BPJS Kesehatan kini memiliki aplikasi Apotek Online BPJS agar masyarakat lebih mudah membeli obat. Bagaimana cara menggunakannya?

Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai apotek online BPJS dalam ulasan Finansialku berikut!

 

Apotek Online BPJS, Cara Baru Beli Obat dengan Mudah

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau biasa disebut BPJS Kesehatan merupakan badan hukum publik yang menyelenggarakan jaminan kesehatan untuk semua masyarakat Indonesia.

Dalam penyelenggaraannya, BPJS Kesehatan memiliki tanggung jawab langsung kepada presiden.

Di awal berdirinya, BPJS dibiayai oleh APBN. Namun, kini lembaga tersebut sudah memiliki Aset BPJS Kesehatan serta aset dana jaminan sosial yang berasal dari sumber yang ditentukan di dalam undang-undang.

Setelah beberapa tahun menjalankan fungsinya sebagai lembaga penjamin kesehatan, pada Agustus 2018, BPJS merilis aplikasi Apotek Online BPJS.

Aplikasi ini digunakan untuk membantu apoteker, peserta, serta fasilitas kesehatan dalam hal akses obat-obatan.

 

Menariknya, aplikasi ini terintegrasi dengan apotek-apotek rujukan yang sudah ditentukan BPJS. Dengan hal ini, obat-obatan bisa didapat dengan mudah dan cepat.

Hingga sekarang, BPJS Kesehatan gencar mempromosikan aplikasi ini agar kesulitan akibat habisnya stok obat tidak terjadi.

Aplikasi Apotek Online BPJS dapat diunduh di toko aplikasi seperti App Store dan Google Play. Ukurannya pun tidak besar sehingga tidak memberatkan kinerja ponsel.

[Baca juga: Mau Punya Waralaba Apotek Kimia Farma? Cek Dulu Penjelasannya]

 

Aplikasi Apotek Online BPJS

Dengan hadirnya Apotek Online BPJS, peserta jaminan kesehatan tidak perlu menebus obat di tempat selain faskes rujukan. Kemudahan lain sepeti klaim obat yang lebih cepat juga dapat kamu rasakan.

 

Manfaat Aplikasi Apotek Online BPJS

Berikut manfaat yang akan kamu dapat dengan menggunakan aplikasi Apotek Online BPJS:

#1 Memperkecil Kemungkinan Keluhan Akibat Minimnya Stok Obat

Seperti yang telah disinggung di atas, aplikasi ini telah terhubung dengan jaringan apotek yang ditentukan BPJS. Sehingga kamu bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja.

Jika obat yang kamu cari habis, kamu bisa melapor dengan cepat sehingga stok akan segera dikirimkan.

Pihak faskes juga bisa membuat keluhan, aduan, dan permintaan mengenai stok obat. Prosesnya jauh lebih mudah karena dapat dilakukan secara daring melalui form yang disediakan.

[Baca Juga: Cara Berobat Menggunakan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit]

 

#2 Terintegrasi dengan Sistem

Semua apotek rujukan telah terhubung dengan server pusat aplikasi. Sehingga, jika kamu mencari informasi mengenai obat tertentu di aplikasi, maka jawabannya selalu pasti.

Dengan kata lain, semua data yang ada di apotek rujukan telah terhimpun, sehingga kamu akan terhindar dari informasi yang salah.

Gimana Cara Beli Obat Di Apotek Online BPJS - 02 - Finansialku

Sumber: bp.blogspot.com – https://bit.ly/3ylpyfK

 

#3 Layanan Lebih Memadai

Saat ini, layanan online dinilai lebih praktis dan mudah karena tidak perlu mendatangi faskes atau apotek secara langsung.

Apotek Online BPJS diharapkan mampu membantu meningkatkan layanan kesehatan di Indonesia, khususnya dengan akses obat-obatan yang mudah.

 

#4 Beragam Fitur yang Memudahkan

Aplikasi Apotek Online BPJS tidak hanya dapat digunakan untuk membeli obat, melainkan memiliki beberapa fitur lain. Fitur yang dapat dimanfaatkan pengguna antara lain entri klaim untuk obat kemoterapi, RPB, obat penyakit kronis, dan sebagainya.

Kamu juga dapat mengajukan keluhan seputar stok obat. Terakhir, ada pula layanan bridging SIM obat untuk rumah sakit rujukan.

 

Keunggulan Apotek Online BPJS

Berikut keunggulan yang dimiliki Apotek Online BPJS:

  1. Memiliki pelayanan obat transparan.
  2. Proses pelayanan obat lebih cepat.
  3. Mampu mencegah kemungkinan penipuan pada saat belanja obat, baik dilakukan oleh peserta, penyedia obat, maupun oknum BPJS karena setiap transaksi atau kegiatan dicatat dalam sistem.
  4. Harga obat diperbarui dengan cepat. Fluktuasi harga obat dipengaruhi oleh ketersediaan dan permintaan.
  5. Apotek Online BPJS mempermudah klaim digital (vedika).
  6. Data penggunaan obat luar paket yang lebih akurat.
  7. Pengguna dapat melaporkan keluhan atau ketersediaan obat secara real-time.
  8. Pengambilan obat menjadi lebih mudah. Sebab, peserta dapat mengambil obat di mana saja selama apotek yang bersangkutan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

[Baca juga: Apa Bisa Daftar BPJS Kesehatan Untuk 1 Orang Saja Dalam 1 KK?]

 

Cara Membeli Obat di Apotek Online BPJS

Berikut adalah cara membeli obat di Apotek Online BPJS:

#1 Mendaftar Akun Apotek Online BPJS

Simak langkah-langkah berikut untuk mendaftar akun baru di aplikasi Apotek Online BPJS:

  1. Silakan datangi petugas BPJS Centre di kantor BPJS Kesehatan.
  2. Kamu diharuskan membawa salinan resep dan surat keterangan dari faskes yang menyatakan bahwa obat yang kamu perlukan sudah habis.
  3. Silakan langsung menemui petugas yang berjaga dan sampaikan maksud kamu, dalam hal ini melakukan pendaftaran akun Apotek Online Petugas akan memberikan surat salinan eligibilitas untuk menebus obat di apotek rujukan.
  4. Kamu bisa melakukan pendataan resep di menu Faskes Asal Resep yang ada di aplikasi. Setelah resep masuk, apoteker akan melakukan validasi obat berdasarkan kode yang dimasukkan. Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat untuk proses validasi.
  5. Resep hanya bisa di-input Maka, pastikan kamu menulisnya dengan benar.
Gimana Cara Beli Obat Di Apotek Online BPJS - 03 - Finansialku

Sumber: media.lifepal.co.id – https://bit.ly/36fGVlO

 

#2 Membeli Obat di Apotek Online BPJS

Setelah kamu mendaftarkan resep, kamu bisa langsung memanfaatkan aplikasi untuk membeli obat. Kamu bisa memasukkan lebih dari satu resep.

Setelah data yang kamu masukkan diterima server, aplikasi akan melakukan validasi obat berdasarkan kode jenisnya. Jumlah obat dalam resep umumnya akan menentukan lama persiapan resep dan akumulasi tagihan yang harus kamu bayar.

[Baca juga: Ternyata Mudah! Ini Cara Cek Faskes BPJS Kesehatan]

 

Tips Sederhana agar Kamu Tidak Mudah Sakit

Meski akses ke layanan kesehatan dan obat-obatan saat ini sangat mudah, ada baiknya kita tidak jemawa dengan tetap menjaga kesehatan. Menjaga kesehatan bukan hal yang susah selama kita mau melakukannya.

Berikut kiat sederhana yang bisa kamu ikuti untuk mempertahankan kondisi tubuh:

  1. Usahakan untuk berpikir positif. Berpikir positif tidak sama dengan toxic positivity. Toxic positivity adalah kondisi dimana kamu berusaha memastikan dirimu baik-baik saja, padahal yang terjadi adalah sebaliknya.

Perlu diingat bahwa kondisi ini tidak baik untuk kesehatanmu.

  1. Kelola stress dengan baik. Stress yang kerap terjadi pada seseorang akan memicu terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh yang dapat menimbulkan penyakit.
  2. Jaga pola makan dengan gizi seimbang. Pastikan untuk selalu mengatur jam makan dengan baik. kalaupun diet, usahakan untuk memenuhi kebutuhan harian.

Jangan sampai keputusanmu melakukan defisit kalori justru menjadi bumerang bagi diri sendiri.

  1. Penuhi kebutuhan cairan. Sebagian besar tubuh kita terbentuk dari air. Maka, asupan air bagi tubuh sangat penting.

Kebutuhan air tiap orang berbeda-beda tergantung iklim, aktivitas fisik, dan berat badan. Umumnya, manusia membutuhkan 2,7 sampai 3,7 liter per hari.

  1. Jaga kebersihan diri, makanan, serta lingkungan tempat tinggal. Di sekitar kita ada begitu banyak bakteri, virus, serta parasit. Membiasakan hidup bersih umumnya akan memberikan dampak secara langsung.

 

Selain menjaga kesehatan tubuh, penting juga untuk membentuk money habit yang sehat. Hal ini berguna untuk menjamin keuanganmu berada dalam kondisi yang fit.

Lantas bagaimana caranya? Sobat Finansialku dapat mempelajarinya melalui audiobook di bawah ini.

banner -Bagaimana Membantuk Money Habit yang Sehat (1)

 

Manfaatkan Kemudahan

Itulah pembahasan mengenai Apotek BPJS. Aplikasi ini memudahkan masyarakat mengakses informasi mengenai obat dan melakukan pembelian. Dengan segala kemudahan yang diberikan, diharapkan pelayanan kesehatan di Indonesia menjadi lebih baik.

 

Jika Anda memiliki masalah dalam mengatur keuangan, Anda bisa berkonsultasi juga dengan Perencana Keuangan Finansialku yang telah memiliki sertifikat. Namun, sebelumnya lakukan dahulu cek kesehatan keuangan supaya konsultasi Anda bisa selesai tepat sasaran, ya. Tenang! Cek kesehatan keuangan bisa Anda lakukan melalui aplikasi Finansialku juga, kok.

Anda dapat mengunduh Aplikasi Finansialku di Apps Store atau Play Store dan manfaatkan potongan harga Rp 50 ribu dengan kode promo: WEBTAHUNAN untuk biaya member PREMIUM yang lebih ekonomis selama satu tahun.

 

Jadi itulah tadi pembahasan mengenai Apotek BPJS. Yuk manfaatkan fasilitas ini agar Sobat Finansialku tak lagi kesulitan dalam membeli obat.

Jangan lupa bagikan artikel ini pada rekan dan saudaramu ya. Agar mereka juga memperoleh informasinya. Semoga bermanfaat.

 

 

Editor: Maria Christianti

Sumber Referensi:

  • Admin. 9 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Sehat Dan Bugar. Rumahsakitislam.com – https://bit.ly/3d5UEzQ
  • Admin. Apotek Online BPJS 2021 : Manfaat, Fitur & Cara Daftar. Kodebpjs.com – https://bit.ly/3qiIQiM
  • Admin. 08 September 2020. Apa Itu Apotek Online BPJS dan Apa Saja Manfaatnya? Superyou.co.id – https://bit.ly/2SpFePI
  • Bayu Galih Pratama. 14 September 2020. Cara Mudah Membeli Obat di Apotek BPJS secara Online. Sehatq.com – https://bit.ly/3gWuIHJ
  • Raditya Wardana. 09 Februari 2021. Apotek Online BPJS dan Manfaatnya [Plus Cara Daftarnya]. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3j2O68R

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/3jG8RqY