Bagaimana cara menghemat biaya service mobil? Apa saja manfaat menghemat biaya service mobil? Kali ini Finansialku akan membahas cara menghemat biaya service mobil.

 

Rubrik Finansialku

 

Pengertian Service Mobil

Service mobil merupakan serangkaian perawatan mobil, baik untuk meningkatkan kinerjanya maupun untuk memperbaikinya. Service mobil biasa dilakukan di bengkel resmi maupun tidak resmi. Karena saat ini semakin banyak pertumbuhan kendaraan roda empat di Indonesia, maka kebutuhan service mobil pun kian meningkat.

Salah satu faktor utama kebutuhan service mobil adalah tidak sejalannya perbaikan fisik jalan raya dibanding pertumbuhan jumlah pengguna mobil. Hal ini menyebabkan mobil sering melewati jalan yang tidak baik kondisinya. Selain itu, kemacetan juga menyebabkan mesin mobil lebih lama panas.

Agar mobil tidak cepat rusak, mobil harus rutin di-service. Alasan mobil perlu di-service adalah pemakaian kilometer tertentu yang menjadi syarat wajib service, memperlama umur pakai sesuai prediksi pabrik dan mencegah kerusakan mobil di jalan.

[Baca Juga: WOW Kalo Begini Caranya! Setiap Orang, Termasuk Anda Bisa Beli Mobil Baru]

 

Jenis-Jenis Service Mobil

Salah satu jenis service mobil adalah penggantian spare part rutin. Untuk jadwal penggantian spare part rutin, Anda harus jeli dalam mengingatnya. Karena jika meleset dari jadwal maka keadaan mesin mobil bisa mengalami masalah. Jadwal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pada kilometer ke-5.000 dan kelipatannya: Ganti Oli + Filter Oli.
  • Pada kilometer ke-20.000 dan kelipatannya: Penggantian setiap 5.000 km + Ganti Busi + Oli transmisi + Kuras Minyak Rem.
  • Pada kilometer ke-40.000 dan kelipatannya: Penggantian setiap 20.000 km + Filter Udara + Kuras Radiator.
  • Pada kilometer ke-100.000 dan kelipatannya: Penggantian Timing Belt.

 

Di samping jadwal service berkala berdasarkan jarak tempuh, ada juga jadwal service berdasarkan usia mobil seperti berikut:

  • Pada bulan ke-1 dan 6, perlu dilakukan penggantian oli mesin dan filter oli.
  • Saat memasuki bulan ke-12, Anda harus mengganti oli mesin, filter oli, busi, oli T/ M dan oli differential.
  • Pada bulan ke-18, diperlukan penggantian oli mesin dan filter oli.
  • Jika sudah menginjak bulan ke-24 atau bulan ke-48, yang perlu diganti adalah oli mesin, filter oli, busi, oli T/M, oli differential, filter udara, coolant serta minyak rem.
  • Pada bulan ke-30, ke-42, ke-54, ke-60, perlu dilakukan penggantian oli mesin dan filter oli.
  • Jika mobil telah berusia 36 bulan, jangan lupa untuk mengganti oli mesin, filter oli, busi dan oli T/M

[Baca Juga: Punya Mobil Baru? Kenali Manfaat Asuransi Mobil Sebelum Membelinya]

 

Manfaat Service Mobil

Dengan melakukan service mobil secara rutin, mobil akan terhindar dari risiko mogok di jalan. Selain itu, terdapat beberapa manfaat lain yang bisa Anda peroleh saat melakukan service mobil secara rutin yaitu:

  • Menghemat pengeluaran pemilik
  • Mobil terhindar dari kerusakan yang lebih parah
  • Performa mobil maksimal terjaga
  • Pemilik terhindar dari risiko kecelakaan karena mesin bermasalah
  • Kenyamanan pengemudi dan penumpang
  • Harga purna jual tetap terjaga

[Baca Juga: Konsultasi: Angsuran untuk Membeli Mobil Bekas]

 

Cara Menghemat Biaya Service Mobil

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya service mobil. Anda bisa lebih hemat dalam menghabiskan biaya service jika menerapkan beberapa cara sederhana berikut:

 

Cara 1: Temukan Bengkel Terpercaya dan Teknisi Terpercaya

Saat Anda menemukan bengkel yang terpercaya, otomatis bengkel tersebut akan melayani secara jujur. Dalam artian, pemilik mobil tidak harus membayar sesuatu yang tidak dibutuhkan. Hal ini sangat penting mengingat cukup banyak fenomena bengkel “nakal” yang sengaja menulis catatan spare part rusak atau perlu diganti, padahal tidak.

[Baca Juga: Moms, Mobilnya Diasuransikan, Orangnya Kok Tidak?]

 

Jika Anda menemukan keanehan pada suatu bengkel, konsultasikan pada rekan yang mengerti tentang mesin mobil. Sehingga apabila pemilik bengkel melakukan penipuan, Anda bisa segera pindah bengkel. Contoh bengkel yang terpercaya adalah yang berlabel AAA Car Care Center atau AAA Approved Auto Repair Shop.

 

Cara 2: Bergabunglah Pada Forum dan Cari Rekomendasi

Rekomendasi dari pemilik mobil yang sejenis bisa menjadi salah satu acuan dalam berbagai hal. Memilih mobil, menentukan biaya dan segala urusan yang berkaitan dengan perawatan mobil sangat bisa dilakukan melalui forum. Anda juga bisa mencari orang-orang yang bersedia untuk membagi ilmu dan tips perawatan mobil sesuai spesifikasinya.

Selain lebih terpercaya, testimoni juga bisa memberikan bukti foto hasil pengerjaan atau dokumen pendukung seperti sertifikat pelayanan dan standar service. Jadi, biaya yang dikeluarkan bisa jauh lebih murah karena banyak rekomendasi dan harga yang ditetapkan bisa dicek kembali secara terbuka.

[Baca Juga: Mau Beli Mobil Baru atau Mobil Bekas yang Baru?]

 

Cara 3: Gunakan Spare Part Asli

Meskipun lebih mahal, tetapi spare part asli akan bisa menjaga keawetan mobil secara lebih berkualitas. Pabrik pembuatnya menyusun spare part sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mobil sehingga lebih bisa “klik” dengan mesin mobil.

Pada umumnya, beberapa bengkel akan menawarkan kepada pelanggan apakah ingin memilih spare part original atau tidak. Pilihlah yang original agar Anda tidak perlu sering mengganti spare part setelah itu.

 

Berhemat Biaya Service Mobil Semaksimal Mungkin

Biaya perawatan atau biaya service mobil pasti sangat diperlukan oleh para pemilik mobil, mengingat mobil yang selalu dipakai, maka mobil akan mengalami kerusakan sedikit demi sedikit, sebanding dengan usia mobil tersebut. Biaya untuk merawat mobil tidak dapat kita hindarkan, melainkan bisa kita siasati agar pengeluaran untuk biaya tersebut tidak besar. Lakukan beberapa tips yang disajikan pada penjelasan sebelumnya, agar keuangan keluarga Anda tetap sehat dan tidak mengganggu kebutuhan Anda.

 

Dari beberapa cara di atas, manakah cara yang bisa langsung Anda terapkan untuk mobil Anda? Mengapa cara tersebut dianggap paling relevan? Jelaskan pendapat yang Anda pikirkan melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan informasi penting ini pada orang-orang yang ingin menghemat biaya service mobil. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tom Barlow. 24 Agustus 2015. Eight Simple Car Repairs To Save Money. Csmonitor.com – https://goo.gl/HElwS8.
  • Service Berkala Pada Mobil Modern Saat Ini. https://goo.gl/N7smIo.
  • 28 Mei 2016. Pentingnya Melakukan Perawatan Berkala Pada Mobil Anda. https://goo.gl/2w4R7M

 

Sumber Gambar:

  • Bengkel – https://goo.gl/9VMfn4
  • Service Mobil – https://goo.gl/Gf8Zoy

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang