Saat ini, Do-It-Yourself atau DIY Projects memang sedang tren di kalangan masyarakat, terutama mereka yang suka berkreasi.

Selain bisa membuat dan merangkai potongan-potongan menjadi suatu rangkaian yang unik dan berguna, ternyata DIY ini juga dapat menghemat pengeluaran Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

DIY Projects yang Dapat Menghemat Pengeluaran Anda

Anda dapat menghemat pengeluaran Anda dengan memelihara dan membuat sendiri perabotan yang Anda miliki.

Saat ini, ada begitu banyak tutorial DIY yang beredar di media sosial, mulai dari DIY perabotan rumah tangga hingga aksesoris fashion.

Berikut ini beberapa project DIY yang dapat Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran Anda.

 

#1 Menangani Sendiri Pemeliharaan dan Perbaikan Rumah

Menangani tugas-tugas dasar pemeliharaan dan perbaikan rumah adalah hal yang bagus untuk memulai proyek DIY Anda.

Merawat rumah sebetulnya tidak susah dan tidak perlu banyak waktu serta biaya. Kuncinya, Anda harus rajin mengecek bagian rumah mana yang sudah mulai menurun kualitas atau funginya.

Dengan semakin cepat mengetahui kerusakan, Anda juga bisa melakukan perbaikan atau perawatan kecil tanpa harus memanggil tukang atau ahli perbaikan rumah atau mengeluarkan biaya.

Berikut ini beberapa tips untuk pemeliharaan dan perbaikan rumah

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Cara Memperbaiki Toilet Tersumbat

Toilet yang tersumbat harus segera ditangani sebelum meluap. Jika Anda tidak memiliki penyedot toilet (plunger), toilet tersumbat dapat diatasi dengan cepat dengan menggunakan barang rumah tangga.

Anda dapat memperbaiki toilet yang tersumbat tanpa memanggil tukang ledeng.

  1. Tuangkan sabun cuci piring cair ke dalam toilet. Sabun bisa memecah lemak dalam sumbatan, seperti melarutkan lemak ke wastafel dapur. Anda juga bisa menggantinya dengan shampo atau sabun sebagai pengganti sabun cuci piring. Meski tidak seefektif sabun cuci piring, tetapi dapat Anda gunakan.
  2. Tuang 900 ml air panas ke dalam lubang toilet agar sabun bereaksi.
  3. Tunggu selama 20 menit.
  4. Putar keran air dan siram toilet. Lubang toilet sebaiknya tidak penuh agar sabun dapat bekerja lebih efektif.

 

DIY Projects yang Dapat Menghemat Pengeluaran Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips dan Trik Jitu Menghemat Biaya Renovasi Rumah agar Kantong Sejahtera]

 

Bila cara di atas tidak efektif Anda bisa mencobat untuk menuangkan 1 cangkir soda kue dan 2 cangkir cuka ke dalam toilet. Reaksi kimiawi antara soda kue dan cuka akan membantu melarutkan sumbatan.

 

Membersihkan Kulkas

Anda dapat memelihara Kulkas Anda supaya bisa bertahan lebih lama dan berjalan jauh lebih efisien.

  1. Vacuum kumparan kondensor: ketika debu menumpuk pada kumparan, kondensor akan bekerja jauh lebih sulit untuk mempertahankan suhu yang tepat. Ini berarti tagihan listrik Anda akan jauh lebih besar dan umur dari freezer ini akan lebih pendek. Untuk menghindari masalah ini, Anda dapat membersihkan secara menyeluruh pada kumparan setiap tiga bulanan. Anda akan menemukan kumparan pada bagian belakang atau sisi bawah kulkas. Hanya lepaskan kulkas, dan vakum mereka.
  2. Cucilah semua rak, laci dan permukaan lain dengan tangan. Anda dapat basahi spons dengan busa sabun, ambilah sikat atau spons untuk menggosoknya dan mulailah membersihkan barang-barang yang dapat dipindahkan dari kulkas Anda.
  3. Lap bagian dalam lemari es dengan larutan pembersih yang Anda sukai. Anda mungkin tidak ingin menggunakan sabun atau pembersih kimiawi untuk bagian dalam lemari es Anda, karena kemungkinan akan menyerap baunya. Sebagai gantinya, gunakan larutan pembersih alami seperti 2 sendok makan baking soda dan 1 liter air panas, atau menggunakan 2 bagian sari cuka apel dan 3 bagian air panas.
  4. Untuk noda yang sangat membandel, Anda dapat menggunakan pasta gigi putih. Pasta gigi ini berperan sebagai pembersih abrasif dan selain itu baunya cukup enak.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Membersihkan Mesin Cuci

Mesin cuci juga memiliki risiko untuk tumbuh jamur, sehingga mesin cuci juga perlu dibersihkan. Caranya adalah:

  1. Untuk bagian eksterior mesin cuci Anda, Anda dapat usap eksterior mesin cuci dengan cuka. Cuka adalah pilihan bahan alami yang mudah dan murah. Jus lemon juga bekerja sama baiknya dengan cuka. Tuangkan beberapa cuka atau jus lemon ke dalam botol semprot bersih, dan kemudian Anda bisa menggunakan lap untuk mengelap eksterior mesin cuci Anda.
  2. Untuk bagian dalam Anda bisa menggunakan air panas. Setelah itu tambahkan satu liter pemutih untuk menghilangkan noda di bagian dalam, kemudian biarkan mesin menyelesaikan sisa siklus pencucian.

 

DIY Projects yang Dapat Menghemat Pengeluaran Anda 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cerdik Mempercantik Taman Rumah Jika Budget Anda Terbatas]

 

Sebagai alternatif alami, tambahkan satu liter cuka putih untuk mengganti pemutih atau pembersih.

 

#2 Mencoba Tangan Anda di Pengendalian Hama

Jasa pest control sangat mahal. Mereka sering bergantung pada bahan kimia yang tidak baik untuk keluarga dan hewan peliharaan Anda.

Ambil alih pengendalian hama, sehingga Anda dapat melakukan hal-hal yang lebih aman dengan cara Anda. Anda akan takjub melihat betapa mudahnya untuk membersihkan rumah Anda dan halaman Anda tanpa kunjungan bulanan dari pembasmi hama.

 

Menyingkirkan Semut

Anda dapat menyingkirkan semut dirumah Anda dengan menggunakan cuka.

Anda bisa mengusap cuka di bawah meja, lemari dan tempat-tempat lain dimana Anda melihat semut. Anda dapat mencampurkan 50% cuka dan 50% air. Ulangi sepanjang hari untuk menjaga efektivitas.

Mengapa ini bisa bekerja? Karena semut benci bau cuka dan bau cuka juga dapat menghilangkan jalur aroma yang mereka gunakan untuk berjalan.

Bila Anda menggunakan batu alam sebaiknya Anda tidak menggunakan metode ini. Jika Anda memiliki granit, marmer, kuarsa atau beberapa jenis batu lainnya, Anda dapat menggunakan semprotan biasa untuk menghilangkan semut.

 

Menyingkirkan Kecoa

Anda tidak perlu melapisi rumah Anda dengan bahan kimia mahal untuk menyingkirkan kecoa. Anda dapat menggunakan borax dan gula pasir untuk mengatasi kecoa.

Campurkan borax dan gula bersama-sama dalam bagian yang sama. Kemudian, oleskan sepanjang pinggir rumah, celah-celah, di bawah lemari, di bawah wastafel dan tempat lain yang Anda pernah lihat kecoa.

Mengapa hal ini dapat bekerja? Karena kecoa tertarik pada gula, maka ia akan mengkonsumsi campuran yang sudah Anda buat. Setelah dikonsumsi, borax akan membuat kerusakan sistem pencernaan mereka dan menyebabkan kematian.

 

Menyingkirkan Lalat

Anda dapat menyingkirkan lalat dengan mengisi toples bersih dengan cuka sari apel hingga separuh penuh.

Lubangi penutupnya, lubang-lubang yang Anda buat harus cukup besar untuk dimasuki lalat. Pasang penutup yang telah dilubangi tadi ke toples. Tempatkan di area yang banyak lalat bertebangan. Tunggulah sampai lalat masuk ke dalam toples.

Lalat tidak cukup pandai untuk menemukan jalan keluar dan cuka akan membunuhnya. Ganti stoples secara rutin.

 

DIY Projects yang Dapat Menghemat Pengeluaran Anda 04a - Finansialku

[Baca Juga: Terbaru! Cara Menanam Hidroponik di Rumah dengan Biaya Investasi yang Terjangkau]

 

#3 Menjadi Tukang Kebun Sendiri

Berkebun dapat menjadi hobi yang sangat mahal atau sangat hemat. Perbedaan biasanya datang ke seberapa banyak Anda melakukan DIY.

Pelajari cara membuat pupuk Anda sendiri dan membuat tanah sendiri, sehingga Anda tidak perlu membeli mereka.

Anda juga dapat menemukan cara kreatif untuk menyingkirkan hama dan penyakit pada tanaman Anda, tanpa beralih ke semprotan yang dibeli di toko. Anda dapat belajar seni tumbuh tanaman dari bibit dan stek.

 

#4 Pemeliharaan dan Perbaikan Kendaraan

Anda juga dapat menghemat perawatan mobil Anda dengan melakukan perawatan kendaraan sendiri, khususnya untuk perawatan ringan. Hal ini juga dapat membuat kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima, aman dan nyaman digunakan.

Mesin merupakan bagian yang paling penting dari sebuah kendaraan. Tanpa didukung mesin yang sehat, maka laju kendaraan akan banyak mengalami hambatan di tengah jalan.

Mesin mobil terdiri dari beberapa bagian penting. Secara umum mesin utama mobil sangat jarang ditemukan masalah. Selama Anda rajin ganti oli, maka mesin mobil Anda akan awet.

Penggantian oli mesin sebaiknya 4.000 km hingga 5.000 km, paling aman penggantian setiap 4.000 km.

Papa, Ini lho Cara Menghemat Biaya Service Mobil 01 - Finansialku

[Baca Juga: Papa, Ini Cara Menghemat Biaya Service Mobil]

 

Anda dapat menggunakan cairan pembersih untuk mesin. Secara umum cairan pembersih mesin meliputi:

  1. Engine Conditioner: Berfungsi untuk membersihkan kerak maupun karbon sebagai dampak pembakaran. Berbentuk busa (foam) yang disemprotkan melalui lubang busi dan diharapkan kotoran terbuang melalui knalpot.
  2. Engine Flush: pembersih endapan di dalam ruang oli mesin ini berbentuk deterjen yang berfungsi untuk pembilasan (flushing) dan menghanyutkan kotoran yang berada di dalam mesin kendaraan. Penggunaan engine flush biasanya saat mau ganti oli mesin.
  3. Engine Degreaser: Berfungsi untuk membersihkan bagian badan luar mesin dari kotoran dan jamur.

 

Anda perlu mempelajari terlebih dahulu cara penggunaan pembersih mesin. Sebab jika keliru melakukannya justru dapat merusak logam mesin itu sendiri.

 

#5 Pelajari Cara Repurpose

Repurpose atau mendaur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah.

Hal ini sebenarnya dapat menjadi sesuatu barang yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru.

Berikut ini ada beberapa contoh repurpose yang bisa Anda gunakan:

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Daur Ulang Shampo atau Sabun Hotel

  1. Membuat shaving cream dari shampo bekas, Anda tinggal mencampurkan shampo dan conditioner secara bersamaan.
  2. Anda juga dapat menggunakan sabun atau shampo untuk mencuci pakaian Anda. Biasanya shampo sangat ampuh untuk menghilangkan minyak dan bekas darah.
  3. Bisa juga digunakan untuk membersihkan lantai atau juga kamar mandi.

 

Membuat Sabun Cair Sendiri dari Sabun Batangan

Caranya adalah parut sabun batangan, lalu didihkan di atas kompor dengan menambahkan empat cangkir air. Kemudian aduk untuk mencairkan sabun. Biarkan campuran dingin selama minimal 15 menit.

Jika kelihatan terlalu cair, Anda dapat memanaskan lagi dan menambah serpihan sabun. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk sabun cair Anda.

Kadar minyak esensial tidak boleh melebihi 1% jika anak-anak akan menggunakan itu.

DIY Projects yang Dapat Menghemat Pengeluaran Anda 05 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Hemat Biaya Listrik! Gunakan Panel Surya di Rumah Anda! Plus: Perhitungannya]

 

#6 Membuat Perabot Rumah Sendiri

Perabot merupakan elemen yang penting untuk mengisi sebuah rumah. Anda dapat menghemat biaya yaitu dengan membuat sendiri perabot rumah dan ornamen rumah.

Berikut ini beberapa ide membuat perabot rumah sendiri:

 

Membuat Sofa dari Batako

Salah satu properti rumah yang bikin tabungan terkuras adalah sofa. Tempat duduk ini biasanya dijual dengan harga yang tidak murah.

Anda bisa membuat sofa unik sendiri dengan menggunakan batako.

Anda cukup meletakkan batako pada dua bagian. Agar tak mudah goyah, gunakan semen sebagai perekat. Setelah itu, hubungkan dua batako ini dengan beberapa balok kayu. Jika kamu ingin terlihat lebih cerah, warnai dengan cat. Setelah itu, pasang busa dan bantal kecil di atasnya. Sofa unik dan nyentrik ini siap mengisi bagian rumah Anda.

DIY Projects yang Dapat Menghemat Pengeluaran Anda 06 - Finansialku

[Baca Juga: Memperindah Rumah: Memilih Perabot Rumah dan Aksesoris Rumah yang Murah]

 

Membuat Berbagai Perabot dari Palet Bekas

Anda dapat membuat meja, kursi, dan peralatan lain dari palet bekas.

 

Gunakan Imajinasi dan Kreativitas

Anda bisa gunakan imajinasi dan kreativitas Anda. Selain bisa menghemat uang, DIY juga dapat menambah uang saku Anda dengan menjual kreasi Anda. Tertarik?

 

Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Erin Huffstetler. 7 Agustus 2017. Do-It-Yourself Guide That Will Help You Save Big. Thebalance.com – https://goo.gl/Ndt9Yb
  • Admin. 4 September 2017. Cara Merawat Mesin dan Cat Mobil Bekas Maupun Baru. Distributorbanradial.com – https://goo.gl/nLT4gN

 

Sumber Gambar:

  • DIY Projects – https://goo.gl/6V7Goj
  • DIY Projects: Toilet Tersumbat – https://goo.gl/8BvXdi
  • DIY Projects: Membersihkan Mesin Cuci – https://goo.gl/93q29e
  • DIY Projects: Membuat Pestisida – https://goo.gl/xokJHQ
  • DIY Projects: Sabun Cair – https://goo.gl/Xk6zZb
  • DIY Projects: Sofa dari Batako – https://goo.gl/WU7v1p

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang