Gaji UMR mau koleksi sepatu Timberland, bagaimana caranya? Ingin memiliki koleksi sepatu mahal dengan gaji UMR, mari kita bahas dalam artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Koleksi Sepatu Timberland

Siapa bilang hanya wanita yang menginginkan sepatu mahal? Pria pun bisa saja memiliki obsesi yang serupa. Salah satu sepatu yang sering diidam-idamkan adalah merek sepatu Timberland. Bagi para penyukanya, sepatu ini tampak sangat menarik dan eksklusif. Harganya pun tidak kalah eksklusif. Kisaran harga sepatu ini mulai dari Rp4 juta hingga Rp5 juta.

Seringkali jika sudah berkaitan dengan fashion tidak ada harga yang terlalu mahal. Keinginan untuk selalu tampil menarik dalam up to date bisa dimiliki oleh siapa saja. Termasuk Anda yang memiliki gaji UMR. Walaupun gaji terbatas Anda bisa memiliki sepatu mahal seperti Timberland. Siapa bilang sepatu sekelas merek tersebut hanya untuk mereka yang memiliki gaji besar?

Yakin, Masih Berpikir Tidak Butuh Rencana Keuangan, Yakin Masih Mau Gitu-Gitu Saja - Finansialku

[Baca Juga: Yakin, Masih Berpikir Tidak Butuh Rencana Keuangan, Yakin Masih Mau Gitu-Gitu Saja]

 

Tahukah Anda bahwa gaji besar sekalipun bukanlah jaminan bahwa Anda dapat hidup sejahtera dan makmur. Jika tidak diikuti dengan kemampuan dan kemauan untuk mengelola uang dengan baik, Anda tidak akan bisa mencapai tujuan keuangan yang diinginkan. Sebaliknya, walaupun Anda memiliki gaji yang kecil bukan berarti Anda tidak dapat mencapai tujuan keuangan. Jika mampu mengelola keuangan dengan baik dan mau berusaha keras, Anda bisa saja mendapatkan hal yang diinginkan. Misalnya saja seperti membeli sepatu Timberland.

Hanya saja, Anda tetap harus mengukur kemampuan keuangan saat ini. Membeli satu barang mahal masih bisa dipenuhi jika Anda mau berusaha dan merencanakannya dengan matang. Tetapi akan cukup sulit jika Anda berencana untuk menjadi kolektor sepatu mahal seperti Timberland dalam waktu dekat. Karena itu mulailah dengan mengusahakan memiliki satu pasang sepatu Timberland terlebih dahulu. Setelah itu cobalah memupuk keuangan Anda lagi agar terkumpul dana yang cukup untuk membelinya lagi di lain waktu.

 

Ada beberapa kiat-kiat yang dapat Anda lakukan agar mampu membeli sepatu Timberland walaupun dengan gaji UMR:

Menurut Perencana Keuangan, Apakah Kita Boleh Hutang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Menurut Perencana Keuangan, Apakah Kita Boleh Utang?]

 

#1 Buat Cashflow Pribadi

Mulailah dengan membuat laporan keuangan bulanan Anda. Tenang saja, Anda tidak perlu memikirkan laporan keuangan yang rumit dan menyusahkan. Laporan keuangan ini sangat sederhana, hanya berisikan seluruh pemasukan dan pengeluaran Anda. Dengan membuat laporan ini, Anda bisa mengetahui berapa dana yang bisa disimpan untuk membeli barang yang Anda inginkan.

Sebelum menyisihkan dana, pastikan Anda telah memenuhi seluruh kebutuhan-kebutuhan dasar. Jangan sampai ada kebutuhan yang terbengkalai. Jika dana yang dimiliki belum cukup untuk membeli sepatu Timberland idaman Anda, lebih baik tunda daripada Anda mengorbankan kepentingan yang harus dibayar.

 

#2 Tentukan Target Waktu

Setelah mengetahui dana yang dapat dikumpulkan, Anda dapat menentukan jangka waktu untuk mendapatkannya. Coba perhitungkan berapa lama Anda bisa mendapatkan dana untuk membeli sepatu yang diinginkan dengan jumlah uang yang bisa disimpan setiap bulan tersebut. Jika Anda sudah mulai menginvestasikan dana tersebut, perhitungkan juga return investasi yang akan didapatkan. Dengan begitu perhitungan waktunya akan semakin akurat.

Apakah Saya Sudah Mampu Membeli Mobil - Perencana Keuangan Indepeden Finansialku

 [Baca Juga: Apakah Rencana Keuangan dapat Menjamin Kesejahteraan?]

 

Ketika Anda sudah mengetahui waktu yang pasti untuk bisa mendapatkan sepatu tersebut, Anda juga akan termotivasi untuk terus bekerja keras. Jika Anda berusaha lebih dan bisa mendapatkan pendapatan yang lebih besar, maka pada prakteknya akan semakin cepat juga Anda mendapatkan sepatu yang diinginkan.

 

#3 Sisihkan Uang

Walaupun sudah ada dana yang dialokasikan untuk disimpan dalam cashflow, Anda masih bisa menambah lagi dana tersebut dengan menyisihkan uang. Mulailah dengan uang kecil seperti uang kembalian. Buatlah sebuah tempat yang berfungsi sebagai celengan. Setiap Anda memiliki uang kecil atau uang kembalian, segera masukkan uang ke dalam celengan tersebut. Banyak orang yang seringkali meremehkan uang kecil. Jangan salah, uang yang terasa kecil jika dikumpulkan akan menjadi banyak juga. Sementara jika tidak dikumpulkan, uang tersebut akan habis untuk membeli barang-barang kecil yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Tetapi uang ‘kecil’ yang terasa ‘hilang’ tersebut bisa membuat Anda tidak mampu menyimpan dana untuk kebutuhan besar. Karena itu cobalah cara ini untuk membuat dana Anda lebih cepat terkumpul.

bisakah-seorang-karyawan-mencapai-kebebasan-keuangan-dengan-gajinya-2-finansialku

[Baca Juga: Dengan Andalkan Gaji Saja, Apakah Karyawan Bisa Bebas Keuangan?]

 

Hanya saja celengan seperti ini seringkali akhirnya digunakan untuk keperluan lain. Untuk mengatasinya Anda membutuhkan komitmen. Cobalah menempelkan foto sepatu yang Anda inginkan pada celengan tersebut. Dengan begitu setiap Anda memasukkan uang ke dalamnya, Anda akan melihat foto tersebut dan menjadi semakin bersemangat untuk mengumpulkan dananya. Selain itu ketika Anda berencana untuk menggunakan uang di dalamnya untuk keperluan lain, Anda akan berpikir dua kali ketika melihat foto tersebut.

 

#4 Berinvestasi

Investasi sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda harus memperhitungkan return investasi untuk membuat perhitungan waktu menjadi lebih akurat. Sebaiknya seluruh dana yang sudah disisihkan dalam cashflow segera diinvestasikan secara berkala. Saat ini sudah banyak produk investasi yang dapat dimulai dari nominal yang sangat kecil. Sehingga Anda tidak perlu ragu untuk menginvestasikan berapa pun dana yang Anda miliki. Bahkan uang kecil yang Anda kumpulkan pun dapat diinvestasikan.

Bagaimana Cara Bebas Keuangan Dengan Mengandalkan Investasi - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Bebas Keuangan Dengan Mengandalkan Investasi?]

 

#5 Jangan Lupa Bersyukur

Jika sudah berhasil membeli sepatu Timberland yang Anda inginkan, jangan lupa untuk bersyukur. Bersyukur adalah salah satu cara untuk menghargai apa yang sudah Anda miliki. Jika Anda tidak bersyukur, sepatu itu hanya akan terlihat menarik sebelum dibeli saja. Biasanya setelah membeli sebuah barang, nilainya akan terlihat ‘turun’ di mata pembelinya. Berbeda dengan ketika barang tersebut belum dibeli dan masih ada pada wish list. Jika Anda tidak bersyukur, Anda akan segera menginginkan sepatu lainnya lagi dan menuntut diri untuk belanja berlebihan. Tidak ada salahnya jika sesekali Anda menginginkan barang mewah, tetapi seperti yang telah dibahas sebelumnya, ukurlah kemampuan Anda. Jika saat ini gaji Anda belum memadai, sebaiknya syukuri dulu hasil kerja keras Anda yang sudah bersusah payah untuk membeli sepasang sepatu Timberland yang mahal.

Ini 5 Tips untuk Berinvestasi walaupun Memiliki Anggaran Ketat - Finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Tips untuk Berinvestasi walaupun Memiliki Anggaran Ketat]

 

Ada Batasan untuk Memenuhi Keinginan

Setiap manusia selalu memiliki kebutuhan dan keinginan. Seringkali keinginan justru terasa lebih mendesak daripada kebutuhan. Padahal kenyataannya barang yang diinginkan belum tentu dibutuhkan. Hanya saja jika seseorang tidak pernah memenuhi keinginannya sendiri, lama-kelamaan hidupnya akan terasa membosankan. Karena itu sah-sah saja jika Anda menginginkan barang mahal walaupun memiliki gaji UMR. Tetapi pastikan Anda berusaha keras untuk mendapatkannya dan mensyukuri barang tersebut ketika sudah berhasil mendapatkannya. Pastikan Anda mampu membatasi diri, penuhi kebutuhan dan keinginan secara seimbang.

 

Menurut Anda, kebiasaan apa saja yang dapat membuat orang mengumpulkan uang untuk membeli barang? Anda dapat memberikan komentar dan pendapat pada kolom yang tersedia di bawah ini.

 

Sumber Gambar:

  • Man in Shoes Store – https://goo.gl/1rVZJV

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang