Lakukan 9 cara ini agar kamu bisa mencapai kebebasan finansial. Apakah yang kamu bayangkan, sebagai fresh graduate, setelah teman-teman lulus dan wisuda? Kita semua pasti akan membayangkan bagaimana kehidupan setelah kuliah bukan? Pekerjaan, mungkin saja bisnis, bagaimana hidup mandiri dan lain sebagainya. Rubrik kali ini akan membahas cara supaya teman-teman sebagai fresh graduate dapat mencapai kebebasan finansial.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Fresh Graduate, Inilah Waktunya

Jika kita adalah seorang fresh graduate, pastinya tidak lama lagi kita akan mengalami sebuah perubahan hidup yang utama. Kita akan mulai mencari dan mendapatkan pekerjaan, mendapatkan pemasukan, mengatur pengeluaran, mengusahakan keuangan kita sendiri dan berusaha untuk hidup lebih mandiri, tidak bergantung pada orangtua.

Sebagian besar dari perubahan itu, akan berhubungan dengan keuangan. Oleh karena itu, menjadi suatu hal yang penting bagi kita untuk dapat mempunyai perencanaan keuangan untuk membantu kita selama masa perubahan hidup ini.

Para Fresh Graduate, Lakukan 9 Cara Agar Kamu Bisa Mencapai Kebebasan Finansial 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Merencanakan Karier yang Benar untuk Fresh Graduate]

 

Perencanaan keuangan adalah hal yang sangat penting, baik ketika kita ingin memulai memasuki dunia pekerjaan, pindah ke kota yang baru, atau ketika kita ingin mendapatkan rumah atau apartemen, ke arah hidup yang lebih baik. Semuanya itu dibutuhkan sebuah perencanaan keuangan yang baik.

Jika teman-teman tidak melakukan perencanaan keuangan ini, maka akan sangat sulit sekali untuk mencapai kebebasan finansial di masa yang akan datang, terutama di masa-masa non-produktif, seperti masa tua nanti. Oleh karena itu, menciptakan keamanan dan kebebasan finansial sejak dari pertama kali memasuki dunia kerja menjadi hal yang sangat signifikan untuk menentukan masa depan kita.

Dibawah ini adalah 9 cara agar teman-teman dapat mencapai kebebasan finansial.

 

9 Cara Bagi Fresh Graduate Untuk Mencapai Kebebasan Finansial

Apa yang bisa kamu lakukan untuk mencapai kebebasan finansial? Ada 9 cara yang bisa kamu lakukan. Simak pembahasan berikut ini.

 

#1 Tuliskan Tujuan Keuanganmu

Seperti yang sudah teman-teman ketahui, tujuan keuanganmu tidak akan sama dengan tujuan keuangan orang lain. Cara pertama yang dapat kita lakukan adalah menuliskan tujuan dan rencana keuangan kita secara personal. Bukan hanya tujuan keuangan tetapi buat juga daftar beberapa tujuan hidup yang ingin kita capai.

Teman-teman juga dapat membuat tujuan itu berupa gambar di sebuah papan seperti papan impian. Bagi beberapa orang, membuat papan impian dapat membantu mereka untuk memvisualisasi impian mereka. Beberapa contoh tujuan keuangan antara lain membeli rumah pertama, menikah, melanjutkan kuliah, melakukan travelling, dan lain sebagainya.

Slide Perencanaan Keuangan Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Slide Perencanaan Keuangan: Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda]

 

Membuat dan menuliskan tujuan keuangan dapat membuat kita lebih fokus kepada hal-hal yang penting di dalam setiap masa kehidupan kita, sehingga kita tidak mudah teralihkan kepada hal yang tidak penting. Menuliskan tujuan keuangan juga dapat membuat kita termotivasi ketika kita melakukan perencanaan keuangan seperti melakukan pencatatan arus kas, menabung atau berinvestasi.

 

#2 Buat Anggaran Pribadi Yang Realistik

Jika kita ingin mencapai kebebasan finansial, maka kita harus dapat menjadi berbeda dari orang-orang biasanya. Orang biasanya tidak membuat anggaran pribadi untuk pengeluaran mereka. Tetapi agar kita dapat mencapai tujuan keuangan yang sudah kita tulis, kita harus membuat anggaran.

Membuat anggaran tidak harus rumit, teman-teman hanya perlu menuliskan beberapa pengeluaran rutin setiap bulannya dan menuliskan anggaran yang sudah teman-teman hitung dan pertimbangkan. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu teman-teman dalam membuat anggaran, salah satunya adalah Aplikasi Finansialku.com. Kamu bisa men-download Google Play Store

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Aplikasi ini akan membantu teman-teman dalam membuat anggaran. Hal ini merupakan salah satu hal penting sebagai acuan pengeluaran teman-teman dan sebagai evaluasi setiap bulannya.

 

#3 Buat Menabung Menjadi Prioritas

Ketika kita membuat anggaran setiap bulannya, kita harus membuat anggaran menabung sebagai suatu prioritas. Prioritas artinya, sebelum kita menggunakannya untuk hal yang lainnya, kita harus terlebih dahulu mengalokasikan pemasukan kita untuk menabung, sehingga setiap bulannya pasti akan ada uang yang kita tabung karena kita prioritaskan.

Alasan mengapa kita harus memprioritaskan untuk menabung adalah karena kita harus mempunyai dana darurat sebagai langkah awal untuk mencapai kebebasan finansial. Kita harus mempunyai setidaknya minimal 6 kali pengeluaran rutin setiap bulannya sebagai dana darurat. Kita harus menabungkan dana darurat ini di rekening yang terpisah atau di instrumen keuangan yang berbeda dari rekening kebutuhan hidup kita sehari-hari.

Kenali Perbedaan Menabung Dan Investasi yang Perlu Anda Ketahui 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Perbedaan Menabung Dan Investasi yang Perlu Anda Ketahui]

 

Sekarang ini sudah banyak fasilitas auto-debit yang dapat kita gunakan agar dapat membantu kita berdisiplin menabung dan memprioritaskannya. Disiplin menabung ini harus kita prioritaskan, karena jika tidak, maka belum tentu akan ada uang di akhir bulan untuk ditabung.

 

#4 Kurangi Utang Konsumtif

Ada satu hal lagi yang harus menjadi prioritas dalam merencanakan keuangan untuk mencapai kebebasan finansial, kita harus mengurangi berutang untuk hal-hal yang konsumtif. Biasanya utang ini sangat mudah didapat dari kartu kredit, banyak sekali promo atau diskon yang menyebabkan kita menjadi mudah menggunakan kartu kredit untuk hal yang konsumtif.

Selain mengurangi utang konsumtif, teman-teman juga harus memprioritaskan untuk membayar lunas semua utang konsumtif yang ada. Jangan pernah berutang jika memang teman-teman tidak sanggup untuk membayar lunas semua tagihannya, karena ada biaya bunga yang besar ketika teman-teman hanya membayar tagihan minimumnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari utang konsumtif.

 

#5 Hindari Godaan Untuk Menggunakan Tabungan

Ketika teman-teman sudah memprioritaskan menabung dan mempunyai tabungan yang cukup besar, biasanya sering muncul godaan untuk menggunakan tabungan tersebut untuk memenuhi keinginan teman-teman yang sebelumnya tidak pernah ada di dalam tujuan keuangan teman-teman. Hindari hal tersebut.

Bagaimana Cara Memulai Investasi Pertama Untuk Saya Fresh Graduate 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memulai Investasi Pertama Untuk Saya Fresh Graduate]

 

Jika memang kita ingin memuaskan keinginan, kita hanya dapat menggunakan dana yang sudah dianggarkan setiap bulannya, bukan menggunakan tabungan kita. Kita harus ingat bahwa tabungan tersebut hanya untuk hal-hal darurat dan untuk mencapai tujuan keuangan kita.

 

#6 Fokuskan Kembali Kepada Tujuan Keuanganmu

Seiring berjalannya waktu akan ada banyak keadaan yang membuat fokus kita teralihkan, sehingga motivasi kita untuk menabung akan berkurang, Kita cenderung untuk kembali kepada keinginan untuk menghabiskan seluruh pendapatan kita untuk memenuhi keinginan kita.

Pada saat seperti itu, lihat kembali tujuan keuangan yang pernah kita tuliskan. Penghargaan kita adalah pada saat kita berhasil mencapai tujuan keuangan yang kita tuliskan. Hal tersebut akan membangkitkan kembali motivasi kita, kenapa kita melakukan hal tersebut.

 

#7 Jangan Terbawa Gaya Hidup Orang Lain, Tentukan Hidupmu Sendiri

Seringkali dalam hidup ini, lingkungan dan pertemanan mempengaruhi bagaimana cara kita hidup. Gaya hidup kita sering dipengaruhi oleh faktor dari luar. Jika kita ingin mencapai kebebasan finansial, kita harus menentukan gaya hidup kita sendiri sesuai dengan tujuan keuangan dan anggaran yang sudah kita buat sebelumnya. Menjadi berbeda karena suatu tujuan bukanlah suatu kesalahan, mengikuti gaya hidup seseorang tanpa tahu tujuannya merupakan kesalahan yang dapat merusak tujuan kita untuk mencapai kebebasan finansial.

 

#8 Mulailah Belajar Tentang Instrumen Investasi

Jika kita ingin mencapai kebebasan finansial, maka pengetahuan kita tentang keuangan harus diperluas. Kita juga harus mengetahui tentang berbagai instrumen investasi yang ada, sehingga pada waktunya kita dapat berinvestasi tanpa harus mencari informasi terlebih dahulu.

Masih Mahasiswa Sudah Ingin Bebas Keuangan Bisa Kok Ini Panduannya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Mahasiswa Sudah Ingin Bebas Keuangan? Bisa Kok Ini Panduannya!]

 

Pengetahuan tentang keuangan yang lainnya, seperti pajak, utang produktif, dana pensiun, dan yang lainnya juga boleh kita pelajari untuk menambah wawasan kita tentang bagaimana kita dapat mengoptimalkan uang yang ada pada kita.

 

#9 Tentukan Makna Kebebasan Finansialmu

Cara terakhir yang juga sangat penting adalah kita harus menentukan apa arti menjadi bebas secara finansial. Banyak orang ingin mencapai kebebasan finansial, tetapi mereka sendiri belum mengetahui, kebebasan finansial seperti apa yang mereka inginkan.

Apakah dengan memiliki pendapatan pasif yang banyak, apakah dengan memiliki keluarga yang bahagia dan dapat travelling dengan keluarga kita atau memiliki rumah peristirahatan dimana kita bisa menikmati waktu kita bersantai disana?

Hal ini yang akan membuatmu memiliki suatu tujuan yang pasti tentang kebebasan finansial. Memang mungkin seiring berjalannya waktu, makna ini akan berubah tetapi dengan memiliki suatu pemikiran tentang kebebasan finansial, kita akan lebih termotivasi untuk mencapainya.

 

Lakukan dan Capailah Kebebasan Finansialmu

Semua cara ini hanya dapat berhasil jika teman-teman melakukannya. Jangan sia-siakan masa muda untuk hal yang akan kamu sesali di masa depan karena waktu tidak akan dapat terulang kembali. Dan jangan biarkan lingkungan yang menentukan hidupmu.

Jadilah dirimu sendiri, lakukan apa yang penting bagi hidupmu dan capailah… Click to Tweet

 

Apakah temen-temen ingin mencapai kebebasan finansial? Apa yang akan kamu lakukan? Silakan share pendapat dan jawaban kamu di kolom yang sudah disediakan di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Scott Spann. 14 Juni 2017. 9 Ways Recent Grads Can Achieve True Financial Freedom. Thebalance.com – https://goo.gl/X8B9H8

 

Sumber Gambar:

  • Cheerful Asian Guy – https://goo.gl/trULgM
  • College Student – https://goo.gl/4wmejE

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana