Menjadi seorang entrepreneur bukan hanya sebuah mimpi. Setiap orang termasuk Anda juga dapat menjadi seorang entrepreneur sukses. One Day or Day One, You Decide

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Event Mark Your Date

 

Pelajaran dari Para Entrepreneur

Menjadi seorang entrepreneur merupakan impian semua orang dan itu mungkin termasuk Anda, pada Kamis, 18 Mei 2017 kemarin, tim Finansialku berkesempatan menjadi salah satu pembicara di Universitas Mercubuana Jakarta, dalam acara Seminar Accountpreneur dengan tema The Role Of An Accountant In Realizing Young Entrepreneur In Indonesia. Acara yang diikuti oleh kalangan mahasiswa akuntansi ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Mercubuana, Dr. Harnovinsah, S.E., Ak., M.Si., CA., CIPSAS.

YouTube Courtesy. Finansialku.com – Seminar Entrepreneur di Universitas Mercu Buana – Aplikasi Caping dan Finansialku.com

 

Melvin Mumpuni CFP selaku pendiri Finansialku.com bersama Paramita Yasa Singgih pendiri MensRepublic duduk bersama sebagai pembicara dalam bentuk talkshow yang dipandu oleh satu moderator sebagai pengarah acara. Acara yang begitu menginspiratif ini memberikan banyak pelajaran baru bagi para mahasiswa serta motivasi-motivasi baru sebagai young entrepreneur. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang diajukan dan dijawab langsung oleh CEO dari Finansialku.com Melvin Mumpuni CFP:

 

Apakah Anda sudah tergabung dalam Komunitas Finansialku?

Kalau belum, yuk gabung sekarang.

 

Apa saja parameter dalam laporan keuangan yang harus diperhatikan oleh seorang entrepreneur?

Pada dasarnya laporan keuangan adalah sarana atau alat komunikasi. Seorang entrepreneur perlu mengetahui apa yang ingin dikomunikasikan dan kepada siapa komunikasi tersebut ditujukan. Misal:

  • Untuk operasional saya lebih melihat income statement dan cash flow, pemasukan, pengeluaran dan elemen-elemen pemasukan dan pengeluaran tersebut, serta beberapa rasio terkait, seperti likuiditas, ROMI (Return on Marketing Investment), biaya akuisisi pelanggan dan lain sebagainya.
  • Untuk kegiatan investasi, saya lebih melihat balance sheet, proforma dan laporan perubahan modal, serta beberapa rasio terkait misal BEP (Break Even Point), ROI, ROE, ROA.

 

Bagaimana perencanaan keuangan dalam sebuah bisnis?

Setiap entrepreneur pasti memiliki tujuan yang besar, misal ingin memiliki ini itu. Saya sebagai founder Finansialku.com memiliki tujuan untuk mengejar jumlah pengguna Aplikasi Finansialku. Aplikasi Finansialku adalah aplikasi yang dapat membantu Anda, individu dan keluarga untuk mengurus serta merencanakan keuangan. 

Tujuan yang besar tersebut dibuat dengan SMART serta dibagi menjadi tujuan jangka pendek (1 – 2 tahun), jangka menengah (2 – 5 tahun) dan jangka panjang (lebih dari 2 tahun).

Setelah itu lakukan breakdown:

  • Apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut?
  • Berapa modal yang harus disiapkan?
  • Termasuk strategi bisnis, anggaran dan hal-hal keuangan lainnya.
  • dan lain sebagainya.

 

Seperti yang kita ketahui bersama SAK (Standar Akuntansi Keuangan) selalu mengalami revisi hampir setiap tahun. Apakah perusahaan Anda akan selalu merevisi akuntansi keuangan?

Perusahaan kami memiliki bagian akuntansi dan perpajakan yang dikerjakan oleh beberapa orang. Mengenai teknis pencatatan keuangan, saya diskusikan dengan tim tersebut. Saya sebagai founder lebih menggunakan dan membaca laporan keuangan yang ada untuk digunakan mengambil kebijakan perusahaan.

 

Apa yang dilakukan ketika perusahaan merugi?

Saya akan melihat apa yang menyebabkan kerugian tersebut. Jika kerugian tersebut diakibatkan karena sales yang kurang, maka saya akan menambah budget atau anggaran untuk penjualan dan pemasaran. Serta mengurangi budget untuk operasional yang dirasa kurang penting.

Biasanya orang-orang melakukan sebaliknya, ketika perusahaan merugi mereka akan mengurangi budget pemasaran. Jika budget pemasaran berkurang, maka perusahaan akan kesulitan untuk menjual atau memasarkan produknya. Ujung-ujungnya revenue atau penghasilan tidak mengalami pertumbuhan.

 

Apa Tips dan Trik untuk Entrepreneur Muda?

Menurut saya untuk memulai bisnis, kita tidak perlu memikirkan terlalu banyak nantinya gimana. Lebih baik segera lakukan dari sekarang. One Day or Day One, You Decide.

Event Seminar Accountpreneur “The Role Of An Accountant In Realizing Young Entrepreneur In Indonesia” 1 - Finansialku

 [Baca Juga: 11 Sikap Mental yang Perlu Dimiliki oleh Setiap Pengusaha Sukses seperti Anda]

 

Tiga hal yang diajarkan guru saya mengenai bisnis. Ada tiga hal yang dapat menghancurkan sebuah bisnis, yaitu:

  1. Ketidakmampuan dalam menjual: jika bisnis Anda tidak dapat menjual maka perusahaan akan segera hancur.
  2. Ketidakmampuan dalam mengelola keuangan: Anda dapat berjualan memiliki banyak uang tetapi tidak dapat mengelola dengan benar, maka perusahaan Anda juga dapat hancur.
  3. Permasalahan hukum: banyak kasus entrepreneur yang harus menutup usaha karena permasalahan hukum. Salah satunya yang paling sering adalah permasalahan HAKI merek.

 

Jadi saran saya, untuk teman-teman entrepreneur dan calon entrepreneur sukses seperti Anda adalah: Tingkatkan kemampuan menjual, mengelola keuangan dan jangan sepelekan hukum. Plus mulailah dari sekarang dan dari yang paling kecil.

Sebelum Anda mampu mengurus perkara-perkara besar, selesaikan terlebih dahulu perkara-perkara kecil.

 

Join Komunitas Finansialku dan Belajar Bebaskan Keuangan Anda

Saat ini Finansialku ingin mengajak Anda bergabung dengan komunitas kami, lalu apa saja kegiatan yang akan kami lakukan dan seperti apa bentuk komunitas yang kami buat? Komunitas kami berbentuk grup Whatsapp, dimana setiap harinya tim kami akan memberikan artikel keuangan, motivasi serta membuka sesi QnA (tanya jawab), pertanyaan yang terpilih, nantinya akan dijawab oleh perencanaan keuangan kami, Anda juga dapat memberikan kritik ataupun opini kepada Finansialku dan menginformasikan kegiatan seminar/pelatihan yang kami buat ataupun bekerjasama dengan pihak lain.

Event Seminar Accountpreneur “The Role Of An Accountant In Realizing Young Entrepreneur In Indonesia” 3 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Anak Muda Meningkatkan Pengetahuan Keuangan?]

 

Salah satu kegiatan rutin yang ingin kami lakukan adalah melakukan pertemuan atau ngop-dar dengan bermain Cashflow bersama, mengapa kami memilih bermain Cashflow karena Cashflow merupakan salah satu bentuk permainan sederhana yang dapat mengajarkan Anda dalam meraih kebebasan keuangan.

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya kami akan mengadakan berbagai seminar dan pelatihan menarik mengenai perencanaan keuangan baik itu bagi ibu rumah tangga, entrepreneur, karyawan dan juga mahasiswa, peserta tentu saja yang diutamakan adalah anggota komunitas kami. Komunitas Finansialku terbuka untuk siapa saja yang ingin mencapai kebebasan keuangan. Silakan daftarkan nama Anda pada formulir berikut ini dan temukan berbagai pelajaran mengenai permasalahan keuangan:

 

Yuk, Gabung dengan Komunitas Keuangan

Tingkatkan Kemampuan Anda dalam Mengelola Keuangan Keluarga

[]
1 Step 1
Pekerjaan Anda saat inipilih salah satu
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

 

Finansialku juga bekerja sama dengan salah aplikasi perangkum berita (news aggregatorCaping sebagai co-event kami. Ingin tahu jadwal atau acara Finansialku.com selanjutnya? Langsung saja isi form di atas, karena kami akan mengundang Anda dalam grup Whatsapp kami. 

Event Seminar Accountpreneur “The Role Of An Accountant In Realizing Young Entrepreneur In Indonesia” 4 - Finansialku

[Baca Juga: DIY (Do It Yourself) Perencanaan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Finansialku]

 

Jangan lupa download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau daftar di Aplikasi.Finansialku.com untuk menemukan informasi menarik serta rencanakan keuangan Anda menuju kebebasan keuangan. 

 

Apakah Anda sudah siap menjadi entrepreneur sejati? Silakan share pengalaman, pertanyaan dan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini, terima kasih.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana