kepada para pesertanya.

Iuran jaminan pensiun untuk BPJS TK ini adalah 3% dari total upah bulanan karyawan, yang mana 2% dibayarkan oleh perusahaan dan 1% ditanggung oleh karyawan sendiri.

Untuk iuran JHT (Jaminan Hari Tua) yang ditetapkan adalah 5,7% yang terbagi menjadi 2% dibayarkan oleh pekerja dan 3,7% dibayarkan oleh pemberi kerja.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Apakah Karyawan Membutuhkan Dana Pensiun di Luar BPJS TK?

Jawabannya, iya. Memang dana pensiun seseorang akan berbeda dengan lainnya. Dana pensiun tersebut dipengaruhi oleh gaya hidup, kebiasaan serta kebutuhan seseorang.

Namun, di luar daripada JHT (Jaminan Hari Tua) dari BPJS TK, Anda sebaiknya memiliki tabungan atau asuransi dana pensiun tambahan. Terdapat beberapa alasan mengapa seseorang membutuhkan dana pensiun di luar BPJS TK.

Tak Perlu Takut Hadapi Masa Tua, Ini Produk Dana Pensiun yang Bisa Dipertimbangkan! 02 Dana Pensiun 2 - Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Persiapan Mental Sebelum Pensiun, Praktikkan Cara Ini!]

 

#1 Memenuhi Kebutuhan Dana Pensiun Yang Belum Tercukupi

Di dalam dunia pensiun, terdapat angka TPP (Tingkat Penghasilan Pensiun).

TPP atau Replacement Ratio adalah perbandingan penghasilan seseorang setelah pensiun pada usia tertentu terhadap penghasilan terakhir sebelum pensiun.

Pada umumnya, para karyawan Indonesia membutuhkan TPP 70% hingga 80% dari penghasilan terakhirnya agar dapat hidup dengan layak dan dapat mempertahankan gaya hidupnya di masa pensiun.

Dengan memiliki dana pensiun tambahan di luar daripada BPJS TK, Anda dapat memenuhi kebutuhan dana pensiun yang belum tercukupi.

Hal ini didukung dengan banyaknya perusahaan yang mengikutsertakan karyawannya pada BPJS TK dan DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan).

 

#2 Dana Pensiun Merupakan Bagian Dari Investasi

Meskipun tidak sama dengan instrumen investasi pada umumnya, sebenarnya asuransi dana pensiun adalah sebuah bentuk dari investasi. Investasi ini akan Anda manfaatkan ketika memasuki masa pensiun.

Bahkan investasi ini tidak hanya dapat dinikmati oleh Anda, tetapi juga oleh keluarga Anda dengan sistem warisan.

Jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk berinvestasi, maka asuransi dana pensiun adalah alokasi investasi yang tepat.

 

#3 BPJS TK Merupakan Dana Pensiun yang Paling Dasar

Menurut OneShildt Financial Planning, Mohammad Andoko, iuran jaminan pensiun yang disediakan oleh tempat kerja tidak akan cukup.

Sebagai gambaran, seorang pegawai swasta rata-rata mendapatkan uang pensiun sebesar 32,2 kali lebih besar dari gajinya selepas ia pensiun.

Namun sebenarnya, jumlah ini hanya mampu memenuhi kebutuhannya selama hampir tiga tahun dengan asumsi gaya hidup yang sama.

Tentu dengan gambaran seperti ini, Anda dapat melihat bahwa Anda memerlukan dukungan dana lain untuk menghadapi masa pensiun.

Jika Anda pensiun di usia 65 tahun, maka Anda membutuhkan cukup dana untuk memenuhi kebutuhan Anda selama 10 tahun hingga menginjak usia 75 tahun.

Apakah Saya Bisa Mandiri Secara Finansial Saat Pensiun 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jarang Diketahui Orang! Ini Rahasia Meraih Kebebasan Keuangan Sebelum Pensiun]

 

#4 Lebih Baik Berlebih Dibandingkan Kekurangan

Jika Anda menyiapkan dana untuk pensiun lebih banyak daripada kebutuhan Anda, maka Anda dapat menggunakannya sebagai sumber pendapatan pasif atau bahkan untuk menyalurkan hobi Anda.

Lain cerita jika dana tersebut kekurangan, maka Anda harus meminta dari anak-anak Anda dan Anda pun harus bergantung hidup dari orang lain.

Oleh karena itu, untuk mencegah kurangnya pembiayaan kebutuhan di hari tua, sebaiknya Anda menyiapkan dana pensiun di luar dari BPJS TK.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Cara-cara Untuk Menyiapkan Dana Pensiun

Salah satu cara yang dapat membantu Anda untuk merencanakan dana pensiun yaitu dengan mengunakan Aplikasi Finansialku.

Bagi Anda yang belum memiliki Aplikasi Finansialku maka Anda bisa download aplikasi ini sekarang juga di Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Mari simak bagaimana cara menggunakan Aplikasi Finansialku untuk mempersiapkan dana pensiun Anda.

Pertama-tama buka menu utama pada Aplikasi Finansialku, pilih menu Rencanakan Keuangan, setelah itu pilih menu Dana Hari Tua.

Apakah Dana Pensiun di Luar BPJS TK Dibutuhkan 03 Aplikasi 1 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Pada menu Dana Hari Tua, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa kolom, seperti berapa usia Anda saat ini, berapa usia pensiun Anda, berapa perkiraan lama waktu pensiun Anda, dan yang lainnya.

Misalkan usia Anda saat ini 35 tahun, usia pensiun Anda 55 tahun, dan perkiraan lama waktu Anda pensiun adalah 30 tahun.

Sementara pengeluaran Anda saat ini sebesar Rp9.000.000 per bulan, dan perkiraan pengeluaran bulanan Anda ketika pensiun nanti adalah 80% per bulannya. Setelah semuanya terisi, tekan Lanjutkan.

Apakah Dana Pensiun di Luar BPJS TK Dibutuhkan 04 Aplikasi 2 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Berikutnya Anda akan diminta untuk mengisi jumlah tunjangan hari tua dari perusahaan Anda, jumlah tunjangan lainnya, hasil investasi Anda, dan yang lainnya.

Misalkan tunjangan hari tua dari perusahaan Anda adalah sebesar Rp555.000 per bulan, tunjangan lainnya sebesar Rp2.800.000 per bulan, hasil investasi Anda Rp800.000 per bulan, dan Anda tidak memiliki penghasilan pasif.

Sementara itu perkiraan inflasi 10% per tahun, perkiraan imbal investasi saat hari tua 13% per tahun, dan keuntungan investasi saat ini adalah 12% per tahun.

Apakah Dana Pensiun di Luar BPJS TK Dibutuhkan 05 Aplikasi 3 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Setelah mengisi kolom-kolom yang dibutuhkan, maka tekan Hitung untuk melihat hasil perhitungan.

Dari asumsi diatas maka hasil perhitungan menunjukkan bahwa Anda perlu berinvestasi sebesar Rp26.244.010 setiap tahunnya selama 20 tahun untuk bisa memenuhi dana pensiun Anda.

Apakah Dana Pensiun di Luar BPJS TK Dibutuhkan 06 Aplikasi 4 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Mudah dan cepat bukan?

Nah, selain menggunakan Aplikasi Finansialku Anda juga bisa mempersiapkan dana pensiun Anda dengan beberapa cara lain berikut ini:

 

#1 Tabungan dan Investasi

Yang pertama adalah Anda mempersiapkan dana pensiun secara pribadi melalui tabungan.

Tentu kebiasaan menabung adalah kebiasaan keuangan yang baik, namun dana pensiun yang disiapkan melalui tabungan akan termakan oleh inflasi.

Hal yang harus diperhatikan ketika menabung untuk dana pensiun adalah uang yang dialokasikan untuk tabungan harus seimbang dengan kenaikan gaya hidup.

Dengan gaya hidup yang lebih mewah, artinya Anda membutuhkan dana yang lebih. Oleh karena itu, Anda harus menabung lebih banyak.

Cara kedua adalah melalui investasi yang sesuai untuk kebutuhan hari tua adalah investasi jangka panjang. Dengan melakukan investasi, Anda akan mengembangkan dana yang Anda miliki.

Selain itu, investasi juga membantu Anda untuk mendapatkan penghasilan pasif di hari tua nanti. Pendapatan pasif ini dapat berguna sebagai tambahan dana atau bahkan warisan.

Ketahui Dana dan Usia Pensiun Ideal 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Jumlah Dana dan Usia Pensiun yang Ideal]

 

#2 Asuransi

Salah satu cara untuk memberikan perlindungan di hari tua adalah dengan asuransi. Asuransi di sini, bukan hanya asuransi dana pensiun, tetapi juga asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Asuransi kesehatan dapat menghindari Anda dari beban finansial, mengingat semakin tua umur Anda, semakin tinggi kebutuhan Anda akan pelayanan kesehatan.

Pada usia pensiun pun, urusan kesehatan adalah salah satu pos pengeluaran yang paling besar.

 

#3 Lembaga Keuangan

Selain mempersiapkan dana pensiun secara pribadi, Anda juga dapat menyiapkan dana pensiun melalui lembaga keuangan yang telah memiliki otoritas untuk mengelola dan mempersiapkan dana pensiun masyarakat.

Lembaga keuangan tersebut contohnya PT Taspen, PT Asabri, DPLK dan lainnya.

Dengan ikut serta, Anda dapat memperoleh hak yaitu manfaat pensiun yang besarnya tergantung pada iuran, masa kerja serta hasil pengembangan dana tersebut.

Membuat Rencana Pensiun 1 Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Ketahui Strategi Pensiun Dini dengan Benar]

 

Persiapkan Masa Pensiun Anda Sejak Dini

Ketika Anda masih dalam masa produktif, sebaiknya Anda sudah mulai mempersiapkan masa pensiun Anda.

Dengan pengelolaan keuangan yang teratur serta kebiasaan finansial yang baik, maka Anda akan menghadapi masa pensiun yang lebih nyaman.

 

Sudahkah Anda mulai mempersiapkan masa pensiun Anda? Apa yang Anda lakukan untuk mengantisipasi kebutuhan ekonomi Anda di masa tua?

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan ceritakan pengalaman Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Galih Gumelar. 21 April 2018. Sisihkan Dana Pensiun Tambahan agar Tak Miskin Saat Tua. Cnnindonesia.com- https://goo.gl/Edk7kv

 

Sumber Gambar:

  • Pensiun 1 – https://goo.gl/D9XJUZ
  • Pensiun 2 – https://goo.gl/8uvV1f