Dapoer Roti Bakar, Bisnis Roti Bakar Homemade dengan Lebih dari 100 Varian Menu

Roti bakar, salah satu kuliner klasik yang tentunya disukai berbagai kalangan masyarakat ini ternyata sudah merambah ke dunia franchise.

Nyatanya, tidak peduli betapa klasik produk yang ditawarkan, bisnis ini bisa merambah dengan inovasi dan sistem pemasaran yang tepat.

Mari kita mengenal salah satu bisnis roti bakar homemade, Dapoer Roti Bakar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Apa itu Waralaba (Franchise)?

Bagi Anda para investor tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis investasi yang satu ini.

Pada dasarnya, waralaba (franchise) adalah ikatan bisnis di mana salah satu pihak diberi kebebasan untuk menggunakan hak dalam penyediaan dan pemanfaatan barang atau jasa yang dimiliki pihak lainnya.

Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dengan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu.

Karena seluruh sistem dan kebutuhannya telah disediakan oleh penyedia waralaba (franchisor), maka bisnis ini sangatlah praktis.

Selain itu, karena sudah dikembangkan terlebih dahulu oleh franchisor-nya, maka bisnis ini juga cukup menjanjikan.

Bisnis Waralaba Franchise Dapoer Roti Bakar Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Franchisor dan franchisee disini berbagi brand yang sama, namun tidak saling terkait satu sama lain. Mengapa demikian? Franchisee menjual produk atau jasa sesuai dengan ketentuan franchisor, sedangkan franchisor bertugas mengembangkan bisnis waralabanya.

Waralaba tradisional umumnya digunakan untuk memperluas produknya dengan cara distribusi yang luas, namun dengan tetap mempertahankan kualitas yang sama demi kepuasan masyarakat.

Waralaba menjadi salah satu solusi bisnis yang menarik dan kabar baiknya sudah banyak alternatif pilihan dalam berbisnis waralaba. Namun bisnis waralaba apa yang terkenal di Indonesia dan bisa menjadi peluang bisnis? Yuk melihat bisnis roti bakar homemade, Dapoer Roti Bakar.

 

Roti Bakar

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan kudapan yang satu ini. Melansir dari Wikipedia, roti bakar merujuk kepada kepingan roti yang dibakar hingga garing.

Roti bakar diciptakan karena banyak orang mengharapkan jenis roti yang lebih keras, sehingga dapat menampung topping dengan lebih baik.

Membakar roti juga merupakan cara umum untuk menjadikan roti yang sudah masuk angin lebih sedap.

Roti bakar umum dikonsumsi sebagai menu sarapan di Indonesia, dan sering dihidangkan bersama mentega, keju, selai atau topping lainnya.

Roti Bakar Franchise Dapoer Roti Bakar Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Kata “toast” yang berarti roti bakar awalnya berasal dari kata Latin “torrere” yang artinya “membakar”.

Kata ini kemudian mulai digunakan dalam resep untuk Oyle Soppys yang disebut-sebut sudah dikenal sejak tahun 1430. Pada tahun 1400 hingga 1500 an, roti bakar sering dimanfaatkan sebagai bahan perasa bagi minuman.

Hingga kini, roti bakar disebut-sebut sebagai hidangan klasik Amerika sejak tahun 1850.

 

Awal Mula Bisnis Dapoer Roti Bakar

Bisnis roti bakar memang tidak pernah mati, sejak dahulu kudapan ini memang digemari masyarakat, mulai dari yang muda hingga manula.

Karena permintaan yang tak pernah berhenti ini, bisnis roti bakar berubah dari jajanan pinggir jalan menjadi sebuah bisnis dengan konsep lebih besar.

Kini makanan ini menjadi bisnis berkonsep outlet atau stand alone.

Biasanya, bisnis roti bakar ini bermodalkan roti yang diproduksi di pabrik atau industri.

Namun berbeda halnya dengan Dapoer Roti Bakar. Mereka menjanjikan produk homemade, sehingga jauh lebih fresh dibandingkan pebisnis roti bakar lainnya.

Homemade Dapoer Roti Bakar Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Waralaba? Ini Dia 8 Jenis Franchise yang Perlu Anda Ketahui]

 

Terlebih lagi, mereka menawarkan varian menu yang luas, hingga mencapai 126 jenis produk, di mana semuanya merupakan hasil racikan sendiri.

Ryan Dhelanto bersama ayahnya Dhenny Dhelanto adalah sosok yang berperan penting dalam pendirian Dapoer Roti Bakar.

Dibantu oleh adiknya Aditya Dhelanto, bisnis ini dipenuhi riset ke banyak toko roti bakar di kota Jakarta, Bandung, hingga Medan.

Lokasi riset terjauhnya adalah Singapura, negara yang terkenal akan keragaman kulinernya dengan cita rasa unik dan tampilan menarik.

Dhenny Dhelanto mengungkapkan bahwa mereka melakukan riset selama 6 bulan untuk mendirikan bisnis ini:

“Kami baru benar-benar berani keluar setelah konsumen memberikan testimoni akan produk kami. Sebab, dari testimoni tersebut, klaim lezat sifatnya akan lebih objektif dan bisa dipertanggungjawabkan.”

 

Barulah pada Mei 2011 di Kemanggisan, Jakarta, Dapoer Roti Bakar mulai didirikan dengan nama “Warung Paparoti”.

Memang pada awalnya bisnis ini mengalami pasang surut dan berulang kali pindah, namun pada tahun 2013 Dapoer Roti Bakar melakukan rebranding menjadi Dapoer Roti Bakar dan membuka lokasi di Pasar Minggu Jakarta.

Meski perekonomian sedang kurang baik, Dapoer Roti Bakar ternyata tidak pernah sepi.

Hal ini dikarenakan identitas Dapoer Roti bakar yang cocok bagi mereka yang menyukai roti homemade dengan banyak varian topping yang bisa dipilih.

Dhenny juga menjelaskan bahwa seluruh bahan baku yang belum diproduksi sendiri diseleksi ketat oleh tim khusus.

Berbagai kelebihan ini menjadikan Dapoer Roti Bakar sebuah bisnis yang pantas dipertimbangkan.

Terbukti dengan minat masyarakat yang menggandrungi produk roti bakar ini di 7 outlet yang terkonsentrasi di Pulau Jawa, yakni di Pasar Minggu Grogol, Pondok Gede, Cibubur, Jatinangor, Serang, dan Yogyakarta.

 

Diferensiasi Bisnis Dapoer Roti Bakar

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Dapoer Roti Bakar identik dengan kesegaran produknya yang homemade, dengan varian menu mencapai 3 digit.

Diferensiasi Dapoer Roti Bakar sendiri terletak pada inovasi menu, yang tujuannya semata-mata untuk memuaskan pelanggan.

Menu anyar selalu dibuat setiap 3 bulan sekali, setelah melakukan riset akan sajian roti bakar yang diminati pasar.

Franchise Dapoer Roti Bakar 02 Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Waralaba? Kenali Dahulu Franchise Minimarket Alfamart!]

 

Tak hanya itu, menu-menu lama yang dinilai kurang cocok di lidah konsumen akan diganti terus dengan varian baru, seperti yang dipaparkan Dhenny berikut ini:

“Untuk menu, 3 bulan sekali kami mengeluarkan menu baru setelah melakukan riset. Menu-menu yang kami sajikan juga anti mainstream, karena kami terus melakukan inovasi-inovasi menu demi mengutamakan kepuasan pelanggan.”

 

Potensi Bisnis Dapoer Roti Bakar

Tak membutuhkan waktu lama hingga Dapoer Roti Bakar dikenal dan diterima masyarakat.

Terlebih ditunjang oleh harga yang pas untuk seluruh segmen pasar, gerai Dapoer Roti Bakar tak pernah sepi pengunjung.

Produk andalan Dapoer Roti Bakar yakni sebagai berikut:

  • Roti tawar spesial
  • Roti gandum
  • Roti selimut hijau
  • Roti kentang

 

Melalui 4 menu tersebut, muncul banyak inovasi sehingga kini sudah ada 126 menu yang siap disantap.

Ditambah lagi, inovasi Dapoer Roti Bakar khas dengan nama yang unik, yakni penamaan menu dari nama negara, misalnya Belgia (penghasil cokelat terbesar), Amerika (penghasil stroberi), Inggris (penghasil blueberry), dan masih banyak lagi.

Dhenny juga memaparkan, selain menu yang 90%nya didominasi roti, ada juga menu makanan berat seperti nasi goreng, bihun, dan lain-lain.

Menu Lain Franchise Dapoer Roti Bakar Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Tak puas dengan memuaskan minat konsumen, Dapoer Roti Bakar juga memikat minat para pebisnis.

Dhenny menuturkan bahwa banyak dari pelanggannya yang tertarik untuk ikut menikmati bisnis dengan omzet besar ini meski bisnis ini belum genap berusia 3 tahun.

Bahkan, Dhenny mengungkapkan bahwa minat bisnis ini muncul juga dari pebisnis negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Dhenny menjelaskan:

“Beberapa kali orang Malaysia dan Singapura menawarkan kerja sama, cuma masih kami pending. Kami belum siap secara regulasi dan kendala bahasa, mereka sudah berapa kali datang. Kami saat ini tidak fokus ke luar (negeri) dulu, fokus di Indonesia dulu. Kalau mau ekspansi juga bisa, kenapa berani ekspansi, karena saya juga sudah keliling Singapura dan Malaysia. Sudah mencoba hampir sekitar 40 café dan membandingkan dengan roti bakar lainnya juga, saya yakin roti saya lebih enak daripada mereka.”

 

Peluang Franchise Bisnis Dapoer Roti Bakar

Kini, Dapoer Roti Bakar membuka peluang bisnis bagi Anda pebisnis lokal dengan minat dan passion dalam bisnis kuliner.

Uniknya, diperlukan proses seleksi ketat untuk menjadi mitra Dapoer Roti Bakar, yakni mencoba seluruh varian menu yang tersedia, mau bekerja keras untuk mencapai passion dalam bisnis kuliner, teliti, dan gemar melakukan analisis data.

Ditambah, Anda yang berminat menjadi mitra juga akan diwawancarai oleh principal, dalam rangka menyeleksi calon mitra.

Dhenny menjelaskan bahwa tahapan seleksi ini penting mengingat kerja sama yang terjalin nantinya bersifat jangka panjang:

“Kami maunya win-win solution. Artinya, baik untuk kami, mitra, pegawai, dan konsumen. Prinsipnya kepuasan mitra dan konsumen yang kami jadikan target.”

 

Apabila Anda tertarik dengan peluang bisnis Dapoer Roti Bakar ini, Anda perlu merogoh kocek senilai 275 juta rupiah untuk membuka satu gerai.

Outlet Franchise Dapoer Roti Bakar

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Kontrak yang terjalin dengan nilai Rp275 juta adalah selama 5 tahun.

Anda akan memperoleh bahan baku berkualitas premium, dukungan promosi lokal maupun nasional, 200 varian menu, serta support berupa pendampingan selama menjalankan bisnis Dapoer Roti Bakar.

Tetapi di samping itu, Anda perlu menyediakan lokasi bisnis sendiri, termasuk perabot dan seluruh biaya dekorasi tempat.

Lokasi yang disarankan oleh pihak Dapoer Roti Bakar tentunya lokasi yang strategis, misalnya mall, kampus, sekolah, atau tempat nongkrong anak-anak muda.

Dhenny menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan survei lokasi untuk memberi persetujuan lokasi gerai baru:

“Kami tidak menggaransi, tapi mencarikan tempat yang sesuai. Kami berharap mitra dapat maju seperti (outlet) Pasar Minggu. Kami melihat tempatnya, itu arah pergi dan pulang, kalau arah pergi kan rata-rata terburu-buru, nah kalau arah pulang pasti mereka sudah santai. Selain itu tempat parkir setidaknya bisa menampung 20 hingga 30 motor, atau 5 mobil.”

 

Outlet Dapoer Roti Bakar Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Waralaba? Kenali Dahulu Struktur Jaringan Waralaba Agar Anda Sukses Berbisnis Waralaba]

 

Ingin Menjadi Mitra Dapoer Roti Bakar? Daftar Sekarang Juga!

Bisnis kuliner dengan ciri khas roti bakar homemade ini tentunya menarik perhatian Anda para pebisnis bukan?

Terlebih bisnis berupa kemitraan atau franchise, sehingga Anda tidak perlu memulai dari nol. Anda juga akan didukung penuh oleh pusat.

Jika berminat, Anda bisa memperoleh informasi kemitraannya melalui kontak berikut ini:

Jl. Raya Pasar Minggu Nomor 15A (seberang halte BRIMOB),

Jakarta Selatan

 

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis dalam bidang kuliner, terlebih dalam bidang kudapan roti bakar.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai franchise Dapoer Roti Bakar? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Heksa Ragil Pamungkas, Dian Eko Prasetio, Ramdhan Anugerah. 2017. 250 Franchise Business Prospects 2017.
  • Admin. Toast. en.wikipedia.org – https://goo.gl/8t719e

 

Sumber Gambar:

  • Dapoer Roti Bakar – https://goo.gl/Ksuoyt
  • Waralaba – https://goo.gl/vCm8eb
  • Roti Bakar – https://goo.gl/brFt9e
  • Homemade Roti DRB – https://goo.gl/FutgH7
  • Varian menu DRB – https://goo.gl/2oc74m
  • Hidangan nasi goreng DRB – https://goo.gl/EV4Geu
  • Outlet DRB – https://goo.gl/f9LcHi
  • Outlet DRB – https://goo.gl/BRBAZe

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Dapoer Roti Bakar, Bisnis Franchise Roti Bakar Homemade dengan Lebih dari 100 Varian Menu
Article Name
Dapoer Roti Bakar, Bisnis Franchise Roti Bakar Homemade dengan Lebih dari 100 Varian Menu
Description
Roti bakar, salah satu kuliner klasik yang tentunya disukai berbagai kalangan masyarakat ini ternyata sudah merambah ke dunia franchise.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By | 2018-01-16T09:17:34+00:00 January 15th, 2018|Categories: Bisnis, Entrepreneur, Waralaba (Franchise)|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment